Masalah Jamaah Umroh & Haji: Tambah Nama Di Paspor 40 menit saja di Kantor Imigrasi!

by - 5:02 PM


Salah satu masalah klasik sebagian orang Indonesia saat mau melaksanakan ibadah umroh atau haji adalah nama cuma 1 kata saja. Sedangkan untuk mendapatkan visa Umroh, nama kita harus 3 kata. Mau gak mau kita harus menambah nama sesuai dengan prosedur yang disediakan. Tambahan nama berasal dari nama ayah dan nama kakek. Tapi kata travel, kalau di awal sudah punya paspor dan nama yang dimiliki sudah ada 2 kata, misalnya Fulanah Wati. Maka tidak perlu nambah nama di kantor imigrasi.

Ini adalah prosedur yang saya lalui untuk nambah nama di paspor:

  1. Meminta surat rekomendasi dari travel umroh
  2. Meminta surat rekomendasi dari Kemenag sesuai dengan KTP (saya tinggal di Kabupaten Bandung Barat)
  3. Mengajukan penambahan nama melalui Kantor Imigrasi

Mari kita bahas satu-satu.

Surat Rekomendasi Dari Travel Umroh
Setelah membayar biaya umroh, kita tinggal meminta surat rekomendasi untuk menambah nama ke travel umroh yang kita gunakan. Semua travel umroh insyaAllah sudah biasa menangani hal ini.
Dokumen yang harus kita dapatkan dari travel umroh adalah

  1. Kuitansi pembayaran umroh
  2. Surat permohonan rekomendasi penambahan nama yang ditujukan kepada Kantor Kementerian Agama yang dituju
  3. Manifest: dokumen yang menunjukkan daftar nama calon jamaah umroh/haji lengkap dengan nama pesawat, nama hotel yang akan digunakan dan tanggal berangkat dan pulang.
  4. Fotokopi SK Izin Operasional PPIU/PIHK yang masih berlaku

Step ini insyaAllah gampang, tinggal call travel dan semua dokumen akan disiapkan oleh mereka. Waktu itu saya cuma kirim KTP dan KTP (difoto aja) ke travel umroh untuk kelengkapan data.

Surat Rekomendasi dari Kemenag Bandung Barat, Jawa Barat
Kemenag Bandung Barat terletak di Jl. Letkol. GA Manulang, Jayamekar, Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40553 nomor telepon (022) 6804455

Di Kemenag ada bagian khusus yang menghandle Umroh dan Haji. Kalau di Kemenag Bandung Barat, letaknya pas di sebelah kanan dari gerbang masuk. Saya langsung masuk dan diminta ke bagian khusus ngurusin surat rekomendasi gitu. Ya udah ya langsung aja saya kasih dokumennya ke si bapak yang jadi petugas. Saya waktu itu tinggal diminta buat ngisi form permohonan dan dikasih materai 6000. Waktu itu saya harus nunggu lama di Kemenag Bandung Barat karena katanya orang yang harus tanda tangan surat rekomendasi masih rapat dan saat pukul 13.40 WIB bapaknya masih istirahat abis rapat :v.
penampakansurat rekomendasi dari kemenag
Penambahan nama melalui Kantor Imigrasi
Ini adalah proses yang bisa jadi lama banget prosesnya. Sedangkan pengurusan penambahan nama di kantor imigrasi hanya dapat diproses maksimal jam 2 siang. Setelah mengalami sendiri, saya tau triknya agar kita nggak ngabisin waktu lama di kantor imigrasi. 

Kalau mau ngejar semua proses dikerjakan di pagi hari. Kamu harus sudah standby di kantor imigrasi jam 7 pagi untuk mendapatkan nomor antrian di dekat pintu masuk. Saya nggak bisa jamin juga sih bakalan dapet nomor kecil (1-20an) karena kantor imigrasi selalu penuhhhh setiap hari!

Karena itulah saya lebih merekomendasikan agar teman-teman ngurus penambahan nama di kantor imigrasi di siang hari yaitu setelah waktu istirahat. Saat itu saya berangkat dari kantor jam setengah 1 siang dan sampai di imigrasi sekitar 12.55 WIB. Saya langsung daftar aja dan saya dapat nomor antrian 26. Saya rada waswas apakah saya bisa ngurus penambahan nama ini on time mengingat cuma ada waktu 1 jam.

Dengan harap-harap cemas, saya akhirnya mendapatkan panggilan pukul 13.36 WIB!
Dokumen yang saya serahkan adalah

  1. Paspor asli
  2. Fotokopi paspor di kertas A4 (jangan dipotong)
  3. Fotokopi KTP di kertas A4 (jangan dipotong)
  4. Surat rekomendasi kemenag asli
  5. Fotokopi SK Izin Operasional PPIU/PIHK yang masih berlaku
  6. Surat rekomendasi dari travel umroh
  7. Formulir dari kantor imigrasi yang harus diisi saat itu juga
  8. Dokumen permohonan penambahan nama dari kantor imigrasi yang diisi saat itu juga dan dilengkapi dengan materai 6000
surat permohonan tambah nama di kantor imigrasi
setelah disimpan di map dari kantor imigrasi

Alhamdulillah, karena dokumen udah lengkap. Saya langsung diberikan resi untuk mengambil paspor yang sudah selesai ditambahkan keterangan penambahan nama. Dokumen yang udah dicap oleh petugas di meja pertama diminta utk diserahkan di salah satu konter (dikasih tau sama petugasnya). Alhamdulillah, sekitar 40 menit semua proses di kantor imigrasi udah selesai.

Saya tinggal ngambil paspor yang udah dikasih keterangan nama tambahan dalam waktu 4 hari kerja. Pengambilan paspor ini pun bisa diwakili oleh keluarga yang masih satu KK (Kartu Keluarga) dengan nama kita. Tinggal bawa KK Asli ke kantor imigrasi saat mau ngambil paspornya.

Semoga bermanfaat.

Your travel buddy
Susie Ncuss

You May Also Like

0 comments

InsyaAllah saya selalu berkunjung ke blog para pengunjung yang sudah meninggalkan komentar di blog saya. Tapi tolong jangan sebar link hidup di komentar ya karena auto click spam ^^

Follow me on Instagram: @susiencuss_