Tips Agar Bisa Terus Traveling Sampai Lanjut Usia

128 komentar

gimana caranya agar tetap kuat traveling

Hai travelmates! Ngerasa kan kalau badan kita makin gampang capek seiring dengan bertambahnya usia? Saya menyadari ini waktu membandingkan gaya traveling saya di awal 20an dan awal 30an. Semuanya totally different, beda banget! 

PERBEDAAN TRAVELING DI USIA 20 DAN 30AN

Saya memulai perjalanan bareng suami di awal 20 tahunan. Waktu itu saya abis operasi besar yang bikin saya harus bedrest 1 bulan. Tapi saya dan suami traveling dengan begitu bar-bar yaitu hanya modal backpaker dan kaki yang kuat. 

Kami bisa berjalan kaki sekian kilometer dengan membawa beban 10 kg di pundak dalam 1 hari. Di malam hari kami tidur di bus malam dan besok paginya kami melanjutkan jalan kaki kembali. Dalam perjalanan 4 hari 3 malam, kami pernah hanya menginap di hotel 1 malam saja. 2 malam lainnya, seperti yang udah saya bilang, kami tidur di bus malam, terminal bus, bandara, bahkan di restoran 24 jam.

Semua itu bisa kami lakukan karena kami masih mudah. Masih di usia 20an, tulang dan sendi kami masih sangat bisa diandalkan.

Namun di usia jelang 30an kami nggak mau lagi jalan-jalan dengan gaya backpackeran seperti yang dulu sering kami jadikan andalan. Kami lebih memilih mode nyaman saat traveling demi tubuh kami. Ya gimana ya... kaki kami udah nggak kuat kalau harus jalan kaki atau bolak-balik naik turun tangga setiap hari. Beberapa kali lutut berbunyi aneh setiap kali bangun dari sujud saat sholat. Apakah ini adalah tanda-tanda tulang mulai rapuh? 

Oh.. tidakkk...

Saya masih ingin jalan kaki mengelilingi jalanan Tokyo, mendaki gunung dan menuju basecamp Everest di Nepal, dan tentu saja menunaikan haji dan umroh. Aktivitas yang saya sebutkan tadi membutuhkan fisik yang kuat, terutama kekuatan tulang di kaki, punggung, dan pundak.

Meski saya nggak tau kapan bisa jalan-jalan lagi, nggak ada salahnya untuk menjaga tubuh sebagai salah satu bentuk self care dan apresiasi pada diri yang berdampak jangka panjang. Setelah riset dan ngecek sana-sini, saya menerapkan beberapa tips agar kondisi kesehatan tulang saya bisa membaik agar bisa terus aktif sampai tua. Saya tulis di sini agar saya nggak lupa dan mungkin bisa berguna buat teman-teman 

TIPS AGAR BISA TERUS JALAN-JALAN SAMPAI TUA

1. Makan Makanan Yang Bergizi

Sejak lahir di dunia hingga tua nanti, menjaga makan adalah PR untuk semua orang. Alhamdulillah sekarang tren makan sehat dengan memperbanyak buah dan sayur semakin populer di setiap kalangan. Saya dan suami juga punya agenda stok buah dan sayur di setiap akhir pekan. Aktivitas ini nggak hanya untuk kebutuhan gizi tubuh tapi juga refreshing untuk jiwa karena udah terlalu lama terkurung di rumah gara-gara covid-19, hahaha.

Pemenuhan gizi yang tepat akan membuat tubuh sehat dan kuat.

2. Minum Air Mineral Minimal 2 Liter

Beberapa waktu yang lalu saya shock berat karena ternyata banyak banget anak-anak muda yang nggak suka minum air mineral atau air putih. Ada yang ngaku mual kalau minum air putih. Sumpah, sedih banget baca info ini di twitter. Padahal air sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal yang berperan sangat penting dalam penyaringan darah di seluruh tubuh. 

Saya bersyukur karena saya sudah cukup terbiasa minum air putih. Tinggal disiplin aja dengan minum lebih dari 2 liter setiap hari, terutama di akhir pekan yang bawaannya mager (mager mandi, mager minum, dan mager lainnya).

Salah satu hal yang ngebantu saya buat ngetrack 2 liter air setiap hari adalah botol minum 1 liter. Kalau saya udah mau refill ke-3, itu artinya saya udah selesai minum 2 liter. Rasanya senang dan seperti punya prestasi keren di hari itu, hehe.

3. Minum Suplemen

Saya kembali bersyukur dengan kondisi pandemi saat ini karena saya dan suami juga semakin sadar akan pentingnya suplemen di kehidupan sehari-hari. Dulu kami cuek banget dengan suplemen karena gak kepikiran sama sekali. 

Sekarang kami juga rutin menyediakan stok suplemen seperti vitamin C, minyak ikan dan suplemen herbal. Di kulkas kami juga selalu sedia susu untuk menyuplai kebutuhan kalsium yang sangat penting untuk kesehatan tulang. 

Dari sekian banyak brand yang memproduksi susu kalsium, saya merekomendasikan susu dari Anlene yang sudah berpengalaman selama puluhan tahun. Susu Anlene diformulasikan secara khusus dengan manfaat nutrisi unggul untuk mendorong kesehatan tulang yang optimal dan memenuhi berbagai kebutuhan untuk hidup aktif dan sehat.

Tanggal 1 Agustus 2021 Anlene meluncurkan 2 produk terbarunya melalui webinar yang dihadiri hampir 300 orang dari seluruh Indonesia bersama Rhesya Agustine sebagai Marketing Manager Anlene, Haryadi Raharjo (Scientific & Nutrition Manager), dan Liliyana Natsir (atlet badminton yang meraih medali emas di Olimpiade Rio de Janeiro 2016).

