Manajemen Kebersihan Menstruasi, Perempuan Kudu Tau!

106 komentar

Fitrah perempuan menurut Najwa Shihab (sesuai anatomi dan fisiologi tubuh, tambahan dari saya) adalah menstruasi, hamil-melahirkan, dan menyusui. Jadi, wajar banget semua perempuan punya struggle di setiap tahap kehidupannya. Tapi yang selalu menghampiri adalah menstruasi yang datang tiap bulan. 

Mau perempuannya berkarir sebagai influencer, traveling keliling dunia, lagi diam di rumah, kerja di kantor, belanja di mall atau lagi liburan ala Safari di Dubai, kalau lagi jadwalnya mens ya bakalan mens. Kecuali kalau ada kondisi tertentu ya...

manajemen kebersihan menstruasi

Apa Itu Menstruasi

Menstruasi adalah proses pengeluaran darah dan bahan lain pada perempuan dari lapisan rahim dengan selang waktu sekitar satu bulan, sejak pubertas sampai menopause, kecuali selama kehamilan.

Karena ada darah yang keluar dari bagian kewanitaan, maka kita harus benar-benar menjaga kebersihan agar terhindar dari

  • Risiko keputihan, gatal, dan bau tidak sedap
  • Infeksi Jamur
  • Infeksi Kandung Kemih
  • Infeksi Salurah Reproduksi
  • Peningkatan resiko kanker serviks


Tanggal 27 Mei saya berkesempatan untuk hadir dalam Webinar Sehat & Bersih Saat Menstruasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia dan POGI bersama Betadine. Webinar ini hanya berlangsung selama 2 jam sehingga materinya super padet dan daging semua. 

Narasumber seminar ada 4 orang yaitu

  1. dr. Dwi Oktavia, TLH, M.Epid (Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Prov. DKI Jakarta)
  2. Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG(K), MPH (Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia/POGI)
  3. Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si. (Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IIPK) Indonesia wilayah Jakarta), 
  4. Mada Shinta Dewi (Country Manager Mundiparma Indonesia).
hari kesehatan menstruasi

Ada banyak sekali fakta mencengangkan yang saya dapatkan dari zoominar ini, di antaranya.

  • 1 dari 4 anak di Indonesia tidak pernah mendapatkan informasi tentang menstruasi sebelm mereka mendapatkan menstruasi pertama (UNICEF Indonesia)
  • 1 dari 5 anak perempuan tidak mengetahui bahwa menstruasi adalah tanda bahwa secara fisik mereka sudah bisa hamil (SDKI, 2017)
  • 1 dari 6 anak perempuan terpaksa tidak masuk sekolah selama 1 hari atau lebih pada saat menstruasi. alasan utama karena takut di-bully apabila darah menstruasi tembus ke rok seragam sekolah.
  • 1 dari 2 anak perempuan tidak tahu apa yang harus dilakukan saat menstruasi pertama kali
  • 1 dari 3 anak perempuan mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut
  • 1 dari 3 anak perempuan mengganti pembalutnya setiap 4-12 jam. Sisanya mengganti pembalut 2x/hari.

Sedih banget sih waktu dengerin materi ini. Belum ditambah lagi dengan banyaknya mitos yang beredar mengenai menstruasi. I mean... knowledge tentang menstruasi masih sangat rendah bahkan di era teknologi seperti ini. Orang tua juga memiliki peran penting dengan fakta brutal ini. Anak perempuan seharusnya mendapatkan pengetahuan tentang menstruasi dari orang tua terutama ibu.

Tapi gak cuma ngomongin masalah, di seminar ini kita juga dapat materi penting banget buat ibu gimana caranya untuk mulai membicarakan menstruasi kepada anak perempuan dan laki-laki. Mau tau gimana caranya? Bisa klik aja di sini untuk download.

Manajemen Kebersihan Menstruasi

Untuk menjaga kebersihan perempuan saat menstruasi, kita harus mematuhi manajemen kebersihan menstruasi (MKM) yaitu

  1. Membersihkan vagina secara benar menggunakan air bersih mengalir dengan cairan pembersih antiseptik kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina.
  2. Menggunakan pembalut bersih dan dapat menyerap darah dengan baik
  3. Mengganti pembalut secara teratur minimal setiap 4 jam sekali.

