Naik Gunung Manglayang, Sumedang #1

Posting Komentar
Pendakian Ke Gunung Manglayang adalah momen pertama saya buat camping. Kenapa? karena saya selalu dilarang buat berkemah saat SMP atau SMA atau bahkan kuliah. Apalagi buat mendaki gunung.

Gunung manglayang ini tergolong pendek dibanding yg lain, yaitu "cuma" 1.818 mdpl.

Merencanakan Perjalanan Pendakian

Hari Rabu, 6 Agustus 2014
Dapet info pendakian ke manglayang dari anggi waktu lagi bobok2an di masjid abis shalat dzuhur.
Kemudian saya langsung menjalankan lobi tingkat dewa ke suami selaku pemegang kekuasaan tertinggi dalam memberi izin saya melakukan kegiatan outdoor apalagi yang rada ekstrim macam inih.
Dapet ijin. Okesip, lanjuut... (Iya, saya sendirian, ga bareng sama suami)

Kamis Malem Jumat, 7 Agustus 2014.
Saya mulai packing setelah agenda makan malam selesai. Saya cuman bawa daypacknya si kakak yg 28 Liter. Isinya juga cuman:
  1. Baju ganti (yg ternyata ga dipakek),
  2. Sleeping bag (yg saya akal2in biar masuk ke tas itu),
  3. Jas hujan (yg biasa dipakek di atas motor),
  4. Odol-sikat gigi-pembersih wajah-handuk kecil (ga bawa sabun krn ga bakalan mandi) dan
  5. Telur asin, hehe
  6. Tas kecil isinya kamera sama headlamp kecil.
Jumat, 8 agustus 2014.
Kerja dulu. Jam 5 keluar dari kantor dan janjian sama anggi biar bareng2 pergi ke meeting point di Unpad Jatinangor.
persiapan mendaki manglayang
Gembolan menuju Manglayang

Transportasi Umum dari Turangga, Bandung Ke Jatinangor

Idealnya sih tinggal naek damri Dipati Ukur-Jatinangor, tapi karena damri udah mulai jarang jadinya kita naek angkot ke nangor.
  •     Turangga-martanegara angkot 01: 2000
  •     Martanegara-gedebage : 5000 (harusnya sih 4000an)
  •     Abis itu naek angkot majalaya warna merah hijau 3500
  •     Trus naek angkot coklat ke nangor 2500
Kami ketemuan di masjid Unpad Jatinangor, nungguin rombongan lain yang masih tercecer di jalanan. Sekitar jam 9 malam, setelah adegan makan malam, sampe tidur2an di tangga menuju masjid, formasi pendakian sudah lengkap: 13 orang. 7 laki-laki, 6 perempuan.

Yg laki-laki saya cuman kenal sama Cep Kiki. Yg perempuan kenal semua: Teh Titin, Ninun, Ajeng, Neneng, Anggi, dan saya sendiri.

Oya, baju/style yang saya pakai buat mendaki gunung nggak ada bedanya dengan yang saya pakai buat kerja. Bedanya hanya, kerudung segi empat saya ganti dengan kerudung instan. Dan baju yang terkesan smart casual diganti jadi kaos. Rok panjang tetap saya pakai lengkap dengan manset di tangan dan kaos kaki. Baju yang nampaknya ribet nyatanya nggak berdampak apa-apa pada pendakian. Biasa-biasa aja... :D

MENUJU BARU BEREUM, MANGLAYANG

Kalau mau ke Manglayang, kita bisa mendaki lewat 2 rute (katanya ini mah), dan malam itu kami mendaki lewat Jalur Baru Bereum. Kami ke sana dengan mencarter angkot, udah dibayarin sama cep kiki kayaknya, karena saya cuman nambahin 1000 perak. Saya agak tidur2an di angkot karena jam segitu normalnya saya udah merem melek di kasur dan bergulung dalam selimut. Haha.

Menuju Baru Bereum kita masuk lewat Bumi Perkemahan Kiara Payung. Kayaknya sih tempat ini cukup terkenal di jatinangor dan sekitarnya. Klo saya sih baru tau ada tempat namanya ini waktu browsing2 soal kondisi pendakian Manglayang di internet :p.

Nah, kita sampai deh di Kirpan (singkatan Kiara Payung). Lalu berdoa, dan mulai jalan ke Baru Bereum. Di sinilah perjalanan harga diri ini dimulai… inget yah, saya adalah orang yang ga pernah olahraga sejak saya keluar dari wilayah Dramaga-Bogor. Paling banter cuman ikutan senam setaun itu cuman 1-2 kali, wkwk.

Perjalanan dari Kirpan ke Baru Bereum itu hanya memakan waktu sekitar 39 menit. Start jam 10.12 pm sampek sana jam 10.41 pm. Ini adalah perjalanan yg paling bikin saya pengen menggigit kuat2 bibir bawah. Karena saya bener2 ga boleh berenti, karena klo berenti maka saya ga bisa jalan lagi. Hahahaha. Seriusan inih. Saya bener2 diingetin gimana waktu saya ikutan diksar santika yang tempatnya di gunung itu. Kaki kayak udah ga napak di tanah. Ransel jadi semakin berat, napas ngos2an, dan cuman bisa inget sama Yang Punya Nyawa aja.
Pos pertama :D
Waktu sampai Baru Bereum, saya nurunin ransel dan duduk selonjoran. Surgaaa… =)).
Kemudian kami syuro dulu buat nentuin mau langsung ndaki atau istirahat dulu. Saya mah ga usah ditanya, saya mau istirahaatt… nggak kuaattt =)). Lalu kami nge-camp. Saya kira tempat ngemahnya di sekitar lokasi kami ndeprok di tanah. Gataunya jalan dulu ratusan meter. Naek turun pulak. Untung tadi sempet selonjoran dulu -__-“.

Sampai di lokasi, yg cewek-cewek gelar matras dan duduk2 sambil liat langit. laki-laki-lah yg mendirikan tenda. Entah gimana caranya, tiba2 kemahnya udah jadi, hehe. Dan yg perempuan ga pake embel2 udah langsung masuk ke tenda dan tidur. Alhamdulillah itu tenda cukup buat 6 orang dengan posisi normal XD. Waktu udah mau tidur, saya mikir dalam hati: “yey, nge-camp… akhirnyaa…” kemudian saya tidur. Meski kebangun 2-3 kali, tapi setidaknya saya bisa menikmati tiduurrr..

Bandung, 2014
susie ncuss
a Devoted Wife who is addicted to Traveling, Halal Food, and Good Movies.
Contact
Email: emailnyancuss@gmail.com
Click http://bit.ly/travelndate to chat me via whatsapp