Anlene activit 3x dan anlene gold 5x

Anlene Actifit 3X

Produk susu ini mengandung 3 nutrisi utama seperti kalsium tinggi untuk tulang yang kuat, kolagen + vitamin C untuk kelenturan sendi, protein dari susu berkualitas tinggi dan Vitamin B6 untuk energi otot yang berkelanjutan.

Anlene Gold 5X 

Susu varian Anlene Gold 5X mengandung nutrisi utama yang dilengkapi dengan kolesterol yang rendah, sumber kalium dan Vitamin B9 untuk risiko kesehatan terkait usia dan tidak ada tambahan gula. Meski tidak menggunakan gula, susu Anlene tetap enak untuk diminum.

Anlene Activit 3x

Anlene juga menyediakan pemeriksaan mobilitas gratis di http://anlenemovecheck.com/. Caranya sederhana yaitu mengikuti Kuis Pemeriksaan Gerakan Anlene di website tersebut. Alat sederhana ini dikembangkan khusus untuk menilai mobilitas dengan melakukan gerakan fisik sederhana agar kita lebih aware akan pentingnya hidup aktif.

4. Olah Raga Rutin

Olah raga di masa pandemi memiliki tantangan sendiri, terutama di masa-masa PPKM. Tetapi kondisi pandemi  yang masih belum pasti kapan selesai ini tidak boleh jadi alasan untuk rebahan sepanjang hari. Tubuh tetap harus aktif dengan olah raga minimal 30 menit setiap hari.

Untuk itu, Anlene menyelenggarakan kompetisi virtual #JadiAtletdiRumah dengan mengunggah aktivitas fisik seperti berlari, berjalan, dan melompat dalam video di laman instagram @anlene_indonesia. Kompetisi yang diselenggarakan pada 23 Juli – 8 Agustus 2021 ini sekaligus mendukung atlet Indonesia yang sedang bertanding di Tokyo. 

5. Jaga Kesehatan Mental Dengan Berfikir Positif 

Kondisi fisik yang baik harus ditopang dengan mental yang terjaga. Saya melatih diri untuk tidak terlalu memikirkan bagaimana pandangan orang lain pada hidup saya. Selain itu saya juga selalu bilang pada diri sendiri untuk terus mencari hal-hal baik di antara kejadian yang mungkin terlihat kurang baik. 

Fikiran yang tenang akan membuat hidup kita juga tenang, imunitas terjaga dan sehat sepanjang usia.

Semoga pandemi covid-19 segera sirna ya. Atau jika hal itu masih terlalu jauh atau tidak pasti, setidaknya 50% warga Indonesia sudah mendapatkan vaksin agar roda kehidupan bisa kembali normal. Kita bisa jalan-jalan lagi dan bisa mudik lagi.

Your Travelmate, 

Susie Ncuss


susie ncuss
a Devoted Wife who is addicted to Traveling, Halal Food, and Good Movies.
Contact
Email: emailnyancuss@gmail.com
Click http://bit.ly/travelndate to chat me via whatsapp

Related Posts

128 komentar

  1. Eh iya bener mbaaa
    umur ga bisa bohong
    kalo aku, seiring pertambahan usia, jadi makin ngantuk-an saban traveling wkwkwkw
    semogaaa pandemi segera udahan yaa
    kuangen geret koper dan angkat ransel lagiii
    paspor juga udah melambai2 minta dipakai :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ihhh kok sama hahaha Yuk ah rajin olahraga kayak Liliyana Natsir sama Amanda..biar gak ngantukan haha

      Hapus
  2. Dari sekarang harus membiasakan diri dengan kelima poin di atas. Kalo olahraga, saya belum serius tapi masih bergerak aktif dalam rumah.

    BalasHapus
  3. Wah mau banget bisa traveling sampai tua hahaha.... pengennya sama suami masa tua nanti bisa jalan-jalan terus nih bener ya harus dijaga nih tubuhnya biar bisa menikmati masa tua dengan sehat. Terima kasih tipsnya... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak, aku juga pengin nih, jalan-jalan sampai tua, sama suami kayaknya lebih asyik ya, lebih romantis.

      Hapus
  4. Betapa bahagianya jika di usia lanjut pun kita masih memiliki tubuh yang segar dan bugar. Apalagi kalau mau traveling. Minum suplemen seperti Anlene memang diperlukan ntik memenuhi nutrisi

    BalasHapus
  5. Lwngkap ya kandungan yang activit 3X kalsium, kolagen dan vitamin C. Jaga imun tubuh selama masa pandemi gini harus semangat dan rajin olahraga. 👍

    BalasHapus
  6. Wah impian banget ya, sampai lanjut usia masih bisa ke mana-mana, traveling keliling-keliling, tanpa mengeluh akan tulang, itu luar biasa.

    memang kudu dijaga kesehatan dan nutrisi tulangnya sejak sekarang, agar bisa traveling sampai kapanpun :)

    BalasHapus
  7. Saya juga selalu menasehati diri saya sendiri untuk tetap makan makanan bergizi seperti makan buah dan sayur. Buah dan sayur yang saya konsumsi adalah produk lokal hasil dari panen warga sekitar kampung saya. Minum susu juga penting ya, Mbak. Kalau saya beli susu Anlene untuk emak saya.