Antiseptik kewanitaan yang bisa dipakai misalnya dari Betadine yang bisa digunakan secara daily.

hari kesehatan menstruasi

Produk betadineini bisa dibeli dengan mudah di ecommerce:

Hari Kebersihan Menstruasi Di Indonesia


Berbicara tentang menstruasi, ternyata tanggal 28 Mei itu Hari Kebersihan Menstruasi lho. Ada yang belum tau? Saya pribadi juga baru tahu soal ini saat ikutan zoominar tadi.

Pasti banyak yang bertanya-tanya, kenapa tanggal 28 Mei dipilih sebagai Hari Kebersihan Menstruasi? Nih, saya kasih tau jawabannya: 28 mewakili rata-rata siklus menstruasi pada perempuan dan 5 dipilih karena mewakili rata-rata durasi menstruasi.

Semoga dengan dipilihnya Hari Kebersihan Menstruasi Di Indonesia bisa meningkatkan edukasi pada setiap perempuan di Indonesia. Dan kita sebagai ibu atau calon ibu bisa ikut ambil peran agar anak-anak kita nggak buta tentang menstruasi. Anak-anak kita juga bisa ngajarin anaknya agar tau dan paham mengenai menstruasi. 

Bisa jadi amal jariyah juga ya, bund...


Regards

Susie Ncuss

susie ncuss
a Devoted Wife who is addicted to Traveling, Halal Food, and Good Movies.
Contact
Email: emailnyancuss@gmail.com
Click http://bit.ly/travelndate to chat me via whatsapp

Related Posts

106 komentar

  1. nah jadi ibu kudu lebih pinter daripada anaknya, jadi kalau anaknya tanya soal mitos bisa jawab dengan tepat. Kasihan juga anaknya kalau sampai terjebak mitos..

    BalasHapus
  2. Dengan adanya fakta yang mencengangkan yang didapat dari webinar ini, aku jadi bertekad akan mengedukasi anak-anak saya mengenai hal mentruasi ini. bukan hanya anak perempuan tetapi juga anak laki-laki, biar mereka tidak membullying teman-teman yang sedang mengalami menstruasi ini.

    BalasHapus
  3. perempuan harus tagu tentang manajemen kebersihan dan kesehatan menstruasi ini ya mbak
    agar bisa menjaga kesehatan dan kebersihan saat menstruasi

    BalasHapus
  4. Memang perlu untuk edukasi menstruasi ini dilakukan saat memasuki masa pubertas, entah itu oleh orangtua, saudara perempuan, maupun di sekolah

    BalasHapus
  5. ibu2 sejagat raya harus paham ttg ilmu menstruasi dan bagaimana mengomunikasikan ke buah hati ya
    karena ini sesuatu yg sangat penting dan urgent utk dibahas secara mendetail

    BalasHapus
  6. Edukasi MKM ini alhamdulillah udah dipraktekkan sama ank remaja perempuanku dan jaman now lebih nyaman diskusinya karena lebih terbuka dan banyak informasi seputar menstruasi.
    Apalagi ada peringatan khusus, Hari Kesehatan Menstruasi

    BalasHapus
  7. Peran dan tanggung jawab ibu sangat penting ya Mbak dalam mengedukasi putrinya soal kebersihan menstruasi ini. Alhamdulillah putri sulung saya sudah haid dan dia insyaallah paham ttg hal ini sebelumnya kami juga sudah banyak berdiskusi. Nah, tinggal si putri ketiga nih adiknya... br usia 10 tahun sih tp gak salah kl diajak main game Menstrual Game ya, hehe...

    BalasHapus
  8. edukasi seperti ini memang penting mba, karena saya merasakan sendiri kurangnya edukasi pas pertama kali haid langsung panik lol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepengalaman sama Winda, apalagi ku temasuk jadul, mama ga pernah ngobrol dan bertanya pun jadi kagok apalagi soal menstruasi.
      Tapi mencari sendiri lewat majalah langganan di rumah, jadinya ga terlalu panik.
      Bagus banget webinar betadine ini, mengingatkan lagi kita semua.

