Manajemen Kebersihan Menstruasi, Perempuan Kudu Tau!

32 komentar

Fitrah perempuan menurut Najwa Shihab (sesuai anatomi dan fisiologi tubuh, tambahan dari saya) adalah menstruasi, hamil-melahirkan, dan menyusui. Jadi, wajar banget semua perempuan punya struggle di setiap tahap kehidupannya. Tapi yang selalu menghampiri adalah menstruasi yang datang tiap bulan. 

Mau perempuannya berkarir sebagai influencer, traveling keliling dunia, lagi diam di rumah, kerja di kantor, belanja di mall atau lagi liburan ala Safari di Dubai, kalau lagi jadwalnya mens ya bakalan mens. Kecuali kalau ada kondisi tertentu ya...

manajemen kebersihan menstruasi

Apa Itu Menstruasi

Menstruasi adalah proses pengeluaran darah dan bahan lain pada perempuan dari lapisan rahim dengan selang waktu sekitar satu bulan, sejak pubertas sampai menopause, kecuali selama kehamilan.

Karena ada darah yang keluar dari bagian kewanitaan, maka kita harus benar-benar menjaga kebersihan agar terhindar dari

  • Risiko keputihan, gatal, dan bau tidak sedap
  • Infeksi Jamur
  • Infeksi Kandung Kemih
  • Infeksi Salurah Reproduksi
  • Peningkatan resiko kanker serviks


Tanggal 27 Mei saya berkesempatan untuk hadir dalam Webinar Sehat & Bersih Saat Menstruasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia dan POGI bersama Betadine. Webinar ini hanya berlangsung selama 2 jam sehingga materinya super padet dan daging semua. 

Narasumber seminar ada 4 orang yaitu

  1. dr. Dwi Oktavia, TLH, M.Epid (Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Prov. DKI Jakarta)
  2. Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG(K), MPH (Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia/POGI)
  3. Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si. (Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IIPK) Indonesia wilayah Jakarta), 
  4. Mada Shinta Dewi (Country Manager Mundiparma Indonesia).
hari kesehatan menstruasi

Ada banyak sekali fakta mencengangkan yang saya dapatkan dari zoominar ini, di antaranya.

  • 1 dari 4 anak di Indonesia tidak pernah mendapatkan informasi tentang menstruasi sebelm mereka mendapatkan menstruasi pertama (UNICEF Indonesia)
  • 1 dari 5 anak perempuan tidak mengetahui bahwa menstruasi adalah tanda bahwa secara fisik mereka sudah bisa hamil (SDKI, 2017)
  • 1 dari 6 anak perempuan terpaksa tidak masuk sekolah selama 1 hari atau lebih pada saat menstruasi. alasan utama karena takut di-bully apabila darah menstruasi tembus ke rok seragam sekolah.
  • 1 dari 2 anak perempuan tidak tahu apa yang harus dilakukan saat menstruasi pertama kali
  • 1 dari 3 anak perempuan mencuci tangan sebelum dan sesudah mengganti pembalut
  • 1 dari 3 anak perempuan mengganti pembalutnya setiap 4-12 jam. Sisanya mengganti pembalut 2x/hari.

Sedih banget sih waktu dengerin materi ini. Belum ditambah lagi dengan banyaknya mitos yang beredar mengenai menstruasi. I mean... knowledge tentang menstruasi masih sangat rendah bahkan di era teknologi seperti ini. Orang tua juga memiliki peran penting dengan fakta brutal ini. Anak perempuan seharusnya mendapatkan pengetahuan tentang menstruasi dari orang tua terutama ibu.

Tapi gak cuma ngomongin masalah, di seminar ini kita juga dapat materi penting banget buat ibu gimana caranya untuk mulai membicarakan menstruasi kepada anak perempuan dan laki-laki. Mau tau gimana caranya? Bisa klik aja di sini untuk download.

Manajemen Kebersihan Menstruasi

Untuk menjaga kebersihan perempuan saat menstruasi, kita harus mematuhi manajemen kebersihan menstruasi (MKM) yaitu

  1. Membersihkan vagina secara benar menggunakan air bersih mengalir dengan cairan pembersih antiseptik kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina.
  2. Menggunakan pembalut bersih dan dapat menyerap darah dengan baik
  3. Mengganti pembalut secara teratur minimal setiap 4 jam sekali.

Antiseptik kewanitaan yang bisa dipakai misalnya dari Betadine yang bisa digunakan secara daily.

hari kesehatan menstruasi

Produk betadineini bisa dibeli dengan mudah di ecommerce:

Hari Kebersihan Menstruasi Di Indonesia


Berbicara tentang menstruasi, ternyata tanggal 28 Mei itu Hari Kebersihan Menstruasi lho. Ada yang belum tau? Saya pribadi juga baru tahu soal ini saat ikutan zoominar tadi.

