Hang Out Di Jati Kopi Jalan Dago, Bandung

16 komentar

Kopi dan Bandung adalah sebuah kombinasi yang tidak bisa dipisahkan. Ada ratusan kedai kopi atau coffee shop di Bandung yang bahkan belum seperempatnya saya kunjungi. Salah satu coffee shop yang sudah saya incar karena keunikan eksterior yang stand out dibandingkan dengan kedai kopi lainnya adalah Jati Kopi.

tempat ngopi asik di dago


Jati Kopi?

Coffee Shop yang memiliki 2 store di Bandung yaitu 

  • Flagship Store: Jl Talaga Bodas no 44 Bandung. Telp: 0818-0770-7471
  • Store : Jl. Ir. H. Juanda (Jalan Dago) no 10 Bandung. Telp: 0812-1231-8007

Jam Operasional: Senin-Minggu 07.00-22.00 WIB

Flagship store basically berukuran lebih besar dan setelah saya cek, store tersebut didesain dan dikerjakan oleh satu tim arsitek terkenal di Bandung.

Ciri khas Jati Kopi, terutama yang sangat mencolok di flagship store, adalah unfinished wall di bangunan yang berukuran besar. Jati Kopi ini agak mustahil untuk tidak di-notice orang yang lewat Jalan Talaga Bodas karena karakteristik tersebut. 


Hang Out at Jati Kopi, Dago

Jumat sore menuju malam Sabtu adalah waktu di mana jalanan Bandung tidak ramah pada penggunanya. Karena itu setiap hari Jumat saya dan suami selalu mampir ke suatu tempat dulu sebelum pulang ke rumah. Sama seperti sebelum-sebelumnya, saya dan suami pun berkendara dari kantor saya ke pusat Kota Bandung. 

Karena terlalu sering main di Starbucks, kami mencari beberapa alternatif di google maps. Saya waktu itu mengusulkan ke Jati Kopi saja yang terletak di Jalan Dago. Kebetulan malam itu sedang gerimis dan saya lihat Jati Kopi sedang sepi pengunjung. Waktu yang tepat untuk datang dan melanjutkan beberapa pekerjaan di laptop.


Facilities

Jati Kopi memiliki fasilitas yang tergolong cukup yaitu 

  • Tempat parkir yang luas, terutama di malam hari karena 2 ruko di samping Jati Kopi sudah tutup sehingga pelanggan yang ingin ngopi bisa parkir leluasa.
  • Toilet yang bersih dengan pintu besi berwarna merah mencolok
  • Area Indoor dengan AC yang cukup dingin
  • Area Outdoor yang diselimuti udara dago saat malam hujan yang dingin.
  • Wastafel di luar area toilet

Jati kopi dago

Saya tidak bertanya tentang musholla ke crew yang bertugas karena saat itu sudah lewat sholat isya. Tapi kalau secara kasat mata sepertinya coffee shop ini tidak menyediakannya.


Pricelist 

Jati Kopi menyediakan menu makanan dan minuman yang bervariasi. Mulai dari teh, berbagai jenis kopi, roti bakar, kudapan seperti bala-bala serta minuman non teh dan non kopi seperti alpukat, es cendol, dan lainnya.

Menu makanan dibandrol dengan harga medium seperti layaknya coffee shop kekinian di kota manapun. Harga menu di Jati Kopi berkisar 18ribu-40ribu. 

Kami memesan hot americano dan roti bakar keju susu sebagai cemilan malam untuk menemani kami sampai macet di beberapa ruas Kota Bandung menuju rumah kami terurai.


Experience: Menikmati Malam di Jati Kopi

Kami memilih area outdoor untuk mengawali malam. Saat itu jalanan Dago terlihat sepi sekali, mungkin karena sedang hujan sehingga orang-orang memilih menunda waktu main di daerah Dago.  

Hot americano tersaji sekitar 5 menit kami menunggu dan sukses menunda kantuk di mata. Taste Americano Jati Kopi ini terasa nikmat, ada aroma nutty, sedikit asam yang tidak membuat saya mengernyitkan dahi. Memang tidak seperti karakter kopi dengan base espresso favorit saya, tapi saya tetap menyukainya.

Roti bakar keju susu menyusul kemudian dengan porsi yang cukup besar dan sudah dipotong untuk memudahkan pelanggan saat makan. Saya excited dengan aroma keju yang kuat dan bagian luar roti yang terlihat crispy. Saat saya buka, alhamdulillah isian kejunya tidak mengecewakan karena cukup banyak :D. Tekstur roti yang cukup empuk di bagian dalam dan kriuk di luar membuat roti bakar ini worth it dibeli.

roti bakar jati kopi
Sekitar 30 menit di area outdoor, gerimis sudah hilang dan beberapa kendaraan mulai melintasi Dago kembali. Termasuk di antaranya motor dengan knalpot bising yang mengganggu vibes tenang yang awalnya kami nikmati.

Sebenarnya waktu itu kami bisa saja langsung pulang karena jam sudah menunjukkan pukul 20.45 WIB. tapi kami memutuskan untuk menghabiskan malam di sana sampai tetes kopi terakhir. Hehe.

Kami memutuskan untuk pindah ke area indoor yang di dalamnya sudah ada 2 pelanggan lain. Agak repot memang saat pindah ke bagian dalam, tapi jauh lebih baik dari pada saya kesal karena suara bising dari jalan raya, kan?

tempat ngopi aesthetic daerah dago
Seperti harapan, tidak terdengar suara bising kendaraan ketika saya di bagian dalam. Karena itu saya menikmati 1 jam terakhir dengan tenang. 


