Pengalaman Lava Tour Merapi Untuk Melihat Sunrise

Posting Komentar
Cerita dan review lengkap Pengalaman Lava Tour Merapi, Yogyakarta. 
lava tour merapi
Gunung Merapi. Saya sebenarnya tak punya kenangan khusus tentang Merapi. Tapi dulu suami saya, sebelum "terjebak" dalam kehidupan pernikahan bersama saya, pernah ke Merapi ketika Bencana Erupsi melanda tahun 2010an.

Pengalaman Jeep Touring Untuk Melihat Sunrise Di Merapi

Saya nyasar di Yogyakarta karena ada pelatihan social mapping sama Bapak Bagus Aryo di daerah Kaliurang Selatan. Setelah 2 hari pelatihan syalalala, akhirnya sabtu pagi ba’da sholat Subuh saya dan beberapa kawan yg ikut pelatihan ikut Lava Tour Merapi, yaitu tour wisata ke daerah terdampak erupsi merapi dengan menggunakan mobil jeep. Nah, kami memilih waktu tour setelah Sholat Subuh dengan tujuan agar bisa melihat matahari terbit.

Persiapan Lava Tour Merapi

Kami ber6 berkumpul di pelataran penginapan kami di daerah Kaliurang. Saat itu mobil jeep menjemput kami. Saya kurang tau apakah penjemputan ke penginapan ini memang lazim atau karena hasil negosiasi anggota trip kami ke agen travelnya. 

Perjalanan ke Merapi pagi buta itu melewati jalur truk yang setiap waktu melintasi jalan untuk mengangkut pasir bekas erupsi merapi. Kata sopirnya, pasir2 itu memang harus diangkut dan siapa saja boleh ngangkut yang penting ngurus perijinan dulu. Pasir erupsi ini katanya kualitasnya lebih bagus dari pasir biasa. Perputaran uang dalam bisnis pasir ini mencapai 1 Trilyun dalam 1 tahun. 
Karena itulah jalanan yang dilewati oleh tour menggunakan jeep ini dipenuhi debu. Jangan lupa pakai masker ya...
tour jeep

jeep tour melihat sunrise

Ternyata ga hanya jeep kami yang touring, pagi itu ada serombongan orang dari salah satu perusahaan yang juga sedang ikut Lava Tour Merapi.

Matahari Terbit Di Atas Merapi

Waktu itu kami kira sunrisenya udah kelewat karena kami sampai lokasi melihat sunrise dalam kondisi sudah cukup terang. Tapi ternyata sekitar pukul 5.37 WIB, bola matahari baru muncul. Matahari terbit perlahan di ujung timur, memancarkan warna kuning keemasan.

matahari terbit di merapi
paket lava tour merapi

Saya sangat senang dengan pengalaman berbeda saat menyaksikan matahari terbit. Biasanya saya mengejar sunrise di pantai atau di puncak gunung dengan mendaki. Kalau di Lava Tour Merapi dengan menggunakan mobil jeep.

TOUR KE KAWASAN SEJARAH ERUPSI MERAPI

Mengunjungi Bungker Merapi 

Setelah sunrise, kami meluncur menuju lokasi Bungker yang merupakan saksi bisu erupsi Merapi 3 tahun silam. Diceritakan bahwa di dalam bungker itu 2 orang relawan ditemukan tewas.
 
Begini cerita horor relawan di bungker Merapi:
Ketika ada lahar meleleh dari puncak gunung, para relawan yg sedang mengevakuasi para warga langsung lari ke arah bawah. Namun ada 2 relawan tidak mau turun dan malah masuk ke bunker.
Katanya “mau nyobain bunkernya: kuat atau nggak”. Ternyata itu adalah jalan di mana Malaikat Maut mencerabut nyawa mereka. Di dalam bunker mereka terpanggang hidup2. Salah 1 relawan ditemukan di dalam bak air, dan tentu… seperti direbus hidup2.
Saya benar2 jeri saat membayangkan sakaratul maut mereka, merasakan dari hangat lalu panas lalu terbakar. Semoga nyawa mereka sudah dicabut terlebih dahulu oleh Izrail sebelum panas itu datang membakar. Aamiin.

bungker merapi

paket wisata merapi

Mengunjungi Museum Erupsi Merapi

Lanjut tentang Merapi, di touring itu juga kami diantarkan ke “museum erupsi” milik penduduk setempat. Yaitu sebuah rumah dipenuhi “artefak dan fosil” pasca erupsi. 

bukti jam erusi
Pada kunjungan ke museum lokal ini, saya merasa seperti terlempar ke masa erupsi melanda. Jam erupsi yang dipasang menjadi saksi bisu pada erupsi itu.
museum merapi lokal
"artefak"

Di samping rumah ada beberapa warung yg menjual oleh2 khas merapi: jahe instan, kopi jahe instan merapi, dan banyak souvenir lain. Touring berakhir sekitar pukul 7.30 pagi.

HARGA PAKET LAVA TOUR MERAPI

Harga paket lava tour merapi ini adalah Rp50.000,-/orang atau Rp350.000,- per 1 jeep 

KESIMPULAN

Pengalaman menggunakan paket lava tour merapi terutama di waktu sunrise bisa menjadi alternatif wisata saat main di Yogyakarta. Memang kita bisa menggunakan motor untuk touring di kawasan terdampak merapi, tapi saya pribadi lebih suka dengan menggunakan mobil jeep saja.
susie ncuss
a Devoted Wife who is addicted to Traveling, Halal Food, and Good Movies.
Contact
Email: emailnyancuss@gmail.com
Click http://bit.ly/travelndate to chat me via whatsapp

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email