Mendaki Gunung Manglayang, Sumedang #2

Posting Komentar
mendaki gunung manglayang

Berkemah Di Baru Bereum, Gunung Manglayang

Pukul 02.00 WIB. Saya udah bangun. Tapi bener2 pengen tidur lagi. Rasanya ga cukup tidur cuma 2 jam. Teman setenda saya juga kayaknya ngerasain hal yg sama karena jam segitu masih pada diem di sleeping bag masing2 meski saya yakin udah pada bangun.

Tapi kemudian kami akhirnya beres2, sleeping bag digulung, semuanya dimasuk2in ke ransel masing2. Dan waktu kami keluar dari kemah, yg laki-laki malah berkurang 2 orang. Katanya lagi pada ke bawah, fufu. Yasudah, yg cewek2 melipir dulu buat membuang hajat. Perjalanan kyk gini tuh repotnya waktu buang air kecil *big grin*. Setelah menunggu, rapat soal rute naik ke puncak dan turun lagi, hingga makan roti sobek bekel dari indom*ret, sekitar jam 3 kami berangkat ke puncak. Semua ransel ditinggal, kami hanya bawa makanan-minuman sama kamera. Kemah ditungguin sama Cep Kiki yg kakinya masih kurang fit.

Perjalanan harga diri part #2 kembali dimulai…

Naik Ke Puncak Bayangan Manglayang

Track Manglayang yang digambarkan oleh para pendaki di blog2 mereka bukanlah gambaran omong kosong. Track-nya bener2 naik tajam sejak awal pendakian. Sesungguhnya ungkapan bahwa Manglayang sangat cocok untuk Pendaki Pemula adalah pernyataan yang sangat menyesatkan. Saya berada di garis terdepan untuk menyanggahnya! #eaaak. Memang tingginya cuman 1.818 mdpl, tapi tracknya bener2 bikin lupa cara napas lewat hidung.

Saya setujulah sama deskripsi mas Arif Setiawan di blognya:

“Jalur pendakian dari Baru Bereum adalah jalur yang paling vertikal daripada yang lainnya, mulai dari awal hingga sampai puncak kemiringan sekitar 45-75 derajat dari awal hingga akhir tanpa jeda. Dimulai dengan tanjakan tanah liat diselingi tanjakan berbatu yang sangat licin dan merupakan jalur air, sehingga sebenarnya sangat tidak direkomendasikan melakukan pendakian pada musim hujan. Sumber air pun tidak ada sepanjang jalur.”

Ga usah ditanyalah gimana kondisi saya yg masih amatiran inih. Saya cuma bisa nyebut takbir di setiap langkah.

Di perjalanan ini saya jadi ngerti apa fungsi tongkat yg biasa dibawa2 sama pendaki. Awalnya saya kira bakalan ribet (emang iya sih), tapi ternyata membantu saya untuk menyangga bobot badan buat naik ke puncak dan berguna juga biar ga ngglundung waktu turun nanti. :D

naik ke puncak gunung
pantang menyerah, gaes...

Kami berjalan dengan sesekali berhenti untuk napas, duduk sebentar, atau menunggu teman2 yang ketinggalan. Sekitar jam setengah 5 kurang, kami mulai galau soal shalat subuh. Kami akhirnya jalan terus sampai dapet lokasi yg cukup datar untuk shalat berjamaah. Bersucinya pake tayamum aja yah karena ga ada air. Saya yg lagi ga shalat, memanfaatkan waktu untuk tidur2an di tanah. Surga banget itu.. beneran. Haha.

Sunrise Di Puncak Bayangan

Kami lanjut lagi ngerayap di badan Manglayang, jam 5 lewat sekian semburat merah sudah mulai terlihat di ufuk timur. Saya waktu itu mikir “yaudahlah klo ga dapet sunrise, yg penting nyampek puncak”.

Kami melanjutkan pendakian sampai ke puncak bayangan (belum puncak beneran). Di sana ternyata sudah banyak yg menginap dari semalem. Kami langsung nyempil di antara orang dan kemah buat nonton perubahan warna langit, melihat bandung dari atas, dan surprise… kami bisa melihat matahari terbit berwarna merah dengan baik.

sunrise di gunung manglayang
semburat sunrise
 matahari terbit
Setelah puas poto2, update status di berbagai kanal media social (ini adalah hal yang bikin saya geram, masa di puncak beginih ada sinyal HSDPA, pliiss… ini agak2 merusak sense of summit, haha.. ), trus makan mie instan sama telur asin yg udah penyok2 di dalem tas XD.

