Rekomendasi Oleh-Oleh Umroh dan Haji Tidak Biasa dan Paling Murah Di Arab Saudi

1 komentar

Setiap kali ada yang mau umroh atau haji atau bahkan jalan-jalan ke negara lain, yang paling membuat orang bertanya dan searching di internet adalah 

Beli oleh-oleh umroh apa dan di mana ya?

Hal ini pula yang membuat suami saya sering cari info di youtube tentang oleh-oleh apa yang biasa dibeli para jamaah umroh di Indonesia. Saya pribadi cuma search info 1-2 kali karena kesibukan yang terjadi di kantor.

REKOMENDASI OLEH-OLEH YANG TIDAK BIASA

Beberapa teman kantor sudah pernah umroh dan tentu saja memberikan oleh-oleh untuk teman sekantor (termasuk saya). Biasanya yang diberikan adalah tas kecil dengan motif khas Arab, cokelat kerikil, kismis, gantungan kanci kabah dan sejenisnya. Apakah saya dan suami membeli semua itu? jawabannya TIDAK.

REKOMENDASI OLEH-OLEH YANG TIDAK BIASA

Di tulisan ini saya akan sharing apa saja yang kami beli untuk oleh-oleh diri sendiri dan keluarga.

1. Sajadah dengan Motif Masjidil Haram

Tempat beli: toko di basement Zam-Zam Tower dan Al Shafa Tower

Harga: 40 riyal 

Sajadah ini adalah satu-satunya barang dengan "usia" lama untuk saya pribadi. Well, suami saya yang beliin sajadah ini buat saya sih. haha. Ukuran sajadah ini ada 3-4 ukuran: untuk kepala saja, sajadah ukuran sedang (yang saya beli), ukuran besar, dan ukuran sebenarnya (yang gede banget).

Saya memutuskan beli sajadah karena bisa memotivasi saya untuk berkunjung kembali ke Baitullah setiap kali saya selesai menjalankan sholat.

toko beli gamis arab di mekah

2. Gamis Untuk Bapak-Bapak

Tempat beli: toko di basement Zam-Zam Tower dan Al Shafa Tower

Harga: 56 riyal-100 riyal tergantung merek

Yang beli gamis tentu saja bukan saya, tapi suami. Gamis membuat ritual persiapan sebelum sholat ke masjid jadi lebih simpel dibanding menggunakan sarung. 

Suami saya membeli gamis dengan merek drosh dan Al Aseel untuk dirinya sendiri, adik, dan ayahnya.

3. Abaya

Tempat beli: toko di basement Zam-Zam Tower dan Al Shafa Tower

Harga: 50 riyal

Untuk ibu suami sayah.

Apakah saya beli abaya? nope, because i'm not into abaya or clothes. Untuk ibu saya? No karena saya tau ibu saya sudah punya banyak sekali gamis. 

4. Tasbih Dari Biji Buah Zaitun

Tempat beli: Toko Neom For Gifts, Lantai 1 Al Safwah Towers

Harga: 3-5 riyal

REKOMENDASI OLEH-OLEH HAJI YANG TIDAK BIASA

Ini adalah pesanan khusus ibu saya yang ingin dibelikan tasbih dari mekah. Saya nggak pernah beli tasbih sebelumnya, jadi waktu saya liat-liat di pasar saya memilih tasbih dari biji zaitun karena ada taste arab di dalamnya. Waktu di dalam toko, tasbih yang saya pilih terlihat biasa saja. Tapi waktu saya liat lagi setelah sampai di Indonesia, tasbihnya bagus lhoo... dan ada aroma khas. Mungkin aroma toko, atau aroma zaitun (?) atau aroma arab. well, i don't know for sure.

