Belajar Terus Bersama Kelas Growthing

39 komentar

Kelas Growthing yang resmi dimulai di awal September 2020 ini adalah yang memaksa saya untuk terus belajar dan berbenah diri. Di kelas inilah saya diingatkan kembali alasan menulis blog yang harusnya menjadi hal utama saat saya menjaga konsistensi blogging saya selama ini.

Misi Menulis Dan Kewajiban Seorang Muslim

Alasan menulis atau bahasa kerennya misi menulis saya cuma ada 3 yaitu mengikat ilmu, bermanfaat bagi orang lain, dan menjadi abadi. Di sisi lain, saya harusnya terus belajar karena sebagai muslim, saya disunnahkan untuk terus menuntut ilmu sampai ajal menjemput.

Jadi Blogger Harus Mau Belajar

Selama ini saya lebih fokus belajar yang berhubungan dengan pekerjaan saya di kantor. Dan blog ternyata bagi saya masih menjadi "sekadar". Padahal seharusnya saya mempelajari semua hal tentang blog agar misi menulis saya bisa tercapai, termasuk tentang SEO, baik on page maupun off page, Google Analytics, dan lainnya. 

Jadi alasan apapun yang kamu punya saat menulis di blog (atau bahkan melakukan apapun), maka please stay true to yourself. Tulus dalam menulis blog berarti juga harus ikhlas untuk terus mempelajari ilmu perbloggingan yang selalu dinamis. Nggak ada ceritanya tuh jadi blogger tapi cuek dan jadi golongan yang menolak belajar SEO dan kawan-kawannya.

Apakah mudah? Tentu tidak. Apalagi buat saya yang clueless dan cupu soal blogging. Seperti yang pernah saya tulis sebelumnya, dulu saya cuma nulis-tambah foto-klik terbitkan. I know almost nothing about SEO and stuff.

Karena itulah saya butuh sebuah situasi di mana saya dipaksa untuk belajar. Tapi di sisi lain saya juga mendapatkan arahan apa yang harus dipelajari, apa yang harus dilakukan, apa yang salah, mana yang perlu diperbaiki, dan orang-orang yang bisa saling support saat kepala hampir pecah karena nggak paham harus bagaimana.

Dan saya mendapatkan itu semua di kelas online yang keren ini, yaitu

Kelas Growth Blogger Dari Growthing.id

Saya dan puluhan blogger lain yang ikut kelas ini karena lulus dari seleksi yang (konon) sangat ketat. Di awal kelas, kami semua mendapatkan materi keren dari mbak Monica Anggen. Lalu kami 'dipaksa' agar mendapatkan 20 komentar di tugas artikel kami agar tidak ditendang dari grup. Buat saya, ini adalah hal menantang karena saya dulu jarang sekali share url tulisan saya ke orang-orang. Ego saya sedikit terusik juga sih di tugas ini, haha.

Dipaksa belajar di Kelas Growthing

Tugas kedua, saya harus mantengin Google Analytics blog. Di sini saya akhirnya tau data berharga yang bisa digunakan untuk mengembangkan blog saya. Tentu agar saya bisa semakin bermanfaat untuk orang lain dengan tulisan-tulisan saya.

Lalu saya juga mendapatkan informasi aib-aib di blog saya yang harus diperbaiki. Tidak kurang dari 400 kesalahan yang ada di blog saya yang domainnya baru belum berumur 2 tahun itu, haha. 

Saya kaget tapi sekaligus senang karena info tersebut adalah yang saya butuhkan. Seperti obat, pahit tapi harus ditelan dan dicerna agar bisa menyembuhkan penyakit.

Tugas ketiga dan sampai sekarang pun sama. Semuanya membuat saya harus mau belajar dan harus mau menyediakan waktu untuk mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. Akibatnya saya jadi terus belajar bareng teman-teman satu kelas.

Perkenalkan teman-teman saya di Kelas Growthing ini

Teh Shanty, Mom Blogger Dari Bandung

Saya pertama kali kenal Teh Shanty karena satu grup bareng Blogger Bandung. Saya respect banget ke Teh Shanty ini karena beliau adalah arsitek tapi rela berhenti dari karir profesionalnya sejak menikah di tahun 1996.  Setelah itu Teh Shanty menghabiskan waktu untuk membesarkan 2 anaknya.

Teh shanty teman sekelas di Kelas Growthing

Teh Shanty memulai karir menulis sejak tahun 2014 ketika mengikuti pelatihan di Akademi Menulis 5 Menara. Yang belum tau, akademi ini didirikan oleh Ahmad Fuadi, penulis buku best seller Negeri 5 Menara. Teh Shanty juga pernah menerbitkan buku ontologi bersama teman-teman komunitasnya yaitu Ramadan Undercover, AM5M di tahun 2014 di bawah bimbingin Ahmad Fuadi dan 33 Kisah Me Time, Perjalanan Ibu Bahagia di tahun 2017.

