Tips Membeli Rumah Pertama Kali Untuk Pasangan Baru Milenial

Posting Komentar

tips jitu beli rumah

Rumah menjadi aset berharga yang hampir setiap orang dari berbagai kalangan ingin memilikinya. Sehingga tak heran jika harga properti satu ini selalu mengalami kenaikan. 

Akibatnya banyak generasi milenial atau pasangan muda pesimis untuk memiliki rumah atau hunian sendiri. Berikut beberapa tips membeli rumah pertama kali yang bisa dijadikan acuan milenial juga pasangan muda.

1. Membeli Rumah Sesuai Kebutuhan

Hal pertama yang harus kamu perhatikan ketika akan membeli rumah pertama kali adalah membeli sesuai dengan kebutuhan. 

Jika kamu membeli yang berukuran besar juga memiliki lokasi yang strategis biasanya akan dijual dibanderol dengan harga yang mahal. Apabila rumah tersebut hanya untuk keluarga kecil atau ditinggali sendiri, rumah kecil bukanlah suatu masalah.

Tipe 21 atau 36 sudah bisa dijadikan pilihan untuk tempat tinggal hunian kamu. Memang hanya memiliki satu kamar, namun semua ruangan pasti akan digunakan. Nanti ketika kamu sudah memiliki tabungan yang cukup, kamu bisa membeli rumah yang lebih besar. Maka dari itu, ada baiknya menentukan kebutuhan lebih dahulu karena akan berkaitan dengan harganya.

2. Mempertimbangkan Biaya

Tips membeli rumah pertama yang tak boleh diabaikan berikutnya adalah mempertimbangkan biaya. Setelah kamu tahu kebutuhan akan rumah yang diinginkan, maka kamu bisa menyesuaikan dengan biaya yang dimiliki. 

Budget yang kamu miliki akan menentukan model rumah hingga tipe yang bisa didapatkan. Dalam hal ini kamu juga bisa mempertimbangkan ingin menggunakan sistem KPR atau tidak. Tentu KPR bukanlah hal yang asing bagi masyarakat Indonesia. 

Jika mengambil KPR maka pertimbangannya lebih panjang, yakni kondisi keuangan serta berapa lama tenornya. Ada baiknya untuk tak langsung tergiur dengan tawaran cicilan murah, suku bunga floatingnya harap jadi acuan.

3. Pertimbangkan Rumah Baru atau Bekas

Bisa dikatakan jika tidak ada yang lebih unggul di antara rumah baru maupun bekas. Mengingat keduanya tentu memiliki keunggulan juga kekurangan sendiri. 

Rumah baru memang lebih banyak dipilih karena dinilai lebih kokoh bangunannya. tips membeli rumah ini juga bisa kamu pertimbangkan karena rumah bekas lebih mudah juga bisa langsung pindah.

4. Lokasi Tempat Tinggal

Rasanya selain harga, lokasi calon rumah juga harus menjadi pertimbangan yang matang. Apakah rumah tersebut memudahkan kamu menjangkau fasilitas publik dengan mudah. 

Misalnya rumah sakit, sekolah, pasar hingga transportasinya. Ada banyak rumah yang dijual dengan harga terjangkau, namun nyatanya jaraknya sangat jauh.

Membuat kamu juga tetap harus mengeluarkan biaya transportasi yang cukup tinggi. Terutama bagi kamu yang harus menggunakan transportasi umum. 

Maka dari itu, kamu harus memeriksa dan mempertimbangkannya agar tidak menyesal di kemudian hari. Lokasi yang strategis juga bisa dimanfaatkan untuk membuka usaha rumahan jika kamu ingin berbisnis.

5. Pilih Developer yang Tepat

Developer juga memiliki peranan yang penting dalam jual beli rumah. Oleh sebab itu penting mencari tahu tentang developer yang akan membantu kamu. 

Baik dari reputasi, kredibilitas hingga keprofesionalannya. Sebab jika kamu salah memilih, kamu tak akan mendapatkan rumah impian. Tips membeli rumah ini sangat penting dan harus kamu perhatikan.

Bagi kamu yang belum pernah memiliki pengalaman dalam membeli rumah, tentu kamu harus selalu berhati hati. 

Dana yang dikeluarkan untuk sebuah hunian tidaklah sedikit, apabila ternyata tidak sesuai keinginan pasti akan sangat kecewa. Kamu bisa juga melindungi rumah dengan memilih mitra asuransi rumah Garda Home untuk memberikan proteksi terhadap rumahmu. 


susie ncuss
a Devoted Wife who is addicted to Traveling, Halal Food, and Good Movies.
Contact
Email: emailnyancuss@gmail.com
Click http://bit.ly/travelndate to chat me via whatsapp

Related Posts

Posting Komentar

Follow by Email