    BalasHapus
  8. Ada sensasi sendiri klo traveling mode backpacker ya Mbak. Selalu meninggalkan kesan yang mendalam. Klo saya semangat aja diajak backpackeran, tapi suami yang tak biasa hidup begitu, makanya klo backpackeran sama ajak teman yang sevisi hehe

    BalasHapus
  9. iya mbak, usia 40 plus harus memperhatikan pola makan ya dan banyak gerak. saya juga udah merasa sering pegal di kaki alhamdulillah setelah mengurangi karbo, lebih sehat. saya memang dari dulu lebih suka sayuran dan buah. dan memang pada masa sekarnag tuh, makanan itulah yang harus lebih banyak dikonsumsi selain juga protein yaa.

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah nanti ada lagi fasse traveling usia 40, 50 dst akan berbeda cerita lagi ya ncuss. Dan ku merasakan di fase itu. Beneran kesehatan tulang dimulai dari usia muda, juka rajin akif bergerak, insyaallah kesehatan investasi masa depan. Dan Anlene menjawab semua kebutuhan kesehatan tulang, sendi dan otot.

    BalasHapus
  11. aku tuh termasuk wanita yang paling rempong soal traveling dan juga punya phobia dengan naik pesawat terbang. Jadinya, traveling aku lebih prefer jawa-bali lewat jalur darat, wkwkw

    BalasHapus
  12. Pokoknya lebih lama bergerak akan bikin sehat tubuh ini dan kuat kaki ini. Lanjut travelling hingga menua

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju nih, banyak bergerak biar makin sehat dan kuat yaaa jadi bisa jalan-jalan terus sampai tua hihi

      Hapus
  13. Anlene konsen banget dengan kesehatan masyarakat ya selalu giat kampanye untuk selalu bergerak aktif gak mager di rumah.

    BalasHapus
  14. Makasih dibagi tipsnya. Memang minum susu kalsium penting banget untuk masa depan kesehatan tulang. Biar tetap lincah sampai nanti dan tetap bisa jalan-jalan

    BalasHapus
  15. Mbak makasih banyak buat tipsnya,
    olahraga dan suplemen, serta pendukung lain turut mendukung usia dan tubuh kita tetap bugar dan sehat di usia sampai menua ya. Semoga kita semua sehat selalu aamiin

    BalasHapus
  16. Masya Allah. Baca judulnya semangattttt jadinya. Traveling sampai lanjut usia. Menghibur sekaliii.

    Makin tambah usia, makin beda gaya travelingnya kita ya mba. Kesehatan adalah yang utama bagi mereka yang punya semangat traveling sampai jadi aki aki dan nini nini. Kesehatan itu modal. Kalo gak sehat, gimana mau hepi travelingnya. Salah satu sumber sehat adalah konsumsi suplemen, khususnya yang berbasis kalsium karena makin tua kita makin berisiko osteoporosis. Kan gak asik juga travelingnya pake kursi roda. ya kan.

    BalasHapus
  17. Duh, baca tulisan ini jadi kangen ngebolang lagi Kak. Biasanya setahun ikut KI ke kota-kota terdekat atau lintas provinsi. Senang banget ketemu teman baru dan kenalan buat nambah jejaring. Makasih ya diingatkan untuk rajin olahraga. Kadang karena kelamaan di rumah malah males-malesan. Jadi mikir nih buat minum Anlene Activit 3x, Kak. Ibuku yg sepuh minum dan cocok dg Anlene. Tulang dan sendi kuta, antinyeri. Aman juga buat beliau yg hipertensi.

    BalasHapus
  18. Dalam kegiatan travelling, terutama backpacket, stamina ini yang paling utama yaa.. Dan utamanya lagi ditopang oleh tulang yang kuat.
    Keren banget untuk terus bergerak dan jangan lupa konsumsi Anlene. Agar bisa travelling hingga usia lanjut.

    BalasHapus
  19. Amin, semoga pandemi bisa cepat berakhir dan Indonesia bisa pulih lagi. Kangen banget ya pengen jalan2 dan liburan lagi, huhuhu

    BalasHapus
  20. Life goal aku, nih, bisa traveling sampai kapanpun. Nikmatin dana pensiun. Makanya berusa sehat terus, nih.

    BalasHapus
  21. Nah minum suplemen sebagai pelengkap nutrisi tubuh penting ya kak karena semakin bertambah usia fungsi tubuh mengalami penurunan pastinya

    BalasHapus
  22. Menjaga kesehatan mental jaman sekarang tuh penting banget, setidaknya mengajak pikiran untuk selalu berpikir positip.

    Btw..Seruu ini challengenya ya, cuma dengan berjalan, berlari dan melompat bisa menyemangi mereka yang lagi berlaga di Tokyoo. Yuuk, bergerak sambil penuhhi Nutrisi Anlene yang Unggul dan Superior.
    MAkin berinovasi aja nih Anlene!!

    BalasHapus
  23. Acara yang seru sekali. Webinarnya komplit, ada sesi yoga, ngobrol bareng atlet, juga memberikan inspirasi latihan fisik yang mudah dikerjakan dari rumah

    BalasHapus
  24. keren nih dengan Anlene Gold dapat membuat orang yang lanjut usia mampu untuk traveling lebih lama dan jauh lagi

    BalasHapus
  25. Awalnya dulu saya juga nggak suka minum air putih atau mineral. Itu waktu kecil. Tapi makin lama enak juga. Segar juga diminum. Alhamdulillah, sekarang bisa menjaga 8 gelas sehari. Kadang lebih.

    BalasHapus
  26. Pasti jadi hal yang menyenangkan jika kita bisa melakukan travelling di saat usia tak lagi muda. Menikmati dunia yang sama dengan cara pandang berbeda. Tips ini patut dilakukan agar travelling di usia tua bisa terwujud dengan baik.

