Semua Hal Tentang OCTOCLICKS

15 komentar
Bank CIMB Niaga sudah cukup lama meluncurkan OCTOCLICKS sebagai pengganti CIMBClicks, yaitu di pertengahan 2020. Apakah aplikasi terbaru ini lebih baik dari generasi terdahulunya? Artikel kali ini saya akan membahas semua fitur dalam Octoclicks dari sudut pandang saya sebagai seorang customer CIMB Niaga Syariah.

APA ITU OCTOCLICKS?
OCTO Clicks hadir pada bulan Mei 2020 dengan sejumlah perubahan. Diantaranya, tampilan baru yang modern dan lebih user friendly, dilengkapi dengan berbagai fitur yang dapat menjadi solusi untuk transaksi keuangan yang lebih kompleks dan mutakhir bagi nasabah individu affluent, aspiring entrepreneur maupun nasabah retail merchant. kontan.co.id
 
Semua Hal Tentang OCTOCLICKS, Pengganti CIMBCLICKS Bank Cimb Niaga. Dari FITUR, MENU BARU, hingga Investasi (deposito, sukuk) secara digital. Kuy baca

CARA MENDAFTAR OCTOCLICKS
Transformasi dari CIMBCLICKS ke OCTOCLICKS tidak mengubah user ID dan mPIN nasabah untuk login. Jadi singkatnya, kita bisa menggunakan user ID dan mPIN cimbclicks untuk login ke OCTOCLICKS.

Kita tinggal ketik alamat www.octoclicks.co.id di browser gadget masing-masing dan bisa login seperti biasa. Tampilan halaman depan OCTOclicks seperti ini.

TAMPILAN OCTOCLICKS
Octoclicks masih tetap bernuansa merah, seperti warna brand CIMB Niaga. Kita tidak bisa menikmati fitur bank sebelum kita login ke OCTOClicks. 

Yang bikin gemoy adalah icon OCTOCLICKS berupa gurita merah berhelm abu-abu dengan 2 tentakel yang seperti sedang berdansa. Kalau dulu, helm gurita ada tulisan cimbniaga, sekarang mah helmnya polosan gitu :D.


FITUR dan MENU BARU OCTOCLICKS DIBANDING CIMBCLICKS
Langsung dibahas satu per satu ya

1. Menu "HOME"
Ketika masuk ke octoclicks, kita akan langsung masuk ke menu "home" mendapat sajian My Assets dan My Cashflow sebagai tampilan utama. Bentuknya seperti ini.


Seperti yang bisa dilihat, fitur My Assets akan menampilkan seluruh aset yang dimiliki nasabah di Bank CIMB Niaga. Misalnya saya punya deposito dan tabungan, maka my assets akan menampilkan jumlah total dua aset tersebut. Selain itu juga ada grafik batang di bawah yang memperlihatkan proporsi tabungan dan deposito yang dimiliki. Kalau nasabah punya obligasi atau instrumen investasi lain dari CIMBNiaga, maka akan terlihat pula di dalam fitur My Assets.

Di bagian kanan ada my cashflow yang menampilkan aliran uang masuk dan uang keluar. Jadi bakalan keliatan tuh kita banyak masukin duit atau banyak ngeluarin duit di bulan tersebut.

Fitur ini menurut saya sangat inovatif dan baru ada di OCTOCLICKS. Fitur ini membuat nasabah (terutama saya) langsung sadar diri jumlah uang/aset yang dimiliki sehingga jadi lebih hati-hati untuk belanja. Kalau saya pribadi sering kali pengen ketawa kalau masuk ke halaman depan ini karena asetnya masih recehan. LOL.

2. Menu My FAVOURITES
Di menu ini kita bisa melihat nomor tujuan transaksi yang sudah kita tandai sebagai Favorit. Misalnya saya sering banget pake flip agar bisa menghemat biaya transfer antar bank, karena itu nomor rekening PT Fliptech Lentera Inspirasi Pertiwi saya jadikan sebagai nomor rekening favorit agar gak perlu input ulang setiap kali mau transfer. Selain itu saya juga sering top up ewallet, yaitu Gopay dan OVO.


Di menu My Favourites ini juga terlihat Bill Payment, misalnya karena kita sering bayar asuransi atau beli pulsa di Purchase & Top Up

3. Menu My Goals
Ini juga fitur tambahan yang bikin saya terpacu untuk terus nabung. Jadi kita bisa bikin financial goals ala kita sendiri, misalnya buat jalan-jalan, dana pensiun, atau untuk menikah. Kalau saya sekarang goalsnya adalah untuk membayar booking seat naik haji. 



Langsung aja deh saya bikin goal pribadi saya di fitur ini. Dari situ keliatan kalau saldo saya saat ini baru sekian persen dari goals besar saya itu. haha


4. Menu Transactions
Terdiri dari
1. My Account
Isinya standar, yaitu saldo real time rekening kita dan kita bisa melihat daftar mutasi rekening dengan mengklik tanda panah di bagian bawah nominal saldo. Di sini juga ada informasi Credit Card, Deposito, Pinjaman ke CIMB Niaga, Investasi (misalnya kita punya obligasi atau sukuk) dan asuransi.


