Kapok Minum Kopi Di Aceh

by - 9:00 AM

Sekali lagi saya bilang kalau saya bukan penikmat kopi. Saya minum kopi saat kepingin aja dan itu jarang terjadi. Kalau dirata-rata mungkin 1x dalam 1-2 bulan. Nah, ketika saya pergi sendirian ke Aceh selama 3 hari 2 malam, saya mendapatkan pengalaman yang membuat saya pingin ketawa gara-gara kopi.


Waktu itu saya menginap di salah satu hotel syariah di Aceh. Saya lupa di mana karena udah cukup lama main ke sana :D. Di malam kedua, setelah semua urusan di Aceh beres, saya cuma bengong aja di hotel. Saat itu tiba-tiba saya ingin melihat bagaimana Aceh di malam hari meski hanya di luar bangunan hotel. Saya berfikir, daripada saya diam saja di kamar, lebih baik saya pergi mencari pengalaman. Karena sendirian, saya memutuskan untuk pergi tak jauh dari hotel tempat saya menginap.

Saya terutama sangat tertarik dengan kedai kopi di Aceh. Alasannya sederhana yaitu karena Aceh sangat identik dengan kopi.

Apalagi ada kedai kopi di seberang hotel, pas banget kan. 

Katanya, masyarakat Aceh itu doyan banget kumpul-kumpul di kedai kopi. Sehari bisa dua sampai empat kali bolak-balik buat ngopi. Di kedai kopi ini, semua orang dari semua kategori usia bercampur baur, ngobrol santai sampai diskusi dengan topik yang berat. Semuanya dilakukan sambil ngopi. Kata orang lagi, jika ingin tau gosip/isu terhangat di desa atau kota tempat kita tinggal, kita cukup ngopi dan pasang kuping baik-baik :)).

sumber foto: pixabay (coffee mug)

Saat itu saya keluar setelah sholat maghrib yang dijama' qashar dengan isya. Saya menyeberangi 2 jalur jalan raya di depan hotel yang nampak sepi dengan kendaraan bermotor roda dua dan roda empat. Saya bisa menyeberang dengan mudah saat itu.

Saya langsung memasuki sebuah kedai kopi yang terletak tepat di seberang hotel tempat saya singgah. Kedai kopi itu cukup modern dengan meja bar yang memisahkan pelanggan dengan tempat kerja barista-nya. Saat itu saya nggak tau cara memesan kopi di kedai kopi tersebut, apakah sama dengan yang biasa terjadi di Kota Bandung atau tidak. Daripada bikin malu, saya langsung tanya aja ke salah satu karyawannya

"Pesannya di mana ya, mas?"

Saya menggunakan kata "Mas" karena nggak tau panggilan buat laki-laki di aceh itu apa dan saya terlalu geli untuk menggunakan kata "Bang" :)). Sang pelayan memberi tahu bahwa saya bisa memesan di kursi. Lalu saya memilih kursi untuk duduk dan memesan Kopi Susu hangat satu gelas.


Udah jauh-jauh ke Aceh kok malah pesan kopi susu sih, Munaroh???
Kan saya udah bilang di awal kalau saya bukan penikmat kopi, jadi saya memilih menu yang aman dan memiliki kesempatan lebih besar untuk saya sukai dan nikmati. Lagipula, dengar-dengar kopi Aceh itu efek kafeinnya nonjok bukan main. Saya nggak mau ambil resiko untuk nggak bisa tidur hanya karena gengsi atau kepingin dibilang keren dengan memesan kopi hitam (bahasa kerennya kalau nggak salah Hot Espreso atau Hot Americano :p).

si kopi susu

ini cemilannya, sis...

Sekitar 5 menit menunggu, kopi susu itu diantar ke meja saya lengkap dengan cemilan di 2 piring berwarna orenz. satu piring berisi donat dengan taburan gula putih dan meses, satu piring lagi isinya kacang goreng. Oh My... saya berasa jadi bapak-bapak disuguhi kacang goreng begitu, haha.

Saya masih ingat bahwa waktu itu saya menikmati segelas kopi susu yang cukup manis dengan dua buah donat berlumur meses cokelat. Namun waktu itu saya merasa rada hambar sih, karena saya cuma bengong sendirian =)). Kedai kopi yang saya datangi juga tidak begitu ramai, mungkin karena keesokan harinya masih hari kamis :D.

