Bagaimana Cara dan Persyaratan Memperpanjang Paspor Yang Belum Habis Masa Berlakunya?

by - 8:30 AM

Jelang liburan 2019 yang sudah dicanangkan dari tahun lalu, saya dan suami akhirnya menyempatkan diri untuk paspor kami. Kami insyaAllah akan berangkat tanggal 14 Maret 2019 sehingga kami harus punya paspor dengan masa berlaku minimal 6 bulan dari tanggal kami berwisata di Negara tujuan kami yaitu minimal sampai tanggal 14 September 2019. Sedihnya paspor kami berlaku hingga tanggal 8 September 2019. Jadi cuman gara2 masa berlaku kurang 6 hari, kami harus memperpanjang paspor di Kantor Imigrasi di Bandung dan ngeluarin uang 350rb/orang. Ngerti nggak gimana nyeseknya saya dan suami saat itu? XD


source: pixabay (passport). gak sempet foto paspor sendiri, beb :p

Kami memulai usaha kami untuk memperpanjang paspor dengan mendaftar antrian di kantor imigrasi melalui aplikasi yang sudah kami unduh sebelumnya. Proses daftar antrian kantor imigrasi ini penuh kendala dan drama. Entah itu jaringan lemot, aplikasi not responding, setelah bisa masuk aplikasi ternyata nggak bisa ngeklik jam yang tersedia, kuota antrian udah habis, dan segalanya. Akhirnya suami berhasil daftar di hari minggu sore menjelang malam dan mendapatkan jadwal hari Senin pukul 11.00 WIB.
 

Tips daftar antrian melalui aplikasi “Layanan Paspor Online” dari kantor imigrasi atau melalui website kantor imigrasi adalah log in dan pilih antrian di hari Minggu sore sampai kira-kira jam 8 malam. insyaAllah akan lebih mudah dapat antriannya.

Saya waktu itu memutuskan untuk cuti dari kantor untuk mengurus semuanya karena gak enak sama obos kalau ternyata lama ngurus di kantor imigrasinya. Kami sampai di kantor imigrasi jam 10.30 WIB dan disambut dengan Pak Satpam berseragam putih yang duduk di meja yang diletakkan pas di sebelah kiri pintu masuk. Di hadapan satpam tersebut ada dua lembar kertas yang berisi tabel kosong yang diisi oleh semua orang yang sudah daftar antrian secara online. Satu lembar untuk antrian pukul 9 (atau pukul 10 ya? Lupa sih :p) dan satu lembar lagi untuk antrian pukul 11.00 WIB. Saya kira kantor imigrasi akan menyediakan list nama orang yang sudah mendaftar melalui aplikasi/website mereka, jadi Pak Satpam bisa memiliki fungsi yang lebih baik: gak cuma nungguin meja tapi juga crosscheck orang yang di dalam list yang sudah disediakan. Tapi ya sudahlah… hahaha

Setelah mengisi “daftar absen”, kami diarahkan langsung ke meja untuk menyerahkan berkas/persyaratan kepada petugas. Di situ kami mendapatkan penjelasan bahwa untuk memperpanjang paspor yang belum habis masa berlakunya harus menyertakan:
1.    Fotokopi KTP
2.    Paspor lama
3.    Surat permohonan memperpanjang paspor yang ditempel materai.

Nah, kami lupa membuat surat nomor 3 ini. Saya maklum sih, karena yang ngurus ini dari awal adalah suami saya yang kurang detil dan risetnya juga gak “niat” kayak saya, yang nyiapin berkas juga doi. Saya juga nggak menyempatkan diri untuk nanya juga sih ke suami saya, hehe.  Jadi kami harus bikin dulu deh surat itu dan dikasih waktu sampai pukul 11.30 WIB.


sibuk ngisi formulir
Surat permohonan ini bisa diketik dan bisa juga ditulis tangan. Waktu itu kami nggak bawa laptop dan kalaupun bawa nggak tau mau ngeprint di mana. Untungnya saya sudah membawa dua lembar kertas HVS berukuran A4 di dalam tas dan dua pulpen berwarna hitam. Jadi kami putuskan untuk menulis surat permohonan saja. Saya nggak mungkin ambil cuti di hari lain untuk alasan yang sama gara-gara keteledoran kami sendiri. 

Saya langsung search aja di google contoh surat permohonan tersebut dan nemu di sebuah blog, cuman saya lupa sih waktu itu blognya siapa, dan langsung copy paste manual pake tangan. Biar teman-teman nggak repot kayak saya, langsung download aja filenya di sini dan tinggal disesuaikan dengan data pribadi masing-masing.