    BalasHapus
  27. Olahraga rutin itu penting banget, menjaga kebugaran.
    Dan untuk nutrisi tulang, percayakan Anlene aja ya.

    Asyik banget kan, kalau sampai tua nanti kita masih bisa bugar ke mana-mana, saya sering liat beberapa orang dari luar negeri, yang masih kuat traveling di usia senja :)

    BalasHapus
  28. aamiin ya rabbal alamin. iya mbak semoga pandemi segera usai dan kita bisa travel kemana saja. mumpung masih muda dan sehat. memang tubuh yang kurang gerak itu bikin pegal pegal yaa. jadi sebaiknya banyak bergerak agar terhindar dari nyeri sendi dan kerapuhan tulang karena tidak pernah distimulasi. ditambah lagi minum susu yang menunjang kepadatan tulang agar tulang sehat dan kuat.

    BalasHapus
  29. Usia 30an memang rawan. Sedikit-sedikit gampang sakit. Mungkin juga sisa-sisa 'dosa' masa lalu yang makan segala rupa makanan enak, tanpa dibarengi pembakaran kalori yang baik.
    Dulu kalau touring bisa jauh tanpa persiapan memadai. Aman dan sehat-sehat aja. Sekarang ke kota sebelah aja, masuk anginnya tiga hari :-D

    Mungkin butuh banyak suplemen juga ya macam Anlene ini.

    BalasHapus
  30. Sepengalaman saya traveling sambil kerja, yang benar-benar dibutuhkan adalah suplemen tubuh. Ah, jadi kangen traveling kan.. Semoga pandemi ini cepat berlalu ya kak..

    BalasHapus
  31. Hwaa baca ini jadii bersyukur sekali kemarin bisa ikutan juga acara bareng IIDN dan Anlene. Banyak ilmunyaa, terlebih soal kesehatan tulang kita. Karena akhir2 ini aku ngerasa lutut sering banget pegel2 gituu :(( karena emang kurang gerak banget akutuh

    BalasHapus
  32. Pengen banget travelling lagi apa daya masih pandemi ya mba. Susu anlene bisa membantu kita lebih kuat berjalan ketika hendak olahraga atau bepergian

    BalasHapus
  33. Makanya mumpung masih muda, puas-puasin traveling deh, biar kalo udah tua, tinggal menikmati memorinya saja, hehehe. Udah tua ngeliatin foto/video sambil rebahan bersama pasangan.

    Terima kasih atas tipsnya. Tapi usia saya sudah mau kepala 4, pasti butuh persiapan yang sangat matang dan berbeda waktu muda dulu.

    BalasHapus
  34. Waktu umur 20an ya pasti masih kuat buat traveling. Dan bener, biar sampai tua tetep sanggup keliling jauh, kudu di jaga kesehatan tulangnya

    BalasHapus
  35. Asyik ya kalau badan sehat. Bisa traveling di usia berapa pun.

    BalasHapus
  36. aku pun sekarang udah gak kuat traveling backpakeran kayak gitu. padahal waktu masih single mah naik gunung mulu bawa beban berat. kayaknya udah harus konsumsi anlene juga nih aku biar nutrisi terpenuhi

    BalasHapus
  37. Pengen juga bis aberaktivitas terus sampai usia lanjut dan tidak menyusahkan siapa-siapa. Kelima tips di atas memang harus dilakukan ya.

    BalasHapus
  38. Kalau ingat masa remaja jadi ingin ketawa sendiri, betapa dulu itu ugal-ugalan, celelean, manjat sana sini nggk takut, eh sekarng jalan kaki 5 km aja udah ngos-ngosan.

    Makasih buat tipsnya mbak susi, udah perlu tambhan suplemene macam anlene nih

    BalasHapus
  39. Olahraga rutin penting banget. Gak perlu berat-berat cukup jalan pagi saja sudah cukup. Kalau olahraga rutin dilakukan, stamina bisa tetap terjaga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mending rutin selama 15 - 25 menit ya, ketimbang di push tapi gak rutin. Malah bikin badan gak nyaman juga sih

      Hapus
  40. Impian banget nih bisa traveling berduaan. Sampai sekarang masih sekedar cita-cita, tapi harapannya bisa menua dengan sehat dan bahagia. Jadi nanti pas anak-anak udah gede bisa jalan-jalan berdua aja.

    BalasHapus
  41. Wih keren banget ya pengalamannya bacpakeran. wah gak kebayang aku nggak Belum berani Mbak. Masih di zona nyaman.

    Apa lagi nginep di bus malam waah keren banget. Memang dinamika kebiasaan ditentukan juga oleh usia. gerak mungkin sudah nggak terlalu cepat, daya tahan tubuh juga nggak terlalu sekuat dulu, tulang juga nggak sekokoh sewaktu muda

    untungnya bisa ditopang dengan Anline yang memang sangat dipercaya bank masyarakat Indonesia untuk menjaga kesehatan tulang.

    BalasHapus
  42. Saya juga ngebayangin demikian kak, walaupun sekarang masih 20an dan melakukan traveling dengan bawa-bawa ceril kalau naik gunung berharap bisa melakukan itu hingga tua nanti. Ternyata memang harus disiapkan sejak dini mungkin yaa, bismilah bisa.

    BalasHapus
  43. Alhamdulillah ya mbak jika sampai usia 50an nanti pun kita tetap sehat dan bisa tetap aktif bergerak. Jangan sampai lah pandemi tetap mager sehingga bikin tubuh kurang sehat. Tipsnya mantul banget, makasih sharingnya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga kita nanti juga masih tetap aktif bergerak di usia 50+ ya... Biar bisa jalan jalan sama anak cucu...

