Apa Itu Colocation Server Dan Rekomendasi Provider Paling Oke!

19 komentar

Saat ini, keberadaan teknologi memang mengalami perkembangan yang semakin pesat. Salah satunya adalah keberadaan server yang dapat menunjang kebutuhan informasi bagi kita yang punya bisnis atau perusahaan besar. Nah, kalau punya bisnis atau perusahaan yang besar kan pastinya punya website dan system informasi yang kompleks dan butuh server yang besar. Server yang paling sering digunakan adalah colocation server.


Buat yang masih nggak mudeng dengan istilah yang satu ini, simak penjelasan mengenai colocation server sampai akhir ya… Biar nggak lieur dan faham kenapa server jenis ini sangat penting untuk diketahui.


APA ITU COLOCATION SERVER

Colocation server adalah sebuah layanan yang memungkinkan kita untuk menyimpan server di data center pihak ketiga (penyedia Colocation Server), sehingga kita nggak perlu mengeluarkan biaya untuk membangun ruangan server dan meng-hire ahli IT untuk mengelola dan menjaganya. Penyedia akan menyediakan bangunan, AC, daya, bandwith, sampai keamanan dari banjir, gempa, dan lain-lain). Kita sebagai pelaku usaha akan menjadi fokus mengelola bisnis tanpa perlu bingung dan repot mengelola server.

Dalam bahasa lebih sederhana: Colocation Server itu mirip sama Coworking Space. 

Kalau di coworking space kita nyewa tempat buat space kita kerja dan kita bisa menikmati semua fasilitas di coworking space itu. Nah, kalau untuk colocation server ini kita nyewa tempat untuk server dan provider server tersebut sudah menyediakan seluruh fasilitas untuk kenyamanan bisnis kita. Semoga lebih mudah dimengerti ya, haha...

Kita bisa beralih ke colocation server kalau traffic website kita sudah sangat tinggi sehingga kadang website nge-hank ketika menggunakan hosting saja. 

 

PERBEDAAN COLOCATION SERVER DENGAN HOSTING DAN DEDICATED SERVER     

Tidak sedikit dari masyarakat yang mengira apabila colocation server memiliki kesamaan dengan hosting maupun dedicated server. Walaupun ketiganya sama-sama digunakan sebagai ruang penyimpanan data, tetapi ternyata memiliki perbedaan. Simak baik-baik ulasan lengkapnya ya...

1.    Perbedaan Colocation Dengan Hosting

Dalam istilah IT, udah nggak asing lagi dong dengan yang namanya hosting? Apalagi yang ngaku-ngaku jadi blogger, hehe. Hosting sendiri merupakan ruang penyimpanan dalam website yang digunakan untuk menyimpan berbagai macam jenis file seperti program, gambar, teks, email dan lain sebagainya.

Jika dilihat dari fungsinya, hosting dan colocation hampir serupa. Perbedaan keduanya ada pada kemampuan colocation untuk menghubungkan banyak server berbeda.

2.    Perbedaan Colocation Dengan Dedicated Server

Dedicated server merupakan sebuah layanan server yang digunakan oleh sebuah perusahaan yang membutuhkan server dengan data yang besar.

Kemiripan colocation dengan dedicated server adalah sistemnya yang menyewa sebuah server atau hardware yang digunakan untuk perorangan maupun perusahaan. Perbedaannya adalah tidak adanya sistem untuk sharing bersama dengan pengguna yang lainnya. 


Colocation server menyediakan beberapa jenis seperti Per U, half rack hingga full rack. Ruang penyimpanan dari server juga memiliki model berbeda yakni berbentuk rack atau cabinet. Semuanya dapat menyesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. 


PROVIDER COLOCATION SERVER TERBAIK

Saat ini keberadaan provider colocation memang dapat ditemukan semakin mudah tetapi memang tidak semua jasa dapat anda percaya begitu saja. Karena itu kita harus selektif saat memilih.


Salah satu penyedia colocation server yang terbaik dan berpengalaman adalah nextdatacenter.com. Kelebihan dari Nex Data Center adalah

  • Terletak di lokasi yang cukup strategis sehingga dapat dengan mudah dijangkau oleh seseorang yang membutuhkan layanan colocation server
  • Dilengkapi dengan adanya sistem keamanan canggih selama 24 jam non stop. Semua aktivitas di area data center akan direkam dengan menggunakan CCTV sehingga akan lebih aman.
  • Sudah mempunyai akreditas sertifikasi tier 3 dari Uptime Institue, ISO 9001:2015 dan ISO 27001 dengan demikian maka akan lebih aman dan terjamin. 


