Terbukti! Menaikkan Follower Media Sosial Dengan Giveaway

23 komentar

Kadang saya mikir kok bisa sih orang2 followernya banyak. Apakah benar menaikkan follower media sosial dengan giveaway terbukti ampuh seperti yang banyak orang bilang? Worth it nggak sih mengadakan giveaway? Gimana kalau kita miskin tapi tetap pengen ngadain giveaway demi cita-cita jadi influencer tercapai?

Di tulisan ini saya akan membahas semuanya dengan tuntas dan bagaimana pengalaman pertama saya saat mengadakan giveaway.

cara meningkatkan followers di media sosial

Apakah Penting Memiliki Banyak Followers Di Sosial Media?

Sebelum membahas tentang menaikkan follower dan lain-lain, ada baiknya kita kembali pada hal-hal dasar yaitu penting nggak sih punya banyak follower di sosmed?

Jawaban pertanyaan ini tergantung dengan tujuan saat aktif di sosial media: untuk main-main saja atau ada motivasi meraup rupiah?

  • Jika jawabannya adalah yang pertama, maka jumlah followers tidak begitu penting.
  • Jika jawaban kedua: maka tentu saja followers adalah hal sangat penting. Banyak follower juga bisa menjadi alat pencitraan atau branding dalam bahasa yang lebih halus. hehe.

Sejujurnya saya termasuk ke dalam golongan pertama, yaitu yang sesekali menggunakan media sosial untuk melihat informasi terkini. Namun di masa depan, bisa jadi akan berubah. Who knows?

Personal Branding Di Media Sosial

Masih di Kelas Growth Blogger, beberapa waktu yang lalu kami mendapatkan materi tentang personal branding dan media sosial dari Ilham Sadli.

Personal Branding adalah proses memasarkan diri dan karier melalui suatu citra yang dibentuk untuk khalayak umum yang menjadi target pasar. Misalnya jika kita adalah blogger, maka usahakan orang yang mengikuti akun media sosial kita tau dan ingat kalau kita adalah blogger. Bagaimana caranya? Yaitu dengan mengoptimasi media sosial yang kita pakai.

Apa Manfaat Branding Di Media Sosial?

1. Mudah diingat

Dengan adanya karakter yang jelas, maka pengguna internet bisa dengan mudah mengingat akun kita! Seperti yang terjadi pada beberapa media online di Indonesia, tampak sekali mereka punya karakter masing-masing dan kita dengan mudah mengingat.

2. Pasar yang tepat

Dengan menggunakan bahasa komunikasi yang khusus, maka kita dapat memperoleh target pasar yang tepat karena bisa kita sesuaikan dengan gaya bahasa "konsumen" yang kita ingin. Bila sudah mempunyai follower yang tepat, maka engagement di media sosial akan meningkat.

3. Lebih Dipercaya

Ketika kita sudah menemukan bahasa komunikasi yang tepat melalui personal branding yang kita lakukan, maka saat menjual/mempromosikan sebuah produk/jasa maka kita akan lebih dipercaya oleh para followers kita. Karena kita seolah sedang berkomunikasi dengan teman sebaya.

Jika jumlah pengikut media sosial kita semakin banyak, maka personal branding kita akan semakin kuat.

Karena itulah ada banyak sekali orang yang melakukan berbagai macam cara untuk meningkatkan angka follower di media sosial, entah itu di twitter, instagram atau tiktok. Ada penganut cara alami dengan membuat konten menarik, ada yang pengabdi jalan pintas yaitu beli follower, dan yang sekarang lagi viral yaitu membuat giveaway.

Meningkatkan Follower Media Sosial Dengan Giveaway

Giveaway secara sederhana artinya adalah memberikan hadiah secara gratis. Giveaway di media sosial biasanya bertujuan untuk menambah follower, interaksi atau menaikkan branding.

Sebelum kita membuat giveaway, lakukan 3 hal ini

1. Tentukan tujuan giveaway dan syarat mengikuti giveaway

Tujuan giveaway akan berhubungan dengan syarat giveaway yang akan kita buat. Misalnya tujuan kita adalah meningkatkan follower. Maka syarat giveaway adalah memfollow akun kita.

Usahakan agar syarat dan ketentuan giveaway tetap sederhana untuk diikuti oleh orang-orang. Posisikan diri kita sebagai orang yang kita targetkan untuk berpartisipasi di event giveaway.

Jangan bikin giveaway yang ketentuannya ribet diikuti orang!

2. Tentukan Hadiah

Buatlah hadiah yang disukai oleh target kita dan tentu saja nggak memberatkan kita selaku pembuat giveaway. Misalnya hadiah yang kita tentukan adalah memberikan skincare atau kosmetik tapi ternyata pemenang giveaway ada di Jayapura yang membuat kita harus mengeluarkan dana lebih untuk ongkos kirim. Kecuali kalau memang kita siap dengan segalanya.