Jadi tentu saja kualitas tulisan teteh ini sangat keren. Waktu tugas menulis On Page SEO, tulisan teh Shanty adalah salah satu yang berhasil masuk ke halaman Google saat di-search dengan keyword "Belajar SEO". Tulisan saya? Entah ada di halaman berapa, haha.

Fatimah Aqila, Blogger Muda Dari Banjarmasin

Fatimah adalah teman di Kelas Growth Blogger yang terbilang muda, setidaknya dibandingkan dengan saya, LOL. Lahir di tahun 1996, merupakan mahasiswi angkatan 2017 di Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Di blognya, fatima aktif menulis tentang review film, tutorial kece, dan tidak lupa review tentang skin care yang penting buat sesama perempuan.

Fatimah Aqila

Kesamaan saya dengan fatima adalah kita suka traveling. Jadi nggak heran kalau kita sama-sama suka nulis tentang pengalaman perjalanan di blog kita masing-masing. SAya salut deh dengan fatima yang punya banyak achievement, salah satunya jadi finalis Wonderful South Borneo Blog Contest 2015. Keren!

Untuk jadi blogger keren seperti dua teman saya ini, bisa banget lho ikutan Kelas Growth Premium. Di kelas ini kita bisa dapat bonus DA 30++ dan DR 50++. Duh, pingin juga sih ikutan kelas ini, semoga ada rezekinya nanti.

Kelas Growth Blogger Premium


susie ncuss
a Devoted Wife who is addicted to Traveling, Halal Food, and Good Movies.
Contact
Email: emailnyancuss@gmail.com
Click http://bit.ly/travelndate to chat me via whatsapp

Related Posts

39 komentar

  1. Waah, seru yaa nambah ilmu tentang blogger dan nambah pertemanan juga. Kelas nya khusus yang sudah punya blog atau bisa ikut juga yang belum ngerti sama sekali ?

    BalasHapus
  2. Semoga para narablog ini terus mewarnai khazanan dunia perblogan. hehe..

    BalasHapus
  3. Semangat terus belajar kak, kesempatan tidak datang 2 kali ya kak , selagi ada kesempatan belajar , kalau bayar 500K itu ya kakmayan ya kak. Semangat nanti ajarin aku ya

    BalasHapus
  4. Wah, keren ada kelas berbayarnya. Semoga ada rezekinya, jadi bisa ikutan lagi. Sukses ya mbak. Semoga bertahan sampai akhir, berkah ilmunya dan bisa memberikan dampak positif bagi orang lain melalui tulisan-tulisan kerennya ☺️

    BalasHapus
  5. Semangaaattttt jangan sampai di kick dari grup mbak....

    BalasHapus
  6. Kelasnya kudu berteman ya sekarang. Alias berkelompok. Semangat terus mbak, proses tak akan menghianati hasil. Salam dari kelas DA gelombang 1 wkwkwk

    BalasHapus
  7. Mantab, jangan bosen nulis....

    BalasHapus
  8. Wahh kepingin ikut.. semoga bisa ikt next gelombang ya mbaa.. doakann

    BalasHapus
  9. Pengen juga belajar mengembangkan blog di kelas kaya gini, mbak. Selama ini aku otodidak aja :)

    BalasHapus
  10. Senang banget bisa belajar banyak nih, saya juga pengen belajar banyak lagi biar bs serius menekuni.dunia blogger ..hehe

    BalasHapus
  11. Baca beginian jadi ngerasa tersindir haha. Dan jadinya pengen ikutan belajar lebih mendalam lagi seputar blog

    BalasHapus
  12. Wah, tugas awal langsung diminta untuk mengumpulkan 20 komentar. Kalau saya pasti butuh perjuangan. Selain belajar, di kelas growthing bisa kenal blogger lainnya juga ya. Keren.

    BalasHapus
  13. Mantap ka, belajar kelompok hehe, by the way keren lho, cara ikutanny gimana nih ka, aku ingin dong

    BalasHapus
  14. Jadi pengen ikutan juga nih kelas SEO nya :) pastinya nambah ilmu, nambah pengalaman, dan juga nambah teman :)

    BalasHapus
  15. semangat kak, semoga lolos sampai akhir ya.

    BalasHapus
  16. Semangat mba mencari ilmuuuu :) semoga sampe garis finish yaaaa

    BalasHapus
  17. Waahh aq jadi pengin ikut kelasnya jugaa.. gmn ya caranya??