      Hapus
  9. Aku baru tahu lo kalau tanggal 28 Mei diperingati sebagai Hari Kebersihan Menstruasi, tapi emang perlu sih. Biar edukasi tentang menstruasi jadi lebih meluas. Materi pas seminar juga oke banget, rencananya bakal kubagikan di PKK RT dan Dawis biar semakin banyak yang tahu.

    BalasHapus
  10. aku dulu awal mens juga agak bingung, untung pernah ada penyuluhan gitu ttg menstruasi di sekolah pas SMP, ada buku edukasinya jg, penting bgt emang edukasi ini ya

    BalasHapus
  11. Wajib diberikan edukasi sejak dini ya mba ini sih, tentang kesehatan menstruasi
    aku dulu dari ibuk, terus tanya teman-temanku akhirnya ngerti dan paham

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba kalau gak ngasih edukasi sejak dini, anak bisa salah informasi saat mengalami mens pertama kali

      Hapus
  12. iya nih mba setuju banget, kita harus banget ekstra bersih2 kalau lagi mens, jangan sampai malah menimbulkan penyakit yaa

    BalasHapus
  13. Kemarin saya ikut acara webinar ini juga kak, dan ternyata baru saya sadar masih banyak yg belum saya ketahui ttg perawatan terkait menstruasi ini. Kemarin benar-benar nambah wawasan banget

    BalasHapus
  14. ini pasti bermanfaat banget ya acaranya, ngomongin kebersihan saat sedang haid untuk perempuan dan wajib tahu soal ini agar tetep bersih dna sehat dalam kondisi menstruasi

    BalasHapus
  15. MKM ini memang penting banget ya mbaa. ngeri kan kalo sampe kena penyakit gara2 gak jaga kebersihan.. huhu..

    BalasHapus
  16. Dampaknya bisa ke kesehatan kalau gak paham menjaga kebersihan saat menstruasi. Ngeri kalau sampai terkena kanker serviks, ya. Naudzubillah min dzalik.

    BalasHapus
  17. Aku juga ikut webinar nya.. banyak bgt info yang didapet mengenai Manajemen Kebersihan menstruasi dan bagaimana cara penyampaian yang baik ke anak perempuan, karena mereka biasanya kalau diajak cerita mengenai hal ini suka malu.

    BalasHapus
  18. Edukasi soal menstruasi memang perlu banget loh, biar ketika si gadis ngalamin menstruasi pertamanya, dia nggak kaget lagi dan telah siap menghadapinya dengan senyuman, hahaha.

    Sekarang mah nggak perlu tabu lagi, setiap orang tua perlu banget edukasi sejak dini mengenai menstruasi kepada setiap anak gadisnya. Orang tua juga wajib menambah ilmu soal menstruasi, jadi bisa memberikan penjelasan yang komprehensif sekaligus berbagi pengalamannya.

    Dan melalui artikel super duper keren sekali ini, saya jadi tau kalau ternyata ada Hari Kesehatan Menstruasi

    BalasHapus
  19. Wajib banget tau cara menjaga kebersihan area kewanitaan apalagi kalau lagi menstruasi ya. Edukasi di sekolah-sekolah juga penting nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setujuu, ga hanya orang tua aja, khususnya ibu.
      Tapi disarankann ada guru2 BP juga yang memang memberikan edukasi MKM ini. KArena siapa tahu , banyak anak remaja mengalami M pertama saat di sekolah.

      Hapus
    2. Toilet bersih & ketersediaan air bersih yang mengalir plus sabun juga salah satu terciptanya manajemen kebersihan menstruasi supaya bisa terwujud ya

      Hapus
  20. Betul banget, berbagai macam mitos tentang menstruasi ini masih beredar dengan luas dimasyarakat. Pernah juga dengar mitos kalau menstruasi katanya gak boleh keramas ya, padahal pada saat menstruasi itu kebersihan badan harus tetap terjaga. Semoga semakin banyak orang yang aware dengan menjaga kebersihan pada saat menstruasi ini, terutama buat perempuan sih.