Biasanya hadiah favorit untuk para pemenang giveaway adalah pulsa, uang, atau saldo ovo/gopay/shopee pay. Hadiah ini pun sangat mudah kita berikan ke pemenang. Nominal uang yang ditawarkan pun tidak perlu terlalu besar.

Cukup dengan Rp50.000,- untuk 2 orang pemenang, kita sudah bisa membuat giveaway lho...

Jadi untuk orang-orang dari kalangan menengah (ke bawah), membuat giveaway akan tetap mudah dilakukan.

3. Tentukan jangka waktu giveaway dan pengumuman pemenang.

Sampaikan dengan jelas kapan kita menutup giveaway dan akan mengumumkan pemenang. Saat mengumumkan pemenang, akan lebih baik jika pemilihan pemenang dilakukan secara live agar peserta tahu tidak ada kecurangan. Jika tidak memungkinkan, kita bisa merekam saat pemilihan pemenang lalu menguploadnya sembari mengumumkan pemenang giveaway.

Nah, menurut informasi yang saya dapatkan, giveaway adalah cara efektif untuk meningkatkan follower di media sosial. Karena itulah saya jadi penasaran dengan giveaway ini.

Bahkan banyak lho influencer dan selebriti yang menggunakan giveaway sebagai cara untuk meningkatkan follower mereka. Tak jarang pula hadiah yang ditawarkan sangat fantastis, dari iphone sampai motor berharga puluhan juta rupiah.

Pengalaman Mengadakan Giveaway Di Twitter

Untuk merasakan experience dan membuktikan Saya lalu mengadakan giveaway di twitter bareng Mbak Nita dan Mbak Ria, sesama blogger. Ini benar-benar pengalaman pertama saya untuk giveaway lho.. serius deh.

Nothing to lose adalah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan saya dan giveaway di twitter yang akan diadakan. Karena saya tidak mengharapkan apa-apa, murni untuk pengalaman saja.
Saya mengumumkan giveaway hari Rabu kira-kira pukul 7 pagi. Saat itu follower twitter saya di angkat 750an. Iya, belum sampai 1000. Masih ingat kan kalau saya menggunakan twitter hanya untuk stalking mencari informasi terkini :D.

Ini twit saya saat mengumumkan giveaway


Setelah pengumuman, saya share ke beberapa grup yang saya ikuti. Alhamdulillah, saat tulisan ini dibuat sudah ada 186 yang meretweet dan follower saya meningkat lebih dari 200. Saat ini follower twitter saya tercatat di angka 985. That's a lot and exceed my expectation.

Kesimpulan

Berdasarkan pengalaman pertama saya ini, saya percaya bahwa giveaway menjadi alat yang cukup efektif meningkatkan follower. Hal yang perlu saya lakukan selanjutnya adalah merawat follower agar betah jadi pengikut akun saya. Meski saat ini saya masih belum pengalaman membuat konten khusus untuk media sosial, hehe.

Ada yang punya pengalaman keren kah saat membuat giveaway? please, cerita dong di kolom komentar.
Atau ada yang berminat ikutan giveaway juga kah?
Tulis di kolom komentar ya...  Mungkin kita bisa kolaborasi untuk membuat giveaway yang lebih menarik lagi di masa depan.

Cheers
Susie Ncuss

susie ncuss
a Devoted Wife who is addicted to Traveling, Halal Food, and Good Movies.
Contact
Email: emailnyancuss@gmail.com
Click http://bit.ly/travelndate to chat me via whatsapp

Related Posts

23 komentar

  1. hadiah giveaway nya banyak banget mba , tapi target audiens nya cewek deh kayaknya hehehe

    BalasHapus
  2. Bikin giveaway saya sih belum pernah. Saya memilih nambah folower dengan cara ikut program folback. Masing masing harus saling folow, nambah teman dan nambah folower pastinya. Meski banyak yg unfollow juga setelahnya. Semuanya kembali ke niat masing-masing saja sih...

    BalasHapus
  3. Info buat Ncuss nih ya, bunda tahun berapa tuh bikin GA -- belum punya akun IG or yang lain, cuman facebook doank ama blog. Judulnya nekatlah! Gak ada maksud apa2 yang terbayang dalam benak cuman buat FUN doank. Ternyata banyak yang berkolaborasi ngasih kontribusi hadiah-hadiah. Dan...pertemanan jadi ngebludak. Senengnya! Kalo sekarang mikir2 kalo mau ngadain GA, kudu hati-hati -- banyak yang harus bunda pelajari dulu ilmunya, hehe... salah satunya ada di blog ini.

    BalasHapus
  4. GA lagi rame terus,dari dulu ini memang salah satu untuk follower meningkat dan branding naik. Cuzz PR nya gimana biar follower betah, tinggal tingkatkan interaksi sama mereka.

