Kuliner Bandung: Ayam Turki dan Bebek Perancis Sei Marase

by - 9:30 AM

Langsung aja kita review rumah makan Sei Marase yang terletak di samping Hotel Vio, Jalan Cimanuk, Kota Bandung. Saya dan suami ke sini hari Minggu lalu, tanggal 3 Februari 2019.

Konsep Makanan
Rumah Makan ini mengusung Olahan Ayam dan kambing Khas Timur Tengah dengan nasi mandi sebagai makanan andalan. Tapi tenang saja, ada daging bebek yang bisa menjadi alternatif bagi mereka yang tidak doyan ayam dan kambing. 

Btw, Saya sering sedih kalau ada teman saya yang nggak doyan sama kambing karena kambing adalah daging terenak (jika diolah dengan tepat) dan juga makanan favorit Nabi Muhammad #panutanque.

Nasi di Marase ini ada empat jenis: Nasi Jeruk, Nasi Rempah, Nasi Hujan Panas, dan Nasi Mandi. Dua nasi terakhir terdengar asing dan aneh buat kebanyakan orang. Iya, kan? Saya jelaskan sedikit sesuai dengan yang saya tau:

  1. Nasi Jeruk. saya gak tau jenis nasi ini karena saya tidak memesannya. mungkin nasi dengan beberapa helai daun jeruk? :D
  2. Nasi rempah: ya biasa aja sih, nasi yang diberi rempah-rempah. nasi tersebut berasal dari beras yang biasa kita makan, dengan kualitas baik ya.. bukan kualitas raskin (beras #sobatmisqueen --").
  3. Nasi Hujan Panas: saya nggak ngerti kenapa dikasih nama hujan panas, karena jelas ketika saya memesannya tidak ada hujan di dalam piring kertas yang dilapisi aluminium foil itu. Nasi hujan panas adalah nasi yang disajikan bersama bebek perancis. Mungkin karena bebeknya ada kata-kata "Perancis", maka owner restoran ini merasa bertanggung jawab agar sajian makanan nampak ala Perancis. Jadi gimana bentuk nasi hujan panas? berwarna putih seperti nasi yang biasa kita makan, dengan taburan sesuatu seperti nasi yang berwarna merah dan biru, khas warna di bendera perancis. Fotonya ada di bagian bawah blogpost ini
  4. Nasi Mandi: Apakah ada disajikan dengan sabun mandi? tentu saja tidak. Nasi mandi adalah hidangan tradisional yang berasal dari selatan Jazirah Arab yaitu beras yang dimasak dengan rempah-rempah khusus. Di negara asalnya, nasi mandi dimasak di lubang bawah tanah. Yang membuat nasi mandi istimewa adalah berasnya yaitu beras Basmati yang harganya membuat dompet #sobatmisqueen menjerit saat melihat pricetagnya di swalayan :)).

Suasana Restoran
Marase ini cukup nyaman: kursi dan meja menggunakan kayu solid tanpa tambahan cat. Lampu yang digunakan sebagai penerangan digantung cukup rendah dari atap bangunan. Di atas meja sudah tersedia sendok dan garpu yang diletakkan pada tempatnya, tisu dan satu keranjang kecil berisi kerupuk.


Washtafel terletak di ujung restoran, di tengah-tengah antara kasir dan area pembakaran daging. Toiletnya sendiri ada di dalam hotel Vio. Oiya, meskipun tempat makan dan area pembakaran berada pada satu tempat, tidak ada sedikitpun asap yang menyapa sistem pernafasan pengunjung. Kecuali asap rokok dari para pengabdi tembakau. Betul sekali, restoran ini sayangnya tidak memiliki non smoking area, sedih ya...



Harga Makanan
semua menu makanan dan harganya ada di buku menu berwarna cokelat. Ini adalah foto menu makanan dari awal sampai akhir :D


menu harga pricelist ayam turki dan bebek perancis sei marase bandung


menu harga pricelist ayam turki dan bebek perancis sei marase bandung


menu harga pricelist ayam turki dan bebek perancis sei marase bandung


menu harga pricelist ayam turki dan bebek perancis sei marase bandung


menu harga pricelist ayam turki dan bebek perancis sei marase bandung


Eating Experinces
Saya memesan Bebek Perancis dengan Nasi Hujan Panasnya dan es teh jeruk sedangkan suami saya memesan Ayam Turki dengan Nasi Mandi. Sekitar 10 menit menanti, semua makanan sudah tersaji di atas meja.
Begini penampakannya, awas ngiler...