Pasti banyak yang bertanya-tanya, kenapa tanggal 28 Mei dipilih sebagai Hari Kebersihan Menstruasi? Nih, saya kasih tau jawabannya: 28 mewakili rata-rata siklus menstruasi pada perempuan dan 5 dipilih karena mewakili rata-rata durasi menstruasi.

Semoga dengan dipilihnya Hari Kebersihan Menstruasi Di Indonesia bisa meningkatkan edukasi pada setiap perempuan di Indonesia. Dan kita sebagai ibu atau calon ibu bisa ikut ambil peran agar anak-anak kita nggak buta tentang menstruasi. Anak-anak kita juga bisa ngajarin anaknya agar tau dan paham mengenai menstruasi. 

Bisa jadi amal jariyah juga ya, bund...


Regards

Susie Ncuss

susie ncuss
a Devoted Wife who is addicted to Traveling, Halal Food, and Good Movies.
Contact
Email: emailnyancuss@gmail.com
Click http://bit.ly/travelndate to chat me via whatsapp

Related Posts

32 komentar

  1. nah jadi ibu kudu lebih pinter daripada anaknya, jadi kalau anaknya tanya soal mitos bisa jawab dengan tepat. Kasihan juga anaknya kalau sampai terjebak mitos..

    BalasHapus
  2. Dengan adanya fakta yang mencengangkan yang didapat dari webinar ini, aku jadi bertekad akan mengedukasi anak-anak saya mengenai hal mentruasi ini. bukan hanya anak perempuan tetapi juga anak laki-laki, biar mereka tidak membullying teman-teman yang sedang mengalami menstruasi ini.

    BalasHapus
  3. perempuan harus tagu tentang manajemen kebersihan dan kesehatan menstruasi ini ya mbak
    agar bisa menjaga kesehatan dan kebersihan saat menstruasi

    BalasHapus
  4. Memang perlu untuk edukasi menstruasi ini dilakukan saat memasuki masa pubertas, entah itu oleh orangtua, saudara perempuan, maupun di sekolah

    BalasHapus
  5. ibu2 sejagat raya harus paham ttg ilmu menstruasi dan bagaimana mengomunikasikan ke buah hati ya
    karena ini sesuatu yg sangat penting dan urgent utk dibahas secara mendetail

    BalasHapus
  6. Edukasi MKM ini alhamdulillah udah dipraktekkan sama ank remaja perempuanku dan jaman now lebih nyaman diskusinya karena lebih terbuka dan banyak informasi seputar menstruasi.
    Apalagi ada peringatan khusus, Hari Kesehatan Menstruasi

    BalasHapus
  7. Peran dan tanggung jawab ibu sangat penting ya Mbak dalam mengedukasi putrinya soal kebersihan menstruasi ini. Alhamdulillah putri sulung saya sudah haid dan dia insyaallah paham ttg hal ini sebelumnya kami juga sudah banyak berdiskusi. Nah, tinggal si putri ketiga nih adiknya... br usia 10 tahun sih tp gak salah kl diajak main game Menstrual Game ya, hehe...

    BalasHapus
  8. edukasi seperti ini memang penting mba, karena saya merasakan sendiri kurangnya edukasi pas pertama kali haid langsung panik lol

    BalasHapus
  9. Aku baru tahu lo kalau tanggal 28 Mei diperingati sebagai Hari Kebersihan Menstruasi, tapi emang perlu sih. Biar edukasi tentang menstruasi jadi lebih meluas. Materi pas seminar juga oke banget, rencananya bakal kubagikan di PKK RT dan Dawis biar semakin banyak yang tahu.

    BalasHapus
  10. aku dulu awal mens juga agak bingung, untung pernah ada penyuluhan gitu ttg menstruasi di sekolah pas SMP, ada buku edukasinya jg, penting bgt emang edukasi ini ya

    BalasHapus
  11. Wajib diberikan edukasi sejak dini ya mba ini sih, tentang kesehatan menstruasi
    aku dulu dari ibuk, terus tanya teman-temanku akhirnya ngerti dan paham

    BalasHapus
  12. iya nih mba setuju banget, kita harus banget ekstra bersih2 kalau lagi mens, jangan sampai malah menimbulkan penyakit yaa

    BalasHapus
  13. Kemarin saya ikut acara webinar ini juga kak, dan ternyata baru saya sadar masih banyak yg belum saya ketahui ttg perawatan terkait menstruasi ini. Kemarin benar-benar nambah wawasan banget

    BalasHapus
  14. ini pasti bermanfaat banget ya acaranya, ngomongin kebersihan saat sedang haid untuk perempuan dan wajib tahu soal ini agar tetep bersih dna sehat dalam kondisi menstruasi

    BalasHapus
  15. MKM ini memang penting banget ya mbaa. ngeri kan kalo sampe kena penyakit gara2 gak jaga kebersihan.. huhu..

