Alternatif Pereda Stres Di Masa Pandemi Selain Traveling

18 komentar

Alternatif Pereda Stres Di Masa Pandemi Selain Traveling

Saat pandemi, pilihan untuk refreshing menjadi semakin terbatas. Biasanya aku dan suami akan jalan-jalan ke luar kota atau ke luar negeri untuk membebaskan diri sejenak dari rutinitas harian. Tapi selama hampir dua tahun ke belakang, kami kebanyakan berdiam diri di rumah atau beraktivitas di dalam kota saja.

Situasi kayak gini (berlangsung lama dan tidak ada kejelasan kapan berakhirnya) membuat saya yang awalnya enjoy everything jadi merasa kurang nyaman dan merasakan headache tanpa tau apa obatnya. 

Apakah ini tanda-tanda stres? 


STRESS ITU APA SIH?

Stress is a strong word, even for me. Saya sering kali memilih untuk tidak menggunakan kata ini karena konotasinya agak gimana gitu. Menurut Kemenkes RI, stress adalah reaksi seseorang baik secara fisik maupun emosional (mental/psikis) apabila ada perubahan dari lingkungan yang mengharuskan seseorang menyesuaikan diri. 

Tapi menurut saya, stres lebih mudah dipahami dari penjelasan Mental Health.org.uk yaitu 

Stress adalah perasaan overwhelmed/kewalahan atau tidak mampu mengatasi tekanan mental atau emosional. 

Stres adalah respon alami kita untuk sebuah tekanan. Ada banyak situasi atau peristiwa yang dapat menyebabkan stres. Misalnya saat kita mengalami sesuatu yang baru, tidak terduga atau ketika kita hanya punya sedikit kontrol pada sebuah situasi. 

Tanda-Tanda Stress

Ada beberapa tanda bahwa kita mengalami stres yaitu

  • cemas
  • takut
  • mudah marah atau agresif
  • sedih
  • frustasi
  • depresi

Reaksi Tubuh Saat Stres

  • Sakit kepala
  • Mual
  • Gangguan pencernaan
  • Berkeringat

Dari beberapa tulisan yang saya baca, apa yang saya alami kemungkinan termasuk pada kategori stress. hehe.

Di sisi lain saya bersyukur karena itu artinya saya masih hidup. Alhamdulillah. :D


CARA SAYA MENGATASI STRES

Sebagai pecinta traveling dan kegiatan outdoor, pembatasan sosial atau PPKM di Indonesia bikin saya kurang gerak dan memaksa saya untuk mencari hal lain untuk mengurangi stres dalam hidup.

1. Mengakui Bahwa Saya Sedang Stres

Hal pertama yang saya lakukan untuk mengatasi stress adalah mengakui bahwa saya dalam kondisi stress. Mengakui adalah langkah pertama yang harus dilakukan dan mempermudah hampir 50% dari keseluruhan healing.

Saya juga bilang pada diri sendiri bahwa stress adalah normal, terutama di masa pandemi yang sedikit membagongkan kayak sekarang.

2. Be Kind To My Self

Don't be too hard on my (your) self. Saya selalu mencoba untuk melihat segala sesuatu dari saya yang dulu.

Dengan sudut pandang ini, saya merasa sangat bangga pada diri sendiri karena sudah berjuang dan survive sampai sejauh ini.

I have a stable job, a decent house, a loving husband, an adventurouse life. Sederhananya, i have nothing to worry.

players.org

3. Olah raga teratur

Meningkatkan aktivitas fisik akan meningkatkan kadar hormon dopamin yang membuat kita merasa bahagia. Olah raga yang dilakukan pun tidak perlu sesuatu yang rumit, cukup jalan kaki di pagi hari, lari pagi, atau bersepeda.

main game di hp gampang

4. Staycation Di Dalam Kota

Staycation adalah salah satu dari sedikit pilihan untuk beraktivitas di luar rumah. Saya beberapa kali memilih staycation di Bandung agar ada variasi pada rutinitas, setidaknya kami tidur di tempat yang baru, sarapan dengan menu berbeda, dan melihat pemandangan yang berbeda di luar jendela kamar.

staycation untuk pereda stress

5. Mengikuti Virtual Class

Saya mendapatkan beberapa kali kesempatan untuk bergabung pada kelas/event virtual yang memberikan pengetahuan dan pengalaman yang berbeda. 