5. Johnson and Johnson 24 hours moisture soft cream

Tempat beli: Supermarket Bin Dawood

Harga: 24 riyal untuk 200 gram, 15 riyal untuk 100 gram

REKOMENDASI OLEH-OLEH YANG TIDAK BIASA

Saya memilih yang 200 gram karena ukurannya cukup untuk diberikan ke kolega dan digunakan untuk sendiri. Waktu itu saya beli 4 buah: 1 untuk atasan saya di kantor, 1 untuk diri sendiri, 2 lainnya belum diputuskan untuk siapa. Kalaupun tidak ada kandidat, soft cream ini sangat bisa dipakai untuk diri sendiri mengingat expirednya tahun 2025 dan it works really well. 

Johnson's soft cream ini literally body lotion terbaik yang pernah saya coba. Wangi, super lembut, sangat cepat terserap dan kulit langsung terasa moisted. You have to buy this!

Jangan beli soft cream ini di tempat lain selain Bin Dawood karena supermarket ini sudah yang paling murah.

6. Parfum

Tempat beli:  toko di basement Zam-Zam Tower dan Al Shafa Tower, Mekah.

Harga: 3 riyal/pcs. Biasanya dibeli per pack yaitu 12 pcs.

rekomendasi oleh-oleh umroh murah

Ada banyak sekali jenis parfum yang dijual di setiap meter pasar. Bahkan ada juga yang dijual di supermarket Bin Dawood. Daripada memberikan gantungan kunci atau tas kecil, saya memilih membeli parfum untuk semua teman di kantor dan mantan tim saya di kantor lama. At least bisa dipakai untuk meminimalisir aroma kurang enak setelah bekerja outdoor :D

Suami saya sempat ingin membeli parfum dengan aroma kiswah kabah yaitu aroma Gaharu. Saya akui aromanya harum dan lembut dan bisa digunakan siapapun. Tapi harganya mahal yaitu 100 riyal untuk 100 ml. Owner toko sempat menawarkan 90 riyal, but once again, we don't have that much budget left.

7. Biskuit Kurma Maamoul merek Al Batal

Tempat beli: Supermarket Bin Dawood

Harga: 9 riyal untuk 1 packs isi 16 pcs

supermarket bin dawood

Saya juga membeli snack ringan ini untuk semua teman di kantor daripada membeli cokelat atau cokelat isi kurma. Alasannya satu: karena saya nggak begitu suka cokelat kemasan seperti itu yang terlalu manis, hehe. 

Menurut saya biskuit ini sangat decent untuk dibagikan ke teman sekantor. Biskuitnya terasa seperti biskuit monde (rasa dan teksturnya), kurma yang menjadi isian biskuit terasa dominan.

8. Cream Cheese merek Al Marai

Tempat beli: Supermarket Bin Dawood

Harga: 5 riyal untuk 120 gram

Kami beli ini karena penasaran dengan rasanya. It's cream cheese from Arabian so it should be yummy. Dan keputusan itu tidak saya sesali karena cream cheesenya enak. Gurih, asin, dan sangat bisa digunakan di roti tawar sebagai salah satu opsi sarapan sederhana. 

rekomendasi oleh-oleh arab saudi

9. Avocado Salsa merek Tostitos

Tempat beli: Supermarket Bin Dawood

Harga: 24,5 riyal untuk 425,2 gram atau 15 Oz

Suami saya yang beli karena penasaran. Rasanya asin dan gurih juga karena alpukat. Katanya enak dimakan bareng doritos. It's not my favourite though. Menurut saya "saus" alpukat ini nggak mudah disukai untuk orang-orang yang lebih suka manis.

10. Kacang Pistachio

Tempat beli:  toko di basement Zam-Zam Tower dan Al Shafa Tower, Mekah atau di Corniche Commercial Center

Harga: 40 riyal/kg

Ini juga yang beli suami saya juga karena dia pengen banget makan kacang ini. Saya pribadi lebih suka almond. 

10. Lays Made in Arab

Tempat beli:  Supermarket Bin Dawood

Harga: 7,5 riyal ukuran besar, 3 riyal ukuran kecil

Iya, snack lays kayak yang di Indonesia tapi yang ini made in Arab Saudi. Suami saya beli spesifik yang original alias rasa salt/garam. Saya pribadi gak paham kenapa suami terobsesi dengan snack remeh temeh kayak gini. 

