Kuliner Bandung: [Real] Roti John Di Jalan Karawitan

by - 9:30 AM

Bandung lagi sering hujan secara random, kadang pagi, kadang siang bolong, kadang pas sore sebelum saya (dan sebagian besar karyawan lain) balik kantor. Beberapa hari yang lalu Bandung kembali hujan deras sekitar jam 4 sore dan berlanjut gerimis kecil sampai kira-kira jam setengah 8 malam. Suami saya bilang kalau pulang ke rumah abis maghrib aja biar lebih santai di jalan, maklum kalau lagi hujan begitu Bandung pasti (makin) macet di mana-mana.

Saya lalu melemparkan tawaran buat mencoba salah satu kuliner yang sudah menjamur di Kota Bandung yaitu Roti John ke suami saya. Alhamdulillah suami saya setuju, hehe.

Counter Roti John

Sejarah Roti John

Roti John adalah roti semacam sandwich yang ditemukan oleh orang Malaysia yang hidup di Singapura pada masa "penjajahan" Inggris di sana. Menurut buku Not Just A Good Food Guide Singapore, makanan Malaysia ini ditemukan di Singapura oleh Shukor, seseorang yang mempunyai kios yang sekarang Taman Serasi Food Centre, dekat Botanical Gardens. Cerita dimulai ketika Shukor sering dimintai banyak orang barat yang tinggal di daerah tersebut untuk menggorengkan mereka telur dadar bawang Bombay yang sering mereka makan dengan roti.

Permintaan ini membuat Shukor menemukan kombinasi makanan baru yang menggabungkan dua bahan yang sangat dicintai konsumennya, dari situlah Roti John berasal.

Lalu bagaimana bisa dinamakan Roti John? Kata Pak Shukor Roti adalah kata “Bread” di Malaysia, dan dulu, masyarakat lokal memanggil warga asing berkulit putih dengan sebutan “John”. Jadi simpelnya disebut Roti John gitu deh...

 
Lokasi dan Pricelist Roti John
Kalau searching di google maps, ada banyak banget Roti John tapi hanya ada 1 kios yang ada tulisan "Real"nya yaitu di Jalan Karawitan, Kota Bandung. Saya dan suami nggak paham ya mana yang beneran Roti John mana yang KW karena gak sempet bikin riset atau apa gitu. Jadi kita mampir aja ke Roti John di Jalan Karawitan (dekat dengan Jalan Maskumambang atau di belakang Hotel Horison) karena kebetulan lokasinya paling dekat dengan kantor saya.

Sesampainya di lokasi, saya mendekati 2 orang Aa' yang menunggu di belakang counter kecil dan langsung disodori 1 lembar pricelist berwarna putih biru yang sudah dilaminating. 

Menu di Roti John
Roti John pendek adalah Roti John panjang yang dibagi dua. Harganya pun pas banget dibagi dua.

 

Saya segera mendiskusikan apa yang harus dipesan dengan suami di meja dan kursi plastik yang sudah disediakan. Tak menunggu lama, saya memilih Roti Johny Yes Papa Pendek yang berisi cokelat, keju, kacang dan susu. sedangkan suami saya memilih Roti John Pendek yang isinya daging, telur, sayuran dan keju.

 
Eating Experience
Kurang dari 10 menit kemudian, roti john sudah diberikan ke kami dalam kondisi sudah dibungkus rapat dengan kertas buram yang biasa dipakai untuk kemasan sandwich. Karena Bandung masih gerimis, saya dan suami memilih untuk menyantap Roti John di outlet tersebut sambil kembali membahas film Extreme Job dari Korea yang kami tonton beberapa hari yang lalu. Thanks to film komedi itu, kami kembali tertawa terbahak-bahak sambil menikmati sandwich Melayu malam itu.

Baca review film Extreme Job di sini
kursi dan meja di samping counter
Sekarang kita bahas gimana rasa Roti John ini ya...
Awalnya saya membayangkan bahwa rasa Roti Johny Yes Papa Pendek (aduh ini siapa sih yang ngasih nama? haha) ini bakalan mirip sama martabak cokelat kacang yang menurut lidah saya rada aneh dan kurang cucok meong. Tapi ternyata Roti Johny Yes Papa Pendek ini enak syekali... Passsss banget buat memanjakan sweet tooth saya :9. Yang bikin roti John ini enak banget dan bikin saya sanggup menyikat 1 porsi Roti Johny Yes Papa Pendek adalah lumeran cokelat yang berkualitas (bukan meses kiloan yang ditaburin tanpa tanggung jawab), butiran kacang yang masih kasar jadi kerasa gurih cokelatnya, daaann... kejunya yang gak pelit. Saya jadi pingin beli lagi!!!!
 
