Selain Rendang, Ini 5 Kuliner Khas Minang yang Wajib Dicoba Jika Berkunjung ke Bukittinggi

by - 12:27 PM

Berlibur ke Bukittinggi tak lengkap rasanya tanpa menikmati kuliner setempat. Selain lokasi wisata Bukittinggi yang memiliki keindahannya tersendiri, kota terbesar kedua di Sumatera Barat yang pernah menjadi Ibu Kota Negara Indonesia ini juga memiliki aneka wisata kuliner dengan bumbu khas minang yang tidak ada duanya. Nah, apabila kamu sedang merencanakan liburan akhir tahun ke kota ini, maka kelima kuliner berikut sangat wajib masuk foodlist kamu ya!



1. Ampiang Dadiah
Ampiang Dadiah adalah makanan ringan yang terbuat dari campuran gula merah, ketan putih, ketan merah, parutan kelapa dan susu kerbau yang difermentasi hingga berbentuk padat seperti keju. Kata ampiang sendiri diartikan sebagai emping yang mana berasal dari beras ketan, sedangkan dadiah adalah sejenis yoghurt khas Minang yaitu susu kerbau segar yang difermentasi. 


Seporsi ampiang dadiah biasanya dijual seharga Rp 15 ribu di Pasar Lereng yang terkenal menjual kuliner satu ini. Tidak hanya dijadikan kudapan saja loh, masyarakat Minang juga biasa mengonsumsi ampiang dadiah sebagai pengganti lauk dengan nasi putih hangat. 


2. Sate Danguang Danguang

Menurut sebagian orang Minang yang sudah pernah mencicipi langsung sate danguang danguang khas Payakumbuh, sate tersebut memiliki cita rasa unik yang membuatnya berbeda dari kebanyakan sate padang diluar kota Bukittinggi.
Potongan lontong, daging sapi tipis dan kuah bumbu pedas tebal yang mengandung kelapa ini dijamin akan membuat kamu ketagihan, apalagi bila mengonsumsinnya bersama dengan sebungkus kerupuk kulit dan segelas teh talua atau teh telur.
Salah satu warung sate danguang danguang yang bisa kamu datangi terletak di depan Stasiun Kereta Api Lama Bukittinggi dengan harga seporsinya Rp 20 ribu saja. 


3. Karupuk Kuah
Apakah kamu pernah makan kerupuk tetapi menggunakan kuah? Jika belum, maka kamu wajib mencicipi karupuk kuah alias opak yang terbuat dari singkong atau beras. Jajanan kerupuk yang disiram kuah sate khas Minang dengan campuran bihun, sambal dan daun bawang ini bisa kamu temukan di hampir seluruh kawasan wisata kota Bukittinggi. Harga yang dibanderol untuk satu karupuk kuah pun cukup murah, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 5000 ribu. 


Baca Juga: Daftar Kota Teraman di Dunia yang Cocok Buat Solo Traveler Wanita


4. Nasi Kapau

Jika kamu sudah terbiasa mengonsumsi nasi padang, maka ketika berkunjung ke Bukittinggi, kuliner lainnya yang wajib kamu cobai adalah nasi kapau. Berbagai lauk pauk dengan bumbu balado yang dihidangkan bersamaan dengan gulai kapau menjadi ciri khas dari nasi kapau yang membuatnya tampak berbeda dari nasi padang pada umumnya.
Untuk mencicipi nasi kapau, kamu bisa mendatangi langsung warung Uni Lis yang sudah populer sejak dahulu, bahkan tak hanya dikunjungi oleh masyarakat setempat saja, melainkan pula mendiang mantan presiden BJ Habibie pun pernah mencicipi makanan yang satu ini. Berada di pasar Ateuh Los Lambung, seporsi nasi kapau dengan satu jenis lauk biasanya dihargai sekitar Rp 25 ribu. 


5. Itiak Lado Mudo

Pecinta kuliner bebek pasti bakalan suka sih dengan kuliner yang satu ini. Gulai daging bebek dengan lumuran cabai hijau dan dihidangkan bersama nasi putih hangat ini memang sangat tepat dikonsumsi saat makan siang, terutama saat perut kamu benar-benar dalam kondisi kosong. 


Salah satu warung makan terkenal yang menyediakan olahan bebek satu ini adalah warung Itiak Balado Mudo di Ngarai Sianok. Masih terletak dikawasan wisata Ngarai Sianok.
Konon katanya, itiak lado mudo sudah ada sejak zaman Belanda yang mana makanan khas Minang ini merupakan makanan adat khusus disajikan setiap panen raya. Penduduk sekitar menganggap, itik jauh lebih higenis dan tidak mengandung penyakit dibandingkan hewan lainnya. 


Nah itulah tadi beberapa makanan khas Minang yang bisa dijadikan referensi saat wisata kuliner di Bukittinggi. Jika sudah siap mengunjungi Bukittinggi, baca juga informasi lainnya seputar tempat wisata di Bukittinggi melalui https://www.cekaja.com/info/intip-5-wisata-kota-bukittinggi-yang-pernah-jadi-ibu-kota-negara/. Selamat liburan, fellass...!

You May Also Like

0 comments

InsyaAllah saya selalu berkunjung ke blog para pengunjung yang sudah meninggalkan komentar di blog saya. Tapi tolong jangan sebar link hidup di komentar ya karena auto click spam ^^

Follow me on Instagram: @susiencuss_