Pengalaman Membeli Buah Di Start Up TaniHub

24 komentar
Hola... saya akan berbagi pengalaman saya saat membeli buah di TANIHUB, sebuah aplikasi dan start up yang fokus pada jual beli produk pertanian. Hingga saat ini, berdasarkan aplikasinya, Tanihub baru menyediakan layanan di Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya-Malang.

Apa saja yang dijual di Tanihub?

Ada 6 kategori utama di dalam aplikasi ini yang merepresentasikan apa saja yang bisa kita beli, yaitu

  1. Buah: segala macam buah-buahan
  2. Sayur: ya semuanya tentang sayuran
  3. Beras dan Biji-bijian: beras merah, beras hitam, lada hitam biji, biji adas, biji ketumbar, dll
  4. Unggas dan Telur: karkas ayam, fillet dada ayam, telur ayam negeri, dll
  5. Ikan dan Udang: gurame, patin dori, nila, 
  6. Horeka: nggak ada penjelasan HOREKA ini apa di aplikasi. tapi kalau diliat dari isinya, Horeka ini berisi sekumpulan produk random dari 5 kategori sebelumnya.
TaniHub saat loading dan halaman depan
Ada lagi fitur PRODUK PILIHAN yang isinya list produk yang lagi promo pada periode tertentu. Tentu saja fitur ini adalah favorit saya :p


Kesan Pertama Mengenai Tanihub

Saya pribadi yang self claimed mewakili golongan menengah ke bawah, maka secara umum harga buah dan sayur yang dijual di Tanihub termasuk mahal. Ada dua alasan kenapa saya bilang ini:
1. Harga per packnya memang udah mahal
2. Ada minimal order yang nggak cocok buat keluarga kecil. Ada yang minimal dua pack: 1 packnya ada yang berisi 2kg, ada juga yang per pack isinya 100gram tapi yang dijual cengek (cabe) domba. Ada juga yang minimal 10 kg, misalnya karkas ayam. Maksud gue, jarang banget kan yang mau beli ayam 10kg dalam satu waktu, haha.

Inilah kenapa saya lebih suka mantengin tanihub di fitur PRODUK PILIHAN, terutama yang diskon 50%. Ha!

Pengalaman Membeli Buah di Tanihub
Saya beli buah di Tanihub karena mendengar ada informasi promosi 50% sebelumnya. Jadi saya downloadlah aplikasinya di handphone dan menghasut teman sekantor buat ikutan order karena ternyata ada biaya aka ongkis kirim.

Begini langkah-langkah membeli di TaniHub ya:

  • Masuk ke aplikasi, set lokasi pengiriman di Bandung
  • Saya klik kategori Buah dan scroll sampai nemu Mangga Indramayu yang lagi didiskon 50%. Harga Mangga Indramayu normalnya Rp16.500/kg dan waktu itu saya dapat harga Rp8.250/kg.
  • Saya dan teman saya membeli 4kg mangga, klik "Lihat Keranjang" dan langsung check out begitu aja biar nggak keburu sold out, haha.
  • Abis itu klik bayar. Metode pembayaran di TaniHub adalah OVO, Debit/Credit Card, Internet banking beberapa bank, dan bayar di Indomaret/Alfamart.
  • Saya memilih OVO saat pembayaran.
  • Udah deh, tinggal nunggu pesanan dikirim sama TaniHub.
ini cuma contoh kalau mau beli ya... karena waktu saya beneran beli, saya nggak sempet skrinsyut

Berdasarkan pengalaman beberapa teman yang pernah beli via TaniHub, orderan akan dikirim keesokan harinya. Saya kira pesanan saya juga kayak gitu kan... eh gak taunya pesanan saya dikirim Hari Minggu. Tapi saya pribadi nggak masalah, karena saya juga nggak buru-buru untuk menikmati buah yang saya order. So, ini jadi pesan juga ya buat para Emak yang beli di TaniHub, jangan terlalu ngarep sama aplikasi. Kuncinya adalah beli, kemudian bersabarlah. haha.

Saya baru melihat paket saya di Hari Senin siang karena saya menggunakan alamat kantor sebagai destinasi pengiriman. Ini penampakan paket buah mangga 4kg yang saya terima dari Tanihub.




Saya suka sama packagingnya ya... Buah mangga diskonan yang saya beli jadi nampak sophisticated dan mahal gegara kardusnya yang berdesain keren. haha. FYI, kemasan buah mangga ini terdiri dari dua kardus kecil yang ditumpuk. Jadi, saya dan teman sekantor saya nggak perlu baku hantam buat memperebutkan kardus untuk membawa pulang buah mangga. 


mangga yang kondisinya bagus dan mulus

Rekomendasi Saya Buat Tanihub

  • Akan lebih baik kalau ada fitur chat atau call center untuk mempermudah customer saat mengecek orderan. Beberapa teman saya juga sempat gelisah karena pesanannya tidak kunjung datang padahal nominal uang yang dikeluarkan cukup besar.
  • Fitur customer service via email juga lebih baik diperpanjang waktunya: gak cuma senin-jumat ajah.
  • Sistem tracking pesanan di TaniHub kayaknya akan lebih membantu customer kalau lebih detil yaitu memperlihatkan tanggal hingga jam aktivitas, baik pengemasan maupun pengiriman.

Sekian review sekaligus berbagi pengalaman saya dalam membeli barang di TaniHub. Teman-teman pembaca, apakah ada yang udah pernah beli di TaniHub? Share dong reviewnya di kolom komentar ^^
susie ncuss
a Devoted Wife who is addicted to Traveling, Halal Food, and Good Movies.
Contact
Email: emailnyancuss@gmail.com
Click http://bit.ly/travelndate to chat me via whatsapp

Related Posts

24 komentar

  1. Wah gaya nih semakin canggih teknologi pasar buah dan sayur juga bisa online ya sayang nih belum ada untuk kota kabupaten Cianjur.

    Saya sendiri saat ini sedang membeli beberapa bibit tanaman buah yang murah meriah. Belum tahu juga sih hasilnya nanti bagus atau gimana...

    BalasHapus
  2. tanihub ini yang milik pemerintah bukan? mudah2an nanti makin bagus nih aplikasi, secara belanja online udah memasyarakat banget, dan ngebantu banget buat emak2 yang susah keluar rumah buat beli buah

    BalasHapus
  3. Udah pernah dengar sih & penasaran karena sepertinya seru. Eh sekarang ketemu reviewnya. Penting banget nih kalau mau hidup sehat tapi males ke pasar. Terjamin mutunya.

    BalasHapus
  4. Pengen juga, deh, coba TaniHub. Ke alamatku sampai nggak, ya? Tengah kota, rasa desa, sih. Penasaran dengan beragam buah-buahannya.

    BalasHapus
  5. Ulalaaa, menyenangkan sekali ya Mbaa, kalo kualitas produk dan service-nya mantab nian seperti ini
    Ternyata di Sby-Malang udah ada. Pan kapan mau coba ahhh
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  6. waduh beneran kacau deh, sekaranga apa apa tinggal buka website atau aplikasi ya tingal klik barang sampe hhihi semakin dimudahkan. belum nemu loh yang jualan buah segar kaya tanihub gini, Packagingnya rapi udah bisa bayar pake ovo lagi.

    BalasHapus
  7. Jadi kebayang one day mak2 beli bumbu dapur sayur buah cukup lewat aplikasi aja...makin canggih aja IT

    BalasHapus
  8. Wah aku baru tahu ini ada Tanihub ketinggalan keeta dong aku. Mau cus ke sana ah, buahnya pasti fresh ya mba. Info berharga banget ini

    BalasHapus
  9. jaman makin canggih ya beli buah bisa lewat startup, pertanian digital memang menjanjikan

    BalasHapus
  10. Tanihub baru tahu juga mbak. Jaman makin canggih belanja kebutuhan juga makin mudah ya mbak. Gak perlu ke pasar cukup pesan online maka kebutuhan kita cepat sampai.

    BalasHapus
  11. Aku baru tau tentang TaniHub. PIngin nyobain juga nih tercover gak ya daerah aku. Itu mangganya aaaah bikin ngiler aja

    BalasHapus
  12. Wuih keren. Beli sayur dan buah pun sekarang bisa melalui aplikasi ya. Praktis banget. Jadi kepengen nyoba. Tapi bisa gak ya ke Soreang? 😁

    BalasHapus
  13. Wow makin gampang aja ya kita mau beli apa-apa. Buah dan sayur aja ada yang jual onlen. Oya mba,ini di Jogja ada nggak ya? Pengen cobai deh aku

    BalasHapus
  14. Hua baru tau mengenai start up ini, jadi lebih praktis ya kak dan buahnya juga masih seger2. Oh yaa aku suka packagingnya,, rapih dan ada gambar tani gitu.

    BalasHapus
  15. Aku belum pernah coba tanihub. Jadi tertarik untuk coba belanja disana. Buah yg ingin dibeli rasanya banyak ya

    BalasHapus
  16. Meski dianggap mahal, saya kira itu berkaitan dengan biaya pemaketan barang. Kalau lihatb paket dusnya yang cakep dan aman, lalu bagian buah diberi pelindung, kayaknya TanuHub memang layak dicoba sebagai tempat belanja keperluan kita.
    Saya belum coba dan jadi pengen. Ada beberapa jenis barang yang gak ada di pasar, sih.
    Setuju dengan saran Teteh agar layanan aplikasinya lebih ditingkatkan.

    BalasHapus
  17. Makin canggih aja ya sekarang, beli apa2 udah bisa by online.
    Perintilan dapur dan bahan2 masakan plus buah2 juga ada

    BalasHapus
  18. Jaman sekarang apa-apa udah praktis banget ya mba, belanja pun bisa via aplikasi gini. Sayang ya harganya lumayan tinggi. Tapi tentu ini sudah ada pertimbangan akan digunakan untuk cost di salah satu sektor ya. Alhamdulillah kalau kualitas buah yang dibeli bagus.

    BalasHapus
  19. Yeay kemajuan jaman membuat segala sesuatunya jadi mudah dan murah. Apalagi jika ada buah segar begini jadi pengen beli dan praktis banget.

    BalasHapus
  20. Belum pernah malah baru tahu ada aplikasi TaniHub dari postingan Mbak ini. Jadi penasaran nih sama aplikasinya. Pastinya dengan aplikasi ini memudahkan banget ya kalau kita mau belanja kebutuhan dapur kayak sayur dan buah2n gitu.

    BalasHapus
  21. Aku belum pernah nih mba belanja lewat TaniHub. Tapi baguus ya buah - buahan yang dijual

    BalasHapus
  22. Wadawwww,apa ini semakin praktis saja semuanya. Jadi mau coba deeeeh

    BalasHapus
  23. Ini buahnya kualitas bagus-bagus ya mba. Tapi sayang Semarang kagak ada

    BalasHapus
  24. Bru tau ada tanihub dari baca postingan ini. Tapi kalo belinya kudu porsi bnayak gitu ya wassalam, secara kami cuma bertiga dan yang satu masih batita yang makannua seuprit.

    BalasHapus

Posting Komentar