Roti Johny Yes Papa Pendek, hehe

Isi Roti Johny Pendek
Nah, mengenai Roti John yang dipesan suami saya. Saya berkesempatan untuk mencicip roti asin atau versi aslinya itu: rotinya empuk, isiannya itu daging cincang yang dikasih bumbu kari sehingga warnanya kekuningan, sayurannya fresh dan kejunya banyak! Sebelum saya menggigit pertama kali, saya sudah menyiapkan diri untuk menghadapi kemungkinan terburuk (rasa yang aneh di lidah dan lain sebagainya). Tapi ternyata rasanya enak! Saya bahkan suka sama roti asinnya dan sampai minta lagi ke suami saya :))

Roti Asin yang rada pabalatak waktu diiris2

1 potong roti itu segede ini kalau dipegang

Roti John
Alamat: Jalan Karawitan (setelah kantor PLN dan sebelum jalan maskumambang)
No. Telp: -
Range Harga: Rp30.000-Rp80.000 untuk 2 orang

Nilai dari saya
Ambiance : 7
Service: 8
Rasa makanan: 8
Harga: Affordable lah...
Repurchase: Yes!

You May Also Like

31 comments

  1. Penasaran banget sama roti jhon ini namun belum pernah nyobain hehehe, enak ya? Tar beli ah nyobain

    ReplyDelete
  2. OMG, it's tummy time....Roti Asin John looks so yummy...

    ReplyDelete
  3. Dikotaku, roti John ini belum buka gerai tapi hanya berupa gerobak kecil.
    Banyak peminatnya juga.

    Ingat pernah kubelikan ponakanku seporsi roti John buat camilan dia dirumah, tau-tau sepanjang perjalanan malah langsung dihabisin sama dia .., tak tersisa satupun.
    Omnya ini yang beliin saja ngga ditawarin mau ngganya.
    Kesel juga ngakak jadinya ... anak kecil kok perutnya sanggup makan langsung sebanyak itu wwwkkkk :D

    ReplyDelete
  4. Aku baru tau sejarah roti john ini. Aku baru dua kali makan roti john di kotaku, di gerai kebab turki dan satu lagi seberang indomaret dekat rumah. Pesen yang asin, lumayan rasanya tapi buatku nggak terlalu bikin nagih hehe

    ReplyDelete
  5. wkwkwkwkkww, barusan abis dengar lagu di yutub anak saya "jhony Jhony yes papa", trus baca Roti John Yes Papa Pendek wakakakakkakaka

    Saya sering nih liat dan baca tentang roti John, tapi belum pernah sama sekali nyobain, ternyata harganya lumayan ya, tapi kalau enak sih menurut saya oke-oke saja.

    Jadi pengen nyobain deh setelah baca ini, enak banget tuh kayaknya :D

    ReplyDelete
  6. Kalo di Malaysia dan Singapura sana, roti jhon itu dikasi saus merah yg rasanya asam manis. Aku sih kurang cocok dengan rasa roti jhon di tanah asli asalnya. Lebih enak roti jhon yg dijual di Indonesia krn saus asam manisnya sudah dihilangkan.jadi lebih mengindonesia

    ReplyDelete
  7. Saya setiap hari malah belum pernah coba si Roti John ini hihihi kayaknya enak :D pengen cobain juga ahh nanti kalau weekend

    ReplyDelete
  8. Ak penasaran dengan roti john mba, pas lihat ada di grep langsung aku pesan ya ampun porsinya ajib tapi kalo rasa menurut aku B ajah.. Nggak tau ya ini roti john asli atau ngga hihihi ada di ciputat

    ReplyDelete
  9. Di kotaku belum ada nih roti john ini. Dari gambarnya kelihatan enak deh :)

    ReplyDelete
  10. Harganya lumayan ramah di kantong yaa, Mba. Jadi penasaran juga pengen mencicipi roti john ini, sayangnya di kotaku belum ada gerainya :(

    ReplyDelete
  11. Teteh itu mah lagu bukan yang jhony jhony ..yes papa..eating sugar?no papa..telling lies hahahaha

    Jadi ngakak baca nama roti jhony yes papa pendek wkwkwk alah humorku sereceh ini :p

    next ah jalan ke Karawitan cobain roti Jhony Yes papa pendek :D

    ReplyDelete
  12. yang roti Jony Yes Papa itu emang sepintar terlihat seperti martabak manis ya Mbak, hehehh.. hmmm enak banget deh kelihatannya.
    kalau yang roti John pilihan Suaminya itu kayak sandwich yaah, hehehh.