PUNCAK GUNUNG MANGLAYANG

Lalu kami ke puncak sebenarnya, yg ternyata adalah lahan yg cukup luas dan dikelilingi oleh pohon yg sangat lebat. perjalanan dari puncak bayangan ke puncak yang beneran kurang lebih memakan waktu 1 jam. Di puncak, kami foto2 lagi, makan yg bisa dimakan, dan minum yg bisa diminum.

PUNCAK MANGLAYANG

Pendaki Manglayang

TURUN GUNUNG

Tak terlalu lama di puncak, kami lalu memulai perjalanan pulang yang tak kalah melelahkan dari pendakian sebelumnya. Kekuatan otot paha, betis dan tangan benar2 dimaksimalkan hingga melampaui batas tertinggi.

Saya beberapa kali menggunakan jurus merosot karena kaki bener2 udah pegel, meski tetap nyari jalur yg aman agar saya ga kebablasan dan ngglundung ke bawah. Saya jarang ngeliat ke belakang karena saya fokus ke depan: “mana kemah yg tadi subuh kami tinggalkan?”.

mendaki gunung manglayangturun gunung

naik gunungmanglayang

Naik dan turun memang punya kesulitan masing-masing, sama kayak hidup. Waktu jomblo kesulitannya ini ituh, waktu udah nikah kesulitannya juga ada tapi tentu saja beda porsinya. #eaaa curcol ga nyambung. Biarin dah… :p

Alhamdulillah, kami sampek di lokasi kemah jam 11 siang. Yg lain sampek kemah pada makan-minum, klo saya lepas sandal lalu tiduran di bawah pohon rindang di belakang mereka. Biarlah yg cowok2 pada beresin tenda, saya masih asik tiduran, ngeliatin langit dan awan sambil mikir “gue bisa lho sampek puncak…” meski tepar waktu nyampek bawah lagi, haha :p.

PULANG ke tenda

sampai di bawah
bentar lagi sampee...!
Beberapa menit sebelum dzuhur kami turun ke warung dekat plang “Baru Bereum”, makan 3 gorengan. Abis itu jalan kaki lagi ke Kiara payung.

Waktu itu saya merasa perjalanan sangat lama. Kaki saya sudah sangat kaku untuk terus berjalan. Alamak, pengen nggelundung sampe bawah aja…haha. Kami akhirnya sampai di masjid, sholat, tidur2an, abis itu dijemput angkot sampe ke Jatinangor.

Saya waktu itu udah ga ada tenaga buat ngapa2in, bahkan untuk ngomong atau makan siang. Bakso urat yg kayaknya enak itu cuman dimakan secuil karena saya tiba-tiba udah kenyang! Padahal sebelumnya kami cuman makan mi instan 2 bungkus dibagi buat ber-6 di puncak.

Saat itu tidak hanya tenaga fisik yang 0%, tapi saya sudah tidak bisa komunikasi dengan baik karena energi jiwa saya udah habis. Dasar introvert!
Setelah itu saya pamit pulang. Saya ga kuat naek damri, jadi saya make travel Geulis. Ongkosnya 15 rb, dan bisa turun di Pasteur karena lewat tol. Abis itu dijemput sama si kakak yg ngetawain kondisi saya yang udah ga bisa senyum. Separah itu ya kondisi sayah? ya begitulah.. haha :p.

After Journey

Hari minggu: saya bangun jam 5 buat bersih2 dan sholat subuh, abis itu tidur lagi sampai jam 10. Setelah itu saya nyuci baju dan menyetrika, lalu tidur lagi. Saya seperti recharge energi tubuh seharian. Kondisi kaki tetap masih pegel sampe hari Rabu. LOL.
Pesan moral dari saya: Please, Olahraga!

Bandung, 2014.
susie ncuss
a Devoted Wife who is addicted to Traveling, Halal Food, and Good Movies.
Contact
Email: emailnyancuss@gmail.com
Click http://bit.ly/travelndate to chat me via whatsapp