[Review] Fore Coffee, Online Coffee Shop Yang Murah Parah

by - 9:30 AM


No, it's not a paid post. It's purely because i love Fore Coffe since day 1!

Apa itu Fore Coffee?
Saya pertama kali dengar mengenai Fore Coffee ini saat menghadiri seminar di IDX Perwakilan Jawa Barat. Pak Irwan menyampaikan bahwa Fore Coffee adalah aplikasi untuk membeli kopi (kalau gak salah pak Irwan bilang) pertama di Indonesia yang fokusnya pada kopi specialty. Jadi di playstore itu udah ada beberapa aplikasi untuk kita membeli kopi secara online, tapi katanya... kebanyakan aplikasi-aplikasi di playstore itu menjual kopi komersil.

Saya nggak begitu paham ya sama kopi specialty dan kopi komersil, tapi setelah saya baca-baca di internet, ini adalah salah satu yang saya temukan:

Jika kita pergi ke sebuah specialty roastery, atau kedai-kedai yang memang khusus menyediakan kopi-kopi specialty, maka kita akan bisa “melacak” asal-usul kopi yang mereka sajikan sampai pada detail terkecilnya. Bukan hanya dari daerah mana kopi itu berasal, tapi juga perkebunan spesifik tertentu yang telah menghasilkannya. Bahkan data-data remeh seperti ketinggian tanam, varietal, sampai proses pengolahan kopi tersebut juga bisa diketahui dengan jelas. Kopi specialty umumnya tidak diproduksi dalam jumlah banyak dan ketersediaannya belum tentu ada sepanjang tahun. Karena, kopi specialty ditanam pada lahan-lahan yang biasanya memerhatikan faktor alam dan berbagai kondisi natural yang memengaruhinya. sumber: https://majalah.ottencoffee.co.id/kopi-specialty-vs-komersil-apa-bedanya/

Since i'm not a hardcore fans of coffee, i don't care about it at all. Kopi ya kopi aja sih, Maemunah... *kemudian ditimpukin biji kopi sama para pecinta kopi

Apa Sih Kelebihan Fore Coffee selain menjual Kopi Specialty?
Setelah saya membongkar isi aplikasi fore coffee, saya menemukan fakta bahwa fore coffe
1. Memberikan 2 voucher diskon @ Rp25.000,- untuk pengguna baru
2. Setelah pembelian berbayar pertama (bisa menggunakan voucher diskon tadi), pengguna berhak mendapatkan 1 porsi free coffee.
Voucher ini bisa dipakai hari itu juga. Setau saya di awal-awal aplikasi ini diluncurkan, pengguna baru udah langsung dapat free coffee in the minute the registered as a new user. Ya biasalah ya... diskon ala start up kan memang gitu. hehe
3. Ada Fitur Langganan Kopi
Ini adalah fitur paling menggiurkan buat kamu para bucin kopi! :D

Tawaran yang diberikan pada fitur langganan kopi ini adalah
  • 6 cup iced americano per bulan dengan harga Rp99.000,-. berarti harganya cuma Rp16.500/cup! Murah banget!
  • 10 cup iced latte per bulan dengan harga Rp155.000,-
  • 15 cup Hot Americano per bulan dengan harga Rp210.000,-
  • dan dua langganan lainnya (download your apps ya...)
Setiap pelanggan yang membeli paket langganan kopi akan mendapatkan voucher sebanyak paket yang dipilih. Seperti yang disebutkan, masa berlaku voucher adalah 30 hari (sebulan) setelah tanggal pembelian. Maksimal pemakaian voucher adalah 12 cups per hari. Paket langganan kopi ini sangat cocok buat para Geng Pecinta Kopi karena bisa menekan harga pengeluaran untuk beli kopi.

p.s. bahkan beli es kopi susu di salah satu warung kopi terkenal di Bandung kita harus mengeluarkan uang lebih dari Rp25.000,- #sad
 


Bagaimana Sistem Pembayaran Fore Coffee?
Based on apa yang saya dengar, Fore Coffee awalnya hanya menerima cashless payment aka nggak menerima uang cash sama sekali. Tapi setelah menuai komplain dari calon customer, fore coffee akhirnya menerima pembayaran cash dari pelanggan. hehe.