Kalau ada yang nanya rasanya gimana: well, gak begitu beda dengan yang di Indonesia. Tapi memang agak berbeda di lidah sih, mungkin karena harganya mahal ya? haha

11. Kurma

Tempat beli:  Supermarket Bin Dawood

Harga: normalnya harga 30-80 riyal tergantung jenisnya.

Saya beli dengan harga 10 riyal untuk 1 kotak kurma yang kemungkinan beratnya 2-3 kg. Kenapa bisa murah? karena kebetulan waktu itu Bin Dawood lagi ada promo.

Yes, waktu itu kami nggak kepikiran buat beli kurma. Tapi karena harganya beneran murah, ya udah deh kita beli 2 box. haha.


PENJELASAN TEMPAT BELI OLEH-OLEH

Supermarket Bin Dawood

Bin Dawood adalah supermarket yang tersebar di seluruh Arab. Bayangkan seperti carrefour atau transmart di Indonesia atau Borma di Bandung dan sekitarnya.

Ada 2 supermarket Bin Dawood di depan Masjidil Haram di Mekah (salah satunya terletak di dalam Zamzam tower) dan ada 1 juga di dekat Masjid Nabawi, Madinah. 

Zamzam Tower atau Menara Jam Makkah

merupakan bagian dari komplek Abraj al Bait, yang terletak di depan Masjidil Haram. Zamzam tower ini didominasi dengan toko dengan harga cukup mahal seperti layaknya mall di Indonesia. Tapi kita bisa mendapatkan barang dengan harga terjangkau di bagian basementnya. Ya mirip-mirip anak SCBD yang makan siang di kantin yang terletak di basement MOI ya.. hehehe.

Al Shafa Tower atau Al Safwah Tower, Mekah

Tower ini terletak di belakang toilet masjidil haram nomor 3. Tempat ini persis dengan pasar baru di Bandung karena benar-benar penuh dengan toko sepanjang koridor.

Bahkan katanya ada abaya dengan harga 20 riyal saja yang bagus untuk dijadikan oleh-oleh. Saya pribadi kurang berminat karena saya gak begitu nyaman memberikan baju untuk orang lain. Karena baju atau fashion itu sangat personal, menurut saya. 

Corniche Commercial Center

Pusat komersil atau mungkin juga bisa disebut sebagai semacam rest area Corniche ini adalah tempat kebanyakan travel umroh dari Indonesia beristirahat sebelum menuju bandara di Jeddah.

Waktu itu travel yang kami gunakan membawa kami makan di rumah makan Wong Solo (yes, Wong Solo is there with a lot of Indonesian sambal we missed) di Corniche ini. Di sini ada banyak sekali toko oleh-oleh dan waktu kami masuk ke area mall, ada toko yang jual kacang-kacangan dan cokelat dengan harga yang cukup murah. Tapi sekali lagi, kalau mau beli biskuit atau soft cream yang saya sebutkan di atas, pilihan terbaik tetap Supermarket Bin Dawood.


HAL YANG PERLU DIPERHATIKAN

Jangan pernah beli snack, kurma, cokelat dan sejenisnya untuk oleh-oleh umrah dan haji saat city tour baik di Mekkah maupun di Madinah.

Sebuah quote yang harus dipegang oleh semua orang yang ingin perjalanan umroh dan hajinya tetap on budget.


Semoga tulisan sederhana ini bisa membantu untuk teman-teman yang baru pertama kali umroh untuk menentukan oleh-oleh yang dibeli. Terima kasih.
susie ncuss
a Devoted Wife who is addicted to Traveling, Halal Food, and Good Movies.
Contact
Email: emailnyancuss@gmail.com
Click http://bit.ly/travelndate to chat me via whatsapp

Related Posts

1 komentar

  1. Ya Allah.....jadi kangeennnnn ibadah ke tanah suciiiii

    Makasiiii ide²nya mbaaa

    BalasHapus

Posting Komentar