[Review] Hotel Hong, Hotel Budget Terbaik Di Melaka

22 komentar
Akhirnya saya tergerak untuk menulis review tentang Hotel Hong, hotel budget alias hotel murah terbaik di Melaka yang totally worth your money. Saya dan suami beserta 4 orang lain menginap di Hotel Hong selama dua hari dua malam. Selama itu pula kami keliling Melaka seperti yang sudah saya ceritakan di tulisan-tulisan saya sebelumnya.
 

Baca dulu di sini ya
Seharian keliling Melaka, bisa kemana aja?
Mural terkenal sampai kuliner halal di Jonker Street


Kami memilih Hotel Hong setelah melakukan riset kecil di salah satu aplikasi pemesanan hotel dan tiket dan menemukan fakta bahwa Hotel Hong mendapatkan rating 9,1 dari 10 dengan harga murah dan lokasi strategis.


Rating 9,1 bukan sesuatu yang biasa, di kolom review juga banyak sekali yang mengatakan bahwa Hotel Hong akan selalu jadi tempat favorit untuk menginap.
Hotel Hong terletak di No.7-B, Jalan Masjid, Kampung Dua, 75300 Melaka, Malaysia. Harga kamar yang kami dapatkan waktu itu adalah sekitar Rp250rb/kamar/malam. 



Dulu saya dan suami juga pernah jalan-jalan di Melaka, dan waktu itu kami memesan hotel dengan harga Rp300rb/malam
 

Check In Dan Lobi Hotel
Bangunan Hotel Hong adalah ruko 4 lantai di pinggir jalan raya. Kita akan langsung disambut dengan lobi sederhana begitu masuk ke hotel yang dinding bagian luarnya dicat berwarna merah. Saat itu kami check in di hotel hampir jam 12 malam dan disambut dengan senyum oleh resepsionis yang stand by 24 jam. Setelah membayar pajak turis sesuai peraturan pemerintah Malaysia, petugas memberikan kunci kamar dan kami langsung masuk ke kamar masing-masing. 




Fasilitas Kamar 
Main Features

Kamar kami semua terletak di lantai 2, jadi kami naik tangga satu kali saja dari lobi. Dengan kamar tipe twin double, kami mendapatkan fasilitas berupa 2 tempat tidur berukuran single yang dipisahkan dengan meja kecil. Kamar hotel ini berdinding dengan cat putih bersih. Seperti kamar hotel lainnya, kamar mandi terletak di daun pintu ketika kita masuk ke kamar. 


kamar dengan pemandangan pepohonan

Tepat di depan ranjang, terpasang TV Layar datar berukuran cukup lebar dan meja berukuran cukup lebar yang dapat kami gunakan untuk menyimpan barang. Di salah satu dinding kamar, ada jendela berukuran cukup lebar yang memberikan nuansa damai di pagi hari saat tirainya kami buka. Kenapa? Karena di samping Hotel Hong ini adalah tanah kosong yang digunakan sebagai lahan parkir dan ada pohon besar yang sangat rindang dan penuh dengan aneka macam burung yang mengeluarkan suara-suara unik. Saya nggak tau ya di hotel ini ada hantunya atau gimana. Yang jelas saya dan suami tidur dengan sangat nyaman. Kalau kalian nggak punya rasa parno sama makhluk supranatural dan bepergian bersama (at least) sama teman atau suami, maka hotel ini sangat nyaman dikunjungi, hehe.
 

Kamar Mandi
Hotel menyediakan 2 handuk putih dan perlatan mandi standar: sabun, shampoo, dan sikat gigi. Aliran air di shower sangat kencang dan tidak ada masalah saat akan menggunakan air hangat. Di dalam kamar mandi juga ada cermin dan wastafel kecil. Nyaman dan bersih.




gantungan kecil yang bermanfaat utk menjemur pakaian, hehe

Fasilitas Hotel dan di sekitarnya
Di lorong menuju kamar, hotel menyediakan air minum gratis yang diletakkan di dispenser yang bisa mengeluarkan air panas, normal, dan super dingin. Asik banget buat backpackeran yang bahkan terlalu sayang untuk mengeluarkan uang buat beli air minum :v.


Di pagi hari, Hotel Hong memberikan snack lokal secara gratis yang disediakan di meja resepsionis. Hal ini tentu saja bikin kita girang karena bisa hemat saat sarapan. Tapi kami tetep beli sarapan sih biar tetap kuat menjalani hari yang panjang, hahaha :D. 


Hal lain yang bikin saya suka adalah hotel ini dekat sekali dengan Masjid Kampung Dua (seperti di nama jalan, tempat hotel ini berada), benar-benar tinggal jalan kaki kurang dari satu menit kita udah sampai di depan masjidnya. Suami saya sudah pernah shalat berjamaah di masjid ini dua kali, dua-duanya saat shalat subuh. Kata suami, shalat dua rakaat di masjid itu sangat lama.. sekitar 15 menit. Tapi dia nggak kapok shalat di sana, haha. 


tenda putih itu adalah area masjid

Hotel ini juga memiliki fasilitas antar jemput ke Terminal Bus Melaka Sentral. Kita tinggal ngasih catatan saat booking di aplikasi dan kirim pesan via page-nya di facebook. Owner/admin Hotel Hong pasti akan merespon pesan kita dan akan memberikan nomor kontaknya agar komunikasi lebih mudah saat sudah sampai di Melaka nanti. 


