Kuliah Di Luar Negeri Sambil Jalan-Jalan, Apa Aja Tipsnya?

by - 12:30 PM



Saya kadang-kadang sedikit merasa iri dengan orang-orang yang bisa kuliah di luar negeri karena mereka nggak hanya bisa belajar tapi juga bisa jalan-jalan di tempat yang benar-benar baru.  Mohon maaf, saya kan orangnya memang doyan traveling, jadi kalau bisa kuliah sambil jalan-jalan di luar negeri… kenapa nggak? :D

Negara yang saya ingin datangi kalau punya kesempatan buat belajar di masa depan adalah Inggris! Kenapa coba? Karena selain bisa belajar, saya juga bisa ziarah "ziarah" ke tempat-tempat "bersejarah" dalam proses pembuatan film Harry Potter. Maklum, begini-begini saya masih potterhead. haha.

Ngomongin kuliah ke luar negeri dan Inggris, saya pribadi jadi teringat dengan salah satu selebriti Indonesia yang sempat viral dan memicu kehebohan di media sosial.

Masih ingat nggak dengan episode Mata Najwa yang viral beberapa waktu yang lalu?
Itu lho waktu bintang tamu Mata Najwa di episode itu Maudy Ayunda. Sebagian besar netizen negara +62 benar-benar nggak bisa relate dengan Najwa Shihab dan Maudy Ayunda yang mengaku suka banget belajar dan ujian. Termasuk saya! Hahaha.

Cantik, berbakat, dan cerdas kayaknya ngumpul semua ya di satu sosok Maudy Ayunda yang aktif di dunia hiburan sebagai penyanyi beraliran POP. Saya pribadi tau sedikit soal karirnya sebagai penyanyi karena pernah mendengarkan lagunya di salah satu aplikasi pemutar lagu online. Latar belakang pendidikan Maudy ternyata sangat mengagumkan yaitu meraih gelar sarjana di Oxford University yang terletak di Inggris. Setelah itu Maudy melanjutkan pendidikan S2 di Standford University, Amerika Serikat.

Nah, drama sekolah pasca sarjana Maudy ini juga pernah viral di jagat media sosial. Saya sampai sekarang masih ingat bahwa Maudy sempat bingung memilih antara Harvard dan Stanford karena dua-duanya menerima Maudy sebagai calon mahasiswa. Lagi-lagi netizen negara tercinta nggak bisa relate dengan fakta indah yang terjadi di hidup Maudy, haha. Ya gimana ya… Harvard, Stanford dan Oxford ini kan termasuk universitas ternama di dunia.

Maudy dan Stanford

Setelah kepo dengan gimana caranya Maudy bisa diterima di 3 universitas terkemuka di dunia, ternyata tips-tips belajarnya bisa dilakukan oleh siapapun! Tidak hanya itu, tips ini juga bisa mewujudkan impian mendapatkan beasiswa kuliah luar negeri. Bonusnya? Bisa jalan-jalan gratis selama kuliah di sana. Asyik, kan?

Tips Belajar Ala Maudy Ayunda
1. Membaca Buku
Di dalam sebuah interview, Maudy pernah mengungkapkan bahwa sejak kecil ia sudah dibiasakan untuk membaca buku oleh kedua orang tuanya, dan kebiasaan tersebut masih diterapkan hingga saat ini. Sebagian kamar pribadinya didominasi oleh buku. Maudy juga menjadikan perpustakan sebagai rumah keduanya, bahkan ketika ia masih menjadi mahasiswa di Oxford.

Buat kamu yang saat ini masih SMA atau kuliah dan berjuang untuk mencari beasiswa, yuk mulai sering mengunjungi perpustakaan dan banyak membaca buku. Buat beberapa orang memulai membaca buku adalah hal yang sulit. Karena itu, kita bisa memulainya dengan membaca hal-hal ringan dan sederhana misalnya komik, cerita pendek, fiksi ilmiah, ensiklopedia atau hal lain yang menarik minat kita membaca. Dari situ insyaAllah hobi membaca akan tumbuh dengan sendirinya.

Kalau saya sendiri, dari dulu saya suka sekali membaca Majalah Bobo dan potongan-potongan koran yang menjadi bungkus makanan yang ibu saya beli. Sampai sekarang kebiasaan membaca buku itu masih melekat dan tidak bisa hilang :D

2. Fokus pada Kekurangan
Tidak seperti rumor di luar sana, ternyata Maudy juga punya kekurangan lho… Di dalam sebuah wawancara, Maudy juga sempat mengungkapkan bahwa ketika ia tengah belajar atau membaca buku, ia selalu fokus pada kesalahan atau bagian-bagian yang tidak ia mengerti. Sama halnya ketika mendapatkan PR ketika masa sekolah, Maudy selalu fokus pada pertanyaan yang ternyata dijawab salah dan mencoba untuk mencari jawaban yang benar.

