Ngeblog Seru bareng Blogwalking Asyik

Posting Komentar

blogwaking

Hai… kali ini saya mau sharing tentang dunia blog. Dulu saya pernah menulis tentang alasan kenapa saya ngeblog di sini.

Agar bisa lebih relate, saya sedikit ulas ya big why saya nulis blog yaitu

  1. Ilmu adalah buruan dan tulisan adalah ikatannya (Imam Syafi’i). 
  2. “Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia” (HR. Ahmad)
  3. “Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” -Pramoedya Ananta Toer
  4. Lalu gimana untuk Uang dan Gimmick Lain? Buat saya, rewards berupa uang, produk yang perlu direview, dan gimmick lain hanya berupa bonus. 

Saya ngeblog cukup serius baru sekitar 2 tahunan yaitu setelah saya menggunakan domain berbayar. Itupun masih menggunakan blogspot, bukan wordpress. Haha.

Ngeblog malah bikin pusing?

Saat ngeblog dengan (cukup) serius, ada beberapa hal yang membuat saya bertanya-tanya

Kok bisa ya ada orang-orang yang blognya rame pengunjung dan komentar

Sedangkan saya masih kosong aja, yang dateng nggak begitu banyak dan kebanyakan berasal dari pencarian organik yang waktu itu masih sedikit.

Ada beberapa hal yang sudah saya lakukan saat itu yaitu 

  • masuk ke beberapa forum blogger di facebook lalu beberapa kali share link artikel and that’s it. Kunjungan dan komentar di blog saya tetap sedikit.
  • Kemudian saya juga bergabung dengan beberapa grup whatsapp para blogger. Di sini saya mendapatkan beberapa kenalan yang sampai sekarang sering japri kalau ada beberapa keperluan dan saling support. Di grup WA ini saya mengenal istilah blogwalking yang merujuk pada aktivitas saling berkunjung ke blog dan meninggalkan komentar.

Dari sinilah saya akhirnya tau kalau rahasia blog yang ramai komentar adalah menggunakan forum blogwalking.

Join Komunitas Blogwalking Asyik

Ada lumayan banyak grup untuk blogwalking yang saya ikuti dengan backstory masing-masing. Nah, untuk blogwalking asyik, waktu itu saya join grup ini karena kepepet. Haha. 

Jadi ceritanya waktu itu saya lagi ikutan kelas blogging gitu dan tantangan awalnya adalah nulis blog dengan minimal 20 komentar dalam 2 hari. Karena itulah saya menghalalkan banyak cara untuk mendapatkan komentar, salah satunya dengan join grup BW Asyik ini.

Alhamdulillah member grupnya sangat support untuk member baru yang gak tau dan gak kenal siapa-siapa di grup tersebut. Asli, saya terkesan banget.

Kesan Jadi Member di Blogwalking Asyik 

Dari sekian banyak grup blogger yang saya ikuti, ada beberapa hal yang menonjol di grup BW Asyik ini yaitu

  • Budaya supportif yang sangat keren. Hal ini sudah saya jelaskan sebelumnya yaitu ketika saya butuh support 20 komentar dalam waktu 2 hari. Grup inilah yang berperan cukup besar agar saya bisa sukses di challenge pertama kelas blogger. Karena saya sudah disupport dengan baik (padahal masih anggota anyar), maka saya pun jadi ikutan tertular untuk bisa membantu siapapun yang minta dukungan. Tentu ketika saya lagi pegang HP dan nggak ketinggalan momen.
  • Nggak pelit ngasih info. Info dan sharing ilmu adalah hal penting untuk blogger dan di grup ini saya mendapatkan banyak ilmu dari teman-teman yang berpengalaman. Nggak cuma ilmu nulis tapi juga forum/website yang menghasilkan uang. Dari info ini saya bisa mengumpulkan pundi-pundi rezeki untuk membeli barang impian saya.
  • Tetap low profile. Ada beberapa orang yang ketika memberikan info/ilmu seolah-olah menempatkan diri di level yang lebih tinggi dengan bahasa yang dipilih. Mungkin itu hak/karakter orang ya… tapi saya pribadi kurang nyaman dengan orang-orang yang kayak gitu. Alhamdulillah di grup ini, orang-orangnya yang jelas lebih berilmu dan keren-keren tetap low profile dan santai. And I love that. Hehe
  • Nggak drama. Eh maksudnya gimana tuh? Ya gak ada drama-drama ancaman atau hal-hal nggak penting lainnya sih kalau ada yang nggak taat peraturan. Jika ada yang lupa atau salah ya diingatkan dengan Bahasa komunikasi sebagai sesama orang dewasa. Dan alhamdulillah respon teman-teman juga enak dibaca dan membangun suasana nyaman di grup whatsapp. Hal ini buat saya cukup penting karena stress di tempat kerja itu sudah cukup ya, Guys… gak perlu lah ditambah dengan drama di dunia ngeblog. Hello, mental health…! Hehehehe

Saya pribadi memang nggak begitu aktif di grup Whatsapp blogwalking asyik karena waktu saya sudah tersita dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore untuk bekerja di sector formal. Tapi saya selalu mendapatkan banyak insight dan ilmu baru Ketika saya scroll WA saat sudah bisa lebih santai di rumah.

Ngeblog bareng blogwalking asyik bikin saya merasa punya another support system yang bisa diandalkan tanpa perlu merasa sungkan dan malu meski jarang nongol di grup. Kudos buat para founder dan membernya.


susie ncuss
a Devoted Wife who is addicted to Traveling, Halal Food, and Good Movies.
Contact
Email: emailnyancuss@gmail.com
Click http://bit.ly/travelndate to chat me via whatsapp

Related Posts

Posting Komentar