    BalasHapus
  21. Kedengarannya sepele tapi emang masih banyak yang bingung soal menstruasi ini. Terutama anak2 remaja yang baru pertama haid dan kebingungan, pdhal kesehatan saat haid itu penting sekali

    BalasHapus
  22. waa terima kasih info info bermanfaatnya yaaa, kebetulan keponakanku udah memasuki usia remaja juga nih, udah mulai sedikit sedikit diinfoin soal mentstruasi juga

    BalasHapus
  23. Peran ibu sangat penting dalam soal menstruasi nih. Pokoknya jangan lupa deh untuk ajarin anak kita apa itu menstruasi, kalau tidak menstruasi apa dampaknya hingga cara membersihkan. Hal ini patut anak ketahui sebelum akil balik

    BalasHapus
  24. Waahhh makasih banyak nih mbak sudah berbagi pengetahuan sekece ini. Aku Catet ah buat bekalku saat bocilku nanti masuk di usia menstruasi atau saat ia nanti mengalami menstruasi.

    BalasHapus
  25. bener, masih banyak banget mitos yang beredar di masyarakat walupun sudah zaman internet begini. Pengetahuan yang benar, kalau enggak diomongin langsung maka akan kalah dengan mitos di masyarakat... maka dari itu peran orang tua, pendidik dan tenaga kesehatan penting banget agar anak anak kita tidak terjebak mitos...

    BalasHapus
  26. Iya penting banget nih Teh... Aku punya tiga gadis nih perlu semakin diingatkan utk lebih aware tentang hal ini....

    BalasHapus
  27. u ik ya alasan kenapa dipilih tanggal 28 mei.. ngga semua kepikiran menetapkan suatu hari peringatan ..

    BalasHapus
  28. Setuju sekali dengan adanya Hari Menstruasi seperti ini. Jadi edukasinya semakin merata ya mba

    BalasHapus
  29. Sedih banget kalau msh banyak yang belum paham soal manajemen kebersihan menstruasi krn mungkin jarang diobrolin sama org terdekat mereka ya mbajk.
    Edukasi soal menstruasi penting banget dilakukan krn menyangkut soal reproduksi wanita jg supaya gak kena penyakit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh btw bukannya hari kebersihan menstruasi 28 Mei itu diperingati seluruh dunia bukan sih mbak? Soalnya di tanggal itu aku lihat org2 bule jg ngetwit gtu tagar yg sama
      Btw aku di rumah juga pakai Betadine utk pembersih kewanitaan :D

      Hapus
  30. buat semua perempuan, wajib banget nih paham soal menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan

    BalasHapus
  31. Kemaren aku juga ikut webinarnya mba. Seru banget ya. Jadi makin paham nih soal gimana jaga kebersihan saat menstruasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ada webinarnya lagi ya kak, pengen banget ikutan webjnar tema ini huhu.

      Hapus
  32. Dari sekian banayak manajemen ekbersihan menstruasi yang harus ditetapkan menurutku adalah kebiasaan ganti pembalut setiap 4 jam sekali, kak. Penting tuh demi kebersihan dan kenyamanan juga

    BalasHapus
  33. Masalah menstruasi ini sangat penting karena terkait reproduksi dan kesehatan
    Kalau tidak dikasih tahu sejak dini anak tidak akan mengerti ya

    BalasHapus
  34. bener banget mba.. kita yang sudah dewasa juga harus paham dan memberi tahu anak - anak perempuan kita mana yang benar dan sehat

    BalasHapus
  35. ak termasuk yang parnoan masalah begini mbak, jadi dari kecil udah ngajarin anak buat ngebersihin miss v dengan baik

    BalasHapus
  36. Yang data 1 dari 4 anak di Indonesia tidak mendapatkan info tentang menstruasi sebelum menstruasi pertama itu aku termasuk di dalamnya nih, jadi pelajaran banget buat aku untuk lebih membekali diri mengedukasi anak di masa mendatang soal kesehatan organ reproduksi dan menstruasi ini.