Tips ini benar sekaliii... Dulu waktu saya masih SMA dan ingin mendaftar SNMPTN ke salah satu universitas bergengsi di Indonesia, saya hanya fokus pada berlatih soal-soal dari berbagai macam kumpulan soal ujian sejak 5 tahun yang lalu. Saya juga berlatih lebih keras untuk materi yang saya tidak pahami. Hasilnya, saya bisa masuk ke universitas yang saya tuju tanpa mengikuti bimbingan belajar sedikitpun.

3. Mengerti dan Pahami
Tips utama belajar ialah mengerti dan memahami materi yang diajarkan. Ketika guru atau dosen menjelaskan di dalam kelas, Maudy tidak langsung mencatat begitu saja tapi mencoba untuk mengerti dan pahami. Setelah itu, ia mencatat sesuai dengan pemahaman yang dimiliki. Menurut Maudy, cara tersebut cukup efektif untuk membuat materi pembelajaran lebih cepat masuk ke dalam otak.

sebuah quote

Gimana? Mudah kan tips belajarnya? InsyaAllah semua orang bisa melakukan 3 tips di atas. Yang penting untuk diingat adalah 3 proses tadi harus dilakukan secara kontinyu dan istiqomah. Nah, belajar ada tips dan trik jitunya, begitu juga untuk mendapatkan beasiswa lho. Jangan sampai nanti pilihan universitas kita memberatkan keuangan keluarga. Karena itu mencari beasiswa adalah solusi paling oke untuk meringankan beban keluarga sekaligus membuat mereka bangga. Baca informasi lengkapnya di https://www.cekaja.com/info/3-cara-mendapatkan-beasiswa-kuliah/ ya...

You May Also Like

27 comments

  1. Beda ya ama dunia kerja, kalau dunia kerja fokus di kelebihan.
    Biar kelebihan bisa menutupi kekurangan.

    Kalau dunia sekolah emang mengharuskan kita harus bisa semuanya. Jadinya bahkan hal yang jadi kekurangan kita kudu kita lawan :)

    ReplyDelete
  2. Maudy adalh salah satu artis yg menginspirasi ya. Banyak hal positif de seorang maudy ayunda. Jd bolehlah ngikutin tips belajar yg dikau paparkan mbk, kali aja bisa mengikuti jejak maudy yg bs sekolah keluar negeri

    ReplyDelete
  3. Aku waktu belajar di Melbourne juga semangaaat jalan - jalan mbaaa dan Alhamdulillaaaah lancar juga studinya

    ReplyDelete
  4. Ade sepupu ku mulai banyak yang ingin kuliah di LN. Jadi mereka lagi mencari2 beasiswa untuk bisa kuliah di sana. Aku rekomendasiin baca ini untuk mereka deh :)

    ReplyDelete
  5. Tips nya mudah..pelaksanaannya yg susah.. hehe.. Eh nggak kok, tips nya ok banget dan upaya pelaksanaannya harus benar2 digarisbawahi agar sukses seperti Maudy

    ReplyDelete
  6. Tipsnya memang mudha, Mbak. Tantangannya ada pada konsisten atau enggak. Nah itu apalagi kalau udha gak fokus :D

    ReplyDelete
  7. Maudy Ayunda memang paket komplit banget ya.
    Membaca dan memahami apa yang dipelajari memang paling ampuh dibanding menghapalkan tapi ga mudeng ya.
    Semoga banyak anak2 yg mengikuti jejak Maudy.

    ReplyDelete
  8. Aku baru tau loh kalau Maudy aktris muda berbakat ternyata sedari kecil udah cinta baca buku, patut di contoh nih

    Btw udh lama banget pengen keluar negeri

    ReplyDelete
  9. mengerti dan memahami apa yang dipelajari, benar sekali dan saya suka ini. Soalnya, kadang banyak lupa memahami makna apa yang sedang dibaca/dipelajari

    ReplyDelete
  10. Mau di bidang apapun tantangannya di istiqomah ya. Nggak belajar, nggak ngeblog. Kalau nggak istiqomah bisa bubar. Makasih sharingnya mbak.

    ReplyDelete
  11. Aku tuh kalo liat Maudy Ayunda tuh kok kaya paket lengkap banget ya, hehehe, itu waktu kecil dikasih makan apa coba ama mamanya ya... Bismillah, insya Allah anak anak kita pun bisa kaya gitu ya kak

    ReplyDelete
  12. Selalu takjub dengan kepintaran seseorang. Maudy memang top, pintar segalanya. Cantik, suaranya bagus kuliah di universitas LN ternama pula pasti bikin takjub mata memandang. Seperti kisah Emil Dardak dan Arumi Bachsin, yang ternyata keduanya juga termasuk orang pandai....duh bikin saya takjub..... terimakasih sharing informasinya mbak.