      Hapus
  44. Sepakat bangett sih sama tipsnya. Dulu waktu masih 21 tahun masih kuat ndaki gunung bawa carier isi 6 botol air mineral isi 1,5 liter dan perlengkapan ndaki. Tapi sekarang boro-boro, diajakin muncak aja udah pesimis.
    Musti ikutan konsumsi anlene sih biar optimis kuat muncak lagi.

    BalasHapus
  45. Seru juga kalau bisa travelling sampai tua. Tetapi, tentu butuh fisik yang prima. Dan itu harus diperhatikan sejak awal. Rajin berolahraga dan nutrisi yang baik

    BalasHapus
  46. Betul banget, Mak.. Tetap bergerak aktif dan menjaga asupan nutrisi, adalah salah satu bentuk self care, sekaligus ikhtiar agar kita bisa memiliki kebebasan bergerak sampai kita tua nanti.

    Semoga pandemi segera berakhir, agar kita bisa jalan-jalan dan berolahraga dengan lebih bebas lagi. Aamiin.

    BalasHapus
  47. Dulu traveling bisa janjian sama tan keluar kota. Kalau sekarang, traveling kudu bawa bocah wkwkkw. Tapi selalu ada cerita menarik setiap traveling. Dalam kondisi apapun.

    BalasHapus
  48. Wah menyenangkan sekali bisa travelling berdua dengan Paksu, semoga pandemi lekas usai ya agar bisa traveling lagi...

    BalasHapus
  49. Wah aku banged nih mba yg pengen travelingan sampai usia lanjut. Sekarang aja usiaku dah 50 tahun masih suka nanjak. Anlene gold 5x cocok buat saya nih. Makasih insight nya ya...

    BalasHapus
  50. Stamina Dan kaki memang harus just buat travelling . Hal ini yang harus di pupuk selagi muda dengan minum susu , olahraga dan pola hidup sehat. Oh ya berdoa juga penting biar sehat terus

    BalasHapus
  51. Pastinya dengan olahraga rutin mampu membuat tubuh jadi sehat dan kuat

    BalasHapus
  52. supaya traveling bisa lanjut jangan lalau dan malas jaga kesehatan yaaa mba. Semangat selaluuu pastinyaaa

    BalasHapus
  53. MasyaAllah mbak, makasih banget dengan artikelmya. Poin lima bikin terharu. Emang ya banyak ornagbyang sering ngurusi hidup kita. Kadang bikin kepikiran. Tapi benar banget cari hal baik diantara hal yang kurang baik. Sehat mental dan pikiran wajib agar terus terjaga kesehatan badan.

    BalasHapus
  54. Eh acara Anlenenya asyik ya Teh saya banyak mendapat insight baru nih ngingetin juga utk gaya hidup sehat, iya supaya bisa traveling sampai tua hahaha....

    BalasHapus
  55. setuju banget sih makin ke sini usia makin bertambah dan kemampuan fisik kita makin berkurang, tapi akita kan ga mau ya kalo misalnya kita hanya terdiem saja di usia kita tua nanti kudu tetep produktif

    BalasHapus
  56. Aku suka melihat orang-orang yang traveling dari sejak mereka masih muda. Setuju banget nih kalau harus minum air putih sebanyak dua liter dan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

    BalasHapus
  57. Aih, ini mah impian saya sama suami, mba, karena ketika anak-anak kecil-kecil kita gak pernah ninggalin, heheh. Pengen bisa tarvelling berdua, mungkin setelah anak-anak dewasa dan kita berdua saja. Makanya aku dan suami jaga kesehatan sejak dini, ini juga minum anlene Actifit 3x

    BalasHapus
  58. Apalagi kalau udah usia 40an mba, jalan-jalan bawa ransel udahlah rasanya pasti encok hehehee... Makanya penting banget nih untuk menjaga kesehatan sendi, otot dan tulang dari sekarang ya. Andalan banget nih Anlene untuk menjaga kesehatan tulang sejak sekarang.

    BalasHapus
  59. Wah hebat pengalaman traveler ala backpakernya, Mbak. Hebat bisa jalan jauh dengan istirahat malam seadanya. Kalau saya kayaknya gak sangguup hehehe
    Tapi kebiasaan itu pastinya jadi modal juga kalau mau jalan-jalan sampai lanjut usia, ya... karena sudah terbiasa dan terlatih

    BalasHapus
  60. Aku nggak. Pake gula minum. Anlene kalo ibuku suka tmbah gula hehehe. Aku konsumsi sejak 2017. Ikhtiar ya kan. Jadi pengen ikut lombanya

    BalasHapus
  61. Olahraga rutin ibaratnya investasi kesehatan ya mbak buat masa depan kita. Aku pun pengen saat tua nanti bisa travelingan.
    Aku jd keinget dulu pernah traveling serombongan sama neli2 pas ke Badui, mereka kuat lho jalan jauh, eh aku msh ngos2an wkwkk
    Mungkin mereka juga konsumsi Anlene kali ya kesehariannya :D

    BalasHapus
  62. Dengan konsumsi Anlene, investasi kesehatan tulang plus tidak lupa tetap aktif walau di rumahaja.
    Uda gak sabar pengen travelling lagi yaa, teh.