    BalasHapus
  37. orang tua baik ibu atau bapak wajib banget punya ilmu untuk mengedukasi anak-anaknya, apalagi anak perempuan, jangan sampai abai sama yang namanya menstruasi ya

    BalasHapus
  38. aku juga dapat banyak pengetahuan dan fakta melalui zoominar kemaren mbak, semoga kita bisa menyampaikan informasi yang kita dapat ke orang banyak ya, agar orang orang juga semakin paham pentingnya MKM

    BalasHapus
  39. Ilmu yang baik dan bermanfaat untuk edukasi menstruasi kepada anak remaja

    BalasHapus
  40. Memberikan masukan dan edukasi mengenai hal ini ke anak laki-laki juga perlu ya mbak sebagai penanaman empati bagi teman perempuannya di sekolah nanti.

    BalasHapus
  41. Edukasi temtang menstruasi itu penting ya jangan sampai terlupa apalagi untuk anak perempuan. Semenjak dini sepertinya sudah harus diberitahu ya.

    BalasHapus
  42. Andaikan bisa ikutan webinar ini, jadi banyak info. Tapi dengan baca tulisan ini ngebantu. Dan sepakat bahwa harus jaga kebersihan kewanitaan

    BalasHapus
  43. Webinar yang bermanfaat ya mba, jadinya saya lebih aware ttg kebersihan dan kesehatan menstruasi ini dan edukasi yg baik sama anak perempuan saya nanti

    BalasHapus
  44. Aku baru tahu soal Hari Kebersihan Menstruasi ini. Senang karena bisa ikut Webinar ini. Jadi banyak pelajaran yang bisa didapatkan mulai dari kebersihan selama menstruasi dan juga kewajiban kita ngomong hal ini sama anak

    BalasHapus
  45. Jadi inget dulu pertama menstruasi aku kaget karena keluar darah huhu soale ga tau apa-apa juga tinggal sama nenek dan bibi ga dikasih tau ini itu terus dulu salah pakai pembalut juga jadi yang ada lemnya diatas huhu.

    BalasHapus
  46. setuju banget sih ini, semua perempuan wajib tau yaa, biar bisa kasih info juga nih ke keponakan aku yang beranjak remaja soal sgala sesuatu tentang menstruasi ini

    BalasHapus
  47. Edukasi tentang kebersihan menstruasi ini sangat2 penting diketahui oleh remaja yg akan mengalaminya pertama kali. Dan kalau bisa ilmu itu secara umum diperoleh dari bundanya ya. Menstruasi terjaga kebersihannya, alat reproduksi jg tetap sehat.

    BalasHapus
  48. Alhamdulillah kemaren sempet ikutan juga webinar ini nih kak, materinya daging banget yaa, ada banyak insight yang didapat gitu. kereeeen

    BalasHapus
  49. Fakta bahwa 1 dari 4 anak Indonesia tidak mendapatkan edukasi tentang menstruasi pertama itu saya banget mungkin karena jaman dulu bahas ginian tuh dianggap tabu jadi Ibu saya agak hati-hati ngasih taunya. Bagus sih jaman sekarang informasi seperti ini sudah meluas dan jadi hal biasa

    BalasHapus
  50. Mudah2an ke depannya banyak yang sosialisasi mengenai kebersihan menstruasi di iklan2 tv ya, ga cuma iklan merek pembalut aja yg dibanyakin :)

    BalasHapus
  51. Perempuan wajib banget tau. Bahkan laki-laki pun sebaiknya tau. Supaya bis alebih memahami kalau perempuan sedang menstruasi.

    BalasHapus
  52. iya ini juga PR aku nih mbak, karena aku kan anak perempuannya banyak. kadang anak anak suka malu ngomongin soal kondisi memsntruasi mereka, jadi aku suka mendahului membuka percakapan, kuatir aja pada kesehatan organ intimnya.

    BalasHapus
  53. Seneng banget ya Teh bisa ikut acara ini jadi diingetin banget untuk selalu menjaga kebersihannya ... Peer juga nih mengedukasi ketiga gadisku...

