Cara Mudah Membuka Deposito Di CIMB Niaga syariah

by - 9:30 AM


Halo semuanya...
Saya ingin membagikan informasi kepada teman-teman bagaimana cara membuat akun deposito di Bank CIMB Niaga Syariah. Mungkin di antara pembaca semuanya ada yang clueless kayak saya mengenai kemudahan dalam pembuatan akun deposito di bank. hehe. Kenapa saya nulis tentang CIMB Niaga, bukan bank lain? Ya karena saya cuma pengalaman buka deposito di situ, wkwkwk.

Buat yang nggak tau, deposito atau tabungan berjangka adalah salah satu produk perbankan berupa simpanan yang dapat diambil pada periode waktu tertentu. Bagi hasil yang didapatkan oleh nasabah lebih tinggi dibandingkan tabungan biasa. Periode deposito di bank biasanya ada 4 yaitu 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan. Bagi hasil yang didapatkan oleh nasabah akan berbeda di periode deposito yang dipilih: semakin lama periode, semakin besar bagi hasil yang diterima.



Kenapa saya membuka akun deposito?
Saya dan suami memiliki financial goal yang cukup besar di tahun depan, yaitu pelunasan KPR. Well, sebenarnya jangka waktu kredit rumah kami masih rada lama yaitu sampai tahun 2024, tapi saya dan suami sepakat untuk mempercepat pelunasan agar kami tidak terjerat dengan cicilan tiap bulan. Memang besarnya cicilan bulanan kami tidak sampai mencekik leher, tapi hidup tanpa dikejar utang tiap bulan adalah hal yang saya impikan.


Untungnya kami membeli kredit rumah melalui bank syariah sehingga kami tau persis berapa yang harus kami bayarkan untuk pelunasan rumah kami. Setelah menabung beberapa bulan, kami mengumpulkan dana lumayan banyak di tabungan. Daripada tabungan kami terus menerus tergerus dengan biaya administrasi tiap bulan, kami mencari alternatif menyimpan uang yang dapat memberikan kami imbalan yang cukup besar. Karena itulah kami memutuskan untuk membuka deposito di bank, hehehe.

Cara Membuka Deposito
Dulu saya kira...
untuk membuat deposito, kita sebagai nasabah harus datang ke kantor cabang bank yang dituju. Lalu kita sampaikan tujuan kita bahwa kita membuat deposito ke customer service bank tersebut. Karena itulah hari Rabu lalu saya dan suami datang ke salah satu cabang Bank CIMB Niaga untuk membuka akun deposito.

Ternyata membuat deposito di Bank CIMB Niaga itu gampang, pemirsah...

Setelah saya ngobrol dengan mbak-mbak customer service di salah satu kantor cabang, membuka deposito di CIMB Niaga Syariah cukup dengan membuka akun kita di cimb clicks, klik sana-sini, dan jadi deh...
Ya ampun, si gue kamana wae? --"

Ini tutorial lengkapnya ya, biar teman-teman nggak perlu repot-repot mampir ke bank kayak saya:


1. Masuk ke akun cimb clicks kamu dulu ya.
Abis itu masuk ke menu "New Produk & Services" dan klik "Open TIme Deposit", maka akan tampil halaman seperti ini.



Sila dipilih mau buka time deposite atau deposito konvensional atau syariah.

2. Setelah klik register, maka akan muncul halaman ini.


 
langsung klik aja kotak kecil di bagian bawah dan klik "register"



3. ketika muncul halaman seperti di bawah ini, kita tinggal menginput jumlah uang yang akan kita depositokan di "initial deposit".
Bank CIMB Niaga memiliki ketentuan bahwa jumlah uang yang didepositokan minimal Rp8.000.000,-.



Setelah itu kita bisa memilih tenor (periode deposito) yang kita inginkan: 1,3,6, atau 12 bulan. Yang menarik di cimb clicks adalah, kita bisa melihat sendiri perubahan nisbah dan rate yang kita dapatkan sesuai dengan tenor yang kita pilih. Saya sendiri memilih periode deposito 12 bulan.
Indicative Equivalent Rate adalah persentase bagi hasil yang didapatkan yaitu 6,75% p.a. (per annual atau dalam satu tahun).
Nisbah adalah bagi hasil bersih yang kita dapatkan setelah dipotong pajak yaitu 83,29% dari total 6,75%.