Saat ini aplikasi fore coffee sudah terintegrasi dengan e-wallet OVO, DANA, dan Gopay. Jadi kita bisa mendapatkan dobel diskon: dari fore coffee dan juga dari e-wallet tersebut.

Cabang Fore Coffee ada di mana aja?
Hingga sekarang Fore Coffee hanya ada di Jakarta dan sekitarnya #sad. Kalau liat di websitenya, ada 12 cabang fore coffee di seantero Jakarta. Tapi tempat saya membeli dan menikmati fore coffee ini kok nggak ada di list ya? Mungkin belum diupdate kali ya.. haha :p
List lokasi bisa cek di sini ya, gengs...
https://fore.coffee/locations/



Pengalaman membeli kopi di aplikasi Fore Coffee
Saya membeli fore coffee dengan metode pick up di lokasi store yaitu di Stasiun Gambir. Saya juga baru download dan register sekitar 1 jam sebelum memutuskan untuk mencoba keistimewaan coffee shop ini. Setelah saya sukses register, saya langsung dapat beberapa promo di akun saya.

Karena saya anaknya gercep dan juga lemah akan promo/diskon/cashback (sebut aja semuanya!!) maka saya langsung pesan saja via aplikasi di handphone saya.

Setelah berkontemplasi, bolak-balik nyekrol aplikasi sambil menikmati smoked beef sandwich di tangan, saya akhirnya memilih iced creamy chocolate. Kenapa cokelat, Maemunah? Ya monmaap, pertama saya nggak begitu suka sama kopi (but i do enjoy coffee sometimes), kedua: saya saat ini masih menunggu kereta Argo Parahyangan yang akan membawa saya pulang ke Bandung pukul 22.30 WIB. Saya nggak mau mata saya melek sepanjang malam gara-gara minum kopi =))

Saya memilih iced creamy chocolate, dan langsung masuk ke menu pembayaran. Saya memilih pembayaran menggunakan OVO karena ada cashback 30% dan kebetulan saldo cash saya di e-wallet itu masih cukup buat bayar kopi, haha. Di pembelian pertama, saya hanya membayar RP7.000,- hehe. Setelah menyelesaikan proses pembelian di aplikasi, saya datang ke fore coffee yang berjarak beberapa langkah dari store dunkin donuts stasiun gambir. Ketika sudah sampai di depan mas kasir, saya me-scan barcode pesanan saya dan saya tinggal menunggu pesanan. 


Urutan ketika mau beli
Sampai pembayaran di OVO

Store Fore Coffee ini mirip dengan coffee shop kekinian lainnya: terang benderang, desain modern, instagrammable, nyaman digunakan untuk ngobrol dengan teman, dan ada wifi gratisnya. Saya yang tadinya cuma mau duduk-duduk aja, akhirnya saya tergoda membuka laptop dan menulis tentang fore coffee ini sambil menikmati es cokelat yang saya terima kurang dari 5 menit setelah memindai barcode.



Rasa cokelatnya gimana?
Ini enak banget sih cokelatnya, memang beneran creamy, nyoklat banget, manisnya elegan. Bahkan sampai tetes terakhir cokelat (1 jam setelah tegukan pertama), cokelatnya masih kerasa banget. I just love how they crafted the chocolate drink.

Rasa Hot Latte Ala Fore Coffee
oya, sebelum saya pulang ke Bandung menggunakan kereta, saya memesan Hot Latte pesanan suami saya dengan menggunakan voucher free cup. And i paid zero rupiah back then. Meskipun Latte itu sudah dingin ketika sampai Bandung sekitar jam 2 pagi, suami saya bilang kalau rasanya tetap enak. Karena suami saya nggak habis meminum latte, karena keburu tidur pas sudah sampai rumah dan ada acara jam 6 pagi, saya lah yang menghabiskan latte itu sampai tetes terakhir. Saya sempat memanaskan latte tersebut menggunakan microwave, dan rasanya memang enak! Kopinya lembut banget waktu sampai di indra pengecep lidah saya. Saya rada heran juga, kenapa kopinya masih enak begini, haha.

kemasan take away fore coffee yang cute
kemasan hot latte
Kalau saya ke Jakarta lagi, kayaknya saya bakalan terus pesan kopi di Fore Coffee Stasiun Gambir, apalagi store Fore Coffee di Gambir ini buka 24 jam.