    BalasHapus
  54. Kudu tahu banget ini ya informasi yang bisa dipake seumur hidup. Laki2 pun harus tahu banget biar paham ya

    BalasHapus
  55. Manajemen Kebersihan Menstruasi itu penting ya, sebagai ibu dan perempuan bagus jug adapat edukasi kaya gini supay abisa sharing lagi ke perempuan lainnya termasuk anak

    BalasHapus
  56. orgam intim perempuan banyak resiko yg dapat dialami, justru itu perlu perhatian khusus.

    benar sekali menstruasi adalah hal alami yg dihadapi perempuan.

    BalasHapus
  57. Iya mabk bener di sekeliling kita banyak yang termakan hoax menstruasi, blm lagi gak paham cara meanajemen kebersihan menstruasi yang bener.
    ALhamdulillah yaaaa ada webinar kyk gini yang memberikan edukasi untuk ibu2 supaya diteruskan ke lingkungannya khususnya ke anak gadisnya

    BalasHapus
  58. Pengetahuan banget ini.
    Dengan adanya Hari Kebersihan Menstruasi, kita semua bisa aware dengan kesehatannya.

    BalasHapus
  59. Alhamdullilah anak pertamaku sudah melewati tahap mens ini dengan baik karena aku sudah sounding sejak dia SD

    BalasHapus
  60. miris ya mba mengetahui data ttg edukasi MKM ini...semoga mulai kini dan seterusnya edukasi MKM untuk remaja lebih baik lagi.

    BalasHapus
  61. Webinar Sehat & Bersih Saat Menstruasi ini pastinya akan sangat berguna sekali bagi para ibu untuk memberi penjelasan ttg menstruasi kepada anak gadisnya ya. Aku dulu juga tidak pernah mendapatkan informasi tentang menstruasi sebelum menstruasi pertama datang, jadinya bingung waktu itu, untungnya pas liburan sekolah :D

    BalasHapus
  62. Terimakasih mba sharingnya, meskipun ngga ikut acara onlinenya tapi tetap bisa dapat informasi lengkapnya disini.

    BalasHapus

  63. Jd jelas adanya Webinar ini sangat bagus sekali buat Emak2 muda. Gak ragu kl menjelaskan tentang menstruasi itu sdh gak zamannya disebut tabu. Karena mereka yg blm tau jd tau kl kebersihan ketika menstruasi itu sangatlah penting kl tdk ingin disambangin sama macam2 penyakit yg menyeramkan karena ketdakledulian akan kebersihan ketika menstruasi.

    BalasHapus
  64. berul banget nih, anak-anak harus dapet edukasi terkait menstruasi. biar mereka paham cara menjaga kebersihan yang benar untuk menghindari timbulnya berbagai penyakit.

    BalasHapus
  65. Emang kalo punya anak perempuan apa lagi beranjak remaja kita harus peka, supaya anaknya berani curhat nih. Ternyata banyak juga anak yang belum diedukasi tentang menstruasi yaaah.

    BalasHapus
  66. Segitu aware-nya ya sama kesehatan dan kebersihan saat menstruasi sampai dibuat Hari Kesehatan Menstruasi. Semoga makin banyak lagi yang care and aware, apalagi untuk anak2 perempuan usia pubertas.

    BalasHapus
  67. Bahkan laki-laki pun harus tau. Supaya menhargai perempuan yang sedang menstruasi. Perempuan jelas harus tau banget supaya kesehatan tetap terjaga

    BalasHapus
  68. menjaga daerah kewanitaan itu penting banget. Pada saat datang bulan juga ada caranya biar tetap kitanya nyaman. Betadine punya produknya untuk menjaga kebersihan daerah kewanitaan bagus nih jadi kaum hawa gak perlu kuatir lagi

    BalasHapus
  69. Setiap perempuan ada baiknya paham soal ini apalagi kalau punya anak cewe y, pinter2 mengajarkan kebersihan menstruasi. Syukurnya disaat aku remaja, orang tua sangat edukatif

    BalasHapus
  70. Fakta bahwa anak Indonesia masih minim informasi yang benar mengenai menstruasi ini sangat miris yaah..
    Semoga banyaknya edukasi yang bekerjasama dengan blogger semakin meningkatkan awareness para Ibu dan anak remaja untuk menjaga kebersihan saat menstruasi.

