Daftar Mall Di Kota Bandung Dengan Mushola & Tempat Wudhu Muslimah Friendly

by - 9:35 AM

Bismillahirrahmaanirrahiim
Hai everyone!
Setelah beberapa lama berfikir, akhirnya saya menulis list mall di Kota Bandung yang memiliki fasilitas ibadah yaitu musholla yang muslimah friendly

Alasan kenapa saya menulis ini adalah berawal dari kegelisahan pribadi yang timbul ketika saya main di mall bareng suami seharian. Saat kita jalan-jalan dari jam 11 siang sampai let's say jam 8 malam, maka saya  harus melalui 4 waktu sholat yaitu Dzuhur, Ashar dan Isya. Karena itulah saya harus setidaknya wudhu 3-4 kali saat di mall tersebut. Nah, critical time untuk saya saat mau sholat adalah ketika harus wudhu karena saya harus membuka kaos kaki, lengan baju dan juga kerudung saya. Saya tidak mau jika ada orang lain (non mahram) yang bisa melihat saat saya wudhu (dengan kondisi sebagian aurat saya terbuka) baik sengaja atau tidak sengaja. 
Saya yakin semua muslimah juga merasakan hal yang sama. Jika ada yang nampak biasa-biasa saja meskipun saat wudhu terlihat oleh non mahram, saya yakin deep down inside their hearts, mereka lebih suka jika tempat wudhu untuk perempuan dalam kondisi tertutup (dari pandangan) laki-laki.

Sayangnya tidak semua mall di Kota Bandung memiliki fasilitas wudhu dan sholat yang memperhatikan aspek tersebut. Sedih kan... padahal mallnya bagus, pengunjungnya ramai dan tentu saja sebagian besar pengunjung tersebut beragama Islam yang wajib sholat 5 waktu dalam 1 hari.

Kategori muslimah friendly yang saya pakai adalah sebagai berikut:
  1. Tempat wudhu laki-laki dan perempuan terpisah dan tertutup dari pandangan pengunjung lain.
  2. Musholla laki-laki dan perempuan terpisah 
  3. Sirkulasi udara sangat baik (tidak pengap)
Ok deh, langsung aja ke daftar mall di Bandung dan status mushollanya menurut saya!

1. 23 PASKAL SHOPPING CENTER
Status Musholla: MUSLIMAH FRIENDLY! 
Alamat: Jl. Pasir Kaliki No.25-27, Kb. Jeruk, Kec. Andir, Kota Bandung
Musholla ini terletak di level 2. Kita masuk lewat lorong kecil di antara food court dan toko "payless", lalu belok kiri. Musholla ini dibagi menjadi 2 yaitu untuk laki-laki dan perempuan yang dipisahkan dengan pembatas berupa kain/gorden. Area wudhu untuk perempuan terpisah dari laki-laki. Tempat wudhu punya 3-5 keran air (saya lupa tepatnya) dan bersatu dengan 1 toilet dan beberapa washtafel dan cermin yang cukup besar
Saya sangat suka dengan musholla di Paskal 23 inih!

2. Bandung Electronic City (BEC)
Status Musholla: MUSLIMAH FRIENDLY
Alamat: Jl. Purnawarman No. 13-15, Babakan Ciamis, Sumur Bandung, Bandung

Musholla yang sering dan selalu saya pakai adalah yang terletak di samping belakang CGV. Area untuk laki-laki dan perempuan terpisah cukup jauh, kayak beda ruangan gitu tapi dalam 1 space yang sama (semoga dimengerti). Tempat wudhu untuk perempuan juga terpisah dari laki-laki, ada sekitar 5 keran wudhu yang bisa dipakai.

3. Bandung Indah Plaza (BIP)
Status Musholla: MUSLIMAH FRIENDLY
Alamat: Jl. Merdeka No.56, Citarum, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung

Musholla yang terletak di lantai 3 ini masih bisa dimasukkan ke dalam kategori muslimah friendly. Area wudhu untuk laki-laki dan perempuan terpisah meskipun tidak tertutup rapat. Jadi kalau kita abis wudhu dan mau ke tempat sholat, kita bakalan langsung terekspos di area luar yang bisa dilihat oleh pengunjung musholla laki-laki. Sebenarnya hal tersebut nggak jadi masalah kalau area wudhunya rada lebar sedikit dan ada area kering yang bisa digunakan untuk mengenakan kembali kaos kaki, hehe.

4. Braga City Walk
Status Musholla: MUSLIMAH FRIENDLY
Alamat Mall: Jalan Braga, Sumurbandung, Kota Bandung

Mushola untuk laki-laki dan perempuan benar-benar terpisah (beda lantai), tapi saya rada lupa ya di lantai berapa karena saya udah lama banget nggak main ke Braga City Walk ini.  Saya suka sih sama mushollanya cuman karena letaknya yang di basement jadi udaranya kurang enak.

5. Festival City Link
Status Musholla: Muslimah Friendly!
Alamat Mall: Jl. Peta No.241, Suka Asih, Kec. Bojongloa Kaler, Kota Bandung

Well, it's not a mushola but a quite huge Mosque instead! Meskipun mall ini kurang populer dibandingkan yang lain, saya sangat suka dengan mall ini karena menyediakan masjid yang besar dan tertata rapi untuk pengunjungnya. Tempat Wudhu dan sholat untuk perempuan terpisah dari laki-laki sehingga aman dan nyaman untuk saya. Love!