    BalasHapus
  63. Jangan karena PPKM berlanjut eh malah lanjut mager ya kak. Tapi harus gencarkan aktif bergerak nya biar bisa tetep traveling cantik

    BalasHapus
  64. Nah aku sangat butuh kondisi fisik yang prima agar bisa travelling, mengingat aku jgua belum daftar haji kan

    BalasHapus
  65. Saya dulu juga nggak pernah konsumsi suplemen mbak. Tapi sejak pandemi gini jadi sering sedia vit C, walau bukan saya juga yang konsumsi hehehe. Buat suami dan anak-anak.

    BalasHapus
  66. Bener banget ya, traveling pas usia 20an dan 30an emang beda, sekarang aja aku kalau naik tanggal agak capek2 mbak, dulu mah enggak...sikat aja walaupun lantai 7

    BalasHapus
  67. Keren banget, jalan kaki berkilo-kilometer jauhnya. Kalau masih muda rasanya sejauh apapun tempat bisa didatangi ya. Seiring bertambah usia harus mulai didukung nutrisi yang tepat buat menunjang aktifitas sampai lanjut usia.

    BalasHapus
  68. usia emang nggak bisa dibohongi ya mbak, kalo di usia 20an pundak dan kaki masih kuat diajak kemana aja, nah diusia 30an pengennya traveling yang lebih santai.

    BalasHapus
  69. bener, mbak Susi... menjaga tulang dan kesehatan tubuh sangat penting supaya sampai tua masih bisa traveling bareng anak-anak.

    BalasHapus
  70. I feel you,Mbak...traveling di usia 20-an,30-an dan kini saya dan suami 40-an (jelang 50 malah) berasa banget kekuatan badan ,,,, duh terakhir traveling sebelum pandemi, keliling sebagian besar Sumatera, suami tepar dan berakhir di UG di Bengkulu hihihi, saya mesti ke dokter setempat juga. Maka saya setuju kesehatan mesti dijaga dengan tips di atas termasuk kesehatan tulang dengan Anlene, misalnya, yang bagus produknya

    BalasHapus
  71. Kalo asupan bergizi, insyaallah sudah lama dimulai. Urusan gerak, nih, aku yang masih gak rutin.

    BalasHapus
  72. Usia memang tidak bisa dibohongi nih. Saya harus mulai konsumsi susu juga supaya tulang dan gigi terjaga asupan nutrisi nya.
    Olahraga rutin dan pola hidup sehat sudah tapi kalau minum susu na itu belum...

    BalasHapus
  73. Benar sekali, Mbak. Mau traveling terus, ya harus menjaga kesehatan sendiri. Salah satunya dengan terus berolahraga, dan memenuhi nutrisi. Jangan malas gerak. Apalagi kan pas traveling itu banyak berjalan kaki.

    BalasHapus
  74. Impian saya memang jalan-jalan ke sluruh nusantara, Mbak. Jadi tips ini keren banget dan akan saya jalankan. Intinya semua tergantung dari kita, ya. Termasuk jangan malas gerak, wajib rajin olahraga. Apalagi olahraga bisa dilakukan di rumah.

    BalasHapus
  75. salut banget Mbak, bisa traveling backpackeran gitu, apalagi jalannya bareng suami ya duuh pasti gak bakalan terasa deh capeknya apalagi saat itu masih usia muda *cieee hihih
    kalau udah 30an emang udah mulai terasaa sih ya, makanya harus dibarengi nutrisi yang LebihDariSusu yaitu Anlene ya agar otot, sendi dan tulang tetap terjaga kepadatannya :)

    BalasHapus
  76. Huaa jadi kangen traveling lagi. Dan benar bahwa traveling itu badan harus fit. Karena pasti butuh gerak terus kan ga mungkin traveling rebahan wae di kamar hotel. Hehe. Aku berasa usia 30 an beda dengan usia 20 an masih ga gampang capek. Kalau sekarang aduh duh

    BalasHapus
  77. Semakin bertambah usia, kekuatan otot tulang dan sendi cenderung makin menurun. 10 tahun lalu saya masih kuat ngangkat anak 20 kg, sekarang ngosngosan rasanya. Demikian pula buat yang hobi traveling. Setiap bertambah usia 1 dekade, tentu kekuatan fisik sudah tidak seperti dulu lagi. Dengan aktif bergerak dan asupan nutrisi yang benar, semoga di hari tua nanti tetap sehat dan kuat.

    BalasHapus
  78. setuju banget mbak, dengan rutin olahraga dan minum Anlene, kita bisa tetap aktif dan sehat sampai tua
    bisa deh travelling sampai tua

    BalasHapus
  79. Aku makin kesini saat pandemi ini merasa bahwa, ternyata para lansia yang dulu hobi jalan pagi, mereka tetap sehat ya... lha kami malah seendut ini gara2 ngga gerak blas nih.

    BalasHapus
  80. semenjak jarang olahraga jarang gerakin tubuh, malah bikin tubuh gak enak ya.. yang ada malah mudah banget terasa capek dan pegel.. lain ketika pegel karena olahraga berat tapi setelah hilang pegelnya tubuh jadi segar bugar..

    BalasHapus
  81. setuju banget wajib jaga kesehatan badan dan termasuk tulang agar travelingnya happy dan menyenangkan terus, apalagi saya travelingnya naik gunung, wajib banget sehat

    BalasHapus
  82. Usia pasca 30 tahun memang usia rawan. Sepertinya menuai apa yang ditanam pada usia 20 tahunan. Kalau polanya sehat, usia 30-an bisa selamat. Tapi meski usia 20 tahunan dilakoni dengan sehat, pola hidup sehat setelah usia 30 tahunan juga wajib dilakukan.