What To Improve

Aspek yang perlu diperbaiki dari Jati Kopi adalah di bagian indoor sebaiknya ditambah colokan listriknya, terutama yang dekat cermin di bagian kiri. 


Is it worth it?

Dengan beberapa hal yang sudah saya jelaskan di atas, ngopi di Jati Kopi ini worth it untuk dicoba. Bahkan beberapa mahasiswa mengandalkan coffee shop ini saat mengerjakan skripsinya. Ada pelanggan yang menggunakannya sebagai meeting point juga. 

Saya malah jadi penasaran dengan Jati Kopi yang terletak di Jl. Talaga Bodas. Maybe i’ll check it out this Saturday night? 


susie ncuss
a Devoted Wife who is addicted to Traveling, Halal Food, and Good Movies.
Contact
Email: emailnyancuss@gmail.com
Click http://bit.ly/travelndate to chat me via whatsapp

Related Posts

16 komentar

  1. ngopi berdua kesayangan sambil ngobrol dan cemal-cemil..memang asyiik sekali.. jauh lebih asyik dibanding terjebak macet yg seolah tak berkesudahan ya mba.. hehe.. trims sharing infonya ttg Jati Kopi ini..mudah2an kapan2 bs mampir ke sana juga..

    BalasHapus
  2. Kedai kopi di Bandung bertaburan, macam-macam dengan spot yang menarik. Jati kopi akan kumasukan dalam list, disaat aku vacation di Bandung.

    BalasHapus
  3. udah lama nggak ke dago aku tuh, udah banyak tempat hang out baru ya sekarang? terakhir sebelum pandemi wkwkwkk

    BalasHapus
  4. Cuaca Bandung dingin. Paling enak minum kopi ama roti bakar dahhh

    Aapalagiii klo sesuai ama selera.
    Desain kafenya jg unik bgt

    BalasHapus
  5. Kopi dan bread memang saling melengkapi ya Mbak...nikmat betul bila keduanya disandingkan hehehe....apalagi ada tempat untuk meeting point, untuk mengerjakan tugas seperti skripsi, tugas kantor dsb...disertai dengan wifi gratis yang lancar...pastinya membuat hangout di Jati Kopi makin seru ya.

    BalasHapus
  6. Wah bisa jadi rekomendasi nih kalau kebetulan ada meeting di sekitar sana, sekarang kerjaan hubby malah seringnya di kafe, ini kayaknya nyaman juga ya buat kerja sambil ngopi

    BalasHapus
  7. Wah mau banget ke jati kopi, udah lama juga ga ke Dago. Tempatnya enak tuh buat ngopi2 bareng temen

    BalasHapus
  8. wah asik nih dapat satu lagi rekomendasi buat hang out asik di Bandung, next mau cobain ke situ juga ah

    BalasHapus
  9. Wah asyik banget nih tempatnya. Huhu kangen deh bisa kerja sambil ngopi di kafe lagi. Huhu belom bisa sekarang mah. Nanti ah kali-kali ngedate bareng bebeb di sana. Hahaha aamiin. 😁

    BalasHapus
  10. Mendingan memang pilih indoor ya mba biar ga kena bisingnya jalanan. Udah malam masih aja rame ya kalau ga hujan di situ. Vibesnya asik nih, bisa digunakan utk meeting dg klien misal timnya tidak terlalu besar.

    BalasHapus
  11. Terakhir ke Jati aku pesen Americano sama Roti juga plus bala2 itu perpaduan yang nikmat mana hujan gerimis ahhh banjir kenangan deh, wkkwkwkw.

    BalasHapus
  12. Oh di daerah jalan Telaga Bodas Bandung ya lokasi Jati Kopi? Mahasiswa sekarang ngerjain tugas aja di kafe, pasti tempat nya nyaman buat ngerjain tugas, hehehe

    Noted ya mbak, mana Tahu suatu hari ke Bandung jadi bisa ngopi syantiik

    BalasHapus
  13. Kalau baca menu minuman kopi, coklat dan buahnya asik nih, soalnya beraneka rasa. Jadinya yang suka ngopi maupun minuman yang lain bakal seru di sini

    BalasHapus
  14. Wah catat dulu nama tempat ngopinya nih. Kalau mahasiswa aja mayan suka di sana, emak2 kyknya bisa juga, dr segi harga keliatannya masih masuk yaaa.
    Mantul kalau parkirnya uas dan toilet bersih, cuma mushola msh tanda tanya ada atau gak ya TFS infonya

    BalasHapus
  15. Boleh nih nanti kalau ke Bandung dan stay di sekitaran Dago, mampir ke Jati Kopi. Tempatnya sepertinya nyaman ya. Duh, jadi kangen ke Bandung. Terakhir ke Bandung tahun 2020 apa 2021 ya kemarin tu. Udah lama banget

    BalasHapus
  16. Belum pernah ke Jati Kopi.
    Padahal dulu sekolah anakku di Jalan Talaga Bodas. Biasanya ke Cafe Marka, karena sebelahan. Tapi sekolah anakku sekarang pindah ke Vandev, jadi ngopinya deket-deket Sunda sama Sumatera.

    Konsep dari Jati Kopi ini asik sih...
    Buat aku yang biasanya suka menyendiri, gak canggung karena suasanyanya nge-blend gitu ya.. Kalo mo gak terganggu, bisa berbekal earphone atau headphone.

    BalasHapus

Posting Komentar