PENGALAMAN MEMPERCEPAT PENCAIRAN DANA PENSIUN DPLK MUAMALAT

Posting Komentar

Kita jeda dulu dari topik tulisan tentang perjalanan umroh saya dan suami di Arab Saudi sana. Saya mau cerita sedikit tentang pengalaman saya didaftarin jadi peserta DPLK dan syarat-syarat yang diperlukan saat akan mencairkan DPLK Muamalat sebelum masa kepesertaan habis.

PENGALAMAN MEMPERCEPAT PENCAIRAN DANA PENSIUN DPLK MUAMALAT

DANA PENSIUN LEMBAGA KEUANGAN (DPLK) 

adalah dana pensiun yang dibentuk oleh Bank Umum atau perusahaan Asuransi Jiwa untuk menyelenggarakan Program Pensiun Iuran Pasti(PPIP) bagi perorangan baik karyawan maupan pekerja mandiri.

Kantor DPLK Mualamat:

Muamalat Tower

Jl. Prof Dr Satrio, Kav. 18 Kuningan Timur, Setiabudi Jakarta Selatan

Telp.(021)8066-6000; Ext.110351&110565

Email : dplk@bankmuamalat.co.id 


JADI PESERTA DPLK MUAMALAT

Seingat saya dulu kenapa saya jadi peserta DPLK karena didaftarkan oleh kantor saya. Payroll di kantor saya memang di Bank Muamalat ya... Kayaknya waktu itu ada perjanjian kerja sama tertentu dengan Muamalat sehingga karyawan wajib jadi peserta DPLK. Eh, tapi kayaknya ada beberapa yang bikin surat pernyataan buat nggak ikutan program ini. Saya lupa sih karena kejadiannya udah lama banget.

Saya pribadi mengikuti program ini karena nominal per bulan yang perlu dibayarkan tidak besar. Paling cuman bisa buat 2 Americano di Starbuck ukuran Venti, itu pun harus nombok.


INFORMASI MASA KEPESERTAAN DPLK MUAMALAT

Berikut informasi kepesertaan DPLK saya

  • Masa kepesertaan: 30 Juni 2015-16 Mei 2044 (sampai usia pensiun)
  • Iuran DPLK: Rp100.000,-/bulan (sudah ditentukan sama kantor)
  • Metode pembayaran: potong gaji tiap bulan

Saya mendapatkan buku tabungan DPLK dari muamalat sebagai bukti kepemilikan.


PENGALAMAN MENCAIRKAN DPLK SEBELUM MASA PENSIUN

Tanggal 7 September 2022 saya datang ke Kantor Bank Muamalat Cabang Buah Batu, Bandung. Setelah nunggu sekitar 30 menit di luar bank, saya dan beberapa pelanggan lain baru bisa masuk. 

Saya dilayani Customer Service bernama Septian dengan baik dan melakukan semua senyum sapa lengkap sesuai SOP perusahaan (hehehe). Saya lalu menyampaikan kalau saya mau mencairkan DPLK saya. Dari pembicaraan kurang dari 3 menit, saya mengetahui beberapa persyaratan DPLK Muamalat ini.

  1. DPLK dapat dicairkan seluruhnya pada akhir masa kepesertaan. 
  2. Pencairan dipercepat bisa dilakukan 10 tahun sebelum akhir masa kepesertaan.
  3. Tapi pencairan DPLK seluruhnya dapat dilakukan jika peserta sudah tidak bekerja di kantor yang mendaftarkan DPLKnya. 

Saya pribadi statusnya mutasi ke perusahaan lain (karena masih 1 grup), tapi secara legal status saya resign di kantor lama. Dengan kondisi ini saya bisa mencairkan DPLK seluruhnya. Kalau dihitung dari awal saya didaftarkan sampai saya hengkang dari kantor lama kira-kira pas 72 bulan atau 6 tahun.

Dokumen yang perlu saya sediakan untuk mencairkan DPLK ini adalah

  1. Vecklaring/surat keterangan kerja dari kantor lama (bisa print out, bisa digital/soft file)
  2. KTP asli
  3. Buku Tabungan DPLK
  4. NPWP: bisa kartu, bisa digital (saya ngasih yang digital)

Nah, waktu itu kan saya cuman bawa HP dan dompet yang isinya KTP dan kartu-kartu lain. Begitu tau saya harus ngasih vecklaring, saya langsung nge-WA anak HCM (atau HRD) di kantor lama buat minta bikinin suratnya saat itu juga. Alhamdulillah orangnya gercep dan dalam waktu 6 menit suratnya udah dikirim ke nomor whatsapp saya. Thanks, bro...

mencairkan dana pensiun

Alhamdulillah ya Bank Muamalat sekarang udah lebih fleksibel soal dokumen. Surat verklaring dan kartu NPWP bisa dikirim ke email CSnya.

Setelah dokumennya diterima oleh CS, saya menandatangani kertas berwarna ungu sebagai tanda serah terima dokumen DPLK. 

DPLK bank muamalat


KAPAN DANA DPLK MUAMALAT CAIR?

Info yang saya terima dari CS Muamalat adalah data-data saya akan segera diinput hari itu juga ke sistem DPLK pusat. Kemudian proses selanjutnya akan ditake over langsung oleh DPLKnya. 

Uang DPLK akan cair dalam waktu 14 hari kerja dan ditransfer ke nomor rekening Bank Muamalat saya.

Tapi semoga bisa lebih cepat ya... Jumlahnya lumayan buat beli laptop. Maklum, saya sampai sekarang nggak punya laptop pribadi, hahaha


DANA DPLK MUAMALAT CAIR, GUYS...!

Barusan saya ngecek saldo muamalat, seperti layaknya pekerja lainnya di tengah bulan: ngecek saldo untuk mengingatkan diri sendiri bahwa "Lo masih miskin, gak usah macem-macem.". 

Ternyata dana DPLK udah cair!

Alhamdulillah proses yang katanya 14 hari kerja bisa jauh lebih cepat yaitu hanya dalam waktu tepat 1 minggu alias 5 hari kerja saja. Saya ngajuin hari Rabu, tanggal 7 September 2022, dana cair tanggal 14 September 2022. 

Di mutasi rekening ada biaya 42.500 yang merupakan biaya potongan/administrasi/atau apa ajalah sebutannya. hehe

Thanks a lot, Muamalat!

APAKAH DPLK MENGUNTUNGKAN?

Secara jujur saya sampaikan bahwa hasil jadi peserta DPLK itu gak beda dengan nabung di rekening biasa. Bedanya DPLK ini nggak bisa dipakai transaksi real time seperti rekening pada umumnya.

Buat saya DPLK ini jadi kayak "uang lupa" yang keberadaannya terlupakan, tapi ketika dicairkan (setelah 6 tahun) bisa buat self reward. hahaha.

susie ncuss
a Devoted Wife who is addicted to Traveling, Halal Food, and Good Movies.
Contact
Email: emailnyancuss@gmail.com
Click http://bit.ly/travelndate to chat me via whatsapp

Related Posts

Posting Komentar