KUALI UDA, UNPAD BANDUNG: MASAKAN ASLI PADANG

21 komentar

Serial berburu makanan kembali lagi di blog ini. Horee...! 

Setelah hampir setahun di rumah aja, akhirnya saya dan suami memberanikan diri untuk berburu kuliner. Alasannya karena kami saat itu sudah lapar dan udah lama banget nggak makan masakan Padang.

Suami saya merekomendasikan Restoran Kuali Uda yang terletak di dekat Kampus Unpad Dipati Ukur, Bandung.


MASAKAN ASLI PADANG DI KUALI UDA, BANDUNG

Alamat Dan Jam Operasional Restoran

Restoran padang ini terletak di Jalan Dipatiukur No. 234, pas banget di samping Kampus Institut Teknologi Harapan Bangsa-ITHB.
Nomor HP: 0852 1961 0125
Rumah makan buka dari sore hari sekitar maghrib sampai jam 9 pagi (keesokan harinya)

rumah makan padang asli murah meriah dekat unpad

Suasana Restoran

Rumah makan ini terletak persis di samping Jalan Dipatiukur yang ramai. Dengan nuansa restoran yang didominasi merah, pengunjung bisa menikmati makanan di sepasang kursi panjang dengan meja di tengahnya.

rumah makan padang asli murah meriah dekat unpad

Singgasana alias tempat masak koki berada di bagian tengah agak ke belakang dan menghabiskan sekitar 70% dari seluruh space rumah makan.

Di atas meja, owner rumah makan khas Minang ini menyediakan alat makan berupa sendok dan garpu serta tisu. Ada 2 colokan listrik di bagian pojok meja. 

Hanya saja, di rumah makan ini pengunjung bebas merokok yang akan membuat kita kurang nyaman.


MENU DAN PRICELIST MAKANAN DI KUALI UDA

Rumah makan Kuali Udah menyajikan banyak sekali varian masakan Padang yang kebanyakan tidak saya ketahui sebelumnya. Karena selama ini, saya cuma tau rendang sebagai perwakilan kuliner dari Padang. Masakan lain yang cukup familiar buat saya adalah lontong padang. Udah, itu aja.

Pertama kali saya mengunjungi Kuali Uda, saya terbengong-bengong dengan puluhan pilihan menu makanan dan minuman yang bisa saya pesan. Ya Allah, selama ini saya kemana aja sampe gak tau makanan Minang ada sebanyak ini...

Menu makanan di Kuali Uda di antaranya:

  • Rendang (ya pasti lah..!)
  • Nasi goreng
  • Mi Tumis dan Kuah
  • Minas
  • Mi Goreng
  • Mi Tahu
  • Soto Padang
  • Soto Basiram
  • Sop Padang
  • Lontong Padang
  • Mihun Goreng
  • Bubur khas Minang


Minuman yang disajikan juga banyak lho yang khas Ranah Minang.

  • Teh telur ayam dan bebek,
  • Teh telur ayam dan bebek (pinang)
  • Es tebak biasa
  • Es tebak durian
  • Cindua ampiang
  • Cindua ampiang durian

dan masih banyak lagiii...

Seluruh varian makanan dan minuman beserta harganya bisa dibaca di foto ini ya..

Percayalah, harga di menu makanan itu SANGAT WORTH YOUR MONEY!!!

APA YANG KAMI PESAN?

Kami saat itu memesan

  • 1 porsi lontong rendang: 25K
  • 1 porsi mi kuah kikil: 30K. Mi kuah kikil ini nggak ada di menu ya, tapi Uda Koki nawarin gitu ke suami saya... Kalau mau nyoba juga, bisa langsung bilang aja ke Uda.
  • Jeruk mipis madu: 10K

Kami membayar 65K malam itu. Mahal? Nggakk.... Baca sampai akhir ya!
Semua pesanan ditulis di kertas bon sederhana menggunakan pulpen. Setelah menerima orderan, Uda Koki langsung memasak pesanan kami. Saat itu pengunjung Kuali Uda hanya ada kami. Jadi kami merasa cukup tenang di rumah makan tersebut.

PENGALAMAN MAKAN

Kami menunggu kira-kira 15 menit dan ketika makanan diantar oleh koki ke meja kami, saya bengong melihat porsi makanan yang SUPER BESAR buat saya. Muka bengong saya saat itu langsung nge-freeze beberapa detik sampai suami yang mengatur piring di depan saya. 

rumah makan padang asli murah meriah dekat unpad
tangan saya udah mepet sama kerupuk ya... jadi ini beneran gede!