    BalasHapus
  83. Nah tips yang nomor 4 baru dipraktikkan tadi deh saya ama suami senam berdua di depan tayangan TV Youtube. Emang seger banget yaa kl abis olahraga, rasanya tubuh lebih bugar. Plus minum susu Anlene ya Mba, noted

    BalasHapus
  84. Tips yg nomor 4 work banget buat menjaga kebugaran tubuh ya Mbak,, td pg saya senam SKJ barenga suami di depan tayangan TV Youtube. Sip deh sehat dan aktif bergerak bersama Anlene ya

    BalasHapus
  85. Meskipun hobi saya traveling, ternyata belum banyak tempat yang saya kunjungi. Btw minum air dua liter per hari dn olahraga ini saya yang belum penuhi, mbak. Jadi badn sering pegel-pegel

    BalasHapus
  86. Aku mau banget bisa traveling hingga usia lanjut. Ehh kesentil juga sih, tenyata harus ada tambahan nutrisi dari susu Anlene ya untuk kesehatan tulang dan sendi. hehe

    BalasHapus
  87. Pas banget sama cita cita aku dan suami mau traveling keliling dunia. Hihiiii. Nah kayanya aku dan suami perlu banget nih asupan nutrisi untuk tulang seperti dengan meminum Anlene Actifit 3X

    BalasHapus
  88. Jadi anlene nya tinggal pilih ya... kalau mau yang lebih rendah gula pilih yang Anlene 5X...

    BalasHapus
  89. jado sedih nih, udah umur 25 tapi jarang banget traveling :')

    BalasHapus
  90. yeayy aku pun pengen ntar tetep bisa sering traveling meski usia udah tak muda lagi... Makanya dari sekarang udah rajin olahraga lagi deh...

    BalasHapus
  91. Wah aku pengen sehat sampai tua juga travelingan. Ya kudu bnyak getak ya biar sehat dan minum susu Anlene...

    BalasHapus
  92. Seru banget kalau bisa travelling hingga usia lanjut. Jadi supaya bisa tetap traveling, harus dipersiapkan mulai sekarang nih, mulai dari dana dan juga kesiapan fisik.

    BalasHapus

  93. Air mineral ini ternyata banyak banget manfaat ya ka, selain menghindari dehidrasi, bisa hidup sehat.
    Masa pandemi sekarang harus bngt menerapkan pola hidup, selain itu juga harus berolahraga biar tulang tetap oke sampai usia tua.

    BalasHapus
  94. senang banget pasti ya bisa traveling meskipun sudah berumur. orangtua saya termasuk orangtua sehat karena rutin juga jaga pola makan dan hidup sehat. ibu saya pun konsumsi anlene ini. memang kita sebagai generasi selanjutnya harus bisa jaga pola makan juga dan terus sehat sampai tua.

    BalasHapus
  95. Wahhh semoga di masa tua tetap bisa travelling, walaupun tidak sendiri tapi setidaknya bisa jalan-jajan bersama keluarga.. Tentu hal ini didukung dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang sehat, aku sampai sekarang pun masih sering mengkonsumsi susu, apa cuma aku doang yaa sampe segede gini masih minum susu hhe

    BalasHapus
  96. kesehatan tulang dan sendi salah satu kunci untuk bisa sehat sampe lanjut usia ya
    apalagi bagi mereka yang terbiasa melakukan aktifitas yang mengharuskan banyak gerak dan mobilisasi ke suatu tempat
    saya sendiri usia 40 an aja udah merasakan masalah sendi
    sepertinya meski agak telat harus segera ubah gaya hidup, harus banyak gerak dan minum anlene nih

    BalasHapus
  97. Kandungan dari susu Anlene ini memang nggak diragukan lagi ya apalagi sekarang hadir produk terbaiknya dengan nutrisi yang sangat bagus untuk nutrisi tulang. Apalagi Anlene nggak hanya menghadirkan susu terbaik tapi juga menginspirasi kita buat tetap aktif bergerak lewat Kompetisi #JadiAtletDiRumah...

    BalasHapus
  98. Kebayang kuatnya kaki mba sama suami berjalan kaki kesana kemari, tapi itu waktu masih muda kan ya.
    Beruntung sekarang ada Anlene yang bisa membantu kita untuk tetap kuat dan bisa traveling walau usia sudah lanjut.

    BalasHapus
  99. Cita-cita banget nih, bisa traveling sampai tua. Semoga, masih punya waktu, tenaga, dan uangnya.

    BalasHapus
  100. Aku masih bercita cita backpackeran sama suami nih mba huhuu. Bener deh harus tetep rajin olahraga dan didukung minum susu bernutrisi lengkap biar sehat dan kuat!

    BalasHapus
  101. di eropa banyak banget emang orang2 yg udah usia senja gt malah traveling kemana2. ada yg mandiri ada yg ikut agen tour. Meski mereka tidak selincah anak muda tp lihat spiritnya traveling bener2 luar biasa kayak ga capek gitu kemana2. Mungkin memang asupan mereka di usia muda yg bener2 diperhatikan ya kebutuhan kalsiumnya.

    BalasHapus
  102. Iya mba saya pikirpun begitu gimana ya pas umur 40 tahunan jalan2 pastinya gak sekuat umur 20an, makanya sedari skrg jadi aware sama tubuh dan konsumsi susu sehat biar kesehatan tulang, sendi & otot terjaga

    BalasHapus
  103. Kalau aku, masih penasaran banget buat backpacker-an. Usia, duh emang ya gak mudah lagi. Makanya kudu banget jaga kesehatan, aktif bergerak biar naik gunung pun masih kuat

    BalasHapus
  104. Anlene ini emang top of mind brand susu untuk jelang lansia. Keren banget nih webinarnya. Jadi kangen jalan kaki kemana mana nih. Tapi kadang liburan yang cuma maksimal 7 hari bikin kita ga bs kemana2. Belum lagi ntar capeknya. Usia emang ga bs boong. Wkwkwk

    BalasHapus
  105. Tiba-tiba aku merasa jompo banget begitu membaca tentang traveling usia 20an dan 30an :D Tapi kalau inget lutut juga sering kretak-kretek kalau mau sujud yaaa... mesti rajin minum Anlene juga nih berarti.