Simulasinya begini, Gengs..

  • Jika kita mendepositokan Rp10.000.000,-
  • Bagi hasil 6,75% adalah Rp675.000,- dalam satu tahun.
  • Tapi bagi hasil yang kita terima dalah 83,29% dari Rp675.000,- (ada pajaknya ya, gengs...) yaitu sebesar Rp562.208,-

Kalau diliat dari jumlah, nilai yang kita nampaknya sangat sedikit ya... haha. 

Tapi menurut saya nominal tersebut sangat worth it karena resiko saya sebagai pemilik deposito sangat kecil. Ibaratnya kita tinggal merem selama satu tahun dan uang kita beranak sendiri, hahaha.
Jika kita menabung uang kita di bank, maka uang kita akan tergerus (katakanlah) Rp10.000,-/bulan, maka uang kita bukannya berkembang malah hilang Rp120.000,- dalam satu tahun. hehehe.

Automatic Roll Over (ARO) adalah kita menyerahkan ke bank agar setiap kali periode deposito kita berakhir, maka bank akan otomatis memperpanjang deposito kita. Kalau kita tidak berkenan, maka kita tinggal klik NON-ARO.

4. Setelah diklik "NEXT", akan muncul halaman ini:


Kita tinggal input mPIN yang dikirim oleh cimb niaga ke nomor handphone yang telah kita daftarkan dan menunggu tahun depan sampai deposito dicairkan ke rekening kita. Yey!

Setelah proses berhasil kita lalui, maka nanti ketika kita klik "Manage My Accounts" akan muncul tampilan seperti ini:


akun deposito kita sudah muncul, gengs..
Bagaimana cara membuka deposito di bank lain?
Ketika saya searching di internet dan ngobrol dengan beberapa orang, layanan pembukaan deposito di bank lain kebanyakan harus mendatangi kantor cabang terdekat.

Buat karyawan seperti saya, tahap ini sangat tidak praktis karena kita harus ijin ke atasan "cuma" buat ke bank. Jadi, saya sangat mengapresiasi layanan mandiri di Bank CIMB Niaga. And fyi, this is not a sponsored post or something, i write this post purely because i'm satisfied by CIMB Niaga's service to me as their customer.

Begitu saja tulisan hari ini, semoga bermanfaat buat teman-teman semuanya.
Jika ada yang punya pengalaman bikin deposito di bank lain, jangan ragu untuk share di kolom komentar ya... i'd loved to read about it.

Thank you,
Susie Ncuss

You May Also Like

21 comments

  1. CIMB Niaga ini mayan OK ya Mba, kalo untuk deposito dll.
    Cuss lah, mumpung ada kantor cabangnya dkt rumahkuuuu
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  2. Wah mudah banget, ya. Bagian yang paling saya suka adalah gak perlu ke bank. Saya tuh paling malas kalau harus ke bank. Nunggunya suka lama

    ReplyDelete
  3. Ini keren banget kalau bisa lewat online saja, saya paling males kalau kudu ke bank, kudu antri, kudu bawa gerombolan bocah hahaha.

    Benar-benar memudahkan banget ini mah :)

    ReplyDelete
  4. Lets the money work for us. Mungkin kayak gini prinsip deposito. Klu kt punya banyak tabungan enak banget deposito lmyn sih klu dr Cimb Niaga pembagian keuntungannya

    ReplyDelete
  5. saya baca ini juga baru tau.. ternyata buka deposito bisa via online dan hanya modal klik klik sana sini tanpa harus ngabisin waktu untuk antri di bank dan macet dijalan ya mba

    ReplyDelete
  6. Baru tau CIMB ada syariahnya juga. Bedanya deposito syariah dengan yang biasa apa, ya? Aku masih berusaha mencerna karena invest rentan riba. Tapi, pengen juga belajar invest gitu. Hehe.

