Kuliner Bandung: Juragan Kerang Jalan Buah Batu

by - 2:33 PM


Saya bukan penggemar berat kerang tapi nggak bakal nolak kalau ada yang sudi mentraktir saya, seperti malam itu... Suami saya mengajak makan dan seperti biasa selalu bertanya 

"Mau makan apa?"

Dari dalam mobil, saya waktu itu asal nunjuk aja ke warung tenda Juragan Kerang yang terletak di sebelah kiri jalan menuju Pintu Tol Buah Batu yang sudah sering saya lihat saat pulang dari kantor. Saya kira suami saya akan berlalu begitu saja dan akhirnya "cuma" beli martabak telur buat dimakan di rumah. Eh gak taunya, mobil kami beneran berbelok ke arah warung yang tadi saya tunjuk. wkwk.


Warung ini menggunakan tenda berwarna merah yang sangat mencolok dan berada di dekat parkiran sebuah kompleks apartemen yang sampai sekarang belum jadi. Saya pribadi nggak tau bagaimana status lahan yang dipakai Juragan Kerang ini, entah nyewa ke pemilik komplek apartemen itu atau bagaimana.

Kami langsung menuju ke tenda dengan agak berlari karena saat itu hujan cukup deras melanda Kota Bandung. Bayangan nasi hangat dan olahan kerang yang lezat membuat saya tak sabar untuk makan malam. Kami lalu memilih Kerang Mix 3 Jenis yaitu Kerang Tahu, Kerang Dara, dan Kerang Hijau dengan harga Rp75.000,-, nasi 1 porsi, dan lemon tea 1. 


menu juragan kerang terbaru
daftar menu juragan kerang

menu juragan kerang bandung terbaru
Daftar menu compo pack

Saat kami menanti pesanan, tiba-tiba aliran listrik putus dong... jadi kami gelap-gelapan gitu di dalam warung tenda. Alhamdulillah suami bawa lampu kecil yang dinyalakan menggunakan tenaga power bank sehingga kami nggak terlalu lama berada dalam kegelapan.

Sekitar 15 menit, kerang dengan berat 1,5 kg sudah terhampar di meja kami. Bersamaan dengan itu, aliran listrik kembali tersambung, Yey!


difoto setelah beberapa kerang sudah masuk ke dalam lambung

kerang hijau, kerang tahu dan kerang dara

Kerang ini disajikan menggunakan kertas dan dilapisi semacam plastik berwarna putih susu di atasnya agar sausnya dapat dinikmati dengan baik oleh kami. Saya waktu itu udah laper banget jadi saya langsung makan aja tanpa memotret kerang yang belum tersentuh tangan kami. Nasi hangat yang pulen dan kerang yang tersaji hangat dengan saus yang enak pisan membuat perut dan hati saya hangat di malam yang hujan saat itu.


Kesimpulan saya sederhana: juragan kerang ini enak dan pantas untuk dicoba.
tapii.. 1 porsi mix kerang cukup untuk 2 orang saja dengan kondisi 1 orang lapar (baca: saya) dan 1 orang udah makan sebelumnya (baca: suami saya). Jadi, tinggal disesuaikan aja ya ada berapa orang yang bisa diajak biar nggak ada peperangan memperebutkan kerang dan bisa "udunan" dengan damai.


Kekurangan: fasilitas toilet yang kurang memadai untuk perempuan. Jadi, usahakan jangan kebelet pips atau pups waktu di sana ya, haha

Total biaya yang harus dikeluarkan 88rb dengan rincian:
Kerang Mix: 75 rb
Lemon tea: 8 rb
Nasi putih: 5 rb

Alhamdulillah tidak ada pajak =))


setelah semua daging di dalam cangkang kerang habis tak bersisa

You May Also Like

27 comments

  1. Penampakannya sungguh menggairahkan ya beb, pengen icip juga deh

    ReplyDelete
  2. Berrti posisinya deket simpang mau ke perumahan batu nunggal ya mba? Wah siap2 nih nambah naik kolesterol krn kalap wkwkwk

    ReplyDelete
  3. Mpo belum pernah mencicipi kerang tahu.

    Juragan kerang mempunyai aneka seafood yang enak bisa di cicipi oleh semua kalangan .