2. Transfer. untuk transfer antar bank atau bank manapun


3. Bill Payment. bayar kartu kredit, TV kabel, virtual account, tagihan listrik, internet, asuransi, dll.

4. Purchase & Top Up: untuk membeli pulsa, kuota, listrik dan top up ewallet


5. Virtual Card Number. Kalau yang ini saya sendiri belum pernah make sih. Tapi kalau nggak salah mah fitur ini berguna kalau kita gak bawa debit/credit card. sila dikoreksi kalau salah ya.
6. Donation & Zakat. Ini untuk bayar zakat atau donasi lainnya yang kerja sama dengan CIMB Niaga. 
7. Poin Xtra. Ini isinya ngasih tau berapa poin kita sebagai nasabah di Bank CIMB Niaga. Kalau udah punya poin sekian puluh ribu, bisa ditukar dengan voucher supermarket yang setara dengan 500 ribu rupiah. Di sinilah kita bisa melihat, yang kaya makin kaya. Yang misqueen kayak saya mah, boro-boro dapet voucher, liat jumlah poinnya aja malu sendiri. Yaelah... #baper

5. Menu Apply & Promotions
Menu ini berisi Tabungan, Deposito, Investasi, dan Asuransi yang bisa kita apply secara online di OCTOCLICKS.


Cara mendaftar deposito di OCTOCLICKS sama seperti di CIMBCLICKS kok.

Yang bikin saya penasaran adalah fitur Investasi di OCTOCLICKS! Saya dari dulu pengen banget beli sukuk atau obligasi dari pemerintah lewat CIMB Niaga tapi nggak sempet-sempet aja dan uangnya malah kepake duluan untuk keperluan lain, hehe,

Di sini juga kita bisa mengecek profil resiko diri kita sehingga nanti kalau udah selesai self assessment, akan ada rekomendasi investasi sesuai profil resiko kita.

Menu berikutnya adalah

6. Setting & Information
Isinya setting & Services 
  • My transactions
  • Installment Summary
  • Help & Support
Saya pribadi nggak begitu otak-atik di bagian ini sih. Maklum, saya hanya nasabah biasa bukan yang platinum-platinum gitu. haha.

Terima kasih telah membaca sampai akhir tanpa skip atau skimming :D

Share di kolom komentar dong: teman-teman jadi nasabah bank apa dan fitur terbaik di ebanking bank apa yang nggak bisa move on ke bank lain! Thank you <3

Susie Ncuss
www.travelndate.com
susie ncuss
a Devoted Wife who is addicted to Traveling, Food, and Good Movies.
Contact
email: emailnyancuss@gmail.com
click http://bit.ly/travelndate to chat me via whatsapp 

Related Posts

15 komentar

  1. wah ganti ternyata ya CIMBClick sekarang jadi Octoclicks. Padahal suamiku pakai sebelumnhya tapi belum ada info

    BalasHapus
  2. Terima kasih infonya, bisa kuteruskan ke rekan yg member CIMB Niaga nih..

    BalasHapus
  3. Aku sempat jadi nasabah CIMB Niaga ini Mba
    Tapiii karena duitnya kepake untuk urusan keluarga besar, jadinya BHAY dah :D
    Sekarang aku cuma punya tabungan biasa (plus ATM) di bank capek antre :P *you know what I mean*

    BalasHapus
  4. Asik banget ini fitur-fiturnya. Berasa kayak punya asisten finansial pribadi. Soalnya kalau saya catat manual, pasti berantakan hahaha

    BalasHapus
  5. Saya tadi bacanya dari judulnya, kirain ini ngomongin makanan Octopus hahahaha.
    Dasar memang saya kerjaannya makaaannn aja yang dipikirin.

    Btw kalau saya masih pake aplikasi dari bawaan bank, biasanya pakai bank sejuta umat itu :D
    Belum pernah nyobain octoclicks, makin keren ya tampilannya, berbahagia deh para nasabahnya :)

    BalasHapus
  6. Saya termasuk awam tentang bank CIMB ini mba, soalnya aku bukan nasabah, tapi banyak cerita CIMB sangat mudah melakukan transaksi yah...

    BalasHapus
  7. Dulu aku tergila-gila dengan produk CIMB NIaga karena hadiahnya setauku Spongebob miniatur dan segala pernah pernik. hahaa. Trsu aku jaid nasabah pas masih kuliah dlu :)

    BalasHapus
  8. Pengguna bank cimb pasti terbantu sekali dengan octoclicks ini karena sangat memudahkan

    BalasHapus
  9. Nah, bagusnya Transformasi dari CIMBCLICKS ke OCTOCLICKS tidak mengubah user ID dan mPIN nasabah untuk login, ya jadinya simple, gak perlu proses ulang. Sungguh mempermudah nasabah.

    BalasHapus
  10. Aku pernah jadi nasabah CIMB mbak, keren ya OCTOCLICKS ini tampilan ya lebih friendly menurutku

    BalasHapus
  11. Wah, baru tahu dengan Octoclicks ini. Canggih juga ya aplikasinya. Sayang banget aku udah gak punya rekening di CIMB Niaga. Dulu zaman suami kerja di Papua, punya. Begitu ke luar, gak diisi lagi deh. :D

    BalasHapus
  12. Terus terang aku belum pernah pake produk CIMB mba. Tapi melihat prosedur penggunaan Octoclicks ini kok jadi tertarik yaa.. Praktis dan ngebantuin banget untuk kita bertransaksi yaa...

    BalasHapus
  13. Membaca artikel yang Mbak tulis ini cerita tentang obligasi selama ini tahu beritanya aja.

    BalasHapus
  14. Belum buka rekening di CIMB Niaga..tapi selalu kepoin setiap inovasi bank ini. Bagus soalnya~

    BalasHapus
  15. loh aku baru tau, padahal pakai cimb niaga juga, tapi memang gak aktifin m banking nya, makasi mba update nya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email