Bebek Perancis dengan Nasi Hujan Panas
 
begini butiran merah birunya


Ayam Turki dan nasi mandi yang nggak pake sabun mandi

Testimoni jujur saya atas Bebek Perancis adalah... bebeknya empuk, dagingnya lumayan banyak dan manis :D. Nasi dengan warna bendera Perancis juga ternyata enak. Saya sampai sekarang masih nggak paham gimana caranya mereka menghadirkan butiran (yang saya pikir adalah) nasi dengan warna biru dan merah.Yang membuat sajian Bebek Perancis ini makin nikmat di lidah adalah sambal!

Sambala, sambala, bala sambalado
Terasa pedas, terasa panas
(You sing, You lose... :p )

Saya nggak tau itu namanya sambal apa karena di buku menu tidak ada informasi apapun mengenai sambal. Jadi waktu mas-mas waiternya ngasih sambel ke semua menu yang kami pesan, kami merasa kaget dan sekaligus bahagia. Mirip-mirip dengan bahagia ketika bonus awal tahun cair gitu lah :))

Kalau Ayam Turki dan Nasi Mandi atas informasi dari suami saya adalah.... nasi mandinya biasa aja, bumbunya kurang banyak. Ayamnya enak, tapi b aja. Saya gak sempat nyicip nasi mandi di piring suami karena suami saya makannya cepet banget, haha. FYI, suami saya udah sering banget makan makanan timur tengah di restoran Arab yang tersebar di kota Bandung. Karena itulah agak susah memuaskan suami saya karena standarnya tinggi =))

Minumannya gimana, sis?
Oiya, saya lupa sama es teh jeruk yang saya pesan. Intinya, minumannya enak: teh dan jeruknya terasa nyata di lidah :D. Saya juga suka dengan penyajiannya yang menggunakan gelas kaleng jadul (meskipun rada nggak matching dengan konsep makanannya) dan sedotan besi yang pro gerakan Zero Waste :D.


Informasi Restoran Marase:
Alamat: Jl. Cimanuk No.15, Citarum, Bandung Wetan, Kota Bandung (di Hotel Vio)
Telepon: 022 20529025

Nilai dari saya
Ambiance : 7 (minus sama rokok sih)
Service: 8
Rasa makanan: 7.9
Harga: Affordable
Repurchase: Yes!

You May Also Like

30 comments

  1. Deket sama rumah saya ini mah, cobain ah. Nuhun informasinya teh

    ReplyDelete
  2. Setujuuu aku juga suka sedih kalo lagi pengen makan kambing tapi ga ada temennya karena kebanyakan pada ga suka :( kebita liat bebek perancis pake nasi hujan panas, jadi itu teh apa butiran merah sama birunya kalau bukan nasi teh? *jadi penasaran

    ReplyDelete
  3. Ceritanya udah beberapa kali wacana mau ke sini tertunda. Hmmm... Baiklah, harus dijadikeun ini mah, apalagi setelah baca postingan ini. Hehehehe

    ReplyDelete
  4. Eh itu nasinya berwarna merah putih biru, Perancis banget, wkwkwk

    ReplyDelete
  5. Yummy keliahatannya nih restorannya. Mampir lah abis gajian,hehe.

    ReplyDelete
  6. Butiran nasinya cantik ya. Kasih sensasi yang beda :)

    ReplyDelete
  7. Teteh iih...masa Nasi Sabun teh...nasi campur sabun...?
    Mungkin nasi yang pernah dimakan sama Kim Bum.

    Lhahaaa~

    Aku suka makannya, kak...tapi paling gak suka bayarnya.
    Hahahha~
    Colekin suami kalo masalah makan di luar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi ingat kalau pas Piala Dunia yaa...
      Euforianya kemana-mana.
      Termasuk makan nasi Hujan Panas ini.
      Berasa dukung Belanda...

      Delete
  8. Namanya sudah memancing. Nasi hujan Panas. Terus aya warna biru dan merah makin penasaran.

    ReplyDelete
  9. Waahhh sudah pakek sedotan besi tho restoran marase. Salut akuuhhh. Btw itu ceria banget yang nasi hujan panas. Cerah ceria.

