Bahagia Bersama Ramadhan via Rumah Zakat

15 komentar

Tidak terasa bulan puasa tinggal 21 hari lagi! Itu artinya masa-masa berbagi Bahagia Bersama Ramadhan akan segera tiba. Saya sangat excited dengan Ramadhan nanti karena merupakan Ramadhan kedua di masa pandemi. Saya pribadi merasa tertantang untuk melakukan aktivitas bernilai ibadah yang lebih banyak lagi dengan keterbatasan yang ada.


Seiring dengan semangat mencari pahala saat Ramadhan, saya hari ini menghadiri Konferensi Pers yang diselenggarakan Rumah Zakat secara virtual. Dalam acara ini saya mendapatkan banyak insight menarik bagaimana mudahnya untuk memanen pahala saat bulan puasa.

berbagi bersama ramadhan dengan Rumah Zakat

Btw, ada yang belum tau mengenai Rumah Zakat kah di sini?

Rumah Zakat Itu Apa Sih?

Rumah Zakat adalah lembaga filantropi yang mengelola zakat, infak, sedekah, serta dana sosial lainnya melalui program-program pemberdayaan masyarakat. Program pemberdayaan direalisasikan melalui empat rumpun utama yaitu Senyum Juara (pendidikan), Senyum Sehat (kesehatan), Senyum Mandiri (pemberdayaan ekonomi), serta Senyum Lestari (inisiatif kelestarian lingkungan). Tidak seperti kebanyakan lembaga sosial lain, kantor pusat Rumah Zakat ada di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.


Rumah Zakat telah terdaftar secara resmi sebagai Lembaga Amil Zakat melalui SK Kementerian Agama Republik Indonesia. Rumah Zakat juga memiliki jaringan yang sangat luas yaitu dari Aceh hingga Papua dan memiliki 1686 desa binaan yang disebut sebagai Desa Berdaya. Nggak cuma itu, lembaga pemberdaya yang identik dengan warna orange ini selalu mendapatkan WTP alias Wajar Tanpa Pengecualian saat audit keuangan lho.

Dengan reputasi yang luar biasa ini, saya pribadi sangat mempercayai Rumah Zakat sebagai Lembaga penyalur donasi kebaikan saya dan keluarga.

Mau kepoin lebih lengkap mengenai Rumah Zakat? Langsung aja klik websitenya yaitu di https://www.rumahzakat.org/

Bahagia Bersama Ramadhan

Teman-teman pasti tau kan kalau masa pandemic ini membuat perekonomian Indonesia (dan dunia) memburuk. Saya sedih banget waktu mendengarkan penjelasan dari Bapak Guntur Subagja Mahardika (Perwakilan dari MUI) di konferensi pers yaitu angka kemiskinan di Indonesia bertambah lebih 400.000 orang. Karena itulah Rumah Zakat meluncurkan Gerakan Bahagia Bersama Ramadhan yang harapannya bisa menjembatani orang-orang yang kurang beruntung dengan para muzakki dan orang-orang dermawan lain.


Berbagi bahagia di bulan penuh berkah ini dapat dilakukan dengan turut serta dalam program-program Ramadhan di Rumah Zakat yaitu
Berbagi Buka Puasa

  1. Kado Lebaran Yatim, 
  2. Bingkisan Lebaran Keluarga, 
  3. Syiar Qur’an, 
  4. Ramadhan Bebas Hutang, dan 
  5. Janda Berdaya.

Program Ramadhan ini menurut saya sangat variatif dan menjangkau semua kalangan, yaitu dari anak-anak yatim dan dhuafa, keluarga pra sejahtera, hingga para janda yang kurang diperhatikan oleh lembaga sosial/filantropi lain.

DIS Aplikasi Teman Ibadah Di Bulan Ramadhan

Di event tersebut Rumah Zakat juga meluncurkan Digital Islamic Style.

berbagi bersama ramadhan dengan Rumah Zakat

Apa Itu Digital Islamic Style?

Digital Islamic Style atau DIS adalah sebuah super apps yang bisa mengakomodir semua kebutuhan ibadah seorang muslim. Aplikasi ini dapat diunduh di playstore secara gratis.

Fitur Digital Islamic Style

Dengan DIS kita bisa mendapatkan banyak fitur dan informasi misalnya

  • Arah kiblat. Ini penting banget buat para millennial yang mobilitasnya sangat tinggi dan kadang bingung menentukan arah kiblat.
  • Dzikir dan Doa. Saat bulan puasa, kita pasti bawaannya ingin dzikir dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Nah, DIS bisa ngasih kita berbagai macam dzikir dan doa yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. Nggak perlu googling lagi!
  • Al Qur’an digital juga ada di aplikasi ini lho. Jadi nggak perlu download aplikasi lain.
  • Kajian Ramadhan. Yup, nggak perlu buka youtube atau searching online lagi buat nyari kajian yang menenangkan hati karena ada di DIS.


Fitur lain yang tidak kalah penting dan kalau menurut saya merupakan highlight dari aplikasi ini adalah kita bisa berdonasi dengan mudah.
Yess… bener banget, teman-teman.
Kita bisa bayar zakat, menunaikan infaq dan shadaqah bahkan wakaf di aplikasi kece ini. Mau berbagi buka puasa? Membantu janda agar berdaya? Qurban? atau program lain yang tadi saya sebutkan? Bisa juga dong di sini. Keren banget kan….!