    BalasHapus
  5. Kece, mba!
    Kuyy kuyy aku mauuu kolabs bikin GA di Twitter :D

    BalasHapus
  6. Seru juga yah Teh meningkatkan follower melalui giveaway hehe

    Untuk aku sendiri karena kontenku kebanyakan drama korea, jadi target followerku Korean-lover. Aku suka kerja sama dengan fanbase Kdrama gitu. Aku sponsorin mereka untuk bikin giveaway, syaratnya yah follow aku.

    Sampai saat ini masih menjalin hubungan baik dengan para admin fanbase kdrama sih, karena kadang kalo ada rezeki suka sponsorin mereka bikin giveaway hehe

    BalasHapus
  7. Hai mbak salam kenalsaya Dewi dari Optimasi Twitter, kebetulan kami juga memberi kesempatan teman-teman untuk merasakan sensasinya mengikuti Giveaway. Setuju banget metode ini sangat ampuh untuk menaikkan followers, salam silaturahmi ya:)

    BalasHapus
  8. waaa aku belum coba nih bikin giveaway di twitter, jadi pengen cobain bikin juga deh, kepooo apakah pada antusias atau engga hihihi

    BalasHapus
  9. Haha aku juga pernah ngadain give away di twitter Mba, dan lumayan juga buat nambah followers, tapi kalo di IG belum begitu maksimal sih hasilnya :)

    BalasHapus
  10. Sangat menarik infonya mbak bisa ditiru nih..
    sekarang kan media sosial bisa dijadikan cara untuk meraih penghasilan...meski bukan ini tujuan awal...tapi setidaknya menambah follower dengan cara mengadakan giveaway menjadi salah satu cara meningkatkan follower. Kalau apa yang kita sampaikan di media sosial bermanfaat ditambah follower yang makin naik, insyaallah penghasilan pun akan mengalir dari akun medsos kita.

    BalasHapus
  11. Untuk giveaway media sosial selama ini aku belum pernah ngadain. kalo blog sih pernah. Jadi pengen juga bikin GA gitu di Twitter, siapa tahu nambahnya lebih dari 200, hahahaha

    BalasHapus
  12. Wah ternyata begitu yaa cara optimasi twitter agar banyak followersnya. sementara ini folowers saya stuck di angka 1700, pengen naikin juga sih. Tapi jarang pakai juga twitter hihihi karena aku gak tahan dengan dunia twitter yang aduhai kejamnya

    BalasHapus
  13. Wah ternyata begitu yaa cara optimasi twitter agar banyak followersnya. sementara ini folowers saya stuck di angka 1700, pengen naikin juga sih. Tapi jarang pakai juga twitter hihihi karena aku gak tahan dengan dunia twitter yang aduhai kejamnya

    BalasHapus
  14. Belum pernah mengadakan giveaway sendiri.
    Tapi kalau ikut GA, sering banget, hihii....happy banget siih...bisa ikutan apalagi kalau menang kaan.....alhamdulillah wa syukurillah...

    BalasHapus
  15. Jaman dulu kalau bikin giveaway, udah seneng aja kalau yang ikutan banyak. Nambah follower atau tidak terkadang tidak begitu masalah. Sekarang orang harus punya follower banyak sih ya, jadi target utamanya ya nambah follower tadi.

    BalasHapus
  16. Beberapa teman blogger sudah bertestimoni bahwa GA memang potensinya bagus untiuk menaikkan jumlah follower.

    BalasHapus
  17. selamat yaaa mba dan semoga makin bertambah terus yaaa followersnya hingga sekarang

    BalasHapus
  18. Toss
    Lumayan juga naiknya ngadain GA singkat kemarin
    Naik 150 follower bagiku itu luar biasa

    BalasHapus
  19. Wah aku belum coba nih ningkatin follower dg giveaway begini. Malah aku yg suka ikutan giveaway wkwkwk.. Makasih ya sharing nya 😉

    BalasHapus
  20. wah iya aku sering lihat giveaway di twitter, memang hadiah yang menarik itu saldo ovo, gopay gitu yaa. Trus nominalnya ga harus ratusan ribu. Ada itu yang 10ribu aja udah rame yang ikutan.

    BalasHapus
  21. Aku belum pernah bikin mba, jadi penasaran juga mayan ya kalau follower real nambah jadi senang banyak teman juga.

    BalasHapus
  22. Terima kasih untuk tipsnya, sangat bermanfaat tentunya.

    Kalau saya masih belum sreg dengan GA karena beranggapan pertambahannya bukan yang real follower, kira-kira bagaimana ya kalau seperti ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau giveaway, akunnya insyaAllah real, kak.
      Kenapa? karena orang-orang ikutan giveaway memang untuk mendapatkan hadiahnya. Bahkan ada banyak lho yang bikin akun cadangan sampai puluhan agar kesempatan menang semakin besar.
      Karena followernya real, nanti ada resiko follower berkurang saat masa giveaway berakhir dan mereka ternyata nggak menang :D

      Hapus

Posting Komentar

Follow by Email