Review Warung Sego Nusantara Bandung

by - 2:41 PM

Pulang kerja malas masak? Kangen dengan masakan rumah dari kampung halaman? Dateng aja ke Warung Sego Nusantara di Jalan Karapitan, Paledang, Kota Bandung. Warung ini nggak jauh dari Trans Studio Mall, deket juga dari Alun-Alun Bandung dan Asia Afrika.

warung sego terletak di Jalan Karapitan Bandung ada di sebelah kiri jalan (jalan karapitan 1 arah)

Sego adalah salah satu kosa kata dalam bahasa jawa yang artinya "nasi". Seperti namanya, warung ini mengusung tema makanan "berat" di beberapa daerah di Indonesia yang semuanya adalah sego atau nasi. Warung ini baru buka di jam 5 sore dan tutup ketika makanan sold out, biasanya jam 9.

Beberapa hari yang lalu saya berkunjung ke sini sekitar pukul 17.25 WIB dan kami adalah pelanggan pertama sore itu. Berasa jalan di atas karpet merah gitu lah :v. Tapi tak berapa lama setelah kami duduk menanti pesanan, beberapa pasang pengunjung datang ke warung ini untuk ikut mencicipi makanan di sore hari.

Fasilitas Warung Sego Nusantara 

Restoran ini terbilang berukuran kecil jika dibandingkan dengan rumah makan atau restoran lainnya karena hanya mengandalkan satu ruangan di lantai 1 dan juga area halaman di depannya. Meja dan kursi yang dipilih untuk melengkapi desain interior warung sego ini adalah yang berukuran kecil, minimalis, tapi tetap nyaman untuk pelanggan.


kursi unyu di ujung ruangan
Warung sego ini tidak menyediakan area khusus untuk musholla ataupun toilet untuk pelanggan. Tapi kita masih bisa menggunakan space yang biasa dipakai karyawan untuk sholat atau toilet karyawan buat buang air. Saat itu saya tidak menyempatkan diri untuk menggunakan area itu karena suami lebih memilih untuk sholat di masjid di perjalanan pulang. 


meja kursi di bagian teras ruangan

Menurut hemat saya warung ini kurang cocok jika digunakan untuk tempat hangout atau ketemuan sama teman-teman yang jumlahnya lebih dari 4 orang. Kenapa? karena buat saya toilet dan musholla adalah aspek paling penting kalau mau mengunjungi sebuah rumah makan di sekitar jam 5 sore. Sebaliknya, warung ini cocok untuk tempat makan keluarga kecil atau pasangan suami istri yang sama-sama kerja dan nggak mau repot masak di rumah.

Pricelist a.k.a Pilihan Menu Warung Sego Nusantara

Semua makanan berat di sini harganya Rp 15.000,-. Menu yang ditawarkan warung sego ini adalah Nasi Uduk Purwakarta, Nasi Ayam Semarang, Nasi gandul Pati, Nasi Lengko Cirebon, Nasi Rendang Padang, dan Nasi Soto Bandung. Semua pilihan menu itu dipasang besar-besar di belakang meja prasmanan. 


Prasmanan?
Iya, warung ini konsepnya prasmanan alias semua makanan dipajang di beberapa meja yang digabungkan jadi satu. Di ujung meja dekat kasir, berbagai macam kerupuk dan sambal ditata rapi. Disusul tumpukan beberapa jenis gorengan dan sate (sate telur puyuh dan lainnya) yang ditata di sebuah etalase transparan berukuran kecil. Setelah itu kita baru menemui jejeran sayuran untuk sego pecel, suwiran ayam, gudeg, dan lain-lain.



menu makanan alias pricelist di belakang prasmanan

Owner warung sego juga berbaik hati dengan memberikan penjelasan di masing-masing menu makanan yang disediakan warung ini. Buat saya yang nggak begitu familiar (dan gampang lupa) dengan detil berbagai macam menu khas daerah dari Aceh sampai Papua, penjelasan ini sangat membantu untuk memilih menu makanan yang akan dimakan.