Aplikasi Digital Islamic Style alias DIS ini benar-benar bisa jadi sarana kita untuk berbagi Bahagia Bersama Ramadhan.

“Semoga dengan hadirnya DIS dapat menjadi teman ibadah kita semua di bulan Ramadhan. DIS akan membantu mengingatkan kita untuk melakukan rangkaian ibadah di bulan Ramadhan mulai dari jadwal imsakiyah, berzikir, sholat, hingga berbagi kepada sesama,” ungkap Didi Sabir selaku Strategic Partnership Division Head Rumah Zakat.

Ajaran Islam Mengenai Berbagi

Agar makin semangat untuk berbagi dan mencari amalan terbaik saat Bulan Ramadhan, yuk simak ajaran Islam dalam memaknai harta yang diamanahkan Allah SWT kepada kita.
 

Salah satu ayat dalam Al Qur'an:

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Q.S. Al Hadid: 18)

Hadist Rasulullah SAW, Sang Teladan sepanjang masa:

Dari Abu Hurairah Ra, dia berkata, “Rasulullah SAW bersabda: Tidaklah seorang hamba memasuki waktu pagi pada setiap harinya, kecuali ada dua malaikat yang turun. Salah satunya memohon, ‘Ya Allah, berikanlah ganti bagi dermawan yang menyedekahkan hartanya.’ Dan satu lagi memohon: ‘Ya Allah, musnahkanlah harta si bakhil.” (HR Al Bukhari dan Muslim).

Terakhir, ada satu kalimat favorit saya hingga saat ini yang selalu bisa menenangkan jiwa saat berbagi yaitu “Tidak akan ada yang hilang dari setiap pemberian”

Yuk teman-teman, jadikan Ramadhan tahun ini sebagai Ramadhan terbaik dan berbagi Bahagia di Bulan Ramadhan Bersama Rumah Zakat, lembaga terpercaya dengan reputasi luar biasa.

Susie Ncuss

susie ncuss
a Devoted Wife who is addicted to Traveling, Halal Food, and Good Movies.
Contact
Email: emailnyancuss@gmail.com
Click http://bit.ly/travelndate to chat me via whatsapp

Related Posts

15 komentar

  1. Alhamdulillah ya sebentar lagi Ramadhan, semoga Ramadhan tahun ini bisa dilalui dengan lebih baik dari tahun sebelumnya. Buat persiapan instal aplikasi DIS dulu, ah. Fiturnya lumayan lengkap, ada panduan Ramadhannya juga, biasanya kalau sholat sendiri suka lupa doanya, hehe.. Maklum setahun gak dibaca😁

    BalasHapus
  2. Aplikasi yang membantu kita untuk beribahda ya mbak, di mana jaman semua serba praktis dan digital makanya butuh banget Digital Islamic Style apalagi fiturnya banyak

    BalasHapus
  3. Ahamdulillah sekarang jadi lebih muda ya kalau mau zakat atau sedekah. Btw penasaran sama program Janda Berdaya nya sepertinya bagus.

    BalasHapus
  4. Ramadan sisa hitungan hari. Semoga saja Allah panjangkan usia kita untuk bisa ikutin ramadhan tahun ini. Berkah juga untuk kita semua ya

    BalasHapus
  5. rumah zakat memudahkan kita beribadah di bulan ramadhan tanpa repot kemana2 ya :) jadi bisa beramal tapi tetap menjaga protokol kesehatan

    BalasHapus
  6. Aku kalau kemana-mana mau sholat suka bingung kiblatnya dimana kalau nggak ada petunjuk. Karena nggak paham utara selatan kalau udah beda tempat. Coba install ahhhh.

    BalasHapus
  7. Iya ih, Ramadhan makin deket aja ya.aku lagi bayar hutang puasa. Sisa sehari lagi. Sekarang serba praktis ya bayar zakat, sodaqoh, infaq dll ada rumah zakat.

    BalasHapus
  8. Masyaallah berbagai kepada sesama melalui rumah zakat juga bisa menjadi jalan untuk beribadah.

    BalasHapus
  9. Berbagi itu membahagiakan. Apalagi di saat Ramadan. Semoga kita semua bisa sama-sama menjalankan ibadah di bulan suci ini, ya. Aamiin

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah, ada DIS, seneng deh, ada teman asyik selama menjalani Ramadan di masa pandemi begini. Makasih infonya ya, mbak Susi ncuussss.

    BalasHapus
  11. iya berasa banget teh, setiap pemberian itu rasanya malah seneng ya ada perasaan bahagia ketika memberi. Makin kangen sama Ramadhan. Semoga bisa maksimal taun ini menjalankan Ramadhan. Aamiin

    BalasHapus
  12. Wah iya Teh ga kerasa sekarang sudah tinggal 2 pekan lagi ya... semoga kita bisa memaksimalkan sisa hari nya untuk persiapan dengan sebaik-baikya persiapan. Btw Rumah Zakat programnya asyik asyik ya.....

    BalasHapus
  13. Ga kerasa banget bebtar lagi udah memasuki bulan ramadhan yaaa, bisa berbagi lewat rumah zakat nih biarvl terpercaya

    BalasHapus
  14. Ramadhan sudah sebentar lagi ya mba.. semoga kita diringankan untuk selalu bersedekah dan berbagi

    BalasHapus
  15. sebntar lagi sudah mulai bulan ramadhan ya mba, udah bisa direncanakan dari sekarang may berzakat dimana :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Follow by Email