Cara Membeli Dan Membayar Tiket Pesawat Air Asia Menggunakan Kartu Debit

by - 1:05 PM

Beberapa hari yang lalu saya mendapat info kalau Air Asia ngasih promo. Gak lama mikir saya langsung capcus ke website Air Asia buat nyari tiket paling murah untuk perjalanan liburan saya tahun depan. Kebetulan saya sudah membeli tiket berangkat dari Bandung ke Kuala Lumpur di promo Air Asia sebelumnya. Jadi sekarang saya hanya perlu nyari tiket promo untuk perjalanan pulang.

Tadinya saya kira bakalan dapat tiket KUL-BDO dengan harga 300rb-an tapi faktanya gak seindah itu. Tiket KUL-BDO dibandrol dengan harga RM 215 atau lebih dari 700rb (harga ini tetap lebih murah dibandingkan harga tiket nonpromosi) yang buat saya terlalu mahal untuk perjalanan pulang saja. Saya lalu mengarahkan pilihan pencarian tiket dari Kuala Lumpur ke Bandara Soekarno Hatta, siapa tau dapet jackpot harga murah gitu kan? haha. Eh gak taunya bener dong, tiket KUL-CGK di tanggal yang saya pilih harganya cuma RM 69 atau kurang lebih Rp 248 ribuan (1 RM= 3600an). Yaudah gak pake lama saya langsung beli tiket buat 4 orang karena taun depan saya bawa rombongan lenong.

Saya biasanya kalau bayar tiket air asia baik di official website atau di payment channel lain (traveloka atau yang sejenisnya) pasti pakai mata uang rupiah dan selalu menggunakan ebanking atau bayar ke indomaret/alfamart.

Nah, waktu saya beli tiket KUL-CGK, harga tiket yang saya beli dalam mata uangnya ringgit dan gak ada opsi pake merchant indomaret. Pilihan pembayaran yang ada adalah menggunakan credit/debitcard, internet banking, bigpay (punya AirAsia) dan union pay. Karena saya udah malas menanti promo lain, waktu itu saya memutuskan untuk mencoba opsi debit card. Info yang saya punya saat itu hanyalah pembayaran pake debit card itu gampang dan nanti langsung dikurangi dari saldo tabungan yang ada di rekening kita.

Sebagai informasi saya menggunakan debit card dari CIMB NIAGA syariah yang di bagian depan kartu ada logo master card.


Saya kasih cara atau tutorial bayar tiket pesawat menggunakan debit card setelah teman-teman berhasil memilih tiket yang diinginkan ya (saya yakin semuanya udah bisa dan mahiirr) yaitu setelah masuk ke kotak pembayaran seperti ini:


ini kotak pembayaran di website air asia ya

Btw, yang di tutorial ini bukan tiket yang sebenarnya saya beli ya, ini cuman buat ngasih gambaran aja ke kalian. Saya beli tiket untuk 4 orang, yang di tutorial adalah harga untuk 1 orang saja.


Sebagai gambaran ini adalah foto kartu dummy CIMB Niaga bagian depan yang saya pakai. Foto ini dari website CIMB Niaga.



Yang teman-teman harus lakukan hanyalah mengisi kotak yang kosong di foto di atas dengan nomor yang sudah tertera di kartu debit.

1. Nomor kartu: ada di bagian depan kartu, nomornya yang paling besar
Di bagian ini teman-teman tidak perlu khawatir karena nanti sistem pembayaran airasia akan mendeteksi nomor kartu itu bisa dipakai untuk bayar atau nggak. Saya udah nyoba pake debit card Bank Syariah Mandiri (yang memang nggak ada logo master card atau visa di kartunya) dan sistem di air asia langsung bilang kalau nomor kartu itu nggak valid, haha.

Jadi teman-teman, kita nggak bisa make sembarangan kartu debit yang kita punya, minimal harus ada logo mastercard atau visa. Di sini jelas ya...

Nah ketika kita memasukkan nomor kartu, sistemnya juga langsung menambahkan biaya administrasi. Tambahan ini bisa langsung terlihat di bagian kanan pembayaran. Biaya administrasi ini wajar ya gaes... kita bayar di indomaret juga pasti ada biaya adminnya, jadi nggak usah lebay. 



pasca diisi nomor kartu ada tambahan biaya pemrosesan 8 Ringgit.

2. Tanggal kadaluarsa (bulan dan tahun)
Ada di bagian bawah nomor kartu. biasanya ada tulisan "Valid thru" sebelum waktu kadaluarsa kartu kita. Langsung diisi aja ya informasinya

3. Nomor CVV
Nomor CVV ini ada di bagian belakang kartu. Itu lho yang biasanya ada tanda tangan kita sebagai nasabah dan pemegang kartu. Nomor CVV ini ada di "kotak" putih di sebelah tanda tangan kita. Nomor paling akhir dan jumlahnya 3 digit saja.


bagian belakang kartu CIMB Niaga. nomor CVV ada di bagian yang saya warnai orenz


4. Nama pemegang kartu
Di kartu debit saya sendiri tidak ada nama saya di bagian depan kartu karena waktu saya buka rekening di CIMB Niaga syariah, saya dikasih kartu debit instan gitu, hehe. Karena step ini nggak boleh dikosongkan maka saya tulis nama lengkap saya saja. Dan ternyata it worked!