6. Trans Studio Mall Bandung (TSM)
Status Musholla: Not So Muslimah Friendly
Alamat Mall: Jl. Gatot Subroto No.289, Cibangkong, Kec. Batununggal, Kota Bandung

Ini mall paling dekat dengan kantor saya dan cukup sering jadi tempat nongkrong saya dan suami kalau lagi gabut dan bingung mau jalan malam-malam di mana. Trans Studio Mall ini punya dua fasilitas ibadah untuk muslim yaitu Masjid Trans Studio Mall yang terletak di luar area mall dan menjadi salah satu lokasi favorit untuk kajian para ukhti dan akhi Kota Bandung dan sekitarnya. Soal masjid nggak perlu dibahas ya karena sudah pasti muslimah friendly. Tulisan saya ini kan memang lebih fokus ke musholla di dalam mallnya, hehe.

Masjid Trans Studio Mall

Musholla Trans Studio Mall terletak di lantai 3, satu lantai dengan XXI dan tempat fitness. Musholla ini sudah terbagi menjadi 2 yaitu untuk laki-laki dan perempuan. Akses untuk memasuki area wudhu dan tempat sholat berbeda meskipun letaknya cukup dekat (berdampingan gitu deh). Tempat sholat laki-laki dan perempuan di tempat yang sama dengan pembatas/hijab. Mushollanya ada ACnya, karpet untuk sholat juga empuk dan tebal. Enak beud dah buat sholat.


Tapi yang bikin saya rada sebel di musholla TSM ini adalah... area wudhunya! Memang terpisah dari area laki-laki ya... tapi karena di area wudhunya semi terbuka maka aurat muslimah masih cukup rentan terlihat dari area sholat laki-laki dan dari arah pintu keluar masuk jamaah sholat yang mana berhadapan langsung dengan lorong untuk menuju toilet laki-laki dan perempuan. Kalau saya lagi main di TSM dan mau sholat, saya biasanya akan wudhu di bagian paling pojok agar aurat saya lebih terlindungi dan saya merasa lebih tenang.

Coba ya kalau di area wudhu perempuan yang pas di samping "Resepsionis/tempat peminjaman mukena" dipasangin curtain maka musholla Trans Studio Mall ini bakalan perfect banget!

7. Cihampelas Walk
Status: Not Muslimah Friendly
Alamat Mall: Jalan Cihampelas, Kota Bandung

Ini adalah mall favorit saya dan suami. Tapi sayangnya musholla dan area wudhunya bikin saya rada kesel setiap kali main ke sini, hehe. Musholla yang terletak di B2 (atau dekat dengan ATM BNI, Jonas dan Giggle Box) memang terpisah antara laki-laki (lantai 3) dan perempuan (lantai 2). Tempat wudhunya juga terpisah sih... tapii... areanya benar-benar terbuka lebar, gak ada privacy yang dibutuhkan oleh muslimah. Karena itulah saya selalu harus wudhu di toilet jongkok yang terletak di lantai 1 ( 1 lantai di bawah musholla). 

Kalau ke Ciwalk, saya selalu merasa dilema: mall favorit tapi saya rada males sama struggle-nya kalau mau wudhu dan sholat. hehe.

8. Paris Van Java
Status: Not Muslimah Friendly
Alamat Mall: Jl. Sukajadi No.131-139, Cipedes, Kec. Sukajadi, Kota Bandung

Di Mall ini ada 2 musholla. Yang sering saya pakai adalah yang dekat dengan Holycow Steak, 1 lantai yang sama dengan Carrefour. Mushollanya kecil, benar-benar terbuka baik di bagian untuk wudhu dan sholat. Sumpah rempong banget kalau mau sholat di PVJ ini.

Saya terpaksa wudhu di bagian washtafel toilet perempuan. Tapi tenang, saya nggak pake adegan angkat kaki ke bagian wastafel kok. saya cukup mengusap bagian kaos kaki dengan air di tangan saya. So, it's clean and hygiene for other toilet user.

9. Living Plaza (Ace, Informa di dekat Istana Plaza, Bandung)
Status: Not Muslimah Friendly
Alamat Mall: Jl. Pasir Kaliki No.134, RT.05/RW.02, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung

Saya nggak yakin Living Plaza ini termasuk ke dalam kategori mall atau bukan, hehe. Tapi saya suka sama musholla kecil yang terletak di bagian agak belakang, dekat dengan JCo. Kenapa coba? Karena ada ACnya, hehe. Mushollanya terpisah antara laki-laki dan perempuan, cuman area wudhunya masih terbuka. Tapi masih bisa saya ngakalin buat wudhu dengan aman yaitu kudu wudhu 1 jam sebelum waktu sholat karena nggak ada orang sama sekali. hehe


Daftar mall di Bandung masih banyak ya, gaes...
Tapi saya akan sudahi dulu sampai sini ya. InsyaAllah akan saya update lagi agar lebih lengkap dan jadi panduan para muslimah untuk memilih mall di Kota Bandung saat jalan-jalan.

Sebelum ditutup, saya ingin memberikan masukan kepada siapapun pengelola mall atau institusi yang mau berencana membangun mall baru, baik di Bandung maupun di kota lain yaitu please perhatikan fasilitas beribadah para pengunjung mall yang beragama muslim. Jangan sampai mushola cuman jadi aksesori pelengkap yang dibangun seadanya tanpa memperhatikan kenyamanan para penggunanya, dalam hal ini adalah para muslimah: perempuan penggerak ekonomi banga (alias doyan belanja, haha)

Buat para pengunjung mall Kota Bandung, tulis mushola mall favorit kalian di kolom komentar. Thank you!

You May Also Like

0 comments

InsyaAllah saya selalu berkunjung ke blog para pengunjung yang sudah meninggalkan komentar di blog saya. Tapi tolong jangan sebar link hidup di komentar ya karena auto click spam ^^

Follow me on Instagram: @susiencuss_