Buat yang mau ikutan dapat Free Coffee, cepet download aplikasi Fore Coffee di playstore atau appstore masing-masing. Jangan lupa masukkan kode referral saya: CFECB1.
Thank you!

You May Also Like

17 comments

  1. Thanks for reviewnya, sukses selalu..

    ReplyDelete
  2. Jadi ngilerrrr, saya pecinta cokelat mba, minuman cokelat lebih enak sih menurut saya ketimbang kopi.

    Meski saya juga sering minum kopi (sachet 😂😂😂)

    Asyik banget ya ini, pesan di aplikasi aja.
    Apalagi ada di mana2 ya.

    Dan yang kecenya, ada di statiun begini, kan bikin kita ga mati gaya kalau pas lagi nunggu gitu ya :)

    ReplyDelete
  3. wah teh maulah tapi jauh yah di gambir hahaa kalau udah dingin latenya masih enak berarti rasanya ga diragukan ya teh

    ReplyDelete
  4. Oh ini aplikasi ya? Kukira tadinya cafe khusus kopi..hihi.. Aku sih bukan pecinta kopi..kalau cokelat nah..itu baru OK deh..

    ReplyDelete
  5. Saya suka lihat sih Fore ini. Kayaknya memang banyak juga di beberapa stasiun. Udah download apps-nya. Tapi, belum pernah cobain beli. Padahal katanya enak. Kayaknya pas kebetulan lagi gak pengen ngopi hihihi. Nanti kalau keluar rumah lagi, saya cobain.

    ReplyDelete
  6. Waaahhh... jadi pengen juga nyobain fore cofee ini, lihat beberapa selebgram pada nyobain katanya enak.

    ReplyDelete
  7. Wah asik nih ada paket langganan yang akan bisa di gunakan saat kongkow menyelesaikan tulisan atau saat arisan emak emak gaul. Fore coffee memang diskon di nanti

    ReplyDelete
  8. Ini terobosan yg menarik banget ya Mbaaa
    Kapan2 aku mau coba experience buying fore coffee aahhh
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  9. Sbg pecinta kopi ala ala ulala. Aku seneng dg kehadiran fore coffe. Memudahkan dan tentu bikin kantong jd lbh nyaman. Alhmdulillah, smoga makin sukses deh fore coffe aamiin

    ReplyDelete
  10. Berarti Fire coffe itu kemasannya sudah siap saji kak? Brrti cuma bisa dibeli bgi yg domisili ada Fore Coffenya yah? Aq sih minat banget tp mngkin blum ada di sini

    ReplyDelete
  11. Aku suka kopi. Tapi ini belum ada di Jogja ya? Jadi pengin ngopi nih.

    ReplyDelete
  12. Wuih, canggih ya. Zaman aplikasi dan uang elektronik bikin beli kopi pun bisa online dan cashless. Jadi kepengen nyoba. :D

    ReplyDelete
  13. Serius aku baru tau loh kak ada aplikasi pemesanan kopi semacam ini, biasanya paling kalo ga sempet ke coffe shop ya pake layanan ojek online aja, hehehe

    ReplyDelete
  14. Saya bukan penikmat kopi sih jadi gak terlalu tahu perkembangan kopi di Indonesia. Tapi keren nih karena sudah ada applikasi khusus untuk membeli kopi specialty secara online seperti aplikasi fore coffee ini.

    ReplyDelete
  15. wow mantap banget sekarang beli kopi juga bisa online hehe semoga layanan ini bisa menjangkau daerah lain di Indonesia ya

    ReplyDelete
  16. wahhh penyuka kopi wajib coba nih, mana murah pula harganya :)

    ReplyDelete
  17. Dan ternyata bukan cuman penggemar kopi saja yaa, yang gak suka kopi bisa pesan cokelat. Wahhh saya jadi tertarik pengen nyobain juga, sayangnya di kotaku belum ada :(

    ReplyDelete

InsyaAllah saya selalu berkunjung ke blog para pengunjung yang sudah meninggalkan komentar di blog saya. Tapi tolong jangan sebar link hidup di komentar ya karena auto click spam ^^

Follow me on Instagram: @susiencuss_