Suami saya tetap santuy waktu ngeliat porsi makanannya karena udah pernah makan di restoran ini.

Saya langsung bilang ke suami: aku makannya separuh aja ini mah, separuhnya buat sarapan besok pagi. Saat itu saya merasa nggak mungkin sanggup ngabisin lontong padang sebanyak itu.

Lontong Rendang

Saya dan suami lalu mengeluarkan sendok dan garpu yang sudah kami bawa sebelumnya dan mulai makan. Sebelum makan, saya putar-putar piringnya untuk melihat keseluruhan isi piring. Ternyata, lontong padang yang saya terima nggak hanya berisi rendang, tapi juga telur rebus utuh! Wow... gimana ngabisinnya???

restoran minang kuali uda murah


Saya langsung nyendok lontong rendang ini dengan semangat 2020. Potongan lontong, sayur nangka, secuil rendang dan juga kuah langsung masuk berbarengan ke dalam mulut saya di suapan pertama. Rasanya ENAK BETUL!

Lembutnya tekstur rendang dan nangka, lontong yang kenyal tapi lembut dan puluhan rempah-rempah yang terpadu harmonis khas Minang benar-benar bikin saya langsung melotot. Suwer, ini lontong Padang terenak yang pernah saya makan. Gak ada lawan!

rumah makan padang asli murah meriah dekat unpad
Udah tinggal separuh aja..

Rendangnya enak empuk gurih (gak kalah sama rendang dari Restoran Sederhana yang mahall itu), lontongnya kenyal tapi lembut, semua bumbu meresap sempurna. Pedasnya pas banget buat saya yang memang doyan pedasss... Saya nulis ini auto ngiler lagi, DUH!

Karena kelezatan lontong rendang ini, saya lupa kalau bilang ke suami bakalan makan setengahnya aja. Iya, beneran guys... Saya makan semua lontong rendang tanpa sisa. Guilty pleasure banget deh malem itu. LOL.

Mi Kuah Kikil

Mi kuah yang dipesan suami disajikan terpisah dengan kikilnya. Gede banget porsinya! Meski saya udah makan lontong rendang, saya tetep pengen nyicip mi kikil punya suami saya.

Kikilnya LUAR BIASA EMPUK! gak ada amis-amisnya sama sekali. Saya kaget dan terkagum-kagum lalu bertukar pandang dengan suami yang intinya bertelepati kalau sumpah-ini-enak-banget.

Suami juga minta saya mencicipi mi kuningnya. Ternyata mi-nya juga istimewa! Tekstur dan rasanya beda dengan mi kuning yang sering saya makan. Uda Koki katanya memang sengaja impor mi dari Padang langsung agar seluruh bahan yang dipakai di rumah makan ini benar-benar mencerminkan kuliner Minang.

rumah makan padang asli murah meriah dekat unpad
Habis tak bersisa

KESIMPULAN

Kuali Uda ini beneran enakkk gak bakalan nyesel kalau nyoba makanan Padang di sini. Buat yang berasal dari Sumatera Barat, coba deh ke sini! Saya penasaran dengan opini orang Minang tentang masakan di resto ini.

Fix saya bakalan ke sini lagi!

susie ncuss
a Devoted Wife who is addicted to Traveling, Halal Food, and Good Movies.
Contact
Email: emailnyancuss@gmail.com
Click http://bit.ly/travelndate to chat me via whatsapp

Related Posts

21 komentar

  1. lontong + rendang tuh nikmat banget. Dan harganya 25k itu termasuk murah banget. Apalagi kalau dagingnya besar dan mudah-mudahan bukan lengkuas. heheheJuara deh.

    BalasHapus
  2. Huwaaa enak banget ini kayanya, aku auto ngajak suami ke sana ahh mau coba juga. Enak nih kayanya Kuali Uda, mbak engkau menggagalkan dietku hari ini haha

    BalasHapus
  3. Ah, di restoran padang ternyata ada masakan selain rendang ya. Aku kira full menu padang 😂

    Tapi karena gak suka makanan yang sangat berbumbu, aku jadi gak pernha makan atau seekdar masuk restoran padang mbak 😁

    BalasHapus
  4. Hmmmmmm, kelihatannya lezat banget ya lontong + rendangnya, apalagi masakan minang, pasti gurih gurih gimana gitu. BTW pengelola harusnya membuat ruang khusus buat perokok ya, jadi biar asapnya gak ngeganggu orang yang lagi makan atau orang yang memang gak ngerokok...