    ReplyDelete
  4. yummy wenak mbak aku suka sama kerang hijau rasanya gurih gurih gimana gitu. Di Buah batu ad ajuga yah ntar cuss kesanaa ah insha allah mkasih mbak

    ReplyDelete
  5. Aduh, enaknya. Aku lumayan suka sama seafood. Salah satunya kerang, direbus aja dicocol sambel enak apalagi dibumbuin.. Hmmm msknyus

    ReplyDelete
  6. Lagi makan kerang trus listrik mati jadi romantis mbak hehehe. udah lama aku gak makan kerang, jadi kabita pingin makan lagi

    ReplyDelete
  7. wah 1,5 kg teh mantabbb kerang kesukaan aku nih, waktu hamil kan beli tapi ditakut-takutin gitu padahal ya aku makannya ga sampe banyak banget wkwkwk

    cus ah ke buah batu

    ReplyDelete
  8. Praktis penyajiannya, ya. Tingal angkat plastiknya. Tapi, kayaknya saya agak jarang melihat tempat makan yang jual seafood di Bandung. Mungkin karena jauh dari pantai

    ReplyDelete
  9. lihat kerang kayak gini jadi ingat masa kecilku. Saya dan teman-teman sering ke laut untuk cari kerang. kalo udah dimakan pake nasi, bisa nambah sampe 2 piring, hehehe :)

    ReplyDelete
  10. Masya Allah,
    Aku sampai meneguk liur hanya dengan menatap penampakan foto kerang.
    Hujan, nasi hangat, kerang dan kesayangan, fix, kenangan tak terlupakan!

    ReplyDelete
  11. Wah banyak banget pilihan kerangnya.. Akutu suka banget sama segala jenis kerang ❤

    ReplyDelete
  12. Waaaahhh.... Sebagai penggemar seafood, saya auto ngiler ni Mbak, lihat kerang pasrah bergelimpangan.... :ngiler

    ReplyDelete
  13. Aih..aiih bikin ngiler banget..kami termasuk jarang kuliner kerang, jadi mupeng deh

    ReplyDelete
  14. alm. nenek aku suka banget makan kerang kak, kalau di kampung kami sih biasa disebut biri-biri, aku belum pernh nyoba, karena dulu gelian liat kerang hahaha, tapi pnasaran deh sama rasanya yang di warung jurangan kerang

    ReplyDelete
  15. Tak ada yang lebih nikmat di saat hujan selain menikmati makanan yang hangat dan nikmat. Jadi ngiler saya tengah malam baca postingan ini hihu

    ReplyDelete
  16. Waduh bikin lapar malam-malam lihat penampakan kerang. Kerang tahu itu yang warnanya putih ya? Aku suka tuh kerang hijau, dagingnya lebih besar dibanding kerang darah

    ReplyDelete
  17. Wah aku suka kerang bambu. Sekeluarga suka sama seafood. Kadi penasaran sama gerai ini.

    ReplyDelete
  18. Aku pengen makannya tapi harus hati2 dengan kolesterolnya yaaa :).. semoga bisa mampir kalau main ke Bandung lagi

    ReplyDelete
  19. Walah Mbak, bikin ngiler deh liat papan menunya aja. Jadi sebetulnya nggak hanya kerang aja ya Mbak. Seafood lainnya juga ada ternyata.

    ReplyDelete
  20. Wah mantaps nih surga buat pecinta seafood yak...suamiku pasti suka banget dibawa ke sini hehe..mumpjng di Bandung nih..

    ReplyDelete
  21. Wah ada kerang di juragan kerang ki. Aku tapi takut makan kerang mbak . Takut banyak2 hahaha ntar gemuk wkwkkwk

    ReplyDelete
  22. Menggoda bangeet kerangnya! Sebagai pecinta sea food aku mudah kepengen nih mba liat fotonya ajaa apalagi udah luama banget gak makan kerang :D

    ReplyDelete
  23. Dudududuh, kujadi ngiler lihatnya. Aku doyan banget sama kerang. Jadi kepengen makan kerang deh. Nyari ah tar maleeem :D

    ReplyDelete
  24. Aaah ngiler banget liat fotonya, aku suka seafood tapi yg paling favorit buat dicemil2 ya kerang, dimasak apapun tetap doyaaan :)

    ReplyDelete
  25. huwaaa..aku dan anak-anakku suka banget kerang meski gak berani kalau masak sendiri. Kalau ke seafood pasti pesan kerang beberapa porsi...nyummi

    ReplyDelete
  26. Seumur-umur aku belum pernah makan kerang, Mak.. Tapi jadi kepengen nyoba gara-gara tulisan ini. Betewe, kalau ada alergi udang, kira-kira aman ngga kalau makan kerang?

    ReplyDelete
  27. Adyh ngiler aku suka makan kerang tapi sejak keracunan kerang kemarin perlu selektif makan kerang dan itu ya lihat fisik juga kalau lagi drop stop dulu makan kerang.

    ReplyDelete

InsyaAllah saya selalu berkunjung ke blog para pengunjung yang sudah meninggalkan komentar di blog saya. Tapi tolong jangan sebar link hidup di komentar ya karena auto click spam ^^

Follow me on Instagram: @susiencuss_