    ReplyDelete
  13. Hai Kakak...
    Aku dua kali beli Roti John.
    Pertama nih sama kakak dan anak-anaknya, eh aku baru makan 1 potong dan mau ngambil lagi dan ternyata sudah habis duluan. Hahaha...

    Akhirnya nyoba yang kedua itu ikutan temen-temen, akhirnya beli setelah makan. Lagi-lagi dan kali ini bukan karena kehabisan, tapi karena kekenyangan.

    Dan memang, enak kok Roti John ini. Kata temen saya sih rotinya empuk.

    Oh ya, salam kenal ya Kak.

    ReplyDelete
  14. Dulu taunyanlong john karena roti mode begini pasti puanjaaang, sekarang udah ada versi pendeknya yaa, biar ga mubazir kali yaaa :))

    ReplyDelete
  15. Ini Roti John kayaknya meuni beken pisan tapi aku teh belon pernah nyobain, padahal sering pisan lewat daerah Karawitan Buah Batu gitu lho!

    Fix ini mah bakal nyobain ah, kabita pisan :))

    ReplyDelete
  16. Roti John mwmang enaaaak ya .. aku suka karena isinya macam-macam dan bayak pilihan asinnya

    ReplyDelete
  17. Kalau mudik k bandung mau akh mampir k sini

    ReplyDelete
  18. Saya sebetulnya kurang suka roti. Tetapi, kalau lagi di Bandung trus ada keluarga yang beli roti, saya bisa makan dengan lahap. Mungkin karena udara Bandung yang dingin jadinya pengen makan melulu. Roti pun jadi nikmat buat lidah saya :)

    ReplyDelete
  19. Aduh, jadi nelen air liur pas malam baca artikelnya. Ini keknya lebih enak dari martabak manis ya. Kalo martabak kayaknya lebih berminyak dan cepet bikin kenyang gitu. Kalo ini nggak kayaknya deh. Jadi pengen nyobain

    ReplyDelete
  20. Asliii aku belum keturutan makan roti john ini mba. Dan baru ini aku tau asal mula roti john. Aku kira dari sini2 ajaa hahah dia emang isinya macem2 gitu ya mba.

    ReplyDelete
  21. Whoaa pengen. Di Jogja roti John ini juga baru booming lo

    ReplyDelete
  22. Oh jadi Roti John ini banyak kw-nya. Baru tau lho aku. Rotinya gede banget ya. Puas deh dimakam sekeluarga. Memang sekilas mirip martabak.

    ReplyDelete
  23. Kemarin niatnya ke Malaysia itu pengen beli roti John di sana. Trus lupa, saking jajannya kuliner lain juga menarik.
    Nah kalo di Semarang itu baru ada gerai di ruko, itu pun malah anak-anak yang udah kesana untuk take away

    ReplyDelete
  24. Roti John itu rasanya enak tapi gak tahu tuh roti di daerah karawatitan keknya enak deh soalnya dilihat dari tempatnya serta teksturnya juga kayak yang enak

    ReplyDelete
  25. Roti yang pertama selintas mirip martabak hehe. Saya prefer yang asin sih. Jadi kayak sandwich yang pakai sayur ya. Di sini juga ada yang jual tapi belum pernah nyoba.

    ReplyDelete
  26. oh roti john itu aslinya dari Malaysia-Singapore, tho. Pernah lihat di Bekasi tapi belum coba.

    ReplyDelete
  27. Aku dahbpernah beli Roti John kak dan enakkkk banget menurutku terus puas pula. Klo beli satu cukup lah buat 3 orang.

    ReplyDelete
  28. Wah wah, ada ya Roti John d Bandung. Jadi kepengen nyoba deh. Nyari ah nanti kalo main ke sekitar Karawitan. :D

    ReplyDelete
  29. Jalan Karawitan itu memori bannget bagikuh..hahaha...dulu sekolah di SMAN 8 pulangnya suka muter lewat Karawitan soalnya lewat rmh kk kelas kecengan dulu...hahaha..ups maaf salfok jdnya..

    ReplyDelete
  30. Kemarin ke Bandung tapi belum sempet mampir ke sini. Next time lah, semoga aja ada rejeki untuk ke Bandung lagi :)

    ReplyDelete
  31. Asa pernah makan Roti John.
    Ada cabangnya kah di Ciumbuleuit, teh?

    Harganya pas beud di kantong pas tanggal tua gini yaa teh..
    Hihii~

    ReplyDelete

InsyaAllah saya selalu berkunjung ke blog para pengunjung yang sudah meninggalkan komentar di blog saya. Tapi tolong jangan sebar link hidup di komentar ya karena auto click spam ^^

Follow me on Instagram: @susiencuss_