Setelah menghabiskan satu gelas kopi susu, saya membayar sejumlah uang dan kembali ke hotel. Daann... ternyata... segelas kopi susu hangat itu sukses bikin saya nggak bisa merem sampai sekitar jam 1 pagi!

Ini beneran lho... saya masih inget banget gimana saya tersiksa malam-malam karena nggak bisa bobok. Saya nggak tau kenapa saya bisa terpengaruh sebegitu besar dengan hanya segelas kopi susu. Sampai sekarang saya nggak ngerti, hah. Gara-gara nggak bisa tidur itu, keesokan harinya mata saya perih dan nggak konsen menyelesaikan sisa-sisa pekerjaan :-|

Ada yang pernah mengalami hal yang sama dengan saya kah? Tulis di komen ya... :D

You May Also Like

31 comments

  1. wah mantap ya berarti kopinya hehhe

    ReplyDelete
  2. Aku sih belum pernah minum kopi yg cafein-nya kuat banget, tapi so far sih.. klo ngopi ( jarang banget tapi mnm kopi) aku ga ngaruh mbak.. klo ngantuk ya ngantuk aja.. hahaha...

    ReplyDelete
  3. Kalau aku justru suka banget kacang goreng loh,bisa habis banyak makannya hihihi. BIa-bisa aku gak minum kopinya. Tapi aku gak suka kopi pahit maunya yg manis :)

    ReplyDelete
  4. Pernah mengalami minum kopi trus gak bisa tidur. Tetapi, penyebabnya kayaknya karena prut saya kosong. Suka langsung gelisah gitu kalau ngopi dengan perut kosong

    ReplyDelete
  5. cocok ini buat begadang hahaha pas ada deadline kak kopi Acehnya, aku belum pernah nyobain, kalo kopi Batam pernah. Semoga kapan-kapan ada yang ngirimin hahaha

    ReplyDelete
  6. Wah kopi susunya aja sudah berhasil bikin dirimu melek ya mbk apalagi kalau minum kopi hitamnya aceh. Dah, bisa-bisa nggak tidur semalaman nih.

    ReplyDelete
  7. Widih..mantab betul kopinya ya .. BRW saya juga tidak suka minum kopi.. eh kecuali es kopi..dikit2 masih mau..hehe..

    ReplyDelete
  8. Mmmm...kopi aceh aku paling jarang minum ka, tapi efek ngopi memang menambah stamina kan ya jadi on terus, tapi ya bukannya jadi ngga bisa tidur juga... semoga ngga banyak yang mengalami hal seperti kakak, atau mungkin ada faktor lain yang membuat kakak ngga bisa tidur.. mungkin lho ka.. salam kenal ya dari yang suka minum kopi juga

    ReplyDelete
  9. Pernah ... Udah tahu ga kuat minum kopi tapi penasaran. Alhasil susah tidur Dan badan lemes. Kapok deh!

    ReplyDelete
  10. Mbak rasa kopi aceh itu beda gk sama yang di jawa?

    ReplyDelete
  11. Tos, mba... you are not alone!
    Aku juga begitu kalau minum kopi pas dekat jam istirahat malam.
    Jangankan kopi, minum teh tarik memerlukan perjuangan untuk bisa cepat tertidur.

    Jadi, jangan coba-coba deh, bakalan gak bisa istirahat cepat beta, hahaha...

    Nah, gimana sekarang, mba, berasa lega, sudah ada temannya?

    Jadi, kapan kita ngopi bareng? Hahaha...

    ReplyDelete
  12. Saya sering kayak gitu mbak, minum kopi setelah makan malam, alhasil melek sampe menjelang SUBUH! ngeselinnya tetep gak bisa ngapa-ngapain karena saya takut sendirian, sementara yang lain pules

    ReplyDelete
  13. wah teh aku mah kalau dinas ga bisa tidur bukan karen kopi karena ketakutan jadi weh digangguin wae lampu kamar hotel mati nyala sampe aku bulak balik 3x ganti card room takutnya konslet :D *naha jadi horor wkwkwk

    ReplyDelete
  14. Sayaa mba,, inget bngt waktu puasa ceritanya buka dikasih kopi sampai sahurny lagi gak bisa tidur smnjak itu kpok minum kopi

    ReplyDelete
  15. Aku tuh minum kopi hitam sampai habis, ngantuk tetep aja datang. Nggak ngefek banget deh kopinya. Nah, Munaroh mesti nyoba kopi item aja, mungkin cepet pulas tidurnya, hihiii

    ReplyDelete
  16. Kalau ga kuat minum kopi ya jangan minum mba. Kalo ak minuk kopi justru tidurnya bisa nyenyak banget. Jadi malah bisa bikin ngantuk berat.

