Tips Backpackeran Tanpa Menyetrika Baju

13 komentar

Kali ini saya mau sharing tips backpackeran tanpa menyetrika baju untuk muslimah. Semua tips berdasarkan pengalaman pribadi saya saat backpackeran baik di dalam Indonesia maupun di luar Indonesia.

tips backpackeran tanpa menyetrika baju

Problem Para Muslimah Saat Backpackeran

Sebagai muslimah yang berpakaian syar'i, pakaian yang harus saya bawa untuk menutup aurat sangat banyak:

  1. Hijab dan innernya
  2. Baju atasan dan bawahan
  3. Underwears
  4. Manset tangan
  5. Legging
  6. Kaos kaki


Dari semua perlengkapan yang saya bawa, problem terbesar buat saya pribadi adalah menjaga agar baju serta hijab tetap rapi dan tak kusut.

Hijab yang kusut akan sulit dirapikan saat dipakai. Dan percaya atau tidak, hijab yang tak rapi akan membuat mood saya jadi buruk sehingga membuat saya tidak menikmati perjalanan, hehe.
Memang agak ekstrim ya? Tapi begitulah yang selalu saya alami.

4 Tips Agar Tak Perlu Repot Menyetrika Baju Saat Traveling


1. Pilih Baju Yang Tak Mudah Kusut

Ini adalah tips paling mudah dilakukan, hehe. Dari semua baju yaitu tunik, kemeja, atau dress yang ada di lemari, saya selalu memilih baju yang tidak mudah kusut meski digulung berjam-jam dan disimpan di dalam ransel.

Outfit lain yang saya pilih adalah kaos dan outer. Menurut saya, kaos dan outer juga termasuk pakaian yang tidak mudah kusut. Saya juga sering mengenakan outer dengan tanktop sebagai inner agar ada variasi pakaian saya lebih banyak (padahal stok baju yang dibawa sangat sedikit).

2. Pilih Hijab Segiempat dan Instan Yang Simple

Hijab segiempat yang saya pilih adalah yang berbahan voal zaf. Kain hijab ini tidak transparan dan memiliki tekstur zigzag yang dapat dilihat dengan jelas dari dekat. Hijab ini juga sangat mudah dibentuk tegap di dahi, mudah kering saat dicuci, dan tentu saja ironless!

Saat traveling, saya benar-benar cukup mencucinya di malam hari dan menjemurnya di kamar mandi hotel/penginapan yang sudah saya book. Besok paginya hijab sudah kering dan bisa langsung dipakai begitu saja.

Hijab yang tidak boleh tertinggal saat saya traveling adalah hijab instan dengan bahan cerutty baby doll. Bahan hijab ini sangat ringan dan jatuh sehingga dapat membentuk layer sempurna saat dipakai. Selain itu, bahan ini pun sangat mudah kering saat dicuci dan tidak perlu disetrika ketika akan dipakai.

Hijab dari bahan voal zaf dan hijab instan dengan cerutty baby doll ini membuat perjalanan saya sangat mudah karena saat hijab berbau keringat, saya bisa langsung mencucinya dan siap dipakai esok hari.

Lalu bagaimana dengan rok atau bawahan?

3. Rok Panjang Anti Kusut

Alhamdulillah, semua rok yang saya punya termasuk rok anti kusut. Langsung saya share aja bahan rok favorit saya adalah

  1. katun toyobo. Bahan ini bersifat glossy, adem, dan ringan. Selain itu rok dari toyobo sangat nyaman dan tidak terawang saat dipakai.
  2. Interlock. Bahan ini adalah kaos melar yang tebal dan lentur. Rok berbahan interlock bisa langsung dipakai setelah kering dicuci. Saat digulung atau dilipat pun, rok tidak terlalu kusut untuk dipakai menikmati perjalanan.
  3. Rok plisket/pleated skirt juga merupakan rok andalan karena tidak akan kusut meski disimpan berhari-hari di dalam ransel.


4. Packing Dengan Menggulung

Gulung semua baju, hijab, dan rok agar dapat menghemat tempat saat dimasukkan ke dalam ransel.

Itu adalah sedikit tips dari saya agar kita tidak perlu repot membawa setrika (yang sangat merepotkan) saat traveling. And everything works perfectly for me!

Saat backpackeran, memiliki foto indah dan instagramable sering kali jadi tujuan utama. Namun jangan lupa dengan hakikat perjalanan yaitu mengagumi kebesaran Pencipta dan menikmati quality time bersama pasangan atau teman perjalanan.

Your travel mate,

Susie Ncuss

susie ncuss
a Devoted Wife who is addicted to Traveling, Halal Food, and Good Movies.
Contact
Email: emailnyancuss@gmail.com
Click http://bit.ly/travelndate to chat me via whatsapp

Related Posts

13 komentar

  1. hwaa ini related banget sama aku yang takut baju kusut masuk koper. hihi. thanks mba untuk tipsnyaa. harus banget dicoba kalau nanti traveling nihhh.

    BalasHapus
  2. Tipsnya kantil juga ya mba, masalah kalau backpackeran itu baju suka kusut karena dalam tas terus, btw ada lho setrikaan kecil yang dikhususkan untuk yg sering melakukan perjalanan

    BalasHapus
  3. Ah sepakay banget, aku selalu menerapkan saran2 mbak itu kalo traveling ala backpacker atau yg tanpa bagasi, jd memang harus yg sesedikit mungkin tapii tanpa ribet, jd gak harus pake setrika segala

    BalasHapus
  4. Solusi banget ini mbak, sering banget ngalamin mau datang ke acara ataupun saat traveling mau ganti baju kok malah keliatan kucel lecek dan nggak banget

    BalasHapus
  5. bahan pakaian yang anti kusut emang kunci banget sih ya buat traveling, plus teknik gulung bajunya biar lebih rapi

    BalasHapus
  6. Packing dengan cara menggulung ini nih yang paling sering saya terapkan. Jadinya bisa muat banyak barang. Apalagi saat traveling bareng si kecil kan, harus pintarpintar packingnya, agar barang yang banyak itu bisa masuk ke dalam 1 atau 2 tas saja.

    BalasHapus
  7. Bermanfaat banget ini tipsnya, aku yang belum berjilbab juga suka bermasalah sama baju kusut pas traveling ini. Dan bener kadang malah jadi mengganggu mood

    BalasHapus
  8. Daku selain digulung pakaiannya, diselipin juga dengan kertas, jadi biar nggak lecek juga bagian lipatannya hehe

    BalasHapus
  9. Wah rok plisket justru ga kusutan ya? Mungkin effortnya pada penjahit aja ya setrika sampai 2 jam buat 1 baju, hehe. Aku juga selalu bawa gamis yg bahannya ga kusut, ga pernah disetrika malah baju dirumah, dilipat rapi masukkan dalam lemari sudah cukupp banget.

    BalasHapus
  10. Ah iya, benar juga. Jadi melipatnya dengan cara digulung ya biar ga kusut hijab, rok dan bajunya. Makasih banget mba tipsnya.

    BalasHapus
  11. Iya sih. Saya lebih suka membawa costum yang tidak mudah kusut. Iya kali backpackeran ribet bawa-bawa setrikaan. HEhehe

    BalasHapus
  12. Packing dengan digulung nih, andalan aku banget biar pakaian nggak kusut.

    BalasHapus
  13. packing dengan menggulung itu selain bikin baju gak gampang kusut, juga bisa menghemat tempat loh. life hack banget

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email