    ReplyDelete
  7. aku baru tau lho CIMB punya produk rekening syariah hehe soalnya adekku nasabah CIMB yg reguler aja

    ReplyDelete
  8. Saya juga lebih milih deposito kan uang dibanding disimpan di tabungan. Di deposito, uang kita gak dikenakan biaya admin malah dapat bunga yang lumayan 😁

    ReplyDelete
  9. Saya juga lebih suka deposito dibandingkan tabungan biasa, Mba. Selain bunganya lumayan, saya juga bisa tarik uangnya sesuai yang saya mau walau belum jatuh tempo (gak dikena pinalti).

    ReplyDelete
  10. Deposito udah beberapa kali kali tapi sekarang lagi nggak ada. Udah cair semua buat bayar kuliah anak2. Semoga kumpul lagi uangnya. Aamiin. Tapi CIMB belum pernah. Thanks infonya.

    ReplyDelete
  11. Kalo deposito tuh uangnya mengendap dan gak bisa diambil ya sebelum berakhir masa perjanjian? Menarik juga sih tapi kalo butuh uang di tengah jalan, gimana? Hehehe... Gampang ya bikin deposito di CIMB Niaga

    ReplyDelete
  12. Baru tahu mbak kalau ada deposito yang mudah banget membukanya. Gak perlu datang ke bank bawa persyaratan setumpuk...cukup dilakukan di rumah saja. Jadi pengen ikutan. CIMB Niaga memang mengerti akan kenyamanan pelanggannya. Jadi cukup download aplikasinya di henpon, kita ikuti prosedur yg ada didalamnya...maka prosesnya akan berjalan dengan lancar. TFS ya mbak.

    ReplyDelete
  13. ini tuh kita harus punya rekening utama di CIMB dulu atau ga sih kak...? terus ada besaran minimum ga sih depositonya...?

    ReplyDelete
  14. Kemarin di mall aku juga di tawarin buka deposito kayak gini, cuma belum sempat nanya-nanya sih ke mbak nya karena buru-buru, ternyata gampang banget ya :)

    ReplyDelete
  15. Ada yang cukup lewat aplikasi aja malah mbak kalau buka deposito aku pernah nyobain juga.
    Suamiku punya rekening CIMB Niaga juga nih biasanya dipakai buat bayar-bayar tagihan kapan2 cobain depositinya deh

    ReplyDelete
  16. Saya blm punya deposito tapi keinget ibuku dulu bikin deposito jg utk biaya pendiidkan anak2nya mbk. Btw knp milihnya di CIMB Niaga mbak? Dibandingkan deposito bank lain apa kelebihannya?

    ReplyDelete
  17. Kepengen deh bisa nabung bentuk lain selain uang. Pernah nyoba reksadana. Lumayan. Tapinya kalo punya anak banyak, masih rada susah. Bawannya ditarik2 aja sih. :D

    ReplyDelete
  18. Bener-bener...
    Hi-risk, hi-return yaa...
    Aku juga setuju yang resikonya kecil meskipun bunga yang didapat juga gak begitu besar.
    Aman buat investasi keluarga.

    ReplyDelete
  19. Masih sampai 2024 ya, lama-kelamaan juga gak kerasa kok mba.
    Lah mudah banget ya buka deposit di CIMB, jadi ingin jadi nasabahnya deh

    ReplyDelete
  20. Punya tabungan di CIMB tapi deposito belum. Ya sih kalau deposito lebih menguntungkan daripada tabungan, uang yang disimpan lebih utuh

    ReplyDelete
  21. Hal paling saya nggak suka itu ada dua, pertama rumah sakit dan Bank karna harus antri, nah CIMB niaga keren programnya bisa buka deposit tanpa ke bank. Mempee mudah banget yaa

    ReplyDelete

InsyaAllah saya selalu berkunjung ke blog para pengunjung yang sudah meninggalkan komentar di blog saya. Tapi tolong jangan sebar link hidup di komentar ya karena auto click spam ^^

Follow me on Instagram: @susiencuss_