    BalasHapus
  16. Dampaknya bisa ke kesehatan kalau gak paham menjaga kebersihan saat menstruasi. Ngeri kalau sampai terkena kanker serviks, ya. Naudzubillah min dzalik.

    BalasHapus
  17. Aku juga ikut webinar nya.. banyak bgt info yang didapet mengenai Manajemen Kebersihan menstruasi dan bagaimana cara penyampaian yang baik ke anak perempuan, karena mereka biasanya kalau diajak cerita mengenai hal ini suka malu.

    BalasHapus
  18. Edukasi soal menstruasi memang perlu banget loh, biar ketika si gadis ngalamin menstruasi pertamanya, dia nggak kaget lagi dan telah siap menghadapinya dengan senyuman, hahaha.

    Sekarang mah nggak perlu tabu lagi, setiap orang tua perlu banget edukasi sejak dini mengenai menstruasi kepada setiap anak gadisnya. Orang tua juga wajib menambah ilmu soal menstruasi, jadi bisa memberikan penjelasan yang komprehensif sekaligus berbagi pengalamannya.

    Dan melalui artikel super duper keren sekali ini, saya jadi tau kalau ternyata ada Hari Kesehatan Menstruasi

    BalasHapus
  19. Wajib banget tau cara menjaga kebersihan area kewanitaan apalagi kalau lagi menstruasi ya. Edukasi di sekolah-sekolah juga penting nih

    BalasHapus
  20. Betul banget, berbagai macam mitos tentang menstruasi ini masih beredar dengan luas dimasyarakat. Pernah juga dengar mitos kalau menstruasi katanya gak boleh keramas ya, padahal pada saat menstruasi itu kebersihan badan harus tetap terjaga. Semoga semakin banyak orang yang aware dengan menjaga kebersihan pada saat menstruasi ini, terutama buat perempuan sih.

    BalasHapus
  21. Kedengarannya sepele tapi emang masih banyak yang bingung soal menstruasi ini. Terutama anak2 remaja yang baru pertama haid dan kebingungan, pdhal kesehatan saat haid itu penting sekali

    BalasHapus
  22. waa terima kasih info info bermanfaatnya yaaa, kebetulan keponakanku udah memasuki usia remaja juga nih, udah mulai sedikit sedikit diinfoin soal mentstruasi juga

    BalasHapus
  23. Peran ibu sangat penting dalam soal menstruasi nih. Pokoknya jangan lupa deh untuk ajarin anak kita apa itu menstruasi, kalau tidak menstruasi apa dampaknya hingga cara membersihkan. Hal ini patut anak ketahui sebelum akil balik

    BalasHapus
  24. Waahhh makasih banyak nih mbak sudah berbagi pengetahuan sekece ini. Aku Catet ah buat bekalku saat bocilku nanti masuk di usia menstruasi atau saat ia nanti mengalami menstruasi.

    BalasHapus
  25. bener, masih banyak banget mitos yang beredar di masyarakat walupun sudah zaman internet begini. Pengetahuan yang benar, kalau enggak diomongin langsung maka akan kalah dengan mitos di masyarakat... maka dari itu peran orang tua, pendidik dan tenaga kesehatan penting banget agar anak anak kita tidak terjebak mitos...

    BalasHapus
  26. Iya penting banget nih Teh... Aku punya tiga gadis nih perlu semakin diingatkan utk lebih aware tentang hal ini....

    BalasHapus
  27. u ik ya alasan kenapa dipilih tanggal 28 mei.. ngga semua kepikiran menetapkan suatu hari peringatan ..

    BalasHapus
  28. Setuju sekali dengan adanya Hari Menstruasi seperti ini. Jadi edukasinya semakin merata ya mba

    BalasHapus
  29. Sedih banget kalau msh banyak yang belum paham soal manajemen kebersihan menstruasi krn mungkin jarang diobrolin sama org terdekat mereka ya mbajk.
    Edukasi soal menstruasi penting banget dilakukan krn menyangkut soal reproduksi wanita jg supaya gak kena penyakit.

    BalasHapus
  30. buat semua perempuan, wajib banget nih paham soal menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan

    BalasHapus
  31. Kemaren aku juga ikut webinarnya mba. Seru banget ya. Jadi makin paham nih soal gimana jaga kebersihan saat menstruasi

    BalasHapus
  32. Dari sekian banayak manajemen ekbersihan menstruasi yang harus ditetapkan menurutku adalah kebiasaan ganti pembalut setiap 4 jam sekali, kak. Penting tuh demi kebersihan dan kenyamanan juga

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email