Setelah semuanya diisi maka kita tinggal klik next dan nanti sistem pembayaran air asia akan mengarahkan kita ke kotak dialog seperti halnya saat saya menggunakan fasilitas CIMB Clicks. Di kotak ini akan ada nomor rekening, nama pemilik rekening (dengan disamarkan beberapa aja) dan juga kotak passcode yang perlu diisi. 


Tak berapa lama, CIMB Niaga mengirimkan passcode ke nomor handphone saya yang sudah teregistrasi dan passcode itu harus dimasukkan ke kotak kosong dalam jangka waktu 5 menit. Pengiriman passcode ini kayaknya tidak dikenai biaya (pemotongan pulsa) deh karena waktu itu nomor saya memang lagi gak punya pulsanya, haha.

Sebelum saya klik "confirm" dengan passcode yang dikirim cimb niaga, saya searching dulu di google kurs mata uang ringgit versi CIMB Niaga saat itu biar saya gak kaget ngeliat mutasi rekening. Waktu itu tertera kalau 1 ringgit itu sekitar 3.900 rupiah, padahal kurs 1 ringgit harusnya 3.600 rupiah. Tapi ya udahlah waktu itu saya ngerasa kalau perbedaan harganya masih bisa diterima, jadi langsung saya klik confirm aja.

Setelah semuanya selesai saya tetap deg-degan waktu ngecek mutasi rekening pasca pembayaran itu -__-". Tapi alhamdulillah waktu saya liat mutasi rekening, total yang di-charge di rekening saya adalah Rp 1.104.794 untuk 4 tiket yang senilai RM 308 dalam Ringgit Malaysia. Ketika di-convert ke rupiah, alhamdulillah kurs Ringgit yang dipakai CIMB Niaga adalah 3.568 rupiah, sama persis dengan kurs ringgit seharusnya. Sebagai informasi lain, saya pernah make kartu debit CIMB Niaga ini untuk ambil tunai di mesin ATM bank CIMB di bangkok dan kurs Baht yang ditetapkan oleh CIMB itu pun kurang lebih sama dengan kurs seharusnya. Juara banget deh ini si CIMB Niaga :D

Gitu aja gaes informasi yang bisa saya bagi. Semoga bermanfaat buat yang ingin bayar tiket air asia pake debit card. See you...

You May Also Like

13 comments

  1. Oh bisa ya pakai kartu debit asal ada logo mastercard, makasih sharingnya...

    ReplyDelete
  2. Wah mau juga donk dapat tiket promonya

    ReplyDelete
  3. wah thanks teh ncuss info nya, kalau saya biasanya issued tiket suka mintol temen heheh kadang males "adegan" bayar2 gini nya

    ReplyDelete
  4. Ya ampun murah sekali cuma 270an, posesnya gampang ternyata yah bayar pake kartu debit

    ReplyDelete
  5. Makasih sharingnya Teh. Suami pake CIMB, tapi bukan yg syariah.
    Btw asyik bgt dpt tiket murah Teh

    ReplyDelete
  6. Senangnya sekarang sudah bisa pakai debit juga. Tapi harus ada logo master card atau visa nya, ya 😊

    Terima kasih informasinya, teh 😘

    ReplyDelete
  7. Asiiik mau jalan-jalan ke Malaysia ya teh :) kami juga kalau beli tiket pesawat biasanya pakai Kartu Kredit, teh.

    ReplyDelete
  8. aku baru tau kalo beli tiket bisa pake kartu debit hehe.. makasih infonya teh :)

    ReplyDelete
  9. Waaaah, asyik banget dapet promo ke KL cuma 270 rb doang, pengeeeeen!

    Aku jugak baru tau beli tiket bisa pake debit card lho Teh, makin praktis aja yah :))

    ReplyDelete
  10. hiihi...gak usah lebbai kena biaya administrasi.
    Iyayaa...kadang emak-emak suka kelewat detil kalo masalah harga.

    ReplyDelete
  11. Kalau ada logo visa atau mastercard harusnya bisak

    ReplyDelete
  12. wah baru tau saya, trims infonya ya!

    ReplyDelete

InsyaAllah saya selalu berkunjung ke blog para pengunjung yang sudah meninggalkan komentar di blog saya. Tapi tolong jangan sebar link hidup di komentar ya karena auto click spam ^^

Follow me on Instagram: @susiencuss_