Saya memesan nasi ayam semarang yang kata mbak karyawannya adalah salah satu menu best seller di warung ini. Suami saya memilih Nasi Gandul Pati ditambah sate usus, bala-bala, ati ampela. Kami memesan es jeruk dan wedang jahe susu untuk minuman. Coba tebak mana minuman mana yang saya pilih? :p Oya, hari ini lagi promo gratis kerupuk untuk semua menu makanan, jadi kami gak perlu mengeluarkan uang untuk membayar 2 keripik emping. wuhuuu...

Rasa Makanan

Nasi ayam semarang, seperti deskripsi di pricelistnya, adalah nasi uduk yang diguyur dengan labu yang dimasak bersantan, suwiran ayamn, telur setengah potong, tempe 2 iris tipis. Saya udah lama banget nggak makan nasi uduk dan saya nggak pernah makan nasi uduk dicampur sama kuah santan. Nasi uduk dan santan itu menurut kamus kuliner saya selama ini adalah sebuah kombinasi yang mustahil dan nggak pernah saya bayangkan bahkan dalam mimpi terburuk sekalipun #eaaa.

Tapi ternyata... Nasi Ayam Semarang ini bikin saya jatuh cinta. Paduan rasa nasi uduk yang gurih, kuah santan, dan juga sambal ini masuk akal banget di otak. Saya menghabiskan makanan itu dalam beberapa menit saja. Kok bisa enak banget gitu ya makanannya? Sampai sekarang saya masih merasa seperti di"curangi" perasaannya =)) 



Nasi Ayam Semarang Warung Sego Nusantara

Oya, suami saya juga suka banget sama Nasi Gandul Pati keliatan dari cara suami makan yang sambil manggut-manggut dan goyang-goyangin kepala dan kaki. Suami juga beberapa kali bilang "hmm.. enak...". Ya emang nikmat banget sih makanannya apalagi ditambah jahe susu (kalau suami saya minum es jeruk seger banget) yang bikin perut anget.





Nasi Gandul Pati Warung Sego Nusantara

Singkat cerita, saya suka banget sama restoran ini.
Hayuk ke sini semuanya... :))

Nilai dari saya:

Ambiance : 7.9
Service: 7.9
Rasa makanan: 8
Harga: murah juga yang inihhh...
Repurchase: Yess!

You May Also Like

13 comments

  1. Sempet kesana satu kali dan nyobain menu nasi lengko cirebon. saya paling suka menu sate telur gulung sama es sirop kawista nya. Enak & seger. Iya nih jd pengen kesana lagi

    ReplyDelete
  2. Kapan-kapan kalo lewat pengen beli dehπŸ˜‚ enak kayanya ya

    ReplyDelete
  3. Wowowooo murmer ya hari gini bisa makan 15k aja

    ReplyDelete
  4. hmm kebayang enaknya gimana 'sego nusantara' ini. Bumbunya khas Indonesia banget nih

    ReplyDelete
  5. Harganya terjangkau ya, iya bener banget mushola dan toilet penting banget, kayaknya kalau di sana memang fokus untuk makan ya

    ReplyDelete
  6. Warung Sego ini meuni hits sekali ya teh, sedihnya aku belum pernah nyoba :(

    ReplyDelete
  7. Waaahh enak nih bisa pilih-pilih makanan sesuai daerah. Kupikir bukanya udah dari siang, cocok padahal jadi tempat makan siang rame-rame sama anak2 kantor huhu

    ReplyDelete
  8. Aku kepengen, ya Allaaah T___T *lagi mengurangi konsumsi karbo

    ReplyDelete
  9. Ya Allah, pagi-pagi baca ginian jadinya lapeeeer. Ntar kalau ke Bandung pasti akan mampir.

    ReplyDelete
  10. penasaran sama nasi uduk purwakartanya ih, enak banget katanya yah

    ReplyDelete
  11. Wah, Nasi Gandulnya tampak enak. Kudu nyoba nih kalo main ke sekitaran itu. Noted.

    ReplyDelete
  12. Noted ah buat kulineran ama keluarga cuco meong harganya hehehe

    ReplyDelete

InsyaAllah saya selalu berkunjung ke blog para pengunjung yang sudah meninggalkan komentar di blog saya. Tapi tolong jangan sebar link hidup di komentar ya karena auto click spam ^^

Follow me on Instagram: @susiencuss_