    ReplyDelete
  10. Waduh, kabitaaaaaa pengen nyobain nasi yang ada merah birunya hehehe

    Cobak cobak nanti mau ajakin suami makan di sana ah :))

    ReplyDelete
  11. Namanya lucu-lucu ya, nasi hujan panas, bebek perancis, penasaran sama bubuk biru yang ada di nasi, unik ya menu-menunya, penyajiannya cepat ya cukup 10 menit

    ReplyDelete
  12. OMG nama makananya lucuk banget sih mba.. nama-nama negara gitu.. jadi kesannya makan sambil keliling dunia ya mba hehe.. mungkin salah satu stategi bisnis juga untuk mendatangkan pengunjung.. anyway semua makananya nampak menggiurkan, nasinya.. bikin mau dicolek masukin mulut.. yummiee

    ReplyDelete
  13. Penampilan makanannya tampak menjanjikan ya, Teh. Udah lama nggak makan kambing yang diolah khas timur. Sepertinya harus mencoba ke sana deh.

    ReplyDelete
  14. Nama-nama nasinya aneh2 ya, tapi bikin penasaran. Gimana ceritanyaitu butiran kaya nasi tapi ternyata sambal. Makin penasaran deh

    ReplyDelete
  15. Warna merah birunya berarti apa kalau bukan nasi? Lucu-lucu yan nama makanannya

    ReplyDelete
  16. Mau nanti klo ke Bandung teh,, mampir kesini penasaran sama bebek perancis dan nasi hujannya

    ReplyDelete
  17. Nama-anam nasinya unik banget ya, ada nasi mandi segala ihihihi. Aku penasaran pingin nyobain macem2 nasi itu

    ReplyDelete
  18. Hmm, kliatannya enak nih! Baru saya mau nanya, nama nasinya lucu gitu, nasi hujan panas dan nasi mandi. Hehe. Eh, btw aku gak gitu doyan bebek dan kambing, karena rasanya itu. Mungkin krn belum nemu yg bisa racik keduanya jadi enak kali ya :D

    ReplyDelete
  19. Nasi mandi ayam turki aduh Mbaa Ncuss belum pernah makan,jadi penasaran nyobain sendiri rasanya secetar apa hahahah. Kalo kuliner beginian ajak-ajak kakak hehehe biar bisa ngikut nyicip

    ReplyDelete
  20. namnya unik yah, ajdi ini paduan makanan prancis dan Turki gitu yah kak?
    Oiya kayaknya ini cabangnya blm ada di mksr kali yah? pensaran dengan rasanya

    ReplyDelete
  21. Ya ampyuuunn itu nama nama makannyan lucu banget sih. Wkkwkwk. Aku penasaran sama rasanya kalo makan nasi hujan panas. Wkwkk

    ReplyDelete
  22. Wah jauuhh .. tapi aku kepengen nyobain ayan turki deh mba. Trakhir makan waktu di China duluu dah lamaa haha di sini jarang nemu :D

    ReplyDelete
  23. Nasinya lucu banget sih kaya ada sparklenya. Menu timur tengah biasanya enak2, aku jadi penasaran pingin nyobain juga :)

    ReplyDelete
  24. Wah ada taburan confeti ya, kirain ada perayaan apa koo ada taburan warna merah dan biru. Beras Basmati emang mahal, tapi masak sedikit aja udah cukup. Jadi gak kayak beras yang kita konsumsi, 1/2 kg untuk sekeluarga

    ReplyDelete
  25. Sebagai penggemar kambing, aku setuju banget kalo daging kambing itu adalah makanan terenak kalo diolah dengan tepat.. Btw, jadi penasaran ama Nasi Hujan Panas deh..

    ReplyDelete
  26. Aku pernah cobain nih mba dan lumayan rasanyaaa ya.. namanya memang unik tapi mirip-miriip sih

    ReplyDelete
  27. Kesukaan suamiku tuh Nasi Mandi. Biasanya dihidangkan pake daging domba sebagai pasangannya.

    Owww itu ya namanya nasi hujan panas hahahaaa...ada ada aja namanya. Penampilan dan namanya unik juga yaaa

    ReplyDelete
  28. nama-namanya unik nasi hujan panas sama nasi mandi wkwkwk...dan ngakak bagian beras basmati harganya bikin dompet sobatmisqueen menjerit ah teteh ku ga berhenti ketawa iiihhh :p

    ReplyDelete

InsyaAllah saya selalu berkunjung ke blog para pengunjung yang sudah meninggalkan komentar di blog saya. Tapi tolong jangan sebar link hidup di komentar ya karena auto click spam ^^

Follow me on Instagram: @susiencuss_