    ReplyDelete
  13. Maudy seorang artis yang saya favoritkan. Semoga kelak kita bisa kuliah diluar negeri ya mbak:)

    ReplyDelete
  14. Terimakasih tipsnya Mbak...
    Meski sudah tidak muda, tinggal di pedesaan yang akses jauh, tapi dalam diri ini motivasi dan keinginan belajar tetap ada. Semoga saja masih ada jalan hehehe.
    Kalau sudah memahami sebagian tipe belajar dan informasi kuliah seperti jnj kan bisa lebih mudah ya

    ReplyDelete
  15. Saya senang baca 3 tips di atas, semoga bisa ajarkan anak untuk itu meski sekarang buku kalah pengaruh dengan gawai. Soalnya fase saya bisa sampai sekarang juga karena belajar, banyak baca, dan mencoba tahu pada sesuiatu yang sulit dipahami dalam pelajaran.
    Akan saya katakan pada Palung agar mau menerapkan 3 hal itu jika ingin sukses, berharap dia bisa beroleh beasiswa juga, aamiin.

    ReplyDelete
  16. Anakku yg studi di luar negeri juga enjoy kuliah di sana plus nya banyak pengalaman hidup nya bs jalan2 ke negara lain jg . Minusnya banyak yg ga mau plg..liat kondisi Indonesia hahaha .jd ada pembanding sih..

    ReplyDelete
  17. Wah iya banget, Maudy itu pasti bikin ngiri siapa aja ya. Aku aja yang usia segini ngiri banget. Kalo masih muda, atau masih single, aku kayaknya bakalan jor-joran nyari dan berusaha buat kuliah di luar negeri. impianku banget. Tapi ya, garis nasib berkata lain. Enjoy aja :D

    ReplyDelete
  18. Ya Allah ada maudy ayunda duh artis idolaku banget nih pinter dan ga banyak sensasi.

    ReplyDelete
  19. Keren nih Maudy Ayunda, udahlah cantik, berbakat, dikaruniai otak cemerlang pula sampai diterima di 3 universitas terbaik dunia yang :)

    ReplyDelete
  20. Saya juga senang membaca buku mbak, dari dulu pengen banget kuliah di luar negeri mbak. Cuma belum ada kesempatan dan jadinya harus nunggu dulu hehe

    ReplyDelete
  21. Aku lagi provokasi anakku yang bungsu agar nyari beasiswa di luar negeri, mumpung masih semester 3. Banyak banget ya manfaatnya

    ReplyDelete
  22. Ya Allah kepengen juga ih dapet beasiswa belajar lagi dan bisa kuliah di luar negeri. Bisa selain belajaar juga jalan jalan ya Mba. Jadi ingat sama Maudy yang lagi belajar di sana. Dia keren banget figur positif yang patut ditiru.

    ReplyDelete
  23. Dulu pengin banget...sekolah di Luar negeri. Apalagi ada program double degree.
    Tapi kedua orangtuaku sepertinya gak siap kalau harus merelakan anak perempuannya satu-satunya ini jauh.

    Jadi sampai sekarang masih simpen email dari salah satu universitas di Jepang yang pernah jadi impianku.
    Uhhuk~

    ReplyDelete
  24. Tipsnya keren. Mau aku referensiin ah tulisan ini ke anakku. Dia lagi bercita-cita bisa kuliah di luar negeri juga nih.

    ReplyDelete
  25. duh impian banget bisa kuliah, bekerja sambil jalan2 di luar negeri atau bahkan jalan-jalannya ini bagian dari pekerjaan juga bakalan happy banget pastinya ya.

    ReplyDelete
  26. Keren banget ya Maudy bisa diterima di 3 universitas terkemuka di dunia. Cara belajarnya juga sederhana banget, yah miriplah dengan saya dulu haha. Cumaaa penguasaa bahasa asing itu kali yang penting banget. Aku dulu suka bahasa Inggris, tapi ga belajar sungguh sungguh, jadi kemampuan bahasa Inggris ya cetek banget. Sekarnag kudu baca baca jurnal internasional beneran kudu pelan pelan karena pemahaman bahasaku yang kurang.

    ReplyDelete
  27. Cantik pintar dan mau belajar keren banget mba maudy, tapi kita juga bisa kok seperti mba maudy jiika mau belajar. Dan emang banyak membaca itu sebuah jendela dimana kita bisa tau dunia lebih banyak. Btw mba follback blog ku ya hehe

    ReplyDelete

InsyaAllah saya selalu berkunjung ke blog para pengunjung yang sudah meninggalkan komentar di blog saya. Tapi tolong jangan sebar link hidup di komentar ya karena auto click spam ^^

Follow me on Instagram: @susiencuss_