    BalasHapus
  106. Ayo tetap sehat, biar bisa terus jalan-jalan. Emang bener banget, kerasa kalau sudah diusia yang semakin tua ini. Jalan dikit, jadi kerasa pegel.

    BalasHapus
  107. Tips untuk olahraga teratur itu makjleb banget, Kak. Emang sepertinya sederhana tapi sulit dilakukan secara rutin. Ada saja godaan malas bergerak. Mendekati usia 40 tahun aku sepertinya butuh Anlene actifit 3x nih, mupeng sama kandungan kalsium dna vitamin C buat mendukung setiap aktivitas selama pandemi. Biar bs traveling juga tar kalau pandemi usai.

    BalasHapus
  108. Minum air 2 liter ini nih yang belum bisaa :(( kadang sampe begah. huhu masih belajar minum air putih banyak2 juga sih

    BalasHapus
  109. Aku baru 20an sih, tapi baca ini jadi kepikiran, nanti kalau udah tua bakal bisa sekuat sekarang apa ya, sekarang aja dah ngerasa capek rasanya, apalagi nanti kalau umur 30an. Air putih udah mulai kubiasakan sih, emang ini jadi salah satu hal yang penting banget, walaupun emang minuman berasa itu enak, boba, kopi, dan teman-temannya, tapi air putih sih yang terbaik

    BalasHapus
  110. Usia, duh emang ya gak muda lagi. Makanya kudu banget jaga kesehatan, aktif bergerak biar naik gunung pun masih kuat. Eh boong ding....mending staycation bareng keluarga...

    BalasHapus
  111. Olahraga rutin belum bisa saya lakukan nih. Masih suka magernya. Padahal olahraga bisa dilakukan di rumah saja. Walau PPKM kita tetap bisa gerak bebas di rumah.

    BalasHapus
  112. Iya juga sering sih melihat orang yang lanjut usia ketika traveling ke luar negeri mereka juga senang untuk travelling. Karena urusan travelling ini bukan hanya urusan umur sih tapi urusan persiapan juga.

    BalasHapus
  113. susu favorit momi saya mba dan juga saya, enak rasanya, betul banget untuk bsia keliling dunia wajib sehat dan salah satunya wajib jaga tulang

    BalasHapus
  114. Wah aku banget nih, kepikiran sama suami mau traveling pas anak-anak gede. Setunju banget sama tulisan ini, kayanya aku emang mesti lebih ngerawat dan menjaga kesehatan tulangku dengan minum Anlene Actifit 3X niiih

    BalasHapus
  115. Bener banget kak, umur pengaruh banget..dulu usia 20an aku bisa jalan jauh.. sekarang? Jalan 1Km udah pingsan deh heheheh. Anlene bagus yah kak.. aku minum Anlene juga tapi belum pernah coba yang Anlene gold 5x . Kayaknya mesti nih mengingat usia makin bertambah

    BalasHapus
  116. Tips mudah dijangkau ya, aku pernah berfikir bahwa di usia yg tdk produktif maka traveling kemana-mana itu sdh tdk bisa dilakukan. tpi setelah membaca tips ini maka ada harapan agar tubuh tetap sehat dan stabil.

    BalasHapus
  117. Bagus banget nih tiosnya. Patutdipraktekkan sejak dini

    BalasHapus
  118. usia emang gak bakalan bohon ya, saya juga merasakannya. dulu masih muda iya hajar aja traveling bar - bar , naik gunung dan lain lain. tapi sekarang, pilih kemping yang nyaman dengan tenda standar hotel dan travel nginepnya di hotel juga, pakai kendaraan pribadi pulan, hihihihi

    BalasHapus
  119. Semoga impian untuk jalan kaki keliling Tokyo-nya terlaksana ya Mba. Aamiin.

    Aku pun mulai merasakan nih betapa badan nggak setangguh pas usia awal 20-an. Sekarang mulai nggak jauh jauh banget lagi jangkauan jalanku hihi. Aku pun masih konsumsi susu biar tetap sehat. Nah suplemen nih yang masih jadi PR buat aku.

    BalasHapus
  120. Waaah emang kalau mau traveling sampai tua harus mulai dipersiapkan dari sini. Aku juga sudah mulai ngerjain tips tips di atas Mba, tapi suami masih susah. Semoga nanti lama lama kita berdua bisa mulai hidup sehat biar bisa jalan jalan terus Aamiin

    BalasHapus
  121. pokoknya aku bercita-cita travelling sampai lanjut usia juga, jadi sekarang ayo jaga kesehatan

    BalasHapus
  122. Semoga sehat selalu supaya bisa traveling bareng anak cucu ya kak. God bless you 🤗

    BalasHapus
  123. aku butuh tipsnyaaa... soalnya aku tipe yang nggak suka jalan-jalan atau traveling, eh tapi sekarang jadi suka jalan-jalan di usia tiga puluhan yang hmm, kurang muda kalau aku bilang...
    pengennya sehat terus, biar setelah pandemi ini bisa jalan-jalan lagi... :)

    BalasHapus

Posting Komentar