    BalasHapus
  5. Paling dikangeni ya makanan Padang. Wah lihat menunya ada soto Basiram juga ya, biasanya di rumah makan padangsedianya cuma soto Padang di dkat rumah. Aku sering makan masakan padang tapi jarang makan di tempat, sekalinya makan anakku kaget soalnya semau disajikan hihihi

    BalasHapus
  6. Ohhhh maaayyyyy ini makanannnya beneran menggoda jiwa dan raga semuanya, apalagi jenis makanan asi padangnya banyak banget. Ngga perlu jauh jauh untuk ke padang dan merasakan sensasi kenikmatannya. Liburan tipis tipis dulu dong ya

    BalasHapus
  7. Lontong rendang? Wah saya belum pernah nyobain. Menunya unik-unik ya. Saya juga belum pernah dengan mie Kikil. Pasti enak banget ini.

    BalasHapus
  8. Variasi makanannya benar-benar beragam dari makanan padang...ada minas segala...gak cuma itu, minumannya juga lengkap, bahkan ada es tebak dan cindua...bikin kangen ranah minang hilang nih, apalagi ada di daerah mahasiswa

    BalasHapus
  9. wahh maskaan padang nggak ada matinya.. .
    aduh aduh enaknya itu mie kuah kikil...
    jadi lapar baca ini

    BalasHapus
  10. Ngomongin lontong padang, sejak 1,5 tahun lalu pindah ke Malang, aku belum nemu yang jual lontong padang. Ngiler euyyy. Dulu di Jakarta cukup sering makan lontog padang dan punya langganan juga.

    BalasHapus
  11. Masakan Padang emang top deh. Jadi ingat acara saat di Ambon. Hampir seminggu, makannya menu masakan Padang.

    BalasHapus
  12. Duuh ini makanannya menggiurkan semua. Pengen nyoba satu per satu. Pas banget lagi lapar mata haha.

    BalasHapus
  13. Yee, sedapnya bisa menikmati makanan Padang setelah berbulan-bulan seperti 'dikurung' aja. Menggugah selera banget itu lontong rendangnya porsinya jumbo.

    Btw, ada menu nasi goreng juga di situ. Mantap abis.

    BalasHapus
  14. Wah, aku pas masih mayan sering ke area diaptiukur, blm tahu ada warung ini. Enak ni tampilan menu2nya, rasanya juga bikin nyess balik ke sana lagi ya kak?

    BalasHapus
  15. RM Minang, saya selalu pesan rendang dan minumnya es teh itu aja nikmat,
    Apalagi ada RM yang langganan pokoknya kalau mau cari makan berlemak ya di nasi padang.

    BalasHapus
  16. Porsinya banyak juga itu ya sepertinya dan tampaknya enak. Aku bacanya pas malam begini pula, jadi pengen makan lontong padang juga.

    BalasHapus
  17. Jadi penasaran sama mi kikilnya deh...
    Masa pandemi begini enggak ada yang kuliah kondisi du gimana teh? Tetap rame?

    BalasHapus
  18. Porsinya WOW banget Mbak. Dijamin gak habis aku kalau sekali makan, haha. Soto Basiram? apakah beda dengan soto padang ya? Jadi penasaran.

    BalasHapus
  19. Aku lagi kangen masakan Padang nih... Dulu aku ngekos di Dipatiukur, sering makan nasi Padang meski orang Sunda, hehe. Ini restonya baru ya... Andai masih di Bandung aku pengen coba. Auto laper baca review lontong Padangnya...

    BalasHapus
  20. Seharusnya ada aturan ya dilarang merokok supaya pengunjung lainnya merasa aman dan nyaman sehingga betah nongkrong di sana.

    BalasHapus
  21. Kalau saya di Jogja, selalu mampir ke rumah makan padang. Dan ngak tahu nama makanannya. Hanya satu aja yang kutahu, makan rendang. WKwkwkw...

    lihat foto-foto di blog ini asli bikin lapar.

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email