Link Hotel Hong Di Facebook

hotel hong dari depan dan mobil putih utk antar jemput

Hotel ini juga sangat dekat dengan JONKER STREET, salah satu tujuan utama kalau berkunjung ke Melaka. Definisi dekat ini adalah kita cuma butuh jalan kaki kurang dari lima menit dan kita sudah sampai di Jonker Street Night Market yang terkenal itu. Trust me!

di ujung jalan sana, belok kiri dan jalan kaki nggak sampai 2 menit, kita udah sampai jonker street
Kesimpulan dan Rekomendasi
Hotel dengan room rate 250rb/malam (bahkan bisa kurang dari Rp210.000, tergantung kita pesan malam apa) dengan segala fasilitasnya ini sangat memuaskan saya dan rombongan yang saya bawa. Hotel dengan harga yang lebih mahal tentu saja sangat banyak, tapi untuk golongan backpacker yang haus akan hal-hal murah dan fasilitas lengkap, Hotel Hong menjadi solusi agar perjalanan backpacker kami tetap ramah di kantong. 

Fyi, jika someday kami berkesempatan main ke Melaka, kami insyaAllah bakalan nginep di sini lagi.
susie ncuss
a Devoted Wife who is addicted to Traveling, Halal Food, and Good Movies.
Contact
Email: emailnyancuss@gmail.com
Click http://bit.ly/travelndate to chat me via whatsapp

Related Posts

22 komentar

  1. ini nih paporit akuuu, traveling on budget tapi tetap nyaman ya mbaaa
    aku catet ah, siapa tau bisa cuss ke Melaka jugak
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  2. Wah..patut dicatat nih, tpakbya kubutuhkan jika suatu saat akan backpacker-an ke Melaka..

    BalasHapus
  3. Hotel yang sederhana namun nyaman untuk menginap, ya. Dekat tempat strategis lagi

    BalasHapus
  4. Dicatat rekomendasi hotelnya ini, kak. Sapa tau ada kesempatan juga main ke Malaka.
    Shalat Subuh berjama'ah di masjid tempat wisata, sangat keren sekali. Salut.

    BalasHapus
  5. Termasuk murah ya, mbak. Semalam 250rb.
    Harga segitu sudah termasuk sarapan kah?

    BalasHapus
  6. mba kalo untuk bayi atau balita tetap nyaman ngga ya suasana dan fasilitas kamarnya? harganya sangat terjangkau ya.

    BalasHapus
  7. Hahaha sama nih Mba. Aku kalo mo nyari hotel pasti ngeriset kecil2an dulu. Akhirnya nemu yang murah tapi bagus. Kayak Hong Hotel ini, lumayan murah ya, tapi tempatnya bagus

    BalasHapus
  8. Kaya di pedesaan gitu ya hotelnya, tapi enak kelihatannya sejuk gitu di sekitarnya ya

    BalasHapus
  9. Murah banget mak hotelnya, jadi referensi nih buat aku. Memang lebih baik searching hotel lihat feedback dari orang-orang yang pernah nginap ya jadi kita udah punya gambaran mau hotel yang mana.

    BalasHapus
  10. Wah kalau hotelnya deket masjid, itu jadi daya tarik sendiri bagi Dewi untuk berlibut ke sana. Makasih ulasannya mba Ncuss😊

    BalasHapus
  11. Wah lengkap banget ini review hotelnya. Makasih ya informasinya bisa jadi refer3nsi tersendiri

    BalasHapus
  12. liat semua fasilitas yang diberikan hotel hong sih menurutku worth it banget lah, makasih infonya ya kak, jadi aku ga bingung lagi pilih hotel kalo mau main ke sana nanti

    BalasHapus
  13. Ke Malaysia beberapa kali tapi belum ke Melaka, masih seputaran KL aja nih mbak, pengen juga eksplore Malaysia lebih luas.. ini hotelnya cukup lah ya buat menginap di Melaka nanti

    BalasHapus
  14. Bagus juga kok hotelnya. Lagipula buat apa mewah2 disana? Kebutuhannya cuma buat tidur & mandi. Seharian jalan mulu.

    BalasHapus
  15. Lama-lama hapal yaa..daerah Malaka.
    Keren teh..

    Hotel yang begini niih...cocok buat traveller.

    BalasHapus
  16. Wow! Lumayan ya Mbak, apalagi dekat masjid dan fasilitas lain. Jadi makin pengen ke Melaka nih

    BalasHapus
  17. Terima kasih infonyanya mbak, noted hotel Hong. Kalau 250 rb permalam kyknya masih ramah kantong sih ya apalagi lokasinya strategis. Wah ada masjid deket sana ya. Asyik ya bisa sholat jamaah😁
    Makasih reviewnya mbak

    BalasHapus
  18. Lumayan banyaaak ya mba pilihan hotel yang oke yapi tidak terlalu mahal yaa mba

    BalasHapus
  19. Jd inget waktukalau saya ke Melaka ga ada biaya penginapan sama sekali karena nebeng di rumah orang..hahaha..

    BalasHapus
  20. Waaah Carey. Bisa nih jadi referensi kalo kapan2 ke Melaka. Aku suka Ama deskripsi tentang suara burung2 itu. Berasa damai aja..

    BalasHapus
  21. Thanks informasinya ya mba. Semoga kapan-kapan ada kesempatan ngebolang sampe ke Melaka. Untuk menghemat budget, rekomendasi Hotel Hong ini tentu akan masuk pertimbangan. ;)

    BalasHapus
  22. wah pas banget nih mmg ada rencana ke melaka dl mwaktu dekat

    BalasHapus

Posting Komentar