Segera gunakan layanan colocation server dari nexdatacenter.com ketika bisnis perusahaan sudah berkembang dengan pesat ya!

susie ncuss
a Devoted Wife who is addicted to Traveling, Halal Food, and Good Movies.
Contact
Email: emailnyancuss@gmail.com
Click http://bit.ly/travelndate to chat me via whatsapp

Related Posts

19 komentar

  1. Nexdatacener berarti penting banget ya membantu perusahaan yang lagi berkembang dengan pesat, nice info untuk perusahaan-perusahaan di Indonesia

    BalasHapus
  2. Wahh, saya jadi mengerti mengenai apa itu Colocation Server. Setidaknya ada sedikit gambaran, setelah membaca tulisan ini. Terima kasih atas sharingnya ya

    BalasHapus
  3. Istilahnya berrti hanya sewa tempat ya, aku baru tau istilah ini, Semakin berkembangnya teknologi semakin berkembang juga inovasi di bidang teknologi. Mantap

    BalasHapus
  4. Saya baru tau istilah colocation server, ternyata bisa dimanfaatkan untuk membantu bisnis perusahaan lebih berkembang, ya..

    BalasHapus
  5. Waah aku baru tau tentang colocation center ini mbak. Jadi tahu juga beda colocation dengan hosting

    BalasHapus
  6. Aku baru tahu kalau collocation itu beda sama hosting ya Mba. Ilmu baru nih mba, thank youuu

    BalasHapus
  7. Hehe baru denger soal colocation server ini. Jadi ini cocok banget ya buat pebisnis yang sudah mulai berkembang usahanya dan perlu jasa ini.

    BalasHapus
  8. Wah tentang hosting aja aku belom khatam pengertiannya, sekarang ada colocation center yaaa.. Keren nih tapi kayanyaaaa, kayanya aku mesti segera update tentang perkembangan dunia digital yang satu ini deeeh

    BalasHapus
  9. Nah kan, aku ngiranya juga colocation itu hosting. Ternyata beda.

    Kalo colocation ini lebih kompleks ya kak. Bisa banyak server

    BalasHapus

  10. Hal yang baru nih buat saya. Harus dibaca pelan-pelan agar faham. Memang semakin besar perusahaan dan bisnis yang dipunya adaptasi terhadap teknologi harus semakin tinggi ya..

    BalasHapus
  11. Wah ternyata bisa menyimpan server di tempat yang aman ya, karena ada CCTV-nya. Tidak usah bingung harus menempatkan server di mana kalau kantornya masih kecil mungil.

    BalasHapus
  12. Data center untuk perusahaan supaya bisa bekerjas ecara maksimal ya. Supaya meminimlisir kesalahan human error.

    BalasHapus
  13. Kalau bagi orang IT ini pasti familiar. Namun, aku baru tahu istilah colocation center. Makasih infonya Kak, semoga bisa nambah referensi mengenai teknologi yang diperlukan perusahaan. Entah teori untuk akademik, atau memang suatu saat terjun di ranah praktis.

    BalasHapus
  14. Berarti masih lebih bagus Colocation server ini ya bagi perusahaan yang tak ingin sistem sharing. Berarti kalau ada perusahaan yang butuh server, ke next data center ini bisa banget nih.

    BalasHapus
  15. Saya baru dengar istilah yang satu ini untuk tempat penyimpanan di data, semoga data yang tersimpan di sini aman ya,, soalnya data ada di pihak ke-3 kan

    BalasHapus
  16. Ah
    Sepertinya yang cocok menggunakan colocation server ini adalah perusahaan besar begitu ya, Mbak?

    BalasHapus
  17. ini cocok buat perusahaan ya mbak, tapi keamanannya terjamin kan mbak, data tdk akan disalahgunakan ya

    BalasHapus
  18. Aku baru tau lho mbak tentang ini, kupikir data perusahaan juga pakai hosting biasa. Tapi herannya kok nggak lemot. Ternyata ada penyedia tersendiri.

    BalasHapus
  19. Jadi yang pake colocation server ini mah yang udah oke banget websitenya ya. Atau pebisnis yang udah solid, punya perusahaan, pengunjung di websitenya banyak banget ya kak..

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email