Semua dokumen persyaratan sudah lengkap, lalu kami segera memberikannya ke meja petugas yang tadi menolak kami. Ibu petugas tersebut menerima semua berkas dan sempat memuji surat yang kami tulis tangan (yang kami tulis sampai tangan pegal) karena katanya belum ada yang membuat surat selengkap itu. Ciyeee… padahal saya juga nyontek. Surat kami itu katanya mau dijadikan contoh di Kantor Imigrasi Kelas I Bandung lho… Saya nggak yakin sih sama yang disampaikan ibu petugas imigrasi karena jujur ya tulisan tangan saya dan suami itu lebih acak-acakan daripada cakaran ayam -___-“




ini formulir yang harus dilengkapi

Ibu petugas memberikan formulir di dalam map yang harus kami isi dengan huruf kapital mengenai data pribadi. Setelah selesai, semua dokumen dalam map tersebut diserahkan ke counter untuk mendapatkan nomor antrian wawancara dan foto. Saya kebagian wawancara setelah sholat dzuhur. Alhamdulillah semuanya lancar dengan diterimanya semacam invoice pembayaran yang bisa dibayar di kantor pos dan bank manapun. Saya dan suami memilih kantor pos yang berada di depan Kantor Imigrasi Kelas 1 Bandung agar lebih cepat dan efisien. 4 Hari kerja kemudian paspor kami sudah dapat diambil. Yey!



meja dengan kursi biru adalah meja pertama; di sebelah kanannya adalah counter setelah ngisi map dari meja pertama
nomor antrian

FAQ mengenai memperpanjang paspor

 
Q: Gimana kalau alamat di KTP sekarang sudah berbeda dengan alamat KTP dan Paspor yang dulu?
A: it’s ok, Gaes… FYI, alamat KTP dan paspor saya sebelumnya juga beda kok dengan alamt sekarang. Petugas tidak meminta KK atau Akta Kelahiran lagi. Kami cukup menyediakan fo
tokopi KTP, paspor lama dan surat permohonan perpanjangan paspor itu.
 

Q: Perlu materai nggak sih? Berapa banyak materai yang harus disediakan?
A: Perlu. Kita perlu dua materai per orang yaitu untuk Surat permohonan dan di formulir.
 

Q: Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengurus semuanya di Kantor Imigrasi
A: Kalau semuanya sudah lengkap, semua bisa beres maksimal banget butuh 2 jam saja.


Q: gimana persyaratan perpanjangan paspor yg sudah berakhir masa berlakunya atau masa berlaku paspop kurang dari 6 bulan? 
A: persyaratannya cuma dua: fotokopi KTP dan paspor lama.

Kira-kira ada lagi nggak nih pertanyaan-pertanyaan soal memperpanjang paspor yang perlu ditambahkan agar lebih bermanfaat bagi yang lain? tulis di komentar ya :)

You May Also Like

12 comments

  1. Temenku kmrn bertanya2 ttg perpanjangan passport... Nanti kalo dia belum dapet jawaban tak kabarin soal ini, hihihi

    ReplyDelete
  2. Makasih infonyaa, yang penting harus menyiapkan diri dan waktu khusus untuk uras urus yaa, kosongin min sehari itu, biar kita ga ngedumel hahhaaa

    ReplyDelete
  3. Ohooi mau jalan-jalan ke mana nih, teh? :D

    ReplyDelete
  4. Aku belum punya passport, ketahuan kuuleun ya aku

    ReplyDelete
  5. Wah jadi keingetan nih..pasporku ternyata udh mau expired bln april ini..tfs teh..infonya bermanfaat banget 😘

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah...kebetulan banget baca ini, suamiku mau perpanjang paspor senin nanti jadualnya ..jadi tau nih hrs buat permohonan. Sebetulnya ini kedua kali perpanjang sih mestinya blio tau..tapi pasti lupa..hehe...nuhun infonya...

    ReplyDelete
  7. Wah info yang menarik ini, Teh. soalnya temenku ada yang mau ngurus paspornya yang udah expired. Aku kasih lihat ke dia ya.

    ReplyDelete
  8. Wah, jadi referensi nih tulisannya. Paspor suami belom abis sih, tapi bentar lagi abis. Aku suruh baca ini deh.

    ReplyDelete
  9. Noted, buat paspor aku 3 tahun lagi mau abis hhihihih

    ReplyDelete
  10. Wah enak bener yah sekarang bisa antri via aplikasi, jadi gak nongkrong lama2 gak jelas di imigrasi.

    Duh jadi sedih teringat paspor aku yang capnya cuma dikit bener hahaha

    ReplyDelete
  11. Jadi ingat waktu mau perpanjang paspor Januari 2018 lalu.
    Penting banget memang menyiapkan semua berkas pendukung agar tidak zonk ketika sampai di kantor imigrasi. Apalagi kalau kita sudah mengambil cuti.

    Dulu... aku juga browsing dulu sebelum membuat paspor pertama kali, saat itu masih bisa membuat permohonan paspor online.

    Sekarang justru untuk antri saja sudah pakai aplikasi online...

    ReplyDelete
  12. Ulasannya sangat membantu mb, ah dan saya akan mencoba dulu hehe Bismillah first time urus2 sendiri hehehe

    ReplyDelete

InsyaAllah saya selalu berkunjung ke blog para pengunjung yang sudah meninggalkan komentar di blog saya. Tapi tolong jangan sebar link hidup di komentar ya karena auto click spam ^^

Follow me on Instagram: @susiencuss_