    BalasHapus
  18. Blogger memang harus banyak belajar. Nyatanya, semakin banyak yang dipelajari, semakin tahu kalau banyak yang belum dipahami.

    BalasHapus
  19. kereen..barakallah mbak, semoga sukses ya dan bertumbuh ya..ditunggu ilmunya buat diintip hehe

    BalasHapus
  20. Kelas yang unik ya. Nyesel nggak tau dari dulu ya Ncuss. Sekarang PR juga ngeberesin judul & url kepanjangan, nggak ada deskripsi, gambar nggak pake alt image, urutan header salah.
    Blog bagus ternyata perlu perjuangan ya.

    BalasHapus
  21. Tau ga baca ini kayak dipaksa belajar lebih baik juga, jadi makin panas dan hareudang 🔥 duh aku mesti mulai dari mana nih? Hehe nice sharing teteh

    BalasHapus
  22. Semangat teh ncus! InsyaAllah tulisannya sangat bermanfaat, teruslah menulis..Semoga bisa menular ke semua yang baca.

    BalasHapus
  23. Pasti seru kelasnyaa.. Semoga barokah ilmunya dan ngga dikick sama coachnya. Semangatt kakk

    BalasHapus
  24. Benar menjadi blogger harus mau belajar. Saya pun dulunya cuma nulis saja eh ternyata banyaaak ilmunya. Senangnya Mbak bisa ikut di kelas ini. Semangat belajarnya dari coach yang mumpuni semoga makin sukses ngeblognya ya

    BalasHapus
  25. Mbak Shanty salam kenal ya. Kalau Fatimah, sudah kenal karena satu komunitas di BJM.

    BalasHapus
  26. semangat terus mbakkk , semoga lulus sampai diwisuda di growthing ini.
    Ditunggu share dari kelas ini ya mbak.
    Btw 400 kesalahan itu lihat dimana mbak?

    BalasHapus
  27. Aku jg ikutan kelas SEO kak cuma jadi anak males deh kayanya soalnya jarang ngumpulin tugas. Alhasil kadang udah ketinggalan jauh bgt... Ngejarnya susah

    Emang butuh waktu khusus niat dsn kemauan sih buat belajar. Apalagi SEO loh yg menurutku... Kayanya...

    Syusyah diraih .. hehehe

    BalasHapus
  28. Hai mbak Ncuss, salam kenal ya. Kita satu kelas ternyata. Alhamdulillah ya bisa belajar SEO di kelas super istimewa dengan rules-nya yang nggak pernah bisa kita tebak hihi. Semoga bertahan sampai akhir 😬

    BalasHapus
  29. untuk aku yang suka membaca sebuah artikel yang mengupas tuntas suatu hal, tentunya aku sangat berterima kasih pada para blogger yang tetap setia untuk menulis

    BalasHapus
  30. Teh Shanty temen main saya di KLIP hehe... Orgnya asik. Kl Mba Fatimah br kenal di kelas growth. Semoga jadi 3 org yg beruntung ya Mbak,, kabarnya di akhir kls peserta cm 3 org haha

    BalasHapus
  31. SALAM kenal untuk mbak santi dan mba fatimah. Kalau ga saling mengulas gini ga akan saling kenal yah kita mbak.

    BalasHapus
  32. Semangat belajar terus mbak. Lulus langsung naik level deh. Tapi kelas inj emang dituntut totalitas ya. Gak bisa disambi2. Kudu fokuuuus

    BalasHapus
  33. ternyata menulis juga butuh tekad dan kemauan yg kelas. mau terus belajar demi pengembangan diri

    BalasHapus
  34. Kalau blog saya dikupas, pasti lebih dari 300, atau mungkin malah 500 kesalahan. Bounce rate saya tinggi sekali, dan selisih antara view di dashbor dan GA berlipat-lipat gandanya.

    BalasHapus
  35. Jadi kangen dehh sama kelasnya Coach irwin dkk, hhi, kelas rasa militer tapi ngangenin

    BalasHapus
  36. Wah semangat brlajar seo kak. Dulu kukira seo ini bisa kuhindari tanpa harus belajar tapi ternyata tidak hihihi

    BalasHapus
  37. Hihihi, rasa sensasinya luar biasa ya kak, meskipun aku dikick tapi merasa ilmunya luar biasa.

    BalasHapus
  38. keren mbak, bisa ikut dalam kelas growthing ini. Semoga blognya makin baik performanya. Semangat belajar

    BalasHapus
  39. Sangat senang banget bisa belajar di growth karena membuat para blogger semangat terus untuk menulis dan berkarya

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email