    BalasHapus
  71. Semoga remaja kian terbuka dgn ortu dan mau berdiskusi seputar menstruasi ini.
    supaya tdk salah langkah dan bisa melakoni MKM dgn optimal.
    Sehaattt buat semuanyaaa

    BalasHapus
  72. iya salah satu fitrah seorang perempuan yang tidak bisa disangkal adalah menstruasi setiap bulan yaa. pada saat ini ALlah bagi masa berehat wanita untuk beristirahat. subhanallah ya, makanya mungkin ini juga kaitannya dengan kebersihan diri yaa, meskipun dalam masa mesntruasi kita harus terus menjaga diri kita tetap bersih dan wangi

    BalasHapus
  73. Memang penting banget ya menjaga kebersihan saat mens karena darah haid itu kan darah kotor. Harus dibersihkan dengan baik. Pembalut juga harus sering diganti apalagi kalo darahnya banyak.

    BalasHapus
  74. Banyak fakta baru deh yang aku dapet dari webinar ini. Bener-bener membuka mata ya. Gak nyangka kalo data tentang menstruasii di Indonesia bisa begitu. Semoga dengan semakin banyaknya sosialisasi seperti ini, jadi makin banyak perempuan yang aware dengan kesehatan dan kebersihan di saat menstruasi.

    BalasHapus
  75. bener banget nih tentang ganti pembalut/ ngosongin menscup 4 jam sekali. kalau kelamaan gak oke juga. walau terlihat masih dikit tapi better bersih terus yaa

    BalasHapus
  76. Saya baru tahu ada Hari Kesehatan Menstruasi
    Jadi pengen rasanya anak cepat besar dan segera kuedukasi haha
    Soalnya dua calon anak gadisku ini masih usia batita dan kids

    BalasHapus
  77. Iseng-iseng vaca eh baru tau ternyata ada Hari Kebersihan Menstruasi haha

    BalasHapus
  78. aku juga nyimak kemarin dan seru banget, karena banyak hal baru yg aku peroleh ttg MKM

    BalasHapus
  79. Asyik ya bisa ikutan webinar soal sehat & bersih saat menstruasi. Kita jadi tau apa aja yang perlu dipersiapkan ketika sedang haid. Pasti ilmunya daging banget deh nih.

    Dari artikel keren banget ini, saya baru tau kalau ganti pembalut itu harus rutin, bahkan kalo perlu setiap 4 jam sekali. SElain itu juga jangan membersihkan daerah kewanitaan dengan menggunakan sabun. Very nice article!

    BalasHapus
  80. Dan ternyata masih banyak yang salah sampe umur segini padahal ini penting bnget bagi kita2 wanita

    BalasHapus
  81. Orangtua punya peran penting dalam mendidik anak. Dan benar, metodenya jangan kayak diceramahin, tapi diajak diskusi selayaknya teman. Sang anak akan terbuka apalagi masalah kayak gini. Kadang pola pikir ortu yang masih konvensional masih menganggap hal ini tabu. Jadi anak malah cari tahu informasinya sendiri di internet. Syukur kalo ada informasi yang bener. Kalo salah?

    BalasHapus
  82. karena menstruasi sangat penting bagi semua, khususnya wanita, hingga hari peringatannya pun ada ya biar semua aware dan bisa menjaga diri terutama ketika sedang menstruasi, lakukan hal yang benar agar terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.

    BalasHapus
  83. Aq malah gak tau kalo sebenernya pembalut harus diganti selama 4 jam sekali. Selama ini ganti ya 6 jam sekali aq kak

    BalasHapus
  84. Yuk lah kita sama-sama ikut edukasi sejak dini soal menstruasi ini. Jadi mereka gak bingung saat nanti dapat menarke. Anak laki-laki juga wajib tahu minimal hal dasar biar nanti lebih aware sama perempuan

    BalasHapus
  85. Aku baru tahu istilah tentang MKM lewat webinar ini lo mbak. Ternyata banyak sekali yang harus dinotice. Dan bahaya juga ya kalau MKM ini diabaikan. Penting banget untuk dishare ulang ke anak perempuanku yang otw remaja, biar nantinya lebih sehat, bersih dan nyaman saat mengalami menarche.

