Backpacker Kuala Lumpur-Penang: Ngantri Di Imigrasi Malaysia

3 komentar
Buat saya yang baru 3x ke luar negeri, pengalaman di imigrasi tentu masih minim. Saya baru nyicip konter imigrasi di Singapura, Johor Bahru, KLIA 2 dan Don Mueang. saya akan share kembali tentang imigrasi KLIA 2 yang saya alami tahun lalu. 

Sebelum main ke sana, saya pernah baca beberapa tulisan di blog tentang “ngeri”nya antrian di imigrasi KLIA2. Saya tenang-tenang aja baca itu karena udah pernah ngerasain ngantri di Johor Bahru, hari senen subuh, bareng sama orang Malaysia yang kerja di Singapura yang jumlah ratusan bahkan mungkin hampir seribu kali ya… Bayangin aja kayak gimana ramainya. Situasinya mirip sama ngantri beli tiket kapal buat nyebrang dari Merak ke Bakauheni waktu musim mudik. Haha.

Tapi ternyata antrian imigrasi di KLIA2 ini lebih dahsyat! 

Saya dan suami mendarat dari penerbangan Bandung-Kuala Lumpur jam 11.40 waktu Malaysia. Setelah ke toilet dan Menuhin botol dengan air minum di depan toilet, kami jalan ke konter imigrasi. Waktu saya turun dari escalator, saya liat ratusan orang udah mengerumuni konter imigrasi di lantai bawah. Saya takjub dong ngeliatnya. Jadi saya dan suami buru-buru turun 1 lantai lagi dan gabung dengan ratusan orang yang udah nunggu dari tadi. Baru beberapa menit kami ngantri, saya iseng ngeliat ke belakang dan wow… saya liat ratusan orang lain berbondong-bondong dan antri di bagian belakang. Sebutin aja dari benua mana, kayaknya semuanya ada. Dari bayi sampe kakek-kakek tumpek blek di imigrasi. Ada juga rombongan keluarga yang kepisah-pisah sampe stroller bayinya harus dioper ke bagian depan biar nggak rempong di belakang :D.

Saya dan suami sempet mikir kalau jadwal liburan kita itu mungkin berbarengan dengan pulangnya para TKI yang jadi asisten rumah tangga, mengingat kami liburan 2 minggu setelah idul Fitri. Haha.
"neraka" antrian imigrasi KLIA2
Sebenarnya mengularnya ribuan orang yang lagi ngantri imigrasi ini bisa dengan mudah diurai kalau petugas imigrasi membuka semua konter imigrasi. Kalau yang saya liat, waktu itu ada sekitar 10 konter imigrasi yang tidak dibuka. Jadi banyak orang yang ngedumel di belakang karena waktu mereka tersita di bandara.

Pengalaman ini sangat berbeda banget dengan ketika kami di Johor Bahru. Waktu kami sampai di bagian imigrasi, saya liat seluruh konter imigrasi menuju Singapura dibuka dan ada beberapa petugas yang stand by di dekat pintu masuk yang bertugas mengatur orang-orang agar rapi barisannya. Otomatis kita langsung baris satu-satu, nggak ada yang bejubel sama sekali. Jadi antrian yang kami kira bakalan lama ternyata cuman sekitar 15 menit saja. Meski akhirnya jadi molor 1,5 jam karena suami saya “ditahan” di imigrasi Singapura dulu, hahaha koplak banget deh waktu itu :D.

antrian paspor malaysia

Kami menghabiskan waktu di konter imigrasi sekitar 1,5 jam. Saya bersyukur banget saat petugas imigrasi akhirnya memberikan cap di lembaran paspor saya. Saya dan suami keluar dari labirin imigrasi dan disambut dengan Mall yang memamerkan parfum dan barang mahal lainnya. Kami lalu mencari konter tiket bus shuttle KLIA2-KL Sentral dan membeli tiket untuk memulai perjalanan kami selama 4 hari ke depan.

*cerita perjalanan kami di Malaysia akan dilanjutkan nanti :D
susie ncuss
a Devoted Wife who is addicted to Traveling, Halal Food, and Good Movies.
Contact
Email: emailnyancuss@gmail.com
Click http://bit.ly/travelndate to chat me via whatsapp

Related Posts

3 komentar

  1. Nunggu lanjutannya..
    Saya sudah pernah yang di johor Bahru..Di KLIA belum pernah:D

    BalasHapus
  2. ya Allaah panjang banget antriannya. Tapi demilah yah, mba. Harus dibela2in nunggu

    BalasHapus

Posting Komentar