    ReplyDelete
  17. Aku pernah ngopi di sore hari dan semalaman cuman gulang-guling di kasur ga bisa tidur tapi ga bisa kerja juga hahahahah

    ReplyDelete
  18. Samaan deh kita bukan penikmat kopi... Kalau saya lebih memilih nyoklat ajah.

    ReplyDelete
  19. Kalau aaya dah nggak ngefek mb krn udaj sangat kecanduan
    Moga2 nanti bisa minum langsung kopi aceh dr asalny hehe
    Ehh itu cemilanny enak bgtss wkk

    ReplyDelete
  20. Sama mba, saya juga bukan penikmat kopi, jadi sekalinya minum kopi suka nggak bisa tidur, duh kebayang nggak bisa bobok di hotel sendirian

    ReplyDelete
  21. Iyaaa...banget.
    Aku punya sahabat orang Aceh dan bliau pernah memberikan kami oleh-oleh kopi aseli Aceh.

    Ya Allah~
    Nikmat.

    Tapi udahannya...badan fit dan kantuk tak kunjung hadir.
    Yaah...
    Alhamdulillah, minumnya sama suami.

    Jadi kita begadang berdua.
    Ngehehheeh~

    ReplyDelete
  22. Kalau aku malah ga ada efeknya, Mbak
    Kopi dah kayak cokelat buat saya, penenang aja kalau lagi mikirin banyak DL nulis.
    Kopi Aceh padahal jauh lebih nikmat lho.

    ReplyDelete
  23. Hahaha kok sama kyk aku ya, geli kalau manggil mas2 dengan "Bang" :D
    Jd kopinya kyknya yg keras banget ya mbak? Sampai bikin gak bisa tidur gtu :D

    ReplyDelete
  24. saya kalo minum kopi sasetan campur susu biasanya tetap bisa tidur, Mba. Gak pernah sampe begadang (gak bisa tidur) karena minum kopi :)

    ReplyDelete
  25. Belum pernah minum kopi Aceh, mungkinkah kalo saya meminumnya saya pun akan merasakan efek yang sama?

    ReplyDelete
  26. hehehe..aku pernah begitu juga Mba...soalnya aku sudah lamaaa ngga minum kopi and by the time tidak sengaja terminum, biasanya langsung terjaga lama dan gelisah hehehe

    ReplyDelete
  27. Aku belum pernah nyobain kopi Aceh nih jadi penasaran tapi kalau tak kunjung kantuk berarti cocok lah ya diminum saat lembur hehe.

    ReplyDelete
  28. wehe mba sensitif banget sama kafein ya. Kalo aku si kadang iya kadang ga, mungkin beda jenis kopinya bakal beda pengaruh. tapi penasaran juga rasa ngopi di aceh gimana

    ReplyDelete
  29. Tidak semua kopi hitam adalah espreso, kak. Espreso itu ada jenis kopinya sendiri dengan pengolahan sendiri. Kalo kopi-kopi daerah begitu, namanya kopi hitam aja, atau khupi hitam kalau di Aceh.

    Btw, kalau di tanah melayu (Singapore, Malaysia, Sumatera), saya juga suka minum kopi susu. Disebut kopi tarik di Malaysia atau kopi-c di Singapore. Suka rasa bittersweet-nya dan nggak ada di Jawa yang bisa bikin kayak gitu.

    ReplyDelete
  30. Waduuhh Mbak, efeknya beneran nonjok yaah. Padahal bukan kopi hitam, itu udah pakai susu pula yaaah, weleeeehh..

    Lalu Mbak, denger gosip apa aja waktu itu? :p

    ReplyDelete
  31. aku minum coffeemix aja bisa terjaga sampai lewat jam 12 malam ms hehehehe

    ReplyDelete

InsyaAllah saya selalu berkunjung ke blog para pengunjung yang sudah meninggalkan komentar di blog saya. Tapi tolong jangan sebar link hidup di komentar ya karena auto click spam ^^

Follow me on Instagram: @susiencuss_