    BalasHapus
  86. Sy juga salah satu pesertabwebinar ini tempo hari. Sy akui banyak ilmu baru mengenai mens yg sy dapatkan. Walau sejatinya kita prempuan yg sdah berulang kali mengalami mens. Trnyata masih bnyak yg blum kita ketahui betul. Terlbih ttg mengganti pembalut yg harusnya lebih sering dalam sehari. Ga boleh menunggu trlalu lama

    BalasHapus
  87. aamiin, semoga tulisan2 para blogger ini juga menjadi amal jariyah ya mbak. senang banget udah banyak yg membahas tetnang hal2 yang dianggap tabu seperti membicarakan menstruasi ini.

    BalasHapus
  88. Memang perlu untuk edukasi menstruasi ini dilakukan saat memasuki masa pubertas, entah itu oleh orangtua, saudara perempuan, maupun di sekolah

    BalasHapus
  89. senang lihat produk Betadine selangkap ini
    ini sangat membantu perempuan menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya ya mbak

    BalasHapus
  90. Memiliki anak perempuan, berarti harus bisa menyampaikan informasi dengan baik dan tepat pada mereka seputar kebersihan organ kewanitaan. Terutama saat mereka nanti mengalami menstruasi. Sejak dini aku kudu menyampaikan informasinya dan semoga bisa well educated.

    BalasHapus
  91. Aku baru tahu tanggal 28 Mei itu hari kebersihan mensturasi. Masalah haid ini memang tidak boleh diabaikan begitu saja, ya. Apalagi masih banyak anak-anak yang belum paham soal haid ini.

    BalasHapus
  92. wah aku baru tau ternyata masih banyak juga yaa yang belum dapat wawasan tentang kehigienisan ketika menstruasi. memang sebaiknya obrolan tentang hal ini lebih dihidupkan di rumah yaa..

    BalasHapus
  93. Sepakat.

    Memang sudah jadi fitrah dari para perempuan yang nggak bisa ditolak, kecuali ada kondisi tertentu ya. Dari kesemuanya, struggle mens tiap bulan ini dirasakan sejak remaja sampai jelang senja. Maka edukasi soal haid ini penting sekali.

    BalasHapus
  94. aku baru tahu mengenai manajemen kebersihan mesntruasi ini menjadi sebuah topik khusus. kirain ya udah gitu aja, ternyata ada banyak hal ya

    BalasHapus
  95. Cukup saya saja yang tahu bukan dari Ibu
    Makanya anakku harus paham menstruasi dari ibunya
    Agar tidak ada ilmu yang missed

    BalasHapus
  96. Dari webinar ini aku banyak mendapat fakta fakta tentang kebersihan menstruasi yang cukup mengejutkan. Ternyata banyak juga ya yang belum sadar MKM

    BalasHapus
  97. Betuuulll banget, perempuan wajib tau tentang manajemen kesehatan menstruasi ini, jangan sampai abai dan malah terkena penyakit infeksi yaaa.. huhu

    BalasHapus
  98. Penting untuk melakukan edukasi mengenai menjaga kesehatan dan kebersihan organ intim selama masa menstruasi dan menurutku yang paling krusial adalah kebiasaan untuk mengganti pembalut minimal 4 jam sekali, atau bisa kurang dari itu kalau pembalut sudah terasa penuh dan basah. Ini supaya organ intim tidak lembab dan jadi sarang bakteri yang tumbuh subuh di kondisi lembab dan basah

    BalasHapus
  99. Seru banget kak webinarnya. Baca pas bagian ini "1 dari 4 anak di Indonesia tidak pernah mendapatkan informasi terkait menstruasi sebelum mendapatkan menstruasi pertama" saya banget ini, sampe agak kaget gitu, kenapa tiba-tiba berdarah. Jadi penting banget emang adanya edukasi seputar menstruasi ke anak-anak remaja.

    BalasHapus
  100. iya, dengan kita menerapkan MKM, maka kita senantiasa menjaga badan kita khususnya area kewanitaan
    soalnya penting banget ya,
    kalau ada yg gak beres, rasanya gimana gitu
    makanya MKM itu penting

    BalasHapus

Posting Komentar