Belajar SEO Untuk Blogger Pemula

Posting Komentar

Belajar SEO (Search Engine Optimization) itu awalnya nggak pernah kepikiran buat saya. Sebagai blogger pemula, selama ini kalau nulis di blog ya nulis aja: ketik-tambah foto-klik terbitkan. Boro-boro mikirin SEO, yang ada di pikiran saya cuman "yang penting ada tulisan di blog setiap minggu". 

I. KENAPA BLOGGER HARUS BELAJAR SEO?

Setelah saya gabung dengan Kelas Growth Blogger dari Growthing.id, saya menyadari pentingnya optimasi blog dari para coach dan suhu di kelas tersebut. Agar tulisan kita memberikan manfaat kepada lebih banyak orang, kita perlu belajar SEO sehingga dapat menjangkau lebih banyak pembaca yang membutuhkan informasi dari blog kita.

Mudahnya gini, jika tulisan informatif kita ada di halaman 1 google, maka tentu saja peluang untuk dibaca lebih banyak orang lebih besar dibandingkan jika tulisan kita ada di halaman 30. Dengan begitu, peluang tulisan kita untuk bermanfaat bagi orang lain juga akan semakin besar kan?

Dari ilmu yang saya dapatkan, optimasi tulisan di blog dapat dimulai dengan mempelajari beberapa tools seperti Google Analytics, Google Search Console, Keyword Research dan tentu saja jurus-jurus jitu On Page SEO

belajar optimasi web
gambar dari freepik, diedit oleh susie ncuss

Langsung aja kita bahas satu per satu ya. Bismillah...

II. BELAJAR MENGENAL GOOGLE ANALYTICS (GA)

Seperti namanya, google analytics adalah tools milik google yang dapat memberikan informasi kunjungan di blog kita. Memang sudah ada informasi statistik di dashboard blog, baik di blogspot maupun wordpress, tapi data di Google Analytics lebih akurat. Karena itulah, blog kita wajib disambungkan dengan GA ini. 

Saya sendiri udah lama menyambungkan blog dengan GA, tapi seperti blogger pemula lain, saya dulu nggak mudeng gimana cara membaca data-data di GA. haha.

Di halaman depan kita bisa melihat fitur utama GA yaitu

  • Users. Di sini kita bisa melihat jumlah orang yg sudah mengunjungi blog kita. Makin tinggi angka, makin bagus.
  • Sessions. Jumlah orang yg membuka halaman di blog kita. Satu pengunjung dihitung satu sessions. Di sini juga makin tinggi sessionsnya, maka makin oke blog kita.
  • Bounce Rate. Jumlah atau persentase orang yg meninggalkan blog kita setelah membuka satu halaman, namun tidak mengunjungi halaman lainnya (kembali ke hasil pencarian/membuka blog lain). Kalau ini makin kecil angkanya makin bagus, misalnya 10% lebih bagus daripada 80%.
  • Session Duration. Waktu yg dihabiskan visitor di halaman blog kita. Nah, menurut Coach Baim, session duration itu sudah bisa dibilang bagus jika tercatat rata-rata 30 detik dalam 30 hari terakhir.

Masih banyak lagi fitur GA yang bisa kita eksplor, tapi bakalan panjang banget kalau dibahas di sini. InsyaAllah saya akan bahas di artikel lain ya.

III. MENGENAL GOOGLE SEARCH CONSOLE (GSC)

GSC atau dulu namanya Google Webmaster adalah tools dari Google yang bisa membantu kita mengoptimalkan artikel/blog di hasil pencarian Google. 

4 Menu penting bagi blogger, baik pemula maupun manula #eh, adalah 

1. Performance

Di menu ini kita bisa melihat 

  • Total click. jumlah total klik di halaman blog selama periode waktu yang ditentukan. Biasanya default periode waktunya adalah data di 3 bulan terakhir. 
  • Impression/Tayangan. Merupakan berapa banyak halaman blog kita tampil di hasil pencarian selama periode yang kita tentukan. Setiap link URL yang muncul di hasil pencarian disebut sebagai impression, meskipun tidak diklik atau bahkan tidak dilihat oleh pencari.
  • CTR adalah berapa persen impression menghasilkan klik ke link blog kita atau berapa persen orang yang melihat link blog dan mengunjunginya. 
  • Average positions adalah posisi rata-rata blog kita pada hasil pencarian, berdasarkan pada posisi tertinggi ketika muncul di hasil pencarian. Posisi setiap halaman blog (URL blog) tertera di bagian bawah grafik kinerja/performance.

Di bagian bawah grafik, kita juga bisa mengeksplor blog kita lebih dalam dengan melihat query/kata kunci yang dipakai orang sehingga bisa masuk ke blog kita, pages/halaman artikel, dan lain-lain.

2. URL inspection

Berguna untuk mengecek indexing artikel di hasil pencarian Google

3. Coverage 

Berguna untuk mengetahui error yg terjadi di blog dan perbaikan yg harus dilakukan. Misalnya masalah crawling dan pengindeksan halaman tertentu.

4. Sitemaps

Sitemaps atau peta situs membantu bot Google mengenali konten dalam blog kita. Menggunakan sitemaps yg benar juga akan membantu halaman atau artikel yg ada di blog dapat terindeks dengan baik di mesin pencari. Input sitemaps akan membuat bot google lebih mudah merayap (crawl) blog kita, apalagi saat ada update konten atau ada artikel baru. 

Bagi yang alamat sitemap masih kosong bisa langsung entry: bloggku.com/sitemap.xml 

IV. BELAJAR RISET KEYWORD

Riset keyword adalah proses mencari kata kunci dari ide tulisan yang akan kita buat. Proses ini penting sekali untuk dilakukan agar tulisan yang kita buat tidak hanya bisa dibaca oleh orang yang datang ke blog kita secara langsung, tapi juga dari mesin pencari seperti google. Dengan begitu, performa blog kita akan meningkat.

Tools Gratis Riset Keyword

Ada banyak cara utk melakukan riset keyword. Ada yg gratis, ada juga juga yg berbayar sampai pake tools riset keyword premium semisal ahrefs, semrush, dll.

Untuk blogger pemula, tentu kita lebih suka sama tools gratisan. Iya kan?

Tools gratis paling populer dan mudah adalah dengan menggunakan Google. Misalnya ketik "Objek Wisata Di Bandung". nanti akan muncul semua artikel yang pernah menulis tentang keyword tersebut. Kita bisa membuat artikel yang mirip tapi dengan informasi yang lebih lengkap. Caranya yaitu melengkapi tulisan dengan info dari keyword turunan yang bisa dilihat di penelusuran terkait/related search.

Tools gratis lain adalah masuk ke https://neilpatel.com/ubersuggest/ lalu login dgn akun Google. Kita tinggal memasukkan keyword yang mau diriset di kotak sebelah kiri, lalu pilih Indonesia dan klik "search".

Klik di bagian keyword ideas untuk melihat keyword turunan, lalu gunakan untuk memperkaya tulisan.

V. TERAPKAN ON-PAGE SEO

On Page SEO adalah serangkaian proses optimasi SEO yg dilakukan di dalam blog kita sendiri, tidak terbatas pada artikel saja, tapi juga di keseluruhan blog. Optimalisasi ini tujuannya agar struktur serta konten blog kita tidak hanya bermanfaat bagi pengunjung tapi agar mesin pencari (misalnya Google) mengerti struktur blog kita.

Biar saya nggak lupa, maka saya share  di sini ilmu yang saya dapatkan yang dapat diaplikasikan pada setiap artikel yang akan diterbitkan di blog.

11 Parameter Onpage SEO

1. Judul artikel mengandung keyword

Panjang judul harus diperhatikan, sebaiknya jangan lebih dari 55 atau 60 karakter.

2. Menyisipkan keyword di permalink

misal http://blogpunaku.com/objek-wisata-bandung

Sebaiknya jgn lebih dari 75 karakter, sekitar 3 sampai 5 kata.

3. Menyisipkan keyword di meta deskripsi 

Buat meta deskripsi yg singkat tapi mengandung keyword dan menarik, sebaiknya tidak lebih dari 150 karakter. Di blogspot meta deskripsi adalah kolom search description di sebelah kanan agak bawah.

4. Menyisipkan keyword di awal paragraf pertama

Kata kunci tidak harus benar-benar ada di awal paragraf, tapi setidaknya ada di 150 karakter dlm paragraf pertama.

5. Optimasi tag heading

Tag heading di sini adalah H1 – H6. Umumnya kita hanya menggunakan H1 – H3. Di mana H1 secara otomatis sudah digunakan oleh judul artikel. Mudahnya: H1 itu judul artikel, H2 adalah Sub Judul di dalam tulisan kita, H3 adalah sub dari sub judul tulisan kita. Coba ingat-ingat waktu kita menyusun skripsi atau tugas ilmiah di sekolah :D

6. Optimasi gambar

Tambahkan ALT image, bisa gunakan keyword turunan supaya ada variasi keyword. Usahakan keyword yg dipakai tidak sama dgn keyword pada title image supaya tidak dianggap spam/duplicate. 

Cara menambahkan ALt dan Title di blogspot adalah dengan klik pada gambar yang sudah dimasukkan ke artikel, lalu klik tanda pensil.

7. Penggunaan outbound link

Link keluar (dari blog kita) menuju blog orang lain, misalnya web referensi tulisan kita. 

8. Gunakan internal link

Internal link adalah link yg menuju ke artikel lain di blog kita. Sebaiknya internal link ke artikel yang relevan dgn artikel yg sedang dibuat.

Idealnya, perbandingan jumlah Outbound Link dan Inbound link adalah 1:3

9. Manfaatkan LSI keyword

LSI (Latent Semantic Indexing) keyword mudahnya adalah persamaan atau sinonim dari kata kunci utama yg kita gunakan. Umumnya orang-orang memahami LSI keyword sbg keyword turunan.

10. Share ke akun media sosial

Membagikan artikel ke sosmed bukan hanya untuk menambah views, tapi juga berguna utk memudahkan artikel masuk ke halaman pertama Google.

11. Submit ke Google Search Console (GSC)

Jika ada artikel yang lama diindex oleh Google, kita bisa submit link artikel tersebut ke GSC dan melakukan permintaan indexing.

.

Banyak banget kan hal yang perlu kita ketahui saat mau optimasi blog? Kalau belajar sendiri, dijamin pusing sih. 

Rekomendasi dari saya, kalau memang serius mau belajar SEO, mending langsung ikutan kelas SEO online aja. Dijamin kita bakalan bisa lebih cepat memahami SEO dan praktiknya. Yang penting kita benar-benar mendedikasikan waktu untuk belajar dengan para guru atau coach di kelas tersebut.

VI. BELAJAR OPTIMASI BLOG BARENG KELAS GROWTH BLOGGER

Nah, karena itulah saya beruntung banget bisa bergabung dengan Kelas Growth Blogger dari Growthing.id. Semua yang tadi saya jelaskan adalah hasil kuliah online bersama Coach Bahrul Ilmi dalam 3 kali pertemuan. 

Bahrul Ilmi atau sering dipanggil Bang Baim adalah seorang blogger yang terlahir di Kota Pontianak. Bang Baim ini juga merupakan content writer dan menyediakan jasa pembuatan web dan artikel yang SEO friendly. Beliau sudah sering banget diundang untuk mengisi training atau workshop untuk blogger dan content creator lain. Karena itulah kalau belajar SEO sama Bang Baim ini dijamin semua pertanyaan bakalan dijawab sampai kita paham. Saya sudah membuktikannya sendiri.

Bahkan dengan ikutan Kelas Growth Blogger ini, DA saya naik 4 angka hanya dalam waktu kurang dari 2 pekan. Saya terharu banget... serius deh. 

bahrul ilmi
Coach Bahrul Ilmi saat ngisi workshop blogger

Buat teman-teman blogger pemula seperti saya atau blogger yang sudah lama berkiprah di dunia perblog-an, bisa lho ikutan Kelas Growth Blogger Premium. Kelas ini akan dipandu oleh Coach Masirwin  dan Coach Pewe yang pastinya sudah terkenal reputasinya di dunia SEO blogger. Kuy ah...

kelas growth blogger premium

Cheers,

Susie Ncuss

susie ncuss
a Devoted Wife who is addicted to Traveling, Halal Food, and Good Movies.
Contact
Email: emailnyancuss@gmail.com
Click http://bit.ly/travelndate to chat me via whatsapp

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email