50 Menit Mengunjungi Chin Swee Temple

27 komentar

Chin Swee Temple adalah temple atau kuil untuk penganut agama Tao (atau Dao) yang terletak di kawasan Genting Highlands. Agama Tao ini sendiri, waktu saya cek di gugel, adalah agama yang berasal dari negeri cina. Kalau tau lambang yin dan yang (yang warna hitam putih itu lho), lambang ini adalah salah satu ciri khas dari agama Tao.

Jika kawan-kawan ingin main ke Chin Swee Temple saat sedang bertandang (ciee... bertandang jangan bertandang.... kalau tiada artinya...) di Genting higlands, caranya adalah naik ke cable car/gondola dan turun di stasiun gondola yang berada di tengah. nanti ada tulisan "Chin Swee Temple" di stasiun itu and fyi gondola genting ini cuman berhenti di stasiun awal, di tengah (tempat kuil chin swee ini berada), dan stasiun akhir. Jadi kalian gak akan nyasar, insyaAllah.



Perjalanan dari stasiun gondola menuju chin swee temple ditempuh dengan jalan kaki. Perjalanan ini sifatnya menurun dan cukup panjang, tapi tenang aja... awana genting skyway ini sudah memfasilitasi para pengunjung dengan eskalator (baik untuk naik maupun turun) menuju chin swee temple. Eskalator ini dibuat terputus-putus, jadi setelah kita turun/naik 1 eskalator, kita harus jalan kaki 5-8 langkah untuk menggunakan eskalator berikutnya. waktu yang dibutuhkan untuk mencapai chin swee temple adalah sekitar 10 menit.



bisa fofotoan dulu sebelum ke eskalator selanjutnya

Ketika sampai di sana, sejujurnya saya rada bingung mau ngapain karena temple kan tempat ibadah ya. Jadi waktu itu saya dan suami cuma keliling melihat arsitektur bangunan di sana yang terbagi di bagian atas dan di bagian bawah kawasan. Kami juga baca-baca tulisan/keterangan sejarah yang ada di patung atau bangunan lain. Suasana di chin swee temple ini cukup sepi dan juga adem. Saya sendiri suka dengan suasana seperti ini karena beda banget sama Kuala Lumpur dan Bangkok yang panas. 




 
kabut


Di kuil ini juga ada banyak patung yang tokohnya kita (orang Indonesia jaman baheula) kenal yaitu patung Dewi Kwan Im dan patung Sun Go Kong. wkwkwk. Saya ketawa-ketawa sendiri mengingat masa di mana saya masih jadi anak SD dan nonton film Sun Go Kong dan kawan-kawan di rumah tetangga :))

Yang menarik di Chin Swee Temple ini adalah patung Sri Dato' Seri (DR) Lim Goh Tong yang menjadi founder Resort World Genting. Patungnya lumayan gede dan diapit oleh 2 bangunan besar yang sepertinya memuat kisah beliau. Saya terharu banget waktu baca-baca tulisannya karena saya nggak ngerti... tulisannya pake bahasa china gitu kan... T>T

patung Sri Dato' Seri (DR) Lim Goh Tong

cheers
Kami menghabiskan waktu sekitar 30 menit di Chin Swee temple dan kembali menaiki Gondola menuju terminal bus ke Kuala Lumpur.
susie ncuss
a Devoted Wife who is addicted to Traveling, Halal Food, and Good Movies.
Contact
Email: emailnyancuss@gmail.com
Click http://bit.ly/travelndate to chat me via whatsapp

Related Posts

27 komentar

  1. Keren banget ini, catet ah buat next destination kalau ke KL lagi aamiin

    BalasHapus
  2. Berkabut ya fotonya kayak lukisan teh pengen deh honeymoon ke Genting sama bebeb🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, mirip lukisan teh sandra...
      suasananya adem dan nyaman banget buat orang bandung

      Hapus
  3. Sip aku jadiin next destination kalau ke KL lagi,

    BalasHapus
  4. Teh, aku sampai baca bolak-balik tiga kali lho pas bertandang jangan bertandang kalau tiada artinya :D berasa familiar. Tapi agak ganjel. Baru sadar itu dari lagu begadang, kan? Ehehe

    Wah teteh udah ketemu patung Dewi Kwan Im sama Sun Go Kong ya. Dulu tayangan favoritku itu. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha...
      iyaa... itu lagunya Bang Rhoma Irama :D

      Hapus
  5. Ada gondola & eskalator. Niat banget ya yg bikin tempatnya (atau pemerintah yg bikin? :D)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pihak swasta teh, masih satu kawasan sama genting resort

      Hapus
  6. Ya Lord lucu banget teh Ncuss. Wah catel lagi ini tujuan klo ke KL.

    BalasHapus
  7. wah ngiler foto disini, cuco banget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. foto-foto di sini memang enakeun, pengunjungnya nggak banyak

      Hapus
  8. Catet ah, enak ya ada eskalatornya, soalnya ngebayangin pulangnya males kalau nanjak jalan kaki hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kan... pengertian banget ini yang bikin tempat wisata
      Memang problem banget buat semua orang kalau berkunjung ke daerah yang menurun. ngebayangin buat pulang perginya udah bikin capek :D

      Hapus
  9. Senang sekali bisa banyak tahu sejarah bangsa lain...((meskipun ga bisa baca aksaranya yaa...))
    Tetap jadi pengalaman tak terlupakan.

    BalasHapus
  10. Bagus banget tempatnya, semoga diberi kesempatan untuk bisa bermain ke sana 😊

    BalasHapus
  11. Kapan ya saya jalan jalan kesini
    Mupeng, hiks

    BalasHapus
  12. aku kira pas baca teteh terharu baca tulisan yang ada di patung sri dato krn usahanya nemuin resort itu eh taunya krn tulisannya cina LoL

    next ah kesini baru tau ttg ini jg tp iya sih ya teh namanya tempat ibadah jd binun mau ngapain yak

    BalasHapus
  13. Wah info baru nih di genting ada kuilnya. Hebat ya fasilitasnya. Bikin betah wisatawan. Semoga ada rejeki maen ke sanah 😅😍

    BalasHapus
  14. WOOOW. Keren banget ya pas kabutnya turun. Mistis gitu. Semoga suatu saat bisa ke sini. Aamiin.

    BalasHapus
  15. Aku selalu kagum sama arsitektur temple gini. Menarik bisa belajar sejarahnya :)

    BalasHapus
  16. Baru tahu, ternyata Tao itu beda dengan Buddha ya. *anggukangguk

    omnduut.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email