Yang paling berkesan buat saya adalah saat saya mengikuti Virtual Painting dari salah satu platform social media di Indonesia yang berkolaborasi dengan studio lukis hari sabtu kemarin. Virtual class ini adalah aktivitas pertama saya yang berhubungan dengan gambar, lukis, atau dunia seni secara umum. 

Saya nggak pernah punya rencana buat mencoba melukis sebelumnya, bahkan kepikiran aja nggak. Tapi, benar kata Knightmoon: 

"Destiny has its own way to hit you, all you have to do is get ready to face it."

Sebuah undangan datang melalui email, and the only thing i do was reply to it.


6. Bermain Games

Bermain games adalah salah satu cara paling mudah dan murah untuk mengurangi atau menghilangkan stress. Saat kita mencapai stage tertentu pada permainan yang kita pilih, kita pasti merasa bangga dan bahagia karena kita seperti mengalahkan diri kita sendiri.

Dulu saya jarang banget main games, entah itu di handphone maupun di laptop. Alasannya ada 2, saya bisa jalan-jalan untuk menghilangkan kepenatan, yang kedua karena saya sayang sama memory dan ram kalau instal aplikasi games. Semakin lama kita main games, memory HP akan semakin tergerus sehingga bakalan lemot saat dipakai untuk bekerja. Tapi ketika pandemi menyerang dan memaksa saya lebih banyak di rumah, akhirnya saya coba-coba main games lagi, hehehe. 

Saya nggak suka instal aplikasi baru di HP, jadi saya coba cari website online games aja. Akhirnya saya bertemu dengan plays.org, sebuah situs penyedia games daring yang up to date dan nggak bikin HP lemot.

penguin cafe

Di plays.org saya bisa nemu ratusan games, dari action, edukasi, sampai permainan simulasi. Semuanya bisa dilihat berdasarkan kategori games di bagian bawah website. Saya pribadi lebih suka dengan permainan dengan kategori simulasi ala anak dan remaja.

Cara main games di plays.org ini gampang banget lho

  1. Buka plays.org di browser yang ada di HP maupun laptop
  2. Pilih games yang disukai. 
  3. Lalu ikuti petunjuk atau penjelasan rules di setiap games.
  4. Gak perlu instal aplikasi apapun.

Saya sudah coba beberapa games yaitu 

  • Penguin Cafe, simulasi saat kita jadi pelayan di kafe dengan customer beruang kutub dan pinguin. Dalam waktu kurang dari 24 jam saya sudah menyelesaikan semua level permainan ini. Saya malah nungguin season 2-nya, hehehe.
  • Fight Virus, permainan dengan setting di sebuah rumah sakit. Kita berperan untuk meningkatkan jumlah pasien yang sembuh dari penyakit dan menjaga agar persentase virus di RS tersebut tidak lebih dari 70%. Games ini relate dengan kondisi pandemi di mana setiap rumah sakit sempat kewalahan mengatasi covid-19 yang disebabkan oleh coronavirus.
  • Dan banyak lagi games simulasi lainnya.

games online
Bermain games seperti ini beneran bikin saya senang dan membuat kadar stres saya turun drastis.

Teman-teman yang punya rekomendasi lain untuk stress release, bisa langsung komen di bawah ya.. Yuk diskusi... 


Love,

Susie Ncuss

susie ncuss
a Devoted Wife who is addicted to Traveling, Halal Food, and Good Movies.
Contact
Email: emailnyancuss@gmail.com
Click http://bit.ly/travelndate to chat me via whatsapp

Related Posts

18 komentar

  1. Nggak bisa pergi ke mana-mana memang bikin stress ya. Intinya harus bikin enjoy dan ada kegiatan kalo di rumah biar betah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... sesederhana main online games di rumah ya, kak...

      Hapus
  2. Sebagai orang yang pernah di tahapan depresi sampai minta bantuan ahli, stres itu memang nyiksa yah kak. Bersyukur kita masih punya 'pegangan' dan hal yang bikin healing. Aku juga termasuk yang pasti gaming gitu kalau lagi stres mwkkwkw, asli ngebantu banget apalagi kalau ada banyak banget game-nya macem plays.org gini

    BalasHapus
    Balasan
    1. masyaAllah... semoga sekarang udah baikan ya mental conditionnya.
      yuk kita main games biar lebih santuy...

      Semangat, kakaaakk

      Hapus
  3. Kalo aku bukannya nggak suka suka install games di hape, Teh. Tapi hapenya bisa mogok jalan kalo ditambah game lagi. Kebanyakan instal aplikasi! :D Jadi main di web memang jadi pilihan nih.

    BalasHapus
  4. Paling enak sih jalan-jalan dan ngumpul bareng keluarga, rasa lelah dan jenuh bisa hilang seketika. Lalu selain itu biasanya saya main games. Pake headset di kepala, pegang kendali di ponsel dan mainkan. Wah di plays.org ini banyak banget gamenya lho. Jadi bingung mau pilih game yang mana. Udah gitu gamenya ringan dan tanpa iklan.

    BalasHapus
  5. Main sama anak bikin stress hilang. Kelucuan, gemes dan tingkahnya bikin capek hilang dan semangat untuk beraktivitas karena merasa hidup ini untuk anak

    BalasHapus
  6. Kalau saya sendiri cara ampuh ngilangin stress memang berolahraga Mbak. Sebenarnya traveling paling ampuh tapi ya itu tadi mana bisa traveling jauh-jauh saat pandemi begini.

    BalasHapus
  7. Bener banget mbak, kadang kapasitas 1 aplikasi games tuh kan gede banget. Jadi emang lebih enak main di we langsung. Apalagi di rumah pake wifi jadi Alhamdulillah gak terlalu mikirin soal quota.

    BalasHapus
  8. Game emang udah jadi solusi penghilang stres di masa pandemi. Karena gak bisa jalan-jalan, ya udah ngegame aja.

    Naah, game yang ringan tanpa adanya iklan nih yang saya demen. Karena biasa main game di FB isinya iklan mulu.

    BalasHapus
  9. Kalau aku lebih prefer ke staycation, apalagi kalau gratis haha. Eh lebih seru main game dong yaa, apalagi kalau main bareng suamik. Uwu, btwe game apa ini? Sepertinya menarik intip ahhh

    BalasHapus
  10. bener banget tuh mbak situasi dan kondisi pandemi seperti sekarang ini bener bener bikin kita jadi rawan stress, kadang tuh sekedar suasana baru aja udah ngebantu banget, salah satunya stay cation di capsule hotel, asal jangan sampai abai sama prokess

    BalasHapus
  11. yaampun lucu banget ya game-gamenya, jadi seneng mainnya karena cukup pake borwser ga perlu install aplikasi. makasih tips-tipsnya, jadi nambah referensi hiburan nih dimasa pandemi gini.

    BalasHapus
  12. Kalo lagi stress aq biasanya baca buku sambil ngopi2 cantik kak, setidaknya bisa sedikit menghilangkan beban pikiran.

    BalasHapus
  13. toss dulu kak.saya juga gitu, klo lagi stress bawaannya pengen jalan-jalan cari angin gitu
    atau staycation bersama keluarga

    BalasHapus
  14. Bener sih. Kebanyakan orang apalagi yang suka hangout kesana-kemari memang agak disusahkan dengan pandemi ini. Makanya stress bisa saja melanda.

    Saya biasanya main game untuk menghalau rasa bosan. Tapi lagi-lagi bener sih. Semakin lama memori semakin banyak kepake untuk game. Bikin lemot.

    Kalau main gamenya di website kan enak. Kita nggak perlu install aplikasi apapun. Kalau plays.org ini apakah kita harus bikin akun dulu, Kak?

    BalasHapus
  15. Main games di ponsel atau website emang paling game utk ngilangin stres ya kak. Aku jg gitu. Kl lagi males banget mau ngapa2in, ya plg enak ngegame.

    Ngegame-nya ya ga usah yg mikir2 amat. Soalnya hdp kita udh stres. Jgn nambahin stres dr mainin game berat.

    Untung di Plays.org banyak banget jenis gamesnya ya kak. Seru dan bikin ketagihan maininnya. Hehehe..

    BalasHapus
  16. saya sendiri punya 4 cara untuk self healing kak.
    pertama itu traveling, kedua adalah makan, ketiga adalah menulis dan keempat adalah belajar hal baru atau